Wikipedia:Daftar pilihan/Desember

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

1 Desember

Priyanka Chopra memenangkan beberapa penghargaan, yang meliputi Penghargaan Film Nasional dan Penghargaan Filmfare untuk Aktris Terbaik atas penampilannya dalam film Fashion

Fashion meraih berbagai penghargaan dan nominasi, dengan pujian untuk penyutradaraannya, penampilan para pemerannya, skenarionya, penyuntingannya, musiknya, dan rancangan kostumnya. Di Penghargaan Film Nasional ke-56, Chopra dan Ranaut masing-masing memenangkan penghargaan untuk Aktris Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik. Film tersebut meraih tujuh nominasi di Penghargaan Filmfare ke-54, yang meliputi Sutradara Terbaik untuk Bhandarkar dan Skenario Terbaik untuk Bhandarkar, Monga, dan Tewari. Chopra dan Ranaut juga memenangkan Penghargaan Filmfare masing-masing untuk Aktris Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik. Chopra memenangkan Penghargaan Aktris Terbaik di Screen Awards ke-15, sementara Ranaut dan Godse dinominasikan untuk Aktris Pendukung Terbaik. Di Star Guild Awards 2009, Chopra, Ranaut dan Godse masing-masing memenangkan Aktris Terbaik dalam sebuah Peran Utama, Aktris Terbaik dalam sebuah Peran Pendukung dan Debut Perempuan Terbaik. Film tersebut meraih enam nominasi di Penghargaan Stardust tahun 2009, yang meliputi Film Terbaik dan Sutradara Terbaik untuk Bhandarkar. (Selengkapnya...)


2 Desember

Logo Avatar: The Legend of Aang

Musim ke-1 (Buku ke-1: Air) dari Avatar: The Legend of Aang adalah sebuah serial televisi animasi Amerika Serikat dari Nickelodeon, yang menayangkan 20 episode dari tanggal 21 Februari 2005 hingga tanggal 2 Desember 2005. Serial ini dibuat oleh Michael Dante DiMartino dan Bryan Konietzko, dan dibintangi oleh Zach Tyler Eisen, Mae Whitman, Jack DeSena, Dante Basco, Dee Bradley Baker, Mako serta Jason Isaacs sebagai pengisi suara karakter utama. Musim ini mengisahkan tentang protagonis utama, Aang dan teman-temannya Katara dan Sokka, yang melakukan perjalanan ke Kutub Utara untuk menemukan guru pengendalian Air yang dapat melatih Aang dan Katara. Sementara itu, Negara Api melancarkan perang tanpa akhir melawan Kerajaan Bumi dan Suku Air, menyusul musnahnya bangsa Pengembara Udara. Aang, Avatar saat ini, harus menguasai empat elemen (Udara, Air, Bumi, dan Api) untuk mengakhiri perang. Sepanjang perjalanan, Aang dan teman-temannya dikejar oleh berbagai pengejar: Pangeran Negara Api yang dibuang, Zuko, bersama dengan Pamannya yang juga mantan Jenderal, Iroh, serta Laksamana Angkatan Laut Negara Api, Zhao. (Selengkapnya...)


3 Desember

David Villa

David Villa mencetak 59 gol dalam 98 penampilan internasional, menjadikannya pencetak skor papan atas sepanjang masa asal Spanyol; ia melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh Raúl dengan jumlah 44 saat ia dua kali mencetak skor melawan Republik Ceko dalam kualifikasi UEFA Euro 2012 pada Maret 2011. Villa mencetak hat-trick internasional pertamanya pada 10 Juni 2008 saat ia mencetak tiga gol pertamanya dalam kemenangan 4–1 untuk Spanyol atas Rusia pada UEFA Euro 2008 untuk memenangkan grup D. Ia mencetak dua hat-trick lainnya, saat melawan Azerbaijan (pada 2009) dan Tahiti (pada 2013). Ia mencetak skor terbanyak saat melawan Liechtenstein ketimbang negara lainnya, dengan jumlah tujuh, termasuk dua dalam sebuah pertandingan tunggal pada tiga penampilan. Dua puluh gol Villa dicetak di pertandingan kandang di tiga belas tempat berbeda. (Selengkapnya...)


4 Desember

Jaco Van Dormael

Penghargaan Magritte ke-1, yang dipersembahkan oleh Académie André Delvaux, menganugerahi film-film terbaik pada 2010 di Belgia dan diadakan pada 5 Februari 2011, di Square di situs sejarah Mont des Arts, Brussels, dimulai pada pukul 19:30 WET. Pada acara tersebut, Académie André Delvaux mempersembahkan Penghargaan Magritte dalam dua puluh kategori. Acara tersebut ditayangkan di Belgia oleh BeTV, diproduksi oleh José Bouquiaux dan disutradarai oleh Vincent J. Gustin. Sutradara film Jaco Van Dormael (gambar) memimpin acara tersebut, sementara aktris Helena Noguerra membawakan acara tersebut pada sore hari. Seremoni pra-acara dibawakan oleh sutradara film Fabrice Du Welz. Mr. Nobody memenangkan enam penghargaan, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik untuk Jaco Van Dormael. Pemenang lainnya meliputi Illegal, Private Lessons, dan A Town Called Panic dengan masing-masing dua penghargaan, dan The Barons, The Boat Race, Looking for Eric, Paths of Memory, Sleepless Night, dan Soeur Sourire dengan masing-masing satu penghargaan. (Selengkapnya...)


5 Desember

Walt Disney

Walt Disney memenangkan atau meraih sebanyak dua puluh enam Oscar, and holds the record for most Academy Awards in history. Ia memenangkan dua puluh dua Oscar kompetitif dari sebanyak lima puluh sembilan nominasi, dan juga memegang kemenangan dan nominasi terbanyak untuk seorang individual dalam sejarah. Disney memenangkan Oscar kompetitif pertamanya dan meraih Penghargaan Kehormatan Akademi di Academy Awards ke-5 (1932). Ia meraih Penghargaan Kehormatan Akademi atas pembuatan Mickey Mouse dan memenangkan Academy Award untuk Subyek Pendek Terbaik (Kartun) atas film Flowers and Trees. Disney meraih tiga Penghargaan Kehormatan Akademi lainnya, satu pada 1939 dan dua pada 1942. Di Academy Awards ke-26 (1954), Disney memenangkan Academy Award dalam seluruh empat kategori dimana ia dinominasikan: Subyek Pendek Terbaik (Kartun), Subyek Pendek Terbaik (Dua rol), Dokumenter Terbaik (Fitur), dan Dokumenter Terbaik (Subyek Pendek). Pada 1965, Disney meraih nominasi Film Terbaik tunggal, atas film Mary Poppins. Ia secara anumerta dianugerahi Academy Award terakhirnya pada 1969. (Selengkapnya...)


6 Desember

Kamal Haasan

Perwakilan-perwakilan India untuk Film Berbahasa Asing Terbaik pada acara penghargaan Oscar telah ada sejak tahun 1957. Federasi Film India (FFI) memiliki sebuah komite untuk memiliki satu film yang dirilis pada suatu tahun untuk diwakilkan sebagai perwakilan resmi India pada penghargaan Akademi untuk nominasi "Film Berbahasa Asing Terbaik" pada tahun berikutnya. Perwakilan India pertama, film Hindi 1957 Mother India, hampir akan memenangi Penghargaan Akademi namun kalah dengan Nights of Cabiria dengan sebuah suara tunggal. Pada 2014, hanya tiga film India yang masih nominasi—yang lainnya adalah Salaam Bombay! dan Lagaan —. Sejak 1984, India hanya pernah satu kali tidak mewakilkan sebuah film; pada 2003, FFI secara kontroversial memilih untuk tidak membuat perwakilan karena mereka mereka tidak ada film yang dianggap layak untuk berkompetisi dengan film-film dari negara-negara lainnya. Kebanyakan perwakilan India adalah film berbahasa Hindi. Film berbahasa Tamil diwakilkan oleh komite tersebut sebanyak delapan kali. Aktor Kamal Haasan (gambar) paling sering diwakilkan negara tersebut sebagai seorang penampil, dengan tujuh film yang diwakilkan. (Selengkapnya...)


7 Desember

Penghargaan Hugo untuk Novel Terbaik adalah salah satu Penghargaan Hugo yang diberikan setiap tahun untuk kisah fantasi atau fiksi ilmiah dalam bahasa Inggris atau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada tahun kalender sebelumnya. Penghargaan novel tersebut tersedia bagi karya-karya fiksi 40,000 kata atau lebih; penghargaan juga diberikan dalam kategori cerita pendek, novelette, dan novella. Penghargaan Hugo disebut sebagai "sebuah acara sempurna bagi fiksi spekulatif" dan "penghargaan kesusastraan terkenal bagi penulisan fiksi ilmiah". Penghargaan Hugo untuk Novel Terbaik dianugerahi setiap tahun oleh Perhimpunan Fiksi Ilmiah Sedunia sejak tahun 1953, kecuali pada 1954 dan 1957. Selain penghargaan Hugo biasa, bermula pada 1996, Penghargaan Hugo Retrospektif, atau "Retro Hugo", tersedua untuk dianugerahi bagi karya-karya 50, 75, atau 100 tahun sebelumnya. Retro Hugo hanya dianugerahi pada tahun-tahun dimana Konvensi Fiksi Ilmiah Sedunia, atau Worldcon, diadakan, namun tak ada penghargaan yang aslinya diberikan. Pada saat ini, penghargaan Retro Hugo telah diberikan untuk novel-novel dari tahun 1939, 1941, 1946, 1951, dan 1954. (Selengkapnya...)


8 Desember

Travis Knight menyutradarai Kubo and the Two Strings.

Kubo and the Two Strings meraih penghargaan dan nominasi dalam sebuah kategori film animasi umum di beberapa cara penghargaan. Di Academy Awards ke-89, film tersebut dinominasikan dalam kategori Film Animasi Terbaik dan Efek Visual Terbaik; film tersebut adalah film animasi kedua yang dinominasikan dalam kategori Efek Visual Terbaik, setelah The Nightmare Before Christmas (1993). Film tersebut dinominasikan untuk Film Animasi Terbaik di Penghargaan Golden Globe ke-74 dan Critics' Choice Awards ke-22. Film tersebut meraih nominasi terbanyak kedua di Annie Awards ke-44, dengan jumlah kurang dari satu nominasi ketimbang Zootopia yang meraih 11, dan memenangkan Pengabdian Terbaik dalam Animasi Karakter, Rancangan Produksi, dan Penyuntingan dalam sebuah Produksi Film Animasi, dengan tujuh nominasi lain. Kubo and the Two Strings diangkat menjadi film animasi terbaik di Austin Film Critics Association Awards ke-12, Chicago Film Critics Association Awards ke-29, British Academy Film Awards ke-70, Florida Film Critics Circle Awards ke-21, Houston Film Critics Society Awards ke-10, National Board of Review Awards ke-88, Online Film Critics Society Awards ke-20, San Diego Film Critics Society Awards ke-21, dan Washington D.C. Area Film Critics Association Awards ke-15. (Selengkapnya...)


9 Desember

Manzanillo

Colima terbagi dalam sepuluh munisipalitas. Colima adalah sebuah negara bagian yang terletak di barat Meksiko. Menurut Survei Interkensal Meksiko 2015, negara tersebut memiliki populasi terkecil dengan 7005711235000000000711.235 penduduk dan merupakan negara bagian terkecil kelima menurut luas daratan yang terbentang seluas 5801,754 kilometer persegi (2240,070 sq mi). Munisipalitas terbesar menurut populasi di Colima adalah Manzanillo dengan 184.541 penduduk dan munisipalitas terkecil menurut penduduk adalah Ixtlahuacán dengan 5.527 penduduk. Munisipalitas terbesar menurut wilayah adalah Munisipalitas Manzanillo (gambar) dengan luas 1361,291 km2 (525,597 sq mi), sementara Villa de Álvarez adalah munisipalitas terkecil dengan luas 288,694 km2 (111,465 sq mi). (Selengkapnya...)


10 Desember

Penulis, produser dan sutradara Avatar, James Cameron

Avatar meraih berbagai penghargaan dan nominasi. Avatar memenangkan Academy Awards ke-82 untuk Pengarahan Gambar Terbaik, Sinematografi Terbaik, dan Efek Visual Terbaik, dan dinominasikan untuk sembilan kategori, yang meliputi Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Film tersebut meraih empat nominasi di acara Golden Globe Awards ke-67, dan meraih dua penghargaan untuk Film Drama Terbaik dan Sutradara Terbaik. Avatar dinominasikan untuk delapan British Academy Film Awards, memenangkan Rancangan Produksi Terbaik dan Efek Visual Khusus Terbaik. Prestasi film tersebut dalam efek visual dipuji oleh Visual Effects Society, yang menganugerahinya dengan enam penghargaan pada acara penghargaan tahunan mereka. Avatar juga dinominasikan untuk Directors Guild of America Awards, Producers Guild of America Awards, dan Writers Guild of America Awards. Film tersebut dinominasikan untuk sepuluh Saturn Award dan memenangkan seluruh sepuluh penghargaan tersebut di acara Saturn Awards ke-36. Kemenangan Zoe Saldana pada Saturn Award untuk Aktris Terbaik menandai kejadian langka untuk sebuah karakter grafis komputer. (Selengkapnya...)


11 Desember

Setiap 29 negara bagian dan 7 wilayah di India memiliki ibukota. India adalah sebuah negara yang terletak di Asia selatan. Dengan lebih dari 1.3 miliar orang, India adalah demokrasi paling padat di dunia. Negara tersebut adalah sebuah republik konstitusional federal yang diperintah di bawah sistem parlementer. Seluruh negara bagian, serta wilayah Puducherry dan Delhi, memiliki legislatur dan pemerintahan terpilih, yang sama-sama disusun pada model Westminster. Lima wilayah lainnya diperintah langsung oleh pusat melalui administrator terpilih. Pada 1956, di bawah Undang-Undang Reorganisasi Negara-Negara Bagian, negara-negara bagian direorganisasi atas dasar linguistik. Sejak itu, struktur mereka sebagian besar masih belum berubah. Setiap negara bagian atau wilayah kemudian terbagi dalam distrik administratif. Ibukota-ibukota negara bagian dan wilayah tak disortir menurut ibukota legislatif dan yudisial. Ibukota administratif adalah tempat dimana kantor-kantor pemerintah eksekutif berada, ibukota legislatif adalah tempat dimana majelis negara bagian berada, dan ibukota yudisial adalah tempat Pengadilan Tinggi negara bagian atau teritorial. (Selengkapnya...)


12 Desember

Logo Bleach

Arrancar: The Fierce Fight arc (破面・激闘篇, Arankaru Gekitō Hen) adalah musim kedelapan dari serial anime Bleach. Episode-episodenya disutradarai oleh Noriyuki Abe, dan diproduksi oleh TV Tokyo, Dentsu dan Studio Pierrot. Berdasarkan pada serial manga Bleach karya Tite Kubo, alur episode-episodenya berpisah pada pertarungan Ichigo Kurosaki dan para temannya melawan Espada, para anggota terkuat dari pasukan mantan kapten shinigami Sōsuke Aizen, untuk menyelamatkan Orihime Inoue. Musim tersebut disiarkan dari Desember 2007 sampai April 2008. Adaptasi Inggris dari anime Bleach dilisensikan oleh Viz Media, dan serial tersebut mulai disiarkan pada 26 September 2009 dan berakhir pada 21 November 2009 di Adult Swim. Empat kompilasi DVD, masing-masing terdiri dari empat episode musim tersebut, dirilis oleh Aniplex antara 28 Mei 2008 dan 27 Agustus 2008 di Jepang. Viz Media merilis musim tersebut dalam dua kemasan DVD terpisah pada 21 Juni dan 6 September 2011. Namun, kemasan pertama juga berisi episode-episode dari musim sebelumnya. (Selengkapnya...)


13 Desember

Andrew Stanton dan Victor Navone memegang Academy Award untuk Film Animasi Terbaik

WALL-E dinominasikan untuk beberapa penghargaan, termasuk tujuh Annie Awards, enam Academy Awards, dan dua Golden Globe Awards. WALL-E tak memenangkan Annie Awards apapun, semuanya dianugerahi untuk kompetitor kategori Kung Fu Panda. Film tersebut memenangkan Academy Award untuk Film Animasi Terbaik dan dinominasikan untuk Lagu Asli Terbaik, Musik Asli Terbaik, Tata Suara, Penyuntingan Suara dan Skenario Asli Terbaik di Academy Awards ke-81. Film tersebut memenangkan penghargaan Film Terbaik dari Boston Society of Film Critics, Chicago Film Critics Association, Online Film Critics Society, dan Los Angeles Film Critics Association, dimana film tersebut menjadi film animasi pertama yang memenangkan penghargaan tersebut. Film tersebut juga menjadi film animasi pertama yang memenangkan penghargaan Penyuntingan Terbaik untuk sebuah Film Komedi atau Musikal dari American Cinema Editors. (Selengkapnya...)


14 Desember

Logo American Idol

Selama setiap musim American Idol, putaran final kompetisi memiliki dua belas finalis, kecuali untuk satu musim pada saat itu sepuluh finalis dan musim kedelapan dan kesepuluh ketika itu memiliki tiga belas finalis. Sebanyak 118 kontestan telah mencapai final pada setiap musim. Persyaratan usia menunjukkan hanya memungkinkan orang untuk masuk jika mereka berusia antara 15 hingga 29 tahun. Dari 95 kontestan yang terdaftar, 21 dari mereka berusia di bawah 20 tahun, termasuk dua pemenang dan dua juara kedua. Pemenang musim pertama, Kelly Clarkson saat ini memegang rekor untuk penjualan album tertinggi di seluruh dunia dengan penjualan lebih dari 25 juta kopi. Sedangkan pemenang musim keempat, Carrie Underwood saat ini memegang rekor untuk penjualan album tertinggi di Amerika Serikat dengan lebih dari sebelas juta kopi. (Selengkapnya...)


15 Desember

Logo untuk Pendaftaran Film Nasional.

Pendaftaran Film Nasional (bahasa Inggris: National Film Registry, disingkat NFR) adalah badan seleksi film milik Badan Penyajian Film Nasional Amerika Serikat (bahasa Inggris: National Film Preservation Board, disingkat NFPB) untuk penyajian dalam Perpustakaan Kongres. NFPB, yang didirikan oleh Undang-Undang Penyajian Film Nasional tahun 1988, diotoritasikan ulang oleh Undang-Undang Kongres pada 1992, 1996, 2005, dan lagi pada Oktober 2008. Misi NFPB, dalam hal ini NFR, adalah untuk melakukan penyelamatan, konservasi, dan meningkatkan ketersediaan publik dari warisan film Amerika. Hukum tahun 1996 juga mendirikan Yayasan Penyajian Film Nasional nirlaba yang, meskipun berafiliasi dengan NFPB, mengumpulkan uang dari sektor swasta. (Selengkapnya...)


16 Desember

Gereja Kelahiran, yang secara tradisional dianggap tempat lahir Yesus, adalah salah satu dari beberapa situs yang diangkat menjadi Situs Warisan Dunia dan Warisan Dunia dalam Bahaya pada tahun yang sama.

Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO dalam bahaya menempatkan Situs Warisan Dunia UNESCO yang terancam konservasi memerlukan operasi besar dan yang "bantuan telah diminta". Dalam kasus situs alam, bahaya dipastikan termasuk penurunan yang serius pada populasi suatu spesies yang terancam punah atau yang berharga lainnya atau kerusakan keindahan alam atau nilai ilmiah properti oleh kegiatan buatan manusia seperti penebangan, pencemaran, permukiman, pertambangan, pertanian, dan pekerjaan umum utama. Bahaya dipastikan karena sifat budaya termasuk kerusakan serius bahan, ornamen atau koherensi struktur arsitektur dan hilangnya keaslian sejarah atau signifikansi budaya. Potensi bahaya untuk situs baik budaya dan alam termasuk proyek-proyek pembangunan, konflik bersenjata, sistem manajemen yang tidak mencukupi atau perubahan status perlindungan hukum milik. Dalam kasus situs budaya juga perubahan bertahap karena geologi, iklim atau lingkungan dapat menjadi bahaya yang potensial. (Selengkapnya...)


17 Desember

JKT48

Para anggota JKT48 terbagi dalam 6 generasi dan 3 tim. JKT48 adalah grup idola asal Indonesia. Dibentuk pada tahun 2011, JKT48 merupakan grup saudari AKB48 pertama yang berada di luar Jepang. Grup ini mengadopsi konsep AKB48 yaitu "idola yang dapat anda jumpai setiap hari". JKT48 mengadakan pertunjukan rutin hampir setiap hari di Theater JKT48, lantai 4 mal fX Sudirman, Jakarta. 6 generasi tersebut masing-masing meliputi generasi pertama yang diumumkan pada 2 November 2011, generasi kedua yang diumumkan pada 3 November 2012, generasi ketiga yang diumumkan pada 15 Maret 2014, generasi keempat yang diumumkan pada 16 Mei 2015 dan generasi kelima yang diumumkan pada 28 Mei 2016, dan generasi keenam yang diumumkan pada 8 April 2018. Salah satu mantan anggota dari grup tersebut, Melody Nurramdhani Laksani, menjabat sebagai Jenderal Manajer JKT48 menggantikan Jiro Inao yang ditemukan tewas gantung diri di Tangerang pada 21 Maret 2017. (Selengkapnya...)


18 Desember

Brad Pitt

Brad Pitt adalah seorang aktor dan produser film Amerika, yang karier aktingnya dimulai pada 1987 dengan peran yang tidak disebutkan dalam film No Way Out dan Less Than Zero. Ia kemudian tampil dalam episode-episode untuk acara-acara televisi pada akhir 1980an, dan memainkan peran utama pertamanya dalam film jagal Cutting Class (1989). Ia meraih ketenaran dalam Thelma & Louise (1991) dan A River Runs Through It (1992). Ia kemudian mengambil peran vampire Louis de Pointe du Lac dalam film drama horor Interview with the Vampire (1994) dan untuk penampilannya dalam film epik drama Legends of the Fall (1994), ia meraih meraih Golden Globe Award untuk Aktor Terbaik pertamanya. (Selengkapnya...)


19 Desember

Mel Gibson meraih beberapa penghargaan dan nominasi atas penyutradaraannya dalam film tersebut

Hacksaw Ridge dinominasikan untuk beberapa penghargaan. Hacksaw Ridge memenangkan penghargaan Penyuntingan Film Terbaik dan Tata Suara Terbaik dan dinominasikan untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik untuk Garfield dan Penyuntingan Suara Terbaik di Academy Awards. Film tersebut memenangkan penghargaan Penyuntingan Terbaik dan dinominasikan utnuk Aktor Terbaik dalam sebuah Peran Utama untuk Garfield, Skenario Terbaik, Tata Suara Terbaik dan Tata Rias dan Rambut Terbaik di British Academy Film Awards. Film tersebut memenangkan penghargaan Film Aksi Terbaik dan Aktor Terbaik dalam sebuah Film Aksi untuk Garfield dan dinominasikan untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik untuk Garfield, Penyuntingan Terbaik dan Tata Rias dan Rambut Terbaik di Critics' Choice Awards. Film tersebut meraih tiga nominasi di Penghargaan Golden Globe, yang meliputi Film Drama Terbaik, Aktor Terbaik dalam sebuah Film Drama untuk Garfield dan Sutradara Terbaik. Film tersebut memenangkan penghargaan Aktor Terbaik untuk Garfield, Penyuntingan Film Terbaik dan Tata Suara Terbaik dan dinominasikan untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, Sinematografi Terbaik, Musik Asli Terbaik dan Pengarahan Gambar dan Rancangan Produksi Terbaik di Penghargaan Satellite. (Selengkapnya...)


20 Desember

Bill Gaither

Grammy Award untuk Album Gospel Southern, Country atau Bluegrass Terbaik adalah penghargaan disajikan di Grammy Awards untuk pemain, sutradara, dan produser album musik gospel berkualitas. Aslinya disebut Grammy Award untuk Album Gospel Southern Terbaik, Bruce Carroll pertama kali memenangkan penghargaan tersebut di Grammy Awards ke-33 pada 1991 untuk album The Great Exchange. Tiga tahun kemudian, nama kategori tersebut diubah menjadi Album Gospel Southern, Gospel Country atau Gospel Bluegrass Terbaik. Nama kategori tersebut diubah menjadi Album Gospel Southern, Country atau Bluegrass Terbaik pada 1998. Setelah 2011, ini digabung dengan Album Gospel Rock Terbaik (Grammy Award) dan Album Gospel Pop/Kontemporer Terbaik (Grammy Award), membentuk Album Musik Kristen Kontemporer Terbaik (Grammy Award). NARAS melakukan perubahan tersebut dalam rangka "mengkuruskan jumlah kategori" di Grammy Awards. Bill Gaither (gambar) meraih kemenangan terbanyak dalam kategori tersebut, dengan jumlah empat: dua dari karyanya dalam Gaither Vocal Band, dan dua lainnya dalam kombinasi dengan istrinya, Gloria. (Selengkapnya...)


21 Desember

Tamannaah

Tamannaah adalah seorang aktris India yang biasanya muncul dalam sinema Telugu dan sinema Tamil selain beberapa film Hindi. Ia membuat debut aktingnya pada 2005 pada usia 15 tahun dengan film Chand Sa Roshan Chehra dalam bahasa Hindi, dan Sri dalam bahasa Telugu, dan debut Tamil-nya pada tahun berikutnya dengan film Kedi. Tidak ada dari film-film tersebut yang meraih kesuksesan. Pada 2007, puncak karier Tamannaah dalam sinema Telugu dan Tamil datang pada film Happy Days dan Kalloori dengan berperan sebagai seorang siswi dalam kedua film tersebut. Tamannaah mendapatkan lima peran pada 2009 yang meliputi: Padikkadavan, Ayan, dan Ananda Thandavam. Penampilannya dalam Konchem Ishtam Konchem Kashtam (2009) membuatnya meraih nominasi dalam kategori Aktris Terbaik – Telugu di acara Penghargaan Filmfare Selatan ke-57. Ia juga mempersembahkan kembali peran Kareena Kapoor dari Jab We Met (2007), dalam remake Tamil-nya Kanden Kadhalai (2009), yang membuatnya meraih nominasi lainnya di Penghargaan Filmfare Selatan ke-57 dalam kategori Aktris Terbaik – Tamil. Pada waktu itu, ia menjadi salah satu aktris tersohor dalam sinema Tamil. (Selengkapnya...)


22 Desember

Martin Scorsese

Silence dinominasikan untuk beberapa penghargaan. Silence adalah sebuah film drama periode 2016 yang disutradarai oleh Martin Scorsese (gambar) dan ditulis oleh Jay Cocks dan Scorsese, berdasarkan pada novel tahun 1966 bernama sama karya Shūsaku Endō. Berlatar belakang Nagasaki, Jepang, film tersebut secara keseluruhan mengambil gambar di sekitaran Taipei, Taiwan. Film tersebut dibintangi oleh Andrew Garfield, Adam Driver, Liam Neeson, Tadanobu Asano dan Ciarán Hinds. Alurnya berkisah tentang dua imam Yesuit abad ke-17 yang berkunjung dari Portugal ke Jepang untuk mencari mentor mereka yang hilang dan menyebarkan agama Kristen Katolik. Ceritanya berlatar belakang masa Kakure Kirishitan ("Umat Kristen Tersembunyi"), setelah penekanan dari Pemberontakan Shimabara (1637–1638) terhadap umat Katolik Roma Jepang melawan keshogunan Tokugawa. (Selengkapnya...)


23 Desember

Albertus Soegijapranata, uskup pribumi Indonesia pertama

Setiap 37 keuskupan di Indonesia dipimpin oleh seorang uskup. Keuskupan Agung terjadi dari pengelompokan beberapa keuskupan yang berdekatan yang membentuk suatu Provinsi Gerejani. Dalam hal ini suatu Keuskupan menjadi Keuskupan Agung dan dipandang sebagai metropolit bukan karena luas wilayah, ataupun karena kedewasaan iman umat pada umumnya. Keuskupan Agung tidak lebih tinggi dari Keuskupan lainnya, melainkan mendapat fungsi mempersatukan Keuskupan-keuskupan yang berdekatan, yang disebut Keuskupan sufragan, seperti suatu gugusan (cluster), dalam rangka penggembalaan umat yang kurang lebih mirip budayanya, untuk hal-hal yang dianggap berfaedah. Misalnya Keuskupan Agung Jakarta merupakan metropolit dan pemersatu Keuskupan Bogor dan Keuskupan Bandung. (Selengkapnya...)


24 Desember

Seragam Kardinal

Kardinal yang masih hidup adalah pejabat senior dalam Gereja Katolik Roma. Berada di bawah Paus dan ditunjuk langsung oleh paus sebagai anggota dewan kardinal. Tugas para kardinal adalah untuk menghadiri rapat dalam dewan suci dan siap sedia untuk hadir, baik secara pribadi maupun bersama-sama, kapanpun Sri Paus membutuhkan nasihat mereka. Kardinal yang berusia lebih dari 80 tahun pada hari Kepausan lowong tak dapat berpartisipasi dalam konklaf kepausan. Terdapat dua mantan kardinal yang masih hidup: Joseph Ratzinger dan Jorge Mario Bergoglio, yang menjadi kardinal pada masa pemilihan mereka masing-masing sebagai Paus Benediktus XVI pada 2005 dan Paus Fransiskus pada 2013. (Ratzinger sekarang menjadi Paus emeritus Benediktus XVI.) Beberapa kardinal juga berasal dari Gereja-gereja Katolik Timur, yakni Gereja Katolik Siria-Malabar, Gereja Katolik Maronit, Gereja Katolik Siria-Malankara, Gereja Katolik Ethiopia, Gereja Katolik Yunani Rumania dan Gereja Katolik Koptik. Satu-satunya kardinal yang masih hidup yang berasal dari Indonesia adalah Julius Darmaatmadja. (Selengkapnya...)



25 Desember

Istana Apostolik

Terdapat 110 pemilihan kepausan yang menghasilkan paus yang saat ini diakui oleh Gereja Katolik secara sah. Prosesnya tidak tetap pada suksesi kepausan sebelum 1059 dan para paus pada saat itu sering dipilih oleh keterlibatan sekuler secara substansial, jika tidak ada penunjukan langsung. Namun, sejak promulgasi In nomine Domini (1059), hak pilih hanya terbatas untuk Dewan Kardinal. Pemilihan kepausan sejak 1276 dibuat dalam bentuk konklaf kepausan, yang merupakan pemilihan yang disertai dengan peraturan dan prosedur yang dikembangkan pada Ubi periculum (1274) dan kemudian bulla kepausan; pengadaan konklaf dibuat beragam sampai 1294, namun, seluruh pemilihan kepausan setelahnya dibentuk dengan prosedur konklaf yang relatif sama. Meskipun para kardinal secara historis dapat berkumpul di beberapa lokasi baik itu Roma dan di kota lainnya, hanya lima pemilihan sejak 1455 yang dilakukan di luar Istana Apostolik (gambar). Tiga pemilihan berpindah tempat pada saat prosesnya: pemilihan 1268–71, 1292–94, dan 1314–16. (Selengkapnya...)


26 Desember

Mark Ruffalo meraih sambutan kritis atas perannya sebagai Michael Rezendes

Spotlight dinominasikan untuk 138 penghargaan, memenangkan 71; penyutradaraannya, skenarionya dan penampilan Ruffalo dan McAdams meraih perhatian terbanyak dari kelompok-kelompok penghargaan. Spotlight meraih enam nominasi di Academy Awards ke-88, yang meliputi Sutradara Terbaik (McCarthy), Aktor Pendukung Terbaik (Ruffalo) dan Aktris Pendukung Terbaik (McAdams). Film tersebut memenangkan Film Terbaik dan Skenario Asli Terbaik (McCarthy dan Singer), menjadikannya film pertama sejak The Greatest Show on Earth (1952) yang memenangkan kategori Film Terbaik dengan hanya satu penghargaan lain. Film tersebut meraih tiga nominasi Penghargaan Golden Globe — Film Drama Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Skenario Terbaik. Spotlight juga memenangkan penghargaan Skenario Asli Terbaik di British Academy Film Awards ke-69, dimana film tersebut meraih dua nominasi tambahan. (Selengkapnya...)


27 Desember

Ippolito de' Medici, seorang kardinal keponakan dari Paus Klemens VII dan anak kandung dari Giuliano di Lorenzo de' Medici

Praktik pelantikan kardinal keponakan berasal dari Abad Pertengahan, dan mencapai puncaknya pada abad ke-16 dan ke-17. Dari Kepausan Avignon (1309–1377) sampai bulla anti-nepotisme dari Paus Innosensius XII, Romanum decet pontificem (1692), hampir setiap Paus yang menunjuk kardinal yang sedarah dari Dewan Kardinal, termasuk setiap Paus era Renaisans. Walaupun keponakan merupakan orang yang paling sering dilantik oleh Dewan, adapula yang berasal dari anggota keluarga lainnya yang meliputi putra dan cucu (baik itu kandung, tiri, atau angkat), saudara, anak dari keponakan, sepupu dan bahkan paman. Setidaknya 15, dan mungkin juga 19 kardinal keponakan kemudian terpilih menjadi Paus (Gregorius IX, Aleksander IV, Adrianus V, Gregorius XI, Bonifasius IX, Innosensius VII, Eugenius IV, Paulus II, Aleksander VI, Pius III, Julius II, Leo X, Klemens VII, Benediktus XIII, dan Pius VII, mungkin juga Yohanes XIX, Benediktus IX, jika mereka benar-benar pernah dipromosikan menjadi kardinal, serta Innosensius III dan Benediktus XII, jika dalam fakta bahwa mereka memiliki hubungan dengan pelantik mereka). Satu orang menjadi Anti-Paus (Yohanes XXIII), dan dua atau tiga orang dikanonisasikan (Charles Borromeo, Guarinus dari Palestrina, dan mungkin Anselm dari Lucca, jika dalam fakta bahwa ia benar-benar pernah terpilih menjadi kardinal). (Selengkapnya...)


28 Desember

Penampilan Karthi dalam film Madras membuatnya meraih beberapa penghargaan dan nominasi

Madras memenangkan 24 penghargaan dari 51 nominasi; penyutradaraan, skenario, penampilan para pemerannya, musik dan sinematografinya meraih perhatian besar dari kelompok-kelompok pemberi penghargaan. Di Penghargaan Filmfare Selatan ke-62, Madras dinominasikan dalam sebelas kategori, memenangkan Penghargaan Kritikus untuk Aktor Terbaik (Karthi), Debut Perempuan Terbaik (Tresa), Aktris Pendukung Terbaik (Riythvika) dan Penyanyi Playback Laki-laki Terbaik (Pradeep Kumar untuk "Aagayam Theepidicha"). Di Penghargaan Vijay ke-9, film ini meraih lima belas nominasi dan tiga kemenangan, Aktor Pendukung Terbaik, Penyanyi Playback Laki-laki Terbaik dan sebuah Penghargaan Juri Khusus. Madras meraih tiga belas nominasi di acara Penghargaan Film Internasional India Selatan ke-4 dan memenangkan enam penghargaan, termasuk penghargaan-penghargaan untuk Sutradara Terbaik dan Penyanyi Playback Laki-laki Terbaik. Karthi dan Tresa masing-masing memenangkan penghargaan Kritikus Aktor Terbaik dan Aktris Debut Terbaik. Pada kemenangan lainnya, film ini meraih tujuh Penghargaan Sinema Ananda Vikatan dan empat Penghargaan Edison. Film ini juga meraih sebuah nominasi untuk Penyanyi Playback Terbaik (Perempuan) untuk Shakthisree Gopalan di Penghargaan Festival Film Tamil Norwegia. (Selengkapnya...)


29 Desember

John Ford

Academy Award untuk Sutradara Terbaik diberikan untuk menghormati seorang sutradara yang menampilkan penyutradaraan menarik saat berkarya dalam industri film. Acara Academy Awards ke-1 diadakan pada 1929 dimana penghargaan tersebut dipisah dalam kategori "Drama" dan "Komedi"; Frank Borzage dan Lewis Milestone menang masing-masing untuk Seventh Heaven dan Two Arabian Knights. Namun, kategori-kategori tersebut digabung pada acara-acara berikutnya. Untuk sebelas tahun pertama Academy Awards, para sutradara diperbolehkan mendapatkan nominasi untuk film berganda pada tahun yang sama. Setelah penominasian Michael Curtiz untuk dua film, Angels with Dirty Faces dan Four Daughters, di Academy Awards ke-11, peraturan direvisi sehingga setiap individu hanya dapat dinominasikan untuk satu film pada setiap acara. Meskipun perusahaan diamandemenkan, satu-satunya sutradara yang meraih nominasi berganda dalam tahun yang sama adalah Steven Soderbergh untuk Erin Brockovich dan Traffic pada 2000, dan memenangkan penghargaan tersebut untuk film Traffic. Academy Awards untuk Sutradara Terbaik dan Film Terbaik sangat berkaitan sepanjang sejarah mereka. John Ford (gambar) telah meraih penghargaan terbanyak dalam kategori tersebut dengan empat kemenangan. (Selengkapnya...)


30 Desember

Mikhail Gorbachev

Para pemimpin Uni Soviet meliputi Ketua Dewan Menteri yang berkedudukan sebagai kepala pemerintahan dan Ketua Presidium Majelis Agung sebagai kepala negara. Jabatan Ketua Dewan Menteri dapat disamakan dengan jabatan "Perdana Menteri",sedangkan jabatan sebagai Kepala Presidium dapat disamakan dengan jabatan Presiden. Dalam tujuh puluh tahun sejarah Uni Soviet, sebenarnya tidak ada 'jabatan' pemimpin Uni Soviet, tetapi pemimpin Soviet biasanya memimpin negara melalui jabatan Perdana Menteri dan/atau jabatan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet (PKUS). Dalam ideologi Vladimir Lenin kepala negara Soviet adalah tubuh dari garda depan partai. Setelah Josef Stalin mendapatkan tampuk kekuasaan di era 1920-an, jabatan Sekertaris Jenderal Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet, menjadi serupa dengan 'Pemimpin Uni Soviet' karena jabatan ini mengurus Partai Komunis dan Pemerintahan Uni Soviet. Di masa pemerintahan Stalin jabatan Sekertaris Jenderal dihapus. (Selengkapnya...)


31 Desember

Kamal Haasan (gambar pada 2014) meraih beberapa penghargaan dan nominasi untuk produksi, penyutradaraan dan akting dalam film tersebut.

Vishwaroopam memenangkan 13 penghargaan dari 36 nominasi; penyutradaraannya, penampilan para anggota pemeran, musik, sinematografi, penyuntingan, pengarahan gambar dan koreografinya meraih perhatian besar dari kelompok-kelompok penghargaan. Di Penghargaan Film Nasional ke-60, Vishwaroopam memenangkan Koreografi Terbaik dan Rancangan Produksi Terbaik. Film tersebut merai tiga nominasi: Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Aktor Terbaik di Penghargaan Filmfare Selatan ke-61, memenangkan satu. Film tersebut memenangkan tiga penghargaan dari enam belas nominasi di Penghargaan Vijay ke-8, yang meliputi Film Terbaik (Kamal, S. Chandrahaasan, Potluri), Aktris Pendukung Terbaik (Jeremiah), dan Peran Jahat Terbaik (Bose); Kamal memenangkan Aktor Terbaik dan Sutradara Terfavorit, sementara Ilayaraaja dan Taweepasas meraih penghargaan untuk Pengarah Gambar Terbaik. Vishwaroopam meraih tujuh nominasi di Penghargaan Film Internasional India Selatan ke-3. Pada kemenangan lainnya, film tersebut meraih empat Penghargaan Sinema Ananda Vikatan, dua Penghargaan Film Negara Bagian Tamil Nadu dan dua penghargaan di Festival Film Jagran. (Selengkapnya...)