Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Pengeboman Palembang (1944)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pengeboman Palembang (1944)[sunting sumber]

Pengusul: Glorious Engine (b • k • l)
Status:    Dalam diskusi

Artikelnya sudah diperbaiki oleh bung HaEr48 dan bung Danu sudah bersedia untuk meninjau --Glorious Engine (bicara) 10 Oktober 2020 21.59 (UTC)

Komentar Medelam[sunting sumber]

Halo, saya cuman sedikit komentar saja ya, bahwa bagian catatan kaki belum tersambung dengan bagian daftar pustaka. Karena artikel ini merupakan bagian dari Pengeboman Asia Tenggara 1944–1945, agak disayangkan bahwa artikel 'induk'nya tersebut belum tersedia. Salam. Medelam (bicara) 11 Oktober 2020 03.35 (UTC)

Selesai Selesai --Glorious Engine (bicara) 11 Oktober 2020 04.15 (UTC)

Saya tambah komentar untuk bagian Serangan. Saya berpandangan bahwa pernyataan 15 pesawat yang gagal sampai Palembang sebaiknya digabung ke paragraf awal, karena selain paragraf awal (dan paragraf ini) tidak terlalu panjang, saya juga berpikir supaya ceritanya bisa runut. Salam. Medelam (bicara) 16 Oktober 2020 03.20 (UTC)

@Medelam: aku gabung ke paraggraf kedua, bagaimana? Menurutku lebih runut di situ, karena sepertinya pesawat-pesawat ini sempat mencapai Sumatra (walaupun bukan Palembang, tetapi Sumatra Utara dan Jambi), jadi lebih cocok setelah pernyataan "Perjalanan pesawat-pesawat ini ke Sumatra berjalan lancar". Terima kasih saran-sarannya. HaEr48 (bicara) 17 Oktober 2020 16.25 (UTC)
Saya rasa baik juga di sana. Terima kasih. Medelam (bicara) 17 Oktober 2020 22.48 (UTC)

Tambahan sedikit untuk paragraf pembuka, "pada malam 10/11 Agustus 1944 dan melibatkan upaya pengeboman terhadap sebuah kilang minyak di Palembang", mungkin kata melibatkan upaya pengeboman dapat diganti dengan "dalam upaya melakukan pengeboman". Sekaligus juga, untuk bagian Serangan, saya melihat wikifikasi pada paragraf 3 dst cukup terbatas, mungkin perlu ditambah. Salam. Medelam (bicara) 18 Oktober 2020 00.26 (UTC)

Selesai Selesai --Glorious Engine (bicara) 18 Oktober 2020 00.30 (UTC)

@Medelam: Bagian apa yang mau diwikifikasikan ? --Glorious Engine (bicara) 18 Oktober 2020 04.46 (UTC)

Menurut pandangan saya, bagian Serangan pada paragraf 3 dst nya. Saya tidak tahu poin mana yang kurang jelas dari pernyataan saya di atas. Jika ada pandangan berbeda, mungkin dapat kita diskusikan. Salam. Medelam (bicara) 18 Oktober 2020 04.48 (UTC)

@Medelam: Segini bagaimana ? --Glorious Engine (bicara) 18 Oktober 2020 04.58 (UTC)

Per en:Wikipedia:Manual of Style/Linking#Chronological items sebaiknya tanggal tidak diberi pranala. Medelam (bicara) 18 Oktober 2020 07.37 (UTC)

@Medelam: bagaimana kalo gini ? --Glorious Engine (bicara) 19 Oktober 2020 00.05 (UTC)

Aku rasa tidak perlu dipaksakan tambahan pranala wikifisasi. Tujuan pranala seperti itu adalah menambah penjelasan untuk nama atau konsep yang tidak diketahui pembaca/perlu diketahui lebih lanjut. Karena itu misalnya, tanggal dan tahun tidak dipranalakan karena tidak menambah konteks apa-apa, begitu juga kata sehari-hari seperti awan atau api. Aku rasa nama dan konsep yang ada di paragraf ini sudah cukup jelas, atau sudah dipranalakan sebelumnya di artikel, jadi tidak perlu ditambahkan lagi. Kalau ada nama atau konsep tertentu yang dirasa perlu ditambahkan pranala, mohon sarannya yang spesifik. HaEr48 (bicara) 19 Oktober 2020 01.07 (UTC)
Saya usul beberapa poin, seperti "pesawat B-29" (paragraf 3, karena meskipun ini disebut cukup sering di artikel ini, namun wifikasinya terbatas pada bagian awal artikel saja), juga jika memungkinkan "kilang Plaju" (yang menjadi objek serangan ini), "Sungai Musi" (disebutkan beberapa kali dalam artikel ini, namun yang diwikifikasi hanya pada paragraf pembuka). Saya juga mengusulkan pada istilah "roket antipesawat" (sejujurnya saya kurang familiar dengan istilah ini) dan pada "Pengeboman Nagasaki" (yang disebut berkaitan dengan operasi ini karena berlangsung pada waktu yang berdekatan). Saya sendiri tidak memaksakan semua ini harus dipenuhi, maka saya pun tidak langsung menyunting di sana. Salam. Medelam (bicara) 19 Oktober 2020 02.01 (UTC)

@Medelam: Selesai Selesai Sudah dilakukan --Glorious Engine (bicara) 19 Oktober 2020 06.34 (UTC)

Saya masih kurang sreg sebenarnya untuk 3 poin:
  • "Kilang Plaju": bukan ke Plaju, tetapi membahas kilang itu sendiri.
  • "Roket antipesawat": kalau dikaitkan ke pertahanan udara, apakah memang tepat?
  • Pengeboman Nagasaki: lebih baik jika dikaitkan dengan peristiwanya, alih-alih hanya kotanya.

Mencolek HaEr48 (bicaraAdminwpo.png untuk berkenan urun pendapat. Salam. Medelam (bicara) 19 Oktober 2020 07.20 (UTC)

@Medelam: Mengenai "roket antipesawat" karena artikel en:Anti-aircraft warfare terinterwikikan ke Pertahanan udara. Mengenai "kilang Plaju" dan "pengeboman Nagasaki" memang tak ada artikelnya di en.wiki --Glorious Engine (bicara) 20 Oktober 2020 01.33 (UTC)

Artikel Plaju sudah menyebutkan mengenai kilang yang ada di sana. Artikelnya masih kekecilan untuk dipisahkan jadi dua. Untuk roket aku pranalakan roket (berdasarkan en:Rocket (weapon)), pengeboman Nagasaki untuk saat ini aku pranalakan jadi Pengeboman Nagasaki (1944) tapi seperti kata bung GE belum ada artikel en.wp nya. B-29 dan Sungai Musi aku hitamkan lagi karena sebenarnya sudah dipranalakan di bagian sebelumnya. HaEr48 (bicara) 20 Oktober 2020 01.54 (UTC)
Terima kasih. Saya rasa oke2 saja, dan tindakannya lebih baik. Salam. Medelam (bicara) 20 Oktober 2020 02.03 (UTC)

Komentar Danu Widjajanto[sunting sumber]

  • "dari sebuah lapangan terbang di Ceylon yang dikuasai Britania (Inggris) Raya" --> tambahkan keterangan "Ceylon (kini Sri Lanka)", pranala Ceylon diganti ke Ceylon Britania.
  • "Upaya mengebom kilang minyak tidak terlalu berhasil karena hanya terbukti menghancurkan satu bangunan saja" --> saran diksi: "karena hanya mampu menghancurkan satu bangunan saja"
  • "Panglima USAAF, Jenderal Henry H. Arnold, mengambil komando langsung terhadap Pasukan Udara ke-20 karena" --> saran diksi: "Panglima USAAF, Jenderal Henry H. Arnold, mengomando secara langsung Pasukan Udara ke-20...
  • " karena ia sebelumnya telah mendirikannya sebagai kekuatan pengebom strategis yang bertanggung jawab" --> tambahkan "independen" setelah strategis, sesuai teks di Wiki Inggris
  • "Selama akhir 1943 dan awal 1944, awalnya muncul pertimbangan serius " --> diksinya agak aneh untuk dibaca karena ada dua penanda waktu ("selama" dan "awalnya")
    • Selesai Selesai Saya ganti "selama" menjadi "pada" --Glorious Engine (bicara) 12 Oktober 2020 20.04 (UTC)
      Nggak ada bedanya, "selama" dan "pada" kan sama2 penanda waktu, problemnya masih belum diperbaiki. Danu Widjajanto (bicara) 12 Oktober 2020 20.16 (UTC)
      • Kata "awalnya" saya hapus gimana --Glorious Engine (bicara) 12 Oktober 2020 20.20 (UTC)
        • Sepertinya sudah dihapus bung GE "awalnya". HaEr48 (bicara) 16 Oktober 2020 03.10 (UTC)
  • "Wolfe ditransfer ke jabatan lain di Amerika Serikat " --> usul ganti jadi "Wolfe dipindah ke..."
  • "agar Komando Pengebom XX dapat terlebih dahulu melakukan serangan maksimal terhadap Anshan, Tiongkok, yang dijadikan prioritas tertinggi oleh Arnold" --> kira2 ada alasannya?
  • "Asisten Kepala Staf Udara, Intelijensi dan Komite Analis Operasi USAAF menyatakan bahwa situasi taktis di Perang Pasifik telah berubah dan kerugian besar yang telah diderita kapal-kapal Jepang berakibat bahwa kilang Plaju tidak lagi memiliki peran kritis dalam kekuatan perang Jepang." --> Usul agar dipecah seperti ini: "Asisten Kepala Staf Udara, Intelijensi dan Komite Analis Operasi USAAF menyatakan bahwa situasi taktis di Perang Pasifik telah berubah. Ia juga berpendapat bahwa kerugian besar yang telah diderita kapal-kapal Jepang membuat kilang Plaju tidak lagi memiliki peran kritis dalam kekuatan perang Jepang."
  • "Catatan sejarah resmi USAAF menyatakan bahwa mereka berharap serangan terhadap dua target yang terpisah 4.800 km ini akan memiliki dampak besar terhadap psikologi Jepang" --> usul ganti jadi "memiliki dampak psikologis besar terhadap Jepang"
  • "Hal ini berarti modifikasi pangkalan yang dilakukan di China Bay hanya dimanfaatkan oleh satu operasi saja" --> usul ganti preposisi "oleh" jadi "untuk"

Secara keseluruhan terjemahannya sudah sangat bagus dan enak dibaca, jadi saya dukung artikelnya jadi Artikel Pilihan. Danu Widjajanto (bicara) 12 Oktober 2020 18.40 (UTC)

Komentar Knucklepuff[sunting sumber]

Sedikit menyumbang saran terkait penggunaan kalimat dan perbaikan typo:

  • "yaitu pihak ingin memfokuskan kekuatan" -> "yaitu pihak yang ingin memfokuskan kekuatan"
  • "Asisten Kepala Staf Udara, Intelijensi dan Komite Analis Operasi USAAF" -> "Asisten Kepala Staf Udara, Intelijensi, dan Komite Analis Operasi USAAF"
  • "untuk pesawat-pesawat yang tidak mampu pencapai Palembang" -> "untuk pesawat-pesawat yang tidak mampu mencapai Palembang"
  • "mengusulkan kepada Pasukan Udara ke-20 agar pangkalan China Bay ditinggalkan" -> "mengusulkan kepada Pasukan Udara ke-20 agar meninggalkan pangkalan China Bay"

Salam Knucklepuff (bicara) 15 Oktober 2020 16.08 (UTC)