Wikipedia:Daftar pilihan/Agustus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

1 Agustus

Teguh Karya

Penghargaan FFI untuk Penyutradaraan Terbaikdiberikan dalam Festival Film Indonesia yang diselenggarakan sejak tahun 1955. Di bawah ini adalah daftar penerima penghargaan sutradara terbaik dalam Festival Film Indonesia sejak tahun 1955. Mulai tahun 1979, nama sutradara pemenang diikuti nominasi sutradara terbaik lainnya. Penghargaan Citra, dideskripsikan oleh Screen International sebagai "Oscar-nya Indonesia". Penghargaan Citra, yang kemudian dikenal sebagai Penghargaan Festival Film Indonesia, pertama kali diberikan di FFI pada awal 1955; pada tahun tersebut, Lilik Sudjio menang dalam kategori Penyutradaraan Terbaik untuk film-nya Tarmina. Hingga 2012 seluruh pesertanya laki-laki, meskipun sutradara perempuan juga sempat ikut berkompetisi sejak Ida Farida masuk nominasi pada 1989 untuk film percintaan-nya Semua Sayang Kamu. Sutradara yang paling banyak meraih kemenangan di FFI adalah Teguh Karya (gambar), yang memenangkan enam penghargaan dari sembilan nominasi yang diawali dengan Cinta Pertama pada 1974. Empat sutradara lainnya yang memenangkan Penghargaan Citra lebih dari satu kali: Arifin C. Noer, Hanung Bramantyo, Sjumandjaja, dan Slamet Rahardjo. Tiga sutradara (Eduard Pesta Sirait, Sophan Sophiaan, dan Teddy Soeriaatmadja) telah tiga kali menjadi nominasi namun tidak pernah menang. Pada 2007, Penghargaan tersebut dicabut setelah Ekskul karya Nayato Fio Nuala dinyatakan telah melanggar hak cipta karena menjiplak musik dari film-film luar negeri tanpa izin. (Selengkapnya...)


2 Agustus

Girls' Generation pentas pada tahun 2015

Girls' Generation merilis delapan album studio, dua album live, empat album mini, dan dua puluh delapan singel. Pada November 2012, Girls' Generation telah menjual lebih dari 4,4 juta album dan 30 juta singel digital. Grup tersebut telah menjual lebih dari 1,74 juta album di Korea Selatan pada Mei 2016, dan 3.48 juta rekaman, yang meliputi 944,805 singel fisik dan 1,899,579 album di Jepang pada Januari 2017. Girls' Generation melakukan debut pada tahun 2007 dengan singel "Into the New World" dan album studio berjudul nama grup sendiri, yang kemudian dirilis ulang dengan judul Baby Baby pada tahun 2008. Album tersebut terdiri dari tiga singel: "Girls' Generation", "Kissing You", dan "Baby Baby". Pada tahun 2009, Girls' Generation merilis dua album mini: Gee dan Tell Me Your Wish (Genie) (2009). Album studio kedua mereka, Oh! (2010) kemudian dirilis ulang dengan judul Run Devil Run (2010). Enam bulan kemudian, mereka merilis album mini ketiga, Hoot (2010). Singel "Oh!", "Run Devil Run" dan "Hoot" semuanya diklaim memuncaki tangga lagu Gaon Digital Chart. (Selengkapnya...)


3 Agustus

Nadia Ali pentas di Armin Only pada tahun 2011

Diskografi Nadia Ali, seorang penyanyi-penulis lagu Pakistan Amerika, terdiri dari satu album studio, tiga album remix, dua puluh tiga singel (termasuk lima belas sebagai artis pentas) dan empat belas video musik. Ali memulai kariernya pada 2001 sebagai frontwoman dari drama musik balai berbasis di New York iiO, yang singel debutnya "Rapture" meraih nomor dua di UK Singles Chart dan Billboard Hot Dance Club Play Chart dan masuk tangga lagu di beberapa negara lainnya. Saat dengan iiO, ia merilis album studio tahun 2005 Poetica, yang meraih nomor 17 di tangga lagu Billboard Dance/Electronic Albums. Selain "Rapture", album tersebut memproduksi lima singel lainnya yang meliputi singel nomor satu Billboard Hot Dance Club Play "Is It Love?". Ali meninggalkan iiO pada 2005, sementara grup musik tersebut masih merilis material yang menampilkan vokalnya, terutama album studio tahun 2011 Exit 110. (Selengkapnya...)


4 Agustus

David Healy

David Healy memainkan 95 pertandingan dimana ia mencetak 36 gol, menjadikannya pencetak skor papan atas dari negaranya. Healy membuat debut internasionalnya dalam sebuah pertandingan persahabatan melawan Luksemburg di Stade Josy Barthel pada Februari 2000, mencetak dua gol dalam kemenangan 3–1. Pada Juni 2004, ia menjadi pencetak skor papan atas sepanjang masa asal Irlandia Utara, setelah mencetak gol internasional ke-14nya dalam pertandingan persahabatan melawan Trinidad dan Tobago; rekor sebelumnya dari 13 gol dipegang bersama oleh Billy Gillespie dan Colin Clarke. Pada Oktober 2015, Kyle Lafferty melampaui Healy dalam hal rekor pencetakan skor sepanjang asal Irlandia Utara, dengan 16 gol. Gol terakhir Healy terjadi pada 2012, setelah empat tahun tanpa gol, saat ia mencetak kesetaraan pada menit ke-95 melawan Azerbaijan pada kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014. (Selengkapnya...)


5 Agustus

Kajol saat penayangan perdana My Name Is Khan (2010).

Kajol adalah seorang aktris India yang dikenal karena karyanya dalam perfilman Bollywood. Ia membuat debut layar lebarnya dalam film 1992 Bekhudi, yang mengalami kegagalan komersial. Namun, ia dikenal atas penampilannya dan tampil dalam film cerita seru tahun 1993 yang sukses secara komersial Baazigar bersama Shah Rukh Khan. Ia membintangi film tahun 1994 Udhaar Ki Zindagi, yang mendapat pujian kritikus baginya. Ini disusul dengan sebuah peran dalam Yeh Dillagi bersama dengan Akshay Kumar dan Saif Ali Khan. Kajol tampil dalam lima film pada 1995. Ia tampil dalam film cerita seru Karan Arjun, dan memerankan Simran, seorang India perantauan dalam film percintaan Aditya Chopra Dilwale Dulhania Le Jayenge, keduanya sama-sama meraih peringkat sebagai salah satu dari film Bollywood terlaris pada tahun tersebut, dan kesuksesan film Dilwale Dulhania Le Jayenge mengukuhkan kariernya di Bollywood. Pada 2014, Dilwale Dulhania Le Jayenge adalah film India dengan masa tayang terlama di bioskop. Selain itu pada 1995, ia tampil dalam film-film box-office gagal Hulchul dan Gundaraj. Satu-satunya penampilan layar lebarnya pada 1996 adalah dalam Bambai Ka Babu, yang mengalami kegagalan finansial. (Selengkapnya...)


6 Agustus

Robin van Persie

Robin van Persie adalah seorang pesepak bola profesional Belanda, yang mewakili Belanda sebagai pemain penyerang. Ia membuat debut untuk negaranya pada Juni 2005, berperan sebagai pemain cadangan untuk Ruud van Nistelrooy dalam sebuah kemenangan 2–0 atas Rumania. Gol internasional pertamanya terjadi pada penampilan berikutnya untuk Belanda, mencetak skor akhir dalam sebuah kekalahan 4–0 dari Finlandia di Helsinki pada kampanye kualifikasi untuk Piala Dunia FIFA 2006. Hingga Juni 2018, van Persie adalah pencetak skor papan tas dari negaranya dengan 50 gol dalam 102 penampilan, melampaui Klaas-Jan Huntelaar (42 dalam 76) dan mantan pencetak skor papan atas sepanjang masa Patrick Kluivert (40 dalam 79). Van Persie membuat penampilan terkininya untuk Belanda pada Agustus 2017 dalam sebuah kekalahan kualifikasi Piala Dunia 4–0 dari Perancis. (Selengkapnya...)


7 Agustus

Vera Farmiga

Vera Farmiga adalah seorang aktris, sutradara, dan produser asal Amerika. Ia memulai kariernya di panggung sebagai seorang magang dalam drama Ronald Harwood Taking Sides (1996) dalam bentuk Broadway. Pada tahun berikutnya, ia membintangi drama Off-Broadway Second-Hand Smoke (1997) karya Mac Wellman. Farmiga membuat debut filmnya dalam film drama-cerita seru Joseph Ruben Return to Paradise (1998). Ia memiliki peran-peran pendukung dalam film drama percintaan Joan Chen Autumn in New York (2000), film drama kejahatan The Opportunists (2000), dan film cerita seru aksi John Herzfeld 15 Minutes (2001). Puncak karier Farmiga datang pada athun 2004, saat ia berperan dalam film drama Debra Granik Down to the Bone. Atas penampilannya, ia memenangkan Penghargaan Juri Istimewa Festival Film Sundance untuk Akting dan dinominasikan pada Independent Spirit Award untuk Pemeran Utama Perempuan Terbaik. Ia kemudian membintangi film cerita seru politik Jonathan Demme The Manchurian Candidate (2004), dan film cerita seru kejahatan Wayne Kramer Running Scared (2006). (Selengkapnya...)


8 Agustus

Lambang Perbara

Perbara (Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara) memiliki 10 negara anggota, satu calon negara anggota, dan satu negara pengamat. Perbara didirikan pada 8 Agustus 1967 dengan lima anggota awal yaitu Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Kemudian disusul oleh Brunei pada 1984, Vietnam pada 1995, Myanmar dan Laos pada 1997, dan Kamboja pada 1999. Selain itu, Timor Leste dan Papua Nugini digadang-gadang menjadi negara calon anggota Perbara. (Selengkapnya...)


9 Agustus

Logo Natsume Inc

Harvest Moon telah dirilis pada sejumlah konsol permainan video dan konsol permainan genggam berbeda. Beberapa judul telah dirilis ulang pada sejumlah platform sebagai edisi spesial yang berisikan gameplay yang telah diperbaharui. Tiga belas judul spin-off telah dirilis, salah satunya adalah Rune Factory: A Fantasy Harvest Moon yang dirilis untuk menandai ulang tahun ke-10 serial Harvest Moon. Alasan serial Harvest Moon tetap terkenal adalah karena sistem inti dari permainan ini yang tidak berubah. Menurut Yasuhiro Wada, perancang utama Harvest Moon, ini telah menjadi tanggapan tim pengembang kepada permintaan peminat yang membolehkan serial tersebut mempertahankan popularitasnya. Karena Natsume (gambar logo) yang memiliki hak atas nama Harvest Moon saat Marvelous memutuskan untuk membuat divisi Amerika mereka sendiri, maka XSEED Games yang mengambil alih distribusi Amerika Utara judul terakhir dari seri ini harus dirubah namanya menjadi Story of Seasons, sementara Natsume mengambil keuntungan untuk mulai membuat permainan "Harvest Moon" mereka sendiri yang diawali dengan Harvest Moon: The Lost Valley. Hal inilah menyebabkan beberapa kebingungan. (Selengkapnya...)


10 Agustus

Mahameru (Semeru) di atas Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung berapi di Indonesia merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik. 150 entri dalam daftar di bawah ini dikelompokkan menjadi enam wilayah geografis, empat di antaranya memiliki gunung berapi dalam barisan Busur Sunda. Dua wilayah lainnya mencakup gunung berapi di Halmahera, termasuk pulau-pulau vulkanik di sekitarnya, serta gunung berapi di Sulawesi dan Kepulauan Sangihe. Wilayah terakhir berada dalam satu busur vulkan dengan gunung berapi Filipina. Gunung berapi yang paling aktif adalah Kelud dan Merapi di Pulau Jawa, yang bertanggung jawab atas ribuan kematian akibat letusannya di wilayah tersebut. Sejak tahun 1000 M, Kelud telah meletus lebih dari 30 kali, dengan letusan terbesar berkekuatan 5 Volcanic Explosivity Index (VEI), sedangkan Merapi telah meletus lebih dari 80 kali. Asosiasi Internasional Vulkanologi dan Kimia Interior Bumi menobatkan Merapi sebagai Gunung Api Dekade Ini sejak tahun 1995 karena aktivitas vulkaniknya yang sangat tinggi. Hingga tahun 2012, Indonesia memiliki 127 gunung berapi aktif dengan kurang lebih 5 juta penduduk yang berdiam di sekitarnya. Sejak 26 Desember 2004, setelah gempa besar dan tsunami terjadi, semua pola letusan gunung berapi berubah, misalnya Gunung Sinabung, yang terakhir kali meletus pada 1600-an, tetapi tiba-tiba aktif kembali pada tahun 2010 dan meletus pada 2013. (Selengkapnya...)


11 Agustus

Jakarta

Terdapat 34 ibu kota provinsi di Indonesia. Meskipun frasa ibu kota menggunakan kata kota, pada kenyataannya, tidak semua ibu kota provinsi di Indonesia berupa kota. Hal ini terjadi pada ibu kota negara, Jakarta, yang menjadi ibu kota Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta (gambar) dan juga merupakan Provinsi DKI Jakarta itu sendiri. Selain itu, ibu kota provinsi yang bukan merupakan kota terdapat pula di beberapa provinsi lainnya, yaitu Sulawesi Barat dan Papua Barat yang beribu kotakan kabupaten, Kalimantan Utara yang beribu kotakan kecamatan, dan Maluku Utara yang beribu kotakan kelurahan. Selama sejarah berdirinya Indonesia, telah terjadi beberapa kali pemindahan ibu kota negara, begitu pula yang terjadi di Maluku Utara yang ditandai dengan perpindahan ibu kota dari Ternate ke Sofifi pada 2010. Pemindahan ini dilakukan karena menurut dasar hukum Maluku Utara, UU Nomor 46 Tahun 1999, ibu kota Maluku Utara ialah Sofifi. Namun, karena keterbatasan infrastrukur Sofifi, Ternate dijadikan ibu kota sementara. Provinsi Kalimantan Barat pun telah merencanakan pemindahan ibu kota dari Pontianak dengan melakukan studi kelayakan. Selain itu, sempat ada upaya pemindahan ibu kota Maluku dari Ambon ke Makariki, namun tidak terwujudkan. (Selengkapnya...)


12 Agustus

Jusuf Kalla

Wakil Presiden Republik Indonesia adalah orang yang paling berpengaruh dan memegang kekuatan terbesar kedua setelah Indonesia di Republik Indonesia. Wakil Presiden merupakan garis pertama dalam pewarisan kekuasaan Presiden. Pembentukan Wakil Presiden ditetapkan pada 1945 dengan dasar Undang-Undang Dasar 1945 yang dirumuskan sebelumnya oleh Badan Persiapan Usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Wakil Presiden pertama Indonesia adalah Mohammad Hatta yang ditetapkan bersama dengan pengangkatan Sukarno sebagai Presiden pertama Indonesia pada 18 Agustus 1945, sehari setelah kemerdekaan Indonesia. Jabatan wakil presiden di Indonesia pernah mengalami kekosongan yaitu sejak tahun 1949 sampai dengan 1967 semasa pemerintahan Soekarno. Setelah itu, kala Soeharto diangkat sebagai pejabat presiden, tahun 1967 sampai dengan 1968, termasuk ketika secara definitif menjabat sebagai presiden (1973), jabatan ini juga kosong. Jabatan wakil presiden baru terisi kembali pada waktu Hamengkubuwana IX mendampingi Soeharto pada tahun, mulai 24 Maret 1973. Tercatat, selama Soeharto memimpin Indonesia, ada enam wakil presiden yang mendampingi. Kekosongan pasca-Soeharto pernah terjadi ketika Bacharuddin Jusuf Habibie menggantikannya pada tahun 1998. Habibie dan Megawati Soekarnoputri merupakan dua wakil presiden yang akhirnya menjabat sebagai presiden. Sedangkan Muhammad Jusuf Kalla (gambar), satu-satunya wakil presiden yang mendampingi dua presiden, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono pada periode 2004-2009 dan Joko Widodo pada periode 2014-2019. (Selengkapnya...)


13 Agustus

Salah satu dari beberapa tempat peringatan untuk orang-orang yang tewas di Tembok Berlin

Terdapat sejumlah korban tewas di Tembok Berlin, yang berdiri sebagai sebuah pembatas antara Berlin Barat dan Jerman Timur dari 13 Agustus 1961 sampai 9 November 1989. Sebelum pendirian Tembok Berlin pada tahun 1961, 3,5 juta orang Jerman Timur menghindari pembatasan emigrasi Blok Timur, banyak yang melintasi perbatasan dari Berlin Timur ke Berlin Barat, di mana dari sana mereka kemudian bisa melakukan perjalanan menuju Jerman Barat dan negara-negara Eropa Barat lainnya. Antara 1961 dan 1989, Tembok tersebut hampir menghalangi seluruh emigrasi semacam itu. Pusat Sejarah Kontemporer (ZZF) yang didanai negara di Potsdam telah memberikan jumlah resmi 140 korban tewas, termasuk orang yang berupaya untuk melarikan diri, penjaga perbatasan, dan pihak tak bersalah. Namun, para peneliti di Museum Titik Pengecekan Charlie dan beberapa orang lainnya telah memperkirakan jumlah korban tewas yang secara signifikan lebih tinggi. Upaya pelarian diri diklaim merenggut nyawa sebagian besar orang, dari anak-anak sampai wanita berusia 80 tahun, dan beberapa orang tewas karena kecelakaan atau tindakan ilegal terhadap para penjaga. Dalam sejumlah kasus hukum sepanjang 1990-an, beberapa penjaga perbatasan, bersama dengan para pejabat politik bertanggung jawab atas kebijakan pertahanan, didakwa melakukan pembunuhan tidak berencana dan dihukum penjara atas peran-peran mereka terhadap korban-korban tewas Tembok Berlin. (Selengkapnya...)


14 Agustus

Jared Borgetti

Jared Borgetti mencetak 46 gol dalam 89 penampilan antara 1997 dan 2008 mewakili tim nasional sepak bola Meksiko dan pencetak gol tertinggi sepanjang masa dari negaranya untuk dua puluh tahun sampai Javier Hernandez melampauinya pada 2017. Ia membuat debutnya pada 5 Februari 1997 dalam sebuah pertandingan persahabatan melawan Ekuador di Estadio Azteca, mencetak gol kedua dalam kemenangan 3–1. Borgetti menjadi pencetak skor papan atas dari negaranya saat ia mencetak gol ke-36nya melawan Kosta Rika dalam sebuah Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2006 pada September 2005; pada waktu itu, rekor 35 dipegang bersama oleh Carlos Hermosillo dan Luis Hernández. Dari 46 gol Borgetti, 37 berada dalam pertandingan resmi sementara 9 berada dalam pertandingan persahabatan. Borgetti mencetak gol terbanyak (lima) melawan Saint Vincent and the Grenadines dan Trinidad dan Tobago ketimbang negara lainnya. Borgetti mencetak sebuah hat-trick dalam sebuah kualifikasi Piala Dunia FIFA 2002 melawan Trinidad dan Tobago dan mencetak empat skor dalam kemenangan 7–0 atas Saint Vincent and the Grenadines dalam kualifikasi Piala Dunia FIFA 2006. Borgetti adalah pencetak skor papan atas seluruh dunia dalam kualifikasi Piala Dunia FIFA 2006 dengan 14 gol. (Selengkapnya...)


15 Agustus

Foto Cruise saat menghadiri penayangan perdana film Edge of Tomorrow di Paris pada 2014

Dari 52 taman nasional di Indonesia, 6 di antaranya adalah Situs Warisan Dunia, 9 taman bagian dari World Network of Biosphere Reserves, dan 5 taman merupakan lahan basah yang secara internasional dilindungi oleh Konvensi Ramsar. Sebanyak 9 taman didominasi oleh perairan. Lima taman nasional pertama Indonesia didirikan tahun 1980. Jumlah ini meningkat tetap hingga 41 taman pada tahun 2003. Dalam ekspansi besar-besaran tahun 2004, 9 taman nasional baru ditetapkan sehingga jumlahnya mencapai 50 taman. taman nasional adalah kawasan pelestarian alam (Selengkapnya...)


16 Agustus

James Cameron

James Cameron adalah seorang sutradara, penulis skenario, dan produser Kanada yang memiliki karier ekstensif dalam film dan televisi. Debut Cameron adalah film pendek fiksi ilmiah 1978 Xenogenesis, yang ia sutradarai, tulis, dan produseri. Pada masa awal kariernya, ia melakukan berbagai pekerjaan teknikal seperti produser efek visual khusus, asisten penata set, artis matte, dan fotografer. Debut penyutradaraan filmnya adalah Piranha II: The Spawning yang dirilis tahun 1981. Film berikutnya yang ia sutradarai adalah film cerita seru aksi fiksi ilmiah The Terminator (1984). Film tersebut dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger sebagai pembunuh cyborg sesuai judul filmnya, dan merupakan puncak karier Cameron. Pada 1986, ia menyutradarai dan menulis sekuel aksi fiksi ilmiah Aliens yang dibintangi oleh Sigourney Weaver. Ia menyusulnya dengan menyutradarai film fiksi ilmiah lainnya The Abyss (1989). Pada 1991, Cameron menyutradarai sekuel untuk The Terminator, Terminator 2: Judgment Day (dengan Schwarzenegger mengulangi perannya), dan juga menjadi produser eksekutif pada film kejahatan aksi Point Break. Tiga tahun kemudian, ia menyutradarai film aksi ketiga yang dibintangi oleh Schwarzenegger True Lies (1994). (Selengkapnya...)


17 Agustus

Thierry Henry

Thierry Henry adalah seorang pensiunan pesepak bola internasional Perancis. Pada karier internasionalnya, ia memainkan 123 permainan untuk Perancis dimana ia mencetak 51 gol. Henry membuat debut internasionalnya melawan Afrika Selatan dalam kemenangan 2–1 pada Oktober 1997. Gol internasional pertamanya terjadi pada Piala Dunia FIFA 1998 melawan Afrika Selatan. Pada Oktober 2015, ia menjadi pencetak skor papan atas asal Perancis dan kedua dalam daftar penampialn untuk negaranya. Ia melampaui rekor pencetakan gol Perancis sepanjang masa sebelumnya, yang dipegang oleh Michel Platini, pada Oktober 2007 saat ia dua kali mencetak skor melawan Lituania, mencetak gol ke-43. Henry pensiun dari sepak bola internasional pada Juli 2010 setelah karier 13 tahun, membuat penampilan terakhirnya sebagai pemain cadangan, melawan Afrika Selatan, dalam kampanye Piala Dunia FIFA 2010 "bencana" Perancis. Henry mencetak gol ke-51 dan terakhirnya untuk Perancis saat melawan Austria pada bulan Oktober sebelumnya. (Selengkapnya...)


18 Agustus

Nia Dinata

Indonesia telah mengirimkan film untuk nominasi Academy Award for Best Foreign Language Film sejak 1987. Penghargaan ini dianugerahkan setiap tahun oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences kepada film-film non-Amerika Serikat yang dialognya tidak berbahasa Inggris. Kategori ini pertama muncul pada Academy Awards 1956. Academy Award of Merit, dikenal dengan sebutan Best Foreign Language Film Award, dibuat khusus film-film non-berbahasa Inggris dan terus dianugerahkan setiap tahunnya. Indonesia sempat mengirimkan satu film pada tahun 1988, namun ditolak didiskualifikasi karena tidak punya subtitel berbahasa Inggris. Satu-satunya sutradara Indonesia yang filmnya lebih dari sekali dikirim ke Academy adalah Nia Dinata (gambar). Ca-bau-kan yang disutradarai Dinata adalah nominasi Indonesia untuk Academy Awards ke-75 dan Berbagi Suami-nya adalah nominasi resmi Indonesia untuk Academy Awards ke-79. (Selengkapnya...)


19 Agustus

Gubernur-Jenderal Hindia Belanda pertama

Gubernur-Jenderal Hindia Belanda (bahasa Belanda: Gouverneur-Generaal) adalah jabatan penguasa tertinggi dalam pemerintahan Hindia Belanda yang baru diadakan pada tahun 1691. Setelah bangkrutnya VOC pada tahun 1799, aset-aset VOC di Hindia Belanda diserahkan kepada pemerintahan Belanda, sehingga mulai saat itu seorang Gubernur Jenderal benar-benar menjadi wakil dari pemerintahan Belanda. Jabatan Gubernur Jenderal hanya ada di wilayah jajahan Belanda di Hindia Belanda. Di Suriname, jajahan Belanda yang lain, gelar ini hanya Gubernur saja. Gubernur-Jenderal Hindia Belanda yang terakhir adalah Jhr A.W.L. Tjarda van Starkenborgh Stachouwer. Ia ditangkap oleh pasukan Jepang pada tahun 1942. Setelah dia, memang masih ada penguasa Hindia belanda, yaitu Hubertus Johannes van Mook, Louis Joseph Maria Beel, dan A.H.J. Lovink, tapi selain legitimasinya diragukan, nomenklaturnya berada di bawah gubernur jendral. Jabatan tersebut berlangsung dari zaman VOC, pemerintahan Kerajaan Belanda, pemerintahan Kerajaan Inggris hingga masa pendudukan Kekaisaran Jepang, dan pengakuan kedaulatan Republik Indonesia. Pada masa VOC dan penjajahan pemerintahan Kerajaan Belanda, para penguasa ini biasanya memiliki gelar Gubernur-Jenderal. Pada masa kekuasaan pemerintahan Kerajaan Inggris (18111816), jabatan ini disebut Lieutenant-Governor ("Gubernur-Letnan"). (Selengkapnya...)


20 Agustus

Penghargaan FFI untuk Pemeran Utama Pria Terbaik adalah sebuah penghargaan yang diberikan di Festival Film Indonesia (FFI) kepada aktor-aktor Indonesia untuk prestasi-prestasi mereka dalam peran utama. Hingga 2012 aktor yang paling banyak mendapatkan nominasi di FFI adalah Deddy Mizwar, yang meraih sepuluh nominasi (dengan tiga kemenangan) yang bermula dengan Bukan Impian Semusim pada 1982. Satu-satunya aktor lain yang meraih tiga kemenangan adalah Sukarno M. Noor, sementara tiga aktor lainnya memenangkan dua Penghargaan FFI: Benyamin Sueb, Slamet Rahardjo, dan Tio Pakusadewo. Aktor dengan nominasi terbanyak tanpa sebuah kemenangan adalah Ray Sahetapy, yang meraih enam nominasi antara tahun 1984 dan 1990. Dua film dengan anggota pemeran berganda dapat meraih nominasi. Meskipun demikian, hanya Nagabonar Jadi 2 yang meraih kemenangan, dengan Mizwar yang mendapatkan penghargaan tersebut. Empat aktor – Mizwar, Nicholas Saputra, Reza Rahadian, dan Zainal Abidin – meraih lebih dari satu nominasi pada sebuah tahun tunggal; masing-masing memenangkan untuk salah satu nominasi mereka. (Selengkapnya...)


21 Agustus

Waikiki

Kelima wilayah di Hawaii menikmati kedudukan yang sedikit lebih tinggi daripada banyak wilayah di daratan Amerika Serikat karena wilayah di Hawaii adalah satu-satunya badan pemerintahan berdasarkan hukum di bawah negara bagian. Tidak ada tingkatan resmi pemerintah (seperti pemerintah kota) di bawah wilayah di Hawaii. Tingkatan di bawah negara bagian yang ada hanyalah tempat terpilih sensus yang bukan merupakan badan pemerintahan. Bahkan Honolulu diperintah sebagai Kota dan Wilayah Honolulu, sebuah wilayah yang mencakupi seluruh Pulau Oahu. Berbeda dengan 49 negara bagian lainnya, Hawaii tidak meletakkan pertanggungjawaban pendidikan kepada dewan sekolah daerah; pendidikan negeri diselenggarakanan oleh Departemen Pendidikan Negara Bagian Hawaii. Wilayah-wilayah Hawaii memungut pajak properti dan biaya pengguna untuk mendukung pemeliharaan jalan, aktivitas-aktivitas komunitas, taman-taman (termasuk penjaga pantai di taman-taman pantai), pengambilan sampah, polisi (angkatan polisi negara bagian yang disebut Departemen Keamanan Umum Hawaii yang terbatas di cakupannya), ambulans, dan layanan pemadaman api. (Selengkapnya...)


22 Agustus

Loetoeng Kasaroeng

Sebanyak 112 film fiksi diketahui pernah dibuat di Hindia Belanda (sekarang Indonesia) sejak 1926 sampai pembubaran koloni ini tahun 1949. Film pertama yang diimpor dari luar negeri ditayangkan pada akhir 1900, dan pada awal 1920-an, film serial dan fiksi impor ditayangkan di negara ini, biasanya dengan judul yang diterjemahkan. Perusahaan-perusahaan Belanda juga membuat film dokumenter seputar Hindia Belanda dan ditayangkan di Belanda. Laporan pertama mengenai pembuatan film fiksi di Hindia Belanda sudah ada sejak 1923, meski karya tersebut tidak selesai dibuat. Film buatan lokal pertama, Loetoeng Kasaroeng (gambar), disutradarai oleh L. Heuveldorp dan dirilis tanggal 31 Desember 1926. Antara 1926 dan 1933, sejumlah film lokal dirilis. Meski orang Belanda seperti Heuveldorp dan G. Kruger terus aktif dalam industri ini, kebanyakan pembuat film dan produsernya merupakan etnis Cina. Tan Bersaudara (Khoen Yauw dan Khoen Hian) dan The Teng Chun adalah produser terbesar waktu itu, sedangkan Wong Bersaudara (Nelson, Othniel, dan Joshua) merupakan sutradara paling terkenal waktu itu. (Selengkapnya...)


23 Agustus

Pada April 2018, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia pada tahun 2017. BPS menyatakan bahwa pada tahun 2017, IPM Indonesia mencapai angka 70,81 atau tumbuh sebesar 0,90% dibandingkan tahun 2016. Menurut standar UNDP dan BPS, IPM tersebut dikategorikan tinggi, tidak berubah sejak memasuki kategori tersebut pada 2016 lalu. Peningkatan terjadi di semua dimensi, baik dimensi kesehatan, pendidikan, maupun pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat. IPM tahun tersebut pun disebut-sebut melampaui target APBN dan berperan sebagai penegasan upaya pemerintah selama ini. Jika dilihat dari masing-masing komponen, bayi yang lahir pada 2017 memiliki harapan hidup hingga 71,06 tahun; meningkat 0,16 tahun atau 0,23% dari bayi yang lahir pada tahun sebelumnya. Pada dimensi pendidikan, terjadi peningkatan rata-rata lama sekolah orang berusia 25 tahun ke atas menjadi 8,1 tahun (kelas 9) atau lebih lama 0,15 tahun dan terjadi pula peningkatan harapan anak berumur 7 tahun untuk mendapat pendidikan menjadi 12,85 tahun (diploma I); lebih lama 0,13 tahun. Pengeluaran per kapita pun meningkat 244 ribu rupiah menjadi 10,66 juta rupiah per tahun. (Selengkapnya...)


24 Agustus

Christine Hakim

Penghargaan FFI untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik adalah sebuah penghargaan yang diberikan di Festival Film Indonesia (FFI) kepada para pemeran utama wanita Indonesia atas prestasi mereka dalam peran-peran utama. Aktris paling diakui di FFI adalah Christine Hakim (gambar), yang memenangkan enam penghargaan dari sepuluh nominasi yang dimulai dengan Cinta Pertama pada 1974; peraihan penghargaan tersebut membuatnya tetap berakting meskipun awalnya berniat menjadi arsitek atau psikolog. Empat aktris lainnya yang memenangkan Penghargaan FFI berganda: Jenny Rachman, Lydia Kandou, Meriam Bellina, Mieke Wijaya, dan Tuti Indra Malaon. Empat aktris – Jajang C. Noer, Nurul Arifin, Paramitha Rusady, dan Zoraya Perucha – meraih tiga nominasi tanpa kemenangan. Empat film memiliki anggota pemeran berganda yang meraih nominasi. Diantara film-film tersebut, hanya Mengejar Mas-Mas yang meraih sebuah kemenangan, dengan Dinna Olivia meraih penghargaan tersebut. Hingga 2013 Dian Sastrowardoyo adalah satu-satunya aktris yang memenangkan satu nominasi dalam tahun tunggal; dalam acara tahun 2004, ia memenangkan Penghargaan FFI untuk Ada Apa dengan Cinta? dan meraih sebuah nominasi untuk Pasir Berbisik. (Selengkapnya...)


25 Agustus

G. Kruger

Dua puluh dua orang diketahui pernah memproduksi film fiksi di Hindia Belanda antara tahun 1926, ketika L. Heuveldorp merilis Loetoeng Kasaroeng, film yang pertama kali dibuat di koloni ini, dan tahun 1949, ketika Belanda secara resmi mengakui kedaulatan Indonesia pasca revolusi empat tahun yang membubarkan Hindia Belanda. Bersama-sama, mereka memproduksi sekitar 93 film pada masa itu. Empat di antaranya masih aktif pada tahun-tahun setelah merdeka. Semua produsernya laki-laki. Produser film pertama di koloni ini, Heuveldorp dan G. Kruger (gambar), adalah keturunan Eropa atau campuran. Jejak mereka diikuti oleh pebisnis Tionghoa Tjan Tjoen Lian dan Liem Goan Lian pada tahun 1928, yang mulai mengerjakan Lily van Java namun segera dibatalkan, dan digantikan oleh David Wong. Pada tahun 1930, produser Tionghoa telah mendominasi industri film di koloni ini. Produser paling aktif, The Teng Chun, merilis film perdananya tahun 1931 yang berjudul Boenga Roos dari Tjikembang; ia kemudian memproduksi 27 film lain sebelum merdeka. (Selengkapnya...)


26 Agustus

Penghargaan Pritzker dianugerahi setiap tahun "untuk menghormati seorang arsitek atau para arsitek yang masih hidup yang membangun karya yang menunjukkan kombinasi dari kualitas talenta, visi, dan komitmen, yang telah memproduksi kontribusi konsisten dan signifikan untuk kemanusiaan dan membangun lingkungan melalui seni dan arsitektur." Didirikan pada 1979 oleh Jay A. Pritzker dan istrinya Cindy, penghargaan tersebut didanai oleh keluarga Pritzker dan disponsori oleh Yayasan Hyatt. Penghargaan tersebut dianggap menjadi salah satu penghargaan arsitektur utama di dunia, dan sering disebut sebagai Penghargaan Nobel dari bidang arsitektur. Penghargaan tersebut dikatakan dianugerahi "tanpa memandang kebangsaan, ras, golongan, atau ideologi." Para penerimanya meraih US$100,000, sebuah sertifikat sitasi, dan sejak 1987, sebuah medali perunggu. Rancangan pada medali tersebut terinspirasi dari karya arsitek Louis Sullivan, sementara inskripsi berbahasa Latin-nya di balik medali tersebut—firmitas, utilitas, venustas (Indonesia: kekuatan, fungsi, dan keindahan)—berasal dari arsitek Romawi kuno Vitruvius. Sebelum tahun 1987, sebuah pahatan Henry Moore edisi terbatas menyertai penghargaan uangnya. (Selengkapnya...)


27 Agustus

Wong bersaudara

29 orang tercatat telah menyutradarai film-film fiksi di Hindia Belanda antara tahun 1926, ketika L. Heuveldorp merilis Loetoeng Kasaroeng, film yang pertama kali dibuat di koloni ini, dan tahun 1949, ketika Belanda secara resmi mengakui kedaulatan Indonesia pasca-revolusi empat tahun yang membubarkan Hindia Belanda. Sutradara pertama di koloni tersebut, Heuveldorp dan G. Kruger, adalah orang Eropa atau keturunan campuran. Kemudian diikuti dengan etnis Tionghoa setelahnya, ketika Nelson Wong membuat debutnya pada tahun 1928 dengan Lily van Java; sutradara Tionghoa lainnya termasuk Lie Tek Swie (1929), Joshua dan Othniel dari Wong bersaudara (gambar) (1930), dan The Teng Chun (1931). Sutradara beretnis Tionghoa mendominasi sinema koloni tersebut untuk memperlihatkan eksistensinya.Sutradara pribumi pertama, Bachtiar Effendi, membuat debutnya pada 1932 dengan menampilkan Njai Dasima; sutradara pribumi lainnya tidak tampil sampai Andjar Asmara dan Rd Ariffien membuat debut mereka pada 1940. (Selengkapnya...)


28 Agustus

Rima Melati

Penghargaan FFI untuk Pemeran Pendukung Wanita Terbaik adalah sebuah penghargaan yang diberikan di Festival Film Indonesia (FFI) kepada para pemeran wanita Indonesia atas prestasi mereka dalam peran-peran pendukung. Aktris paling diakui di FFI adalah Nani Wijaya, yang memenangkan dua penghargaan dari lima nominasi yang bermula dengan Yang Muda Yang Bercinta pada 1978. Hanya satu aktris lainnya, Niniek L. Karim, yang memenangkan Penghargaan FFI berganda, sementara Rina Hasyim (dengan enam) dan Rima Melati (gambar) meraih sekitar lima nominasi. Tujuh film memiliki anggota pemeran berganda yang meraih nominasi, empat diantaranya meraih sebuah kemenangan. Hingga 2013 Shanty adalah satu-satunya pemeran wanita yang meraih lebih dari satu nominasi dalam sebuah tahun tunggal; pada acara tahun 2007, ia dinominasikan atas penampilan-penampilannya dalam Kala dan Maaf, Saya Menghamili Istri Anda. (Selengkapnya...)


29 Agustus

Viswanathan Anand

Rajiv Gandhi Khel Ratna adalah penghargaan olahraga tertinggi Republik India. Penghargaan tersebut mengambil nama dari Rajiv Gandhi, mantan Perdana Menteri India dan dianugerahi untuk "penampilan paling menakjubkan dan spektakuler mereka dalam bidang olahraga sepanjang periode empat tahun" pada lomba-lomba internasional seperti Olimpiade, Paralimpiade, Asian Games, dan Commonwealth Games. Penghargaan tersebut dianugerahi setiap tahun oleh Kementerian Urusan Pemuda dan Olahraga. Dibentuk pada 1991–92, penerima pertama penghargaan tersebut adalah Grandmaster Catur Viswanathan Anand (gambar). Biasanya hanya diberikan pada satu olahragawan dalam sebuah tahun, beberapa pengecualian dibuat ketika penerima berganda dianugerahi dalam sebuah tahun. Pada 2016, terdapat tiga puluh dua penerima dari empat belas cabang olahraga dan penerima paling terkini dari penghargaan tersebut adalah pemain bulu tangkis P. V. Sindhu, pesenam Dipa Karmakar, penembak Jitu Rai, dan pegulat Sakshi Malik. (Selengkapnya...)


30 Agustus

Sutradara dan produser Steve McQueen memegang Oscar Film Terbaik untuk film tersebut di Academy Awards ke-86.

12 Years a Slave meraih penghargaan dan nominasi dalam berbagai kategori dengan pujian untuk penyutradaraan, skenario dan akting dari para pemerannya. Di Academy Awards ke-86, film tersebut meraih sembilan nominasi yang meliputi Film Terbaik, Sutradara Terbaik untuk McQueen dan memenangkan tiga penghargaan: Film Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik untuk Ridley, dan Aktris Pendukung Terbaik untuk Nyong'o. McQueen adalah sutradara kulit hitam pertama yang menyutradarai film pemenang Film Terbaik serta produser kulit hitam pertama yang memenangkan Film Terbaik. Film tersebut meraih tujuh nominasi di Golden Globe Awards ke-71, menang untuk Film Drama Terbaik. Di British Academy Film Awards ke-67, film tersebut meraih sepuluh nominasi dan memenangkan dua penghargaan: Film Terbaik dan Aktor Terbaik untuk Ejiofor. Di Producers Guild of America Awards, 12 Years a Slave, berpasangan dengan Gravity untuk Film Teatrikal Terbaik. Film tersebut meraih empat nominasi di Screen Actors Guild Awards ke-20, dengan Nyong'o memenangkan penghargaan untuk Aktris Pendukung Terbaik. McQueen juga dinominasikan di Directors Guild of America Awards. American Film Institute dan National Board of Review mencantumkan film tersebut dalam daftar film sepuluh besar mereka pada tahun 2013. (Selengkapnya...)


31 Agustus

Asghar Farhadi

Film-film yang diwakilkan pada Penghargaan Akademi ke-89 untuk Film Berbahasa Asing Terbaik mula-mula dirilis di bioskop negara mereka masing-masing antara 1 Oktober 2015 dan 30 September 2016. Batas akhir perwakilannya adalah 3 Oktober 2016, dengan Academy mengumumkan daftar film yang layak pada 11 Oktober. Sebanyak 89 negara mewakilkan sebuah film sebelum batas akhir dan sebanyak 85 film diterima. Yaman mewakilkan sebuah film untuk pertama kalinya dengan I Am Nojoom, Age 10 and Divorced, garapan Khadija al-Salami. Sembilan finalis dari puluhan entri dimasukkan daftar pendek pada 15 Desember 2016, dengan lima nomine akhir diumumkan pada 24 Januari 2017. Asghar Farhadi (gambar) dari Iran memenangkan penghargaan tersebut untuk film The Salesman di acara Oscar pada 26 Februari 2017, kemenangan keduanya setelah A Separation (2011). Ia tidak menerima penghargaan tersebut dalam protes terhadap kebijakan perjalanan AS yang baru. (Selengkapnya...)