Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Mosaik-mosaik Delos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Mosaik-mosaik Delos[sunting sumber]

Pengusul: Danu Widjajanto (b • k • l)
Status:    Dalam diskusi

Artikel ini diterjemahkan dari artikel yang sudah menjadi AP di Wikipedia Inggris. Isinya dilengkapi dengan rujukan-rujukan akademis. Mohon masukannya untuk meningkatkan mutu artikelnya. Danu Widjajanto (bicara) 15 Desember 2020 17.39 (UTC)

Komentar Medelam[sunting sumber]

Sebagai komentar (sedikit) pada awal pengusulan, jika ini merupakan judul, PUEBI menyatakan "Bila bentuk ulang diberi huruf kapital, misalnya pada nama diri (nama lembaga, dokumen, dll.) atau judul (buku, majalah, dll.), bentuk ulang sempurna diberi huruf kapital pada huruf pertama tiap unsurnya, sedangkan bentuk ulang lain hanya diberi huruf kapital pada huruf pertama unsur pertamanya." Namun demikian, aku juga berpikir, apakah memang perlu diulang kata "mosaik"-nya? Mungkin aku usul Mosaik di Delos sebagai alternatif. Salam. Medelam (bicara) 16 Desember 2020 02.58 (UTC)

Kayaknya sama saja sih, aku lebih condong ke mosaik-mosaik Delos karena menekankan kalau mosaiknya nggak cuma satu. Danu Widjajanto (bicara) 25 Januari 2021 09.55 (UTC)

Komentar RianHS[sunting sumber]

Halo, Bung Danu Widjajanto. Saya mencoba meninjau topik yang kelihatannya sulit ini.

Paragraf pembuka
  • Saya menghapus beberapa tanda koma yang tidak diperlukan dalam bahasa Indonesia. Semoga berkenan.
    Terima kasih Danu Widjajanto (bicara) 25 Januari 2021 09.53 (UTC)
  • Di takarir gambar pertama tertulis daimon, tetapi saat diklik, nama artikelnya daemon (mitologi klasik). Supaya konsisten, mana penulisan yang benar?
    @RianHS dua-duanya sah, daimon adalah bentuk Yunani, sementara daemon adalah bentuk Latin. Karena artikelnya mengacu kepada karya seni Yunani Kuno, yang dipakai bentuk Yunani. Danu Widjajanto (bicara) 25 Januari 2021 09.53 (UTC)
  • "pada abad ke-2 SM dan awal abad pertama SM" → apa tidak lebih baik diseragamkan menjadi "pada abad ke-2 SM dan awal abad ke-1 SM" atau "pada abad kedua SM dan awal abad pertama SM"?
    Sudah aku seragamkan jadi angka (ke-2 SM, ke-1 SM). Danu Widjajanto (bicara) 25 Januari 2021 09.53 (UTC)
  • "Di antara situs-situs arkeologi Yunani dari zaman Helenistik, Pulau Delos merupakan situs dengan salah satu kumpulan besar karya seni mosaik yang masih lestari" → agak sulit dipahami dalam sekali baca. Apa ada alternatif?
    Sudah aku ganti jadi "Pulau Delos merupakan situs dengan salah satu kumpulan karya seni mosaik terbesar yang masih bertahan hingga kini", bagaimana? Danu Widjajanto (bicara) 25 Januari 2021 09.53 (UTC)
    Kata "terbesar" bisa membuat pembaca membayangkan ukuran. Bagaimana kalau "terbanyak" seperti frasa "... situs-situs dengan paling banyak peninggalan mosaik Yunani Helenistik yang masih tetap lestari." di subjudul Signifikansi — RianHS (bicara) 25 Januari 2021 15.37 (UTC)
    Sudah aku ubah jadi "terbanyak", terima kasih. Danu Widjajanto (bicara) 26 Januari 2021 14.10 (UTC)
Perkiraan waktu pembuatan
  • "Sebagian besar diperkirakan berasal dari penghujung zaman Helenistik" → tak ada subjeknya.
    Sudah aku perjelas jadi "Sebagian besar dari mosaik-mosaik tersebut" Danu Widjajanto (bicara) 25 Januari 2021 09.53 (UTC)
  • "yakni paruh kedua abad ke-2 dan awal abad pertama SM" → sama dengan di atas.
    Sudah aku konsistenkan. Danu Widjajanto (bicara) 25 Januari 2021 09.53 (UTC)
  • "Beberapa mosaik diperkirakan berasal dari zaman Klasik.[6] Salah satu di antaranya diperkirakan berasal dari zaman Kekaisaran Romawi.[6]" → kalimatnya digabung saja, apalagi masih satu referensi.
    Sudah aku persatukan dalam ikatan abadi. Danu Widjajanto (bicara) 25 Januari 2021 09.53 (UTC)
  • "Sesudah memenangkan Perang Makedonia III pada tahun 167 atau 166 SM, Republik Romawi menyerahkan Pulau Delos kepada Athena". Teks bahasa Inggrisnya to the Athenians → kepada orang-orang Athena? kepada pemimpin Athena?
    Sudah aku perjelas jadi "negara-kota Athena" Danu Widjajanto (bicara) 25 Januari 2021 09.53 (UTC)
Karakteristik
  • "dan direkat dengan semen" → direkatkan dengan semen?
    Sudah aku ubah. Danu Widjajanto (bicara) 25 Januari 2021 09.53 (UTC)
  • "atau batu-batu genes pipih" → batu genes atau gneis, nama artikel pranalanya?
    Sudah aku ganti jadi "gneis", sesuai glosarium kateglo. Danu Widjajanto (bicara) 25 Januari 2021 09.53 (UTC)
  • "Mayoritas dari rumah-rumah tinggal ini berdenah tidak beraturan. Jenis rumah tinggal terbanyak nomor dua adalah rumah-rumah tinggal yang memiliki pelataran tengah berperistilium." → bagaimana kalau dua kalimat ini digabungkan dan diberi kata penghubung "sementara"? Supaya pembaca lebih mudah memahami jenis rumah terbanyak nomor 1 dan nomor 2.
    Sudah aku gabung dengan kata hubung "sementara", terima kasih atas masukannya, bagus sekali. Danu Widjajanto (bicara) 25 Januari 2021 09.53 (UTC)
  • "tetapi Vincent J. Bruno berpandangan" → ini siapa?
    Sudah aku beri keterangan kalau beliau adalah pakar sejarah seni.

Segini dulu. :) — RianHS (bicara) 25 Januari 2021 05.38 (UTC)

@RianHS terima kasih banyak atas tinjauannya yang sangat bermanfaat, ditunggu lanjutannya :) Danu Widjajanto (bicara) 25 Januari 2021 09.53 (UTC)


Lanjut, ya, Danu Widjajanto.

Signifikansi
  • "Hariclia Brecoulaki asserts that the Delos mosaics represent the single largest collection of Greek mosaics." diterjemahkan menjadi "Hariclia Brecoulaki berpendapat bahwa mosaik-mosaik Delos merupakan kumpulan tunggal terbesar mosaik Yunani." → sama dengan tanggapan saya di atas, takutnya penggunaan kata "terbesar" membuat pembaca membayangkan ukuran.
    Sudah aku ganti jadi "Hariclia Brecoulaki berpendapat bahwa situs Pulau Delos memiliki kumpulan mosaik Yunani terbanyak" Danu Widjajanto (bicara) 26 Januari 2021 14.19 (UTC)
  • "Ia juga mengemukakan bahwa hanya Pela, ibu kota Kerajaan Makedonia, saja yang ..." → strukturnya dipisahkan dengan janggal. Bagaimana kalau "saja" dihapus.
    Sudah aku hapus Danu Widjajanto (bicara) 26 Januari 2021 14.19 (UTC)
  • "Syukurlah Philippe Bruneau sudah begitu banyak mendokumentasikan mosaik-mosaik Delos.[39]" dihapus saja dan digabungkan ke kalimat sebelumnya, misalnya menjadi "... serta memadainya literatur ilmiah mengenai kedua situs tersebut, berkat Philippe Bruneau yang sudah begitu banyak mendokumentasikan mosaik-mosaik Delos, sehingga memungkinkan dibuatnya perbandingan."
    Kalau aku ubah jadi begini gimana? Jadinya ada penghubungnya dengan kalimat sebelumnya: "Hal ini dimungkinkan oleh Philippe Bruneau yang sudah begitu banyak mendokumentasikan mosaik-mosaik Delos." Danu Widjajanto (bicara) 26 Januari 2021 14.19 (UTC)
  • Kalau bisa Opus sectile dibirukan karena tak ada penjelasan lebih lanjut.
Rumah-rumah dan kawasan-kawasan
  • "Kawasan Utara Pulau Delos" → apakah merujuk ke wilayah spesifik sehingga huruf U perlu ditulis kapital? Oh ya, frasa ini ditulis beberapa kali dalam artikel. Di versi bahasa Inggrisnya, huruf n hanya sekali dituliskan dengan huruf kecil, sisanya pakai huruf kapital.
  • Vestibula → apakah ditulis miring?
  • Ada dua pranala Athena: (1) "serta gambar Athena dan Hermes", (2) "Mosaik Hermes dan Athena, abad ke-2 SM" → sepertinya keduanya lebih tepat diarahkan ke Athena (mitologi).
  • Ini bukan tanggapan, saya hanya tergelitik dan baru tahu kalau pranala biru dalam artikel (mosaik Dionisos menunggang citah) bisa diarahkan langsung ke berkas.
  • "Mosaik ini bertuliskan nama Asklepiades orang Arados" → Biasanya saya membaca frasa seperti ini dengan "Asklepiades dari Arados", tetapi kalau pemakaian kata "orang" sudah umum, ya sudah.
Tambahan
  • Untuk keseluruhan artikel, ada dua versi penulisan dari abad/tahun SM sampai abad/tahun SM.
    • Versi pertama: abad/tahun yang disebut duluan, dituliskan SM-nya. Contoh: "pada abad ke-2 SM dan awal abad ke-1 SM".
    • Versi kedua: abad/tahun yang disebut duluan, tidak dituliskan SM-nya. Contoh: "yakni paruh kedua abad ke-2 dan awal abad ke-1 SM".
Bukan hal yang besar dan saya yakin pembaca akan paham, tetapi saya lebih sreg kalau versi pertama diterapkan ke keseluruhan artikel, kecuali yang sudah dituliskan serangkai, yakni "(tahun 80–20 SM)".
  • Sayang sekali calon AP halaman kategorinya merah semua, hehe. Lebih baik dibirukan.

Sekian tinjauan dari saya. — RianHS (bicara) 25 Januari 2021 15.37 (UTC)