Wikipedia:Daftar pilihan/Daftar daftar pilihan 2017

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Daftar pilihan
2017 2018
Usulan

Untuk yang terbaru, lihat Wikipedia:Daftar pilihan/Jadwal.

DP 3 (Maret 2017)
Beberapa ketua menteri berpose dengan Perdana Menteri Narendra Modi pada Desember 2014.

Tiga puluh satu ketua menteri saat ini menjabat di Republik India. Seorang ketua menteri adalah kepala pemerintah dari setiap dua puluh sembilan negara bagian dan dua wilayah persatuan (Delhi dan Puducherry). Menurut konstitusi India, di tingkat negara bagian, gubernur adalah kepala de jure, namun wewenang eksekutif de facto berada di tangan ketua menteri. Setelah pemilihan majelis legislatif negara bagian, gubernur biasanya mengundang partai (atau koalisi) yang memperoleh kursi mayoritas untuk membentuk pemerintahan. Gubernur melantik ketua menteri yang bertanggung jawab secara kolektif (bersama dengan dewan menteri) kepada majelis tersebut. Apabila ia memperoleh kepercayaan majelis, masa jabatan ketua menteri biasanya paling lama lima tahun, walaupun tidak ada batas jumlah masa jabatan. Dari tiga puluh satu petahana saat ini, tiga orang diantaranya adalah wanita—Mamata Banerjee di Benggala Barat, Mehbooba Mufti di Jammu dan Kashmir, dan Vasundhara Raje di Rajasthan. Menjabat sejak Desember 1994 (selama 29 tahun, 112 hari), Pawan Kumar Chamling dari Sikkim memiliki masa jabatan terpanjang. Virbhadra Singh (l. 1934) dari Himachal Pradesh adalah ketua menteri tertua, sementara Pema Khandu (l. 1979) dari Arunachal Pradesh adalah yang termuda. Enam petahana merupakan anggota Kongres Nasional India, tiga belas petahana berasal dari Partai Bharatiya Janata dan dua petahana berasal dari Partai Komunis India (Marxis); tidak ada partai lainnya yang memiliki lebih dari satu ketua menteri. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


DP 4 (April 2017)
Istana Apostolik

Terdapat 110 pemilihan kepausan yang menghasilkan paus yang saat ini diakui oleh Gereja Katolik secara sah. Prosesnya tidak tetap pada suksesi kepausan sebelum 1059 dan para paus pada saat itu sering dipilih oleh keterlibatan sekuler secara substansial, jika tidak ada penunjukan langsung. Namun, sejak promulgasi In nomine Domini (1059), hak pilih hanya terbatas untuk Dewan Kardinal. Pemilihan kepausan sejak 1276 dibuat dalam bentuk konklaf kepausan, yang merupakan pemilihan yang disertai dengan peraturan dan prosedur yang dikembangkan pada Ubi periculum (1274) dan kemudian bulla kepausan; pengadaan konklaf dibuat beragam sampai 1294, namun, seluruh pemilihan kepausan setelahnya dibentuk dengan prosedur konklaf yang relatif sama. Meskipun para kardinal secara historis dapat berkumpul di beberapa lokasi baik itu Roma dan di kota lainnya, hanya lima pemilihan sejak 1455 yang dilakukan di luar Istana Apostolik (gambar). Tiga pemilihan berpindah tempat pada saat prosesnya: pemilihan 1268–71, 1292–94, dan 1314–16. (Selengkapnya...)

Daftar pilihan sebelumnya: Daftar ketua menteri India saat ini

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


DP 5 (Mei 2017)
Kaisar Akihito dari Jepang

Para penguasa monarki saat ini dibedakan menurut gelar dan pangkat, yang dalam sebagian besar kasus didefinisikan oleh tradisi, dan dipandu di bawah konstitusi negara tersebut. Penguasa monarki adalah kepala monarki, suatu bentuk pemerintahan berupa negara atau pemerintahan diperintah oleh seseorang yang biasanya memerintah seumur hidup atau sampai turun takhta. Dalam pembelajaran politik dan sosio-budaya, penguasa-penguasa monarki biasanya dikaitkan dengan penguasa warisan; sebagian besar penguasa monarki; sebagian besar penguasa monarki lahir dan dibesarkan dalam sebuah keluarga kerajaan. Namun, beberapa penguasa monarki tidaklah warisan, dan sebagai gantinya penguasa tersebut ditentukan melalui proses elektif. Pada umumnya, negara hanya memiliki satu penguasa monarki, tetapi dalam keadaan khusus, yaitu apabila penguasa monarki masih di bawah umur (secara hukum), tidak ada, atau tidak mampu secara hukum melaksanakan kekuasaan, seorang regen dapat melaksanakan kekuasaan tersebut. (Selengkapnya...)


lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


DP 6 (Juni 2017)
Permukiman Dzul Hulafah, salah satu permukiman di Madinah

Kota Madinah memiliki 73 permukiman yang dihuni oleh populasi sejumlah 1,183,205 pada tahun 2010. Permukiman-permukiman tersebut beberapa di antaranya memiliki suatu keistimewaan atau ciri khas tertentu yang menyebabkan wilayah permukiman tersebut menarik perhatian para peziarah Muslim yang mendatangi Madinah. Contohnya lingkungan Al-Haram yang seluruh wilayahnya dicakup oleh Masjid Nabawi dan Jannatul Baqi, wilayah permukiman sekitar Gunung Uhud yang menjadi saksi pertempuran Uhud yang berdampingan dengan permukiman Sayid Syuhada yang di dalamnya terdapat lapangan Syuhada dan pemakaman para Syuhada Uhud. Wilayah-wilayah permukiman di Madinah dapat diketahui batas-batasnya dengan jalan-jalan raya atau tanda geografis lainnya. Secara umum, masyarakat luas tidak mengetahui suatu bangunan terletak di permukiman yang mana. Mereka hanya mengetahui nama tempat tersebut dengan kota Madinah atau tempat itu sendiri, misalnya Masjid Qiblatain yang termasuk ke dalam permukiman Al-Qiblatain atau Masjid Quba yang termasuk ke dalam permukiman Quba. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


DP 7 (Juli 2017)
Foto Cruise saat menghadiri penayangan perdana film Edge of Tomorrow di Paris pada 2014

Tom Cruise adalah seorang aktor dan produser yang tampil dalam film dan televisi. Ia membuat debut filmnya dengan sebuah peran minor dalam film drama percintaan 1981 Endless Love. Dua tahun kemudian, ia mencapai puncak karier-nya dengan membintangi film komedi romantis Risky Business (1983), yang membuat Cruise mendapatkan nominasi pertamanya untuk Golden Globe Award untuk Aktor Terbaik – Film Musikal atau Komedi. Ia beradu peran dengan Dustin Hoffman dalam film drama pemanang Academy Award untuk Film Terbaik Rain Man (1988), dan juga tampil dalam film drama percintaan pemenang Golden Raspberry Award untuk Film Terburuk Cocktail (1988). Karena itu, Cruise menjadi orang pertama dan satu-satunya yang pada tahun 2014 membintangi film pemenang Oscar Film Terbaik dan pemenang Razzie Film Terburuk pada tahun yang sama. Peran berikutnya adalah sebagai aktivis anti-perang Ron Kovic dalam adaptasi film drama dari memoir Kovic dengan nama yang sama, Born on the Fourth of July (1989). Untuk penampilannya, Cruise meraih Golden Globe Award untuk Aktor Terbaik – Film Drama dan nominasi pertamanya untuk Academy Award untuk Aktor Terbaik. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


DP 8 (Agustus 2017)
Foto Cruise saat menghadiri penayangan perdana film Edge of Tomorrow di Paris pada 2014

Dari 52 taman nasional di Indonesia, 6 di antaranya adalah Situs Warisan Dunia, 9 taman bagian dari World Network of Biosphere Reserves, dan 5 taman merupakan lahan basah yang secara internasional dilindungi oleh Konvensi Ramsar. Sebanyak 9 taman didominasi oleh perairan. Lima taman nasional pertama Indonesia didirikan tahun 1980. Jumlah ini meningkat tetap hingga 41 taman pada tahun 2003. Dalam ekspansi besar-besaran tahun 2004, 9 taman nasional baru ditetapkan sehingga jumlahnya mencapai 50 taman. taman nasional adalah kawasan pelestarian alam (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


DP 9 (September 2017)
Penggambaran kaligrafi modern Ali

Dua Belas Imam adalah cabang dari ajaran Syiah yang memiliki pengikut terbanyak. Mereka yang mengikuti ajaran yang disebut sebagai Syiah Imamiyah ini mempercayai bahwa mereka mempunyai 12 orang pemimpin, yang pemimpin pertamanya adalah Imam Ali ra. dan pemimpin terakhir mereka adalah Imam Mahdi Al-Muntazhar (Imam Mahdi yang ditunggu), seorang Imam yang muncul pada tahun 868 dan kemudian menghilang. Para pengikut Itsna Asyariyyah yakin bahwa Imam Mahdi akan kembali untuk menghadapi dajjal dan akan membangun pemerintahan Islam. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


DP 10 (Oktober 2017)
Para penerima Nobel 2012 Alvin E. Roth, Brian Kobilka, Robert J. Lefkowitz, David J. Wineland, dan Serge Haroche pada acara tersebut

Penghargaan Nobel telah diberikan kepada sejumlah individu dan organisasi yang membuat jasa-jasa menakjubkan dalam bidang kimia, fisika, sastra, perdamaian, dan fisiologi atau kedokteran. Penghargaan-penghargaan tersebut didirikan pada 1895 atas kehendak Alfred Nobel, yang memerintahkan agar penghargaan tersebut diurus oleh Yayasan Nobel. Nobel Ekonomi didirikan pada 1968 oleh Sveriges Riksbank, bank sentral Swedia, terhadap jasa-jasa pada bidang ekonomi. Setiap penerima meraih sebuah medali emas, sebuah diploma, dan sejumlah uang, yang diberikan oleh Yayasan Nobel, secara tahunan. Enam penerima meraih lebih dari satu penghargaan; dari keenamnya, Komite Palang Merah Internasional telah meraih Nobel Perdamaian sebanyak tiga kali, lebih banyak ketimbang yang lainnya. Dua penerima mendapatkan penghargaan sebanyak dua kali namun tidak pada bidang yang sama: Marie Curie (Fisika dan Kimia) dan Linus Pauling (Kimia dan Perdamaian). Diantara 870 penerima Nobel, 48 adalah wanita; wanita pertama yang meraih Penghargaan Nobel adalah Marie Curie, yang meraih Penghargaan Fisika pada 1903. Ia juga menjadi orang pertama (laki-laki atau perempuan) yang meraih dua Penghargaan Nobel, penghargaan yang kedua adalah Nobel Kimia, yang diberikan pada 1911.(Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


DP 11 (November 2017)
Sutomo, salah satu Pahlawan Nasional Indonesia

Pahlawan Nasional adalah gelar penghargaan tingkat tertinggi di Indonesia. Gelar anumerta ini diberikan oleh Pemerintahan Indonesia atas tindakan yang dianggap heroik – didefinisikan sebagai "perbuatan nyata yang dapat dikenang dan diteladani sepanjang masa bagi warga masyarakat lainnya." – atau "berjasa sangat luar biasa bagi kepentingan bangsa dan negara." Kerangka undang-undang untuk gelar tersebut awalnya menggunakan nama Pahlawan Kemerdekaan Nasional yang dibuat pada saat dikeluarkannya Dekret Presiden No. 241 Tahun 1958. Gelar khusus pada tingkat Pahlawan Nasional juga dianugerahkan. Pahlawan Revolusi diberikan pada tahun 1965 kepada sepuluh korban kudeta Gerakan 30 September yang gagal, sementara Sukarno dan mantan wakil presiden Mohammad Hatta diberikan gelar Pahlawan Proklamator pada 1988 karena peran mereka dalam membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Pahlawan-pahlawan tersebut berasal dari seluruh wilayah di kepulauan Indonesia, dari Aceh di bagian barat sampai Papua di bagian timur. Mereka berasal dari berbagai etnis, meliputi pribumi Indonesia, etnis Tionghoa, dan Eurasia. Mereka meliputi perdana menteri, gerilyawan, menteri-menteri pemerintahan, prajurit, bangsawan, jurnalis, Ulama, dan seorang uskup. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


DP 12 (Desember 2017)
Seragam Kardinal

Kardinal yang masih hidup adalah pejabat senior dalam Gereja Katolik Roma. Berada di bawah Paus dan ditunjuk langsung oleh paus sebagai anggota dewan kardinal. Tugas para kardinal adalah untuk menghadiri rapat dalam dewan suci dan siap sedia untuk hadir, baik secara pribadi maupun bersama-sama, kapanpun Sri Paus membutuhkan nasihat mereka. Kardinal yang berusia lebih dari 80 tahun pada hari Kepausan lowong tak dapat berpartisipasi dalam konklaf kepausan. Terdapat dua mantan kardinal yang masih hidup: Joseph Ratzinger dan Jorge Mario Bergoglio, yang menjadi kardinal pada masa pemilihan mereka masing-masing sebagai Paus Benediktus XVI pada 2005 dan Paus Fransiskus pada 2013. (Ratzinger sekarang menjadi Paus emeritus Benediktus XVI.) Beberapa kardinal juga berasal dari Gereja-gereja Katolik Timur, yakni Gereja Katolik Siria-Malabar, Gereja Katolik Maronit, Gereja Katolik Siria-Malankara, Gereja Katolik Ethiopia, Gereja Katolik Yunani Rumania dan Gereja Katolik Koptik. Satu-satunya kardinal yang masih hidup yang berasal dari Indonesia adalah Julius Darmaatmadja. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu