Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Lintah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
CATATAN PENUTUP
Artikel ini diangkat sebagai Artikel Pilihan setelah ditinjau secara komprehensif oleh dua pengguna dan semua saran sudah dikerjakan/ditanggapi dengan baik. Terima kasih atas kerja pengusul dan peninjau. Danu Widjajanto (bicara) 25 Oktober 2020 08.05 (UTC)
Diskusi di bawah adalah arsip dari pengusulan artikel pilihan. Terima kasih atas partisipasi Anda. Mohon untuk tidak menyunting lagi halaman ini. Komentar selanjutnya dapat diberikan di halaman pembicaraan artikel.

Artikel ini disetujui.


Lintah[sunting sumber]

Pengusul: HaEr48 (b • k • l)
Status:    Selesai

Tentang kelompok hewan avertebrata yang sudah tidak terdengar asing lagi. Diterjemahkan dari artikel pilihan bahasa Inggris yang aku rasa sudah rapi, komprehensif, dan faktual. Dimohon saran dan pendapatnya. HaEr48 (bicara) 26 September 2020 22.39 (UTC)

Komentar RianHS[sunting sumber]

Halo, Bung HaEr48. Berikut komentar saya supaya artikelnya lebih mantap lagi.

  • "Lintah adalah kelompok hewan kerabat cacing". Pemakaian kata kerabat di sini apakah tidak menimbulkan persepsi bahwa lintah dan cacing adalah dua entitas berbeda yang memiliki hubungan keluarga? Contoh: A adalah kerabat B (keduanya termasuk dalam keluarga/himpunan X). Padahal, lintah merupakan himpunan bagian dari cacing bersegmen (Annelida). Alternatif yang mungkin bisa dipertimbangkan: "Lintah adalah kelompok cacing bersegmen (Annelida) yang berbadan pipih ..."
    Sudah. HaEr48 (bicara) 3 Oktober 2020 14.50 (UTC)
  • Penulisan upakelas sebaiknya diganti menjadi subkelas yang lebih familier. Pernah dibahas di warkop di sini. Di Glosarium Biologi Kemdikbud (mulai halaman 532), upa- juga tidak digunakan.
    Sudah. HaEr48 (bicara) 3 Oktober 2020 14.50 (UTC)
  • "... ketaksesuaian antara gelang-gelang tubuh luarnya ..." Bagaimana kalau gelang diganti cincin? Annelida berasal dari kata cincin. Selain itu, supaya menjauhkan asosiasi pembaca dengan cacing gelang yang benar-benar berbeda.
    Sudah. HaEr48 (bicara) 3 Oktober 2020 14.50 (UTC)
  • "... selom (rongga tubuh) yang berukuran besar dalam Annelida lainnya mengecil menjadi empat saluran-saluran kecil". Bagian ini masih sulit dipahami, bisa diganti dengan "Berbeda dengan selom (rongga tubuh) Annelida lainnya yang berukuran besar, selom pada lintah berubah menjadi empat saluran-saluran kecil," atau semacamnya.
    Sudah. HaEr48 (bicara) 3 Oktober 2020 14.50 (UTC)
  • "Di masa lalu, lintah umum digunakan untuk mengisap darah pasien, yang dianggap dapat menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu dalam ilmu pengobatan di berbagai budaya sejak zaman kuno hingga abad ke-19". Panjang sekali, ya. Apa bisa diubah?
    Sudah. HaEr48 (bicara) 3 Oktober 2020 14.50 (UTC)
  • Saya belum membaca dengan detail bagian taksonomi. Apakah di infobox bisa dicantumkan kelas lintah? Clitellata mungkin?
    • Artikelnya memakai {{Automatic taxobox}}. Minta tolong Hidayatsrf, Bennylin kenapa kelas nya tidak muncul ya? di en.wp (en:Leech) Classnya muncul walaupun sama-sama memakai automatic taxobox. HaEr48 (bicara) 3 Oktober 2020 14.52 (UTC)
    • Halo bung HaEr48, itu karena {{automatic taxobox}} di WBI dialihkan ke {{Infobox spesies}} yang mengambil data takson dari Wikidata, sistemnya berbeda jauh dengan templat serupa di enwiki. Saat ini templat tersebut sudah saya atur agar bisa menampilkan kelas dalam tingkat takson upakelas. Seharusnya sekarang sudah tertampil kelas di artikel Lintah. Terima kasih. --Hidayatsrf (bicara) 4 Oktober 2020 00.05 (UTC)
    • Oh, iya tambahan lagi, mengenai penulisan takson seperti penggunaan awalan "upa-" semuanya diambil dari Wikidata. Misalnya untuk subkelas d:Q5867051, jika akan diganti istilahnya cukup di sunting label-label terkait tingkat takson di Wikidata tersebut, bukan di templat. --Hidayatsrf (bicara) 4 Oktober 2020 00.16 (UTC)
      • Terima kasih bung Hidayatsrf. Baru aja mau nanya mengenai membetulkan awalan upa-, ternyata sudah dijawab, hehe. HaEr48 (bicara) 4 Oktober 2020 00.22 (UTC)
        • Oke, sama-sama. Oh iya, sedikit catatan lagi. Saat label di Wikidata diubah, sepertinya filter di Templat:Infobox spesies/Taksonomi perlu diperbarui menggunakan label yang baru di Wikidata. Misalnya mengganti awalan "upa-" menjadi "sub-" di templat tersebut. Maaf kalau agak melenceng dari diskusi artikel pilihan ini. Tapi saya rasa sangat penting karena bisa mempengaruhi banyak artikel. Trims. --Hidayatsrf (bicara) 4 Oktober 2020 00.37 (UTC)
          • @Hidayatsrf: aku sih setuju-setuju aja, tapi enggak tau caranya gimana :) Maksudnya memperbarui filter itu apa ya. HaEr48 (bicara) 4 Oktober 2020 00.43 (UTC)
            • @HaEr48: Misalnya label "upakelas" di Wikidata sudah diganti menjadi "subkelas". Maka kode di templat tadi harus diganti pada setiap kata yg mengandung "upakelas" menjadi "subkelas". Intinya cukup begitu sih.... --Hidayatsrf (bicara) 4 Oktober 2020 01.59 (UTC)
            • Ini cuma untuk antisipasi kalau terjadi galat sih, jika sesudah diganti labelnya tidak ada masalah pada tampilan templat, saya kira tidak ada yang perlu diubah. :D --Hidayatsrf (bicara) 4 Oktober 2020 02.07 (UTC)

Sementara ini dulu. — RianHS (bicara) 28 September 2020 14.31 (UTC)

  • Terima kasih bung RianHS, mudah-mudahan ada waktu untuk meninjau sisanya juga. Banyak yang perlu dilihat orang yang ngerti biologi nih HaEr48 (bicara) 4 Oktober 2020 00.25 (UTC)
    • @HaEr48: Saya baca-baca lagi dalam beberapa hari :) RianHS (bicara) 4 Oktober 2020 03.19 (UTC)

Tambahan:

  • "Tempat-tempat yang cocok dapat dipenuhi lintah dengan kepadatan tinggi, seperti misalnya...". Lebih enak dijadikan kalimat aktif, misalnya "Lintah dapat hidup dengan kepadatan tinggi di tempat-tempat yang cocok, misalnya 10.000 ..."
  • Clade diterjemahkan menjadi klad (glosarium biologi hlm. 110).
  • Bleeding diterjemahkan menjadi perdarahan dan bukan pendarahan. Pendarahan lebih tepat dipakai untuk menjelaskan suplai atau pasokan darah, misalnya pendarahan ke organ X.
  • "Namun, hanya sedikit kasus penularan patogen melalui lintah yang pernah dilaporkan". Ini kasus yang menarik, mungkin bisa diuraikan lebih lanjut, cukup 1-2 kalimat.
  • Sudah ditambah 1 kalimat. Paper yang dikutip hanya menyebutkan nama kasus-kasus yang telah dilaporkan, tanpa menguraikan cara kerjanya. Selebihnya mengenai eksperimen yang dilakukan penulis, tapi kalau itu sepertinya terlalu "primary source" untuk dikutip langsung. HaEr48 (bicara) 8 Oktober 2020 01.47 (UTC)
  • Setelah kata flegma sepertinya perlu diberi penjelasan berupa tanda kurung "(ingus)", karena kalau pembaca buka KBBI, artinya lain.
  • Di versi en ada catatan (efn) yang menjelaskan teks pada gambar. Perlu dicantumkan juga atau tidak usah?
    Aku rasa kurang penting yang ini, makanya tidak aku tambahkan. 8 Oktober 2020 01.47 (UTC)

RianHS (bicara) 6 Oktober 2020 03.36 (UTC)

  • Referensi nomor 6 masih pakai harvnb yang berdiri sendiri.
  • "... dan sisanya digolongkan sebagai "Arhynchobdellida" ..." setelah Arhynchobdellida mungkin perlu diberi penjelasan "yang tanpa probosis".
  • "... termasuk sejumlah spesies yang memiliki rahang".[14] Referensinya pakai Buchsbaum (1987), sedangkan di en pakai Phillips (2019). Apa sama saja?
  • Mungkin diubah si en.wp setelah aku terjemahkan. Aku ubah biar sama, aku ngekor aja heheh. HaEr48 (bicara) 8 Oktober 2020 01.47 (UTC)
  • Berkas Leech anatomy in cross-section.svg kalau mau diterjemahkan apa harus diunduh, diedit, lalu diunggah ulang, ya? Bagus sekali kalau ada versi bahasa Indonesianya.
  • Dulu aku pernah melakukan seperti itu, ga tau apa ada cara yang lebih efisien. Tetapi gak terlalu susah kok kalau ada perangkatnya (misalnya Inkscape). Apa mau diterjemahkan? HaEr48 (bicara) 8 Oktober 2020 01.47 (UTC)
  • @HaEr48: Kalau bisa sih diterjemahkan supaya lebih sempurna lagi, hehe. — RianHS (bicara) 8 Oktober 2020 08.57 (UTC)

RianHS (bicara) 6 Oktober 2020 06.16 (UTC)

Tambahan lagi dari sisi medis:

  • "Lintah biasanya membawa parasit di saluran pencernaannya..." Kata parasit diganti saja menjadi patogen yang lebih umum karena contoh-contoh yang disebutkan di akhir paragraf berupa bakteri dan virus, tidak ada parasitnya.
    Paragraf ini sudah dirombak sedikit sehingga tidak ada kata ini lagi. HaEr48 (bicara) 11 Oktober 2020 23.10 (UTC)
  • "... tetapi parasit-parasit ini tidak mampu bertahan di tubuh manusia sehingga tidak berbahaya". Frasa ini perlu dipertanyakan kebenarannya. Di sini, Bagian "7 What are the possible complications of using leeches? What precautions are necessary?" disebutkan bahwa "The main complications in using leeches are infection and blood loss". Beberapa studi lain juga menyatakan bahwa ada potensi penularan penyakit.
    Kalau membaca sumbernya, Sepertinya ada kontras antara digigit lintah biasa dengan penggunaan lintah medis dengan sengaja. Aku rombak sedikit paragrafnya, harap diperiksa lagi. HaEr48 (bicara) 11 Oktober 2020 23.10 (UTC)
  • Lintah bisa berperan sebagai predator dan bisa juga sebagai parasit. Sebagai predator, makanannya sudah dijelaskan ("siput, cacing tanah, dan larva serangga"). Sementara sebagai parasit, inang-inangnya sepertinya belum diuraikan (contoh: "mulai dari ikan, amfibia, reptilia, hingga mamalia" — burung termasuk tidak, ya?).
    Sudah disebutkan inang-inangnya. 11 Oktober 2020 23.10 (UTC)
  • "Umumnya, lintah pengisap darah tidak memiliki inang khusus". Padahal, Piscicolidae parasit khusus ikan sementara Ozobranchidae pada kura-kura. Apa dibuatkan pengecualian saja untuk kedua famili tersebut? Studi ini memang menunjukkan bahwa H. medicinalis jadi parasit pada berbagai jenis hewan.
    Kalau dibaca sumbernya lagi, maksudnya sepertinya tidak menetap ke satu individu saja. Sudah diubah redaksinya, dan lintah yang menetap di ikan laut juga telah disebutkan. HaEr48 (bicara) 11 Oktober 2020 23.10 (UTC)
  • Ada beberapa metode yang biasa digunakan ketika manusia digigit lintah, misalnya diberi garam. Namun, hal ini bisa mengakibatkan refluks, darah dari lintah malah masuk ke tubuh manusia sehingga meningkatkan potensi infeksi. Sumber 1 (bagian Treatment / Management) dan sumber 2. Ini bagus untuk ditambahkan.
    Sudah ditambahkan, beserta beberapa hal lain yang disebutkan di bagian treatment sumber 1. HaEr48 (bicara) 11 Oktober 2020 23.10 (UTC)

RianHS (bicara) 8 Oktober 2020 08.57 (UTC)

@RianHS kira-kira ada tambahan lagi bung Rian? Danu Widjajanto (bicara) 16 Oktober 2020 11.00 (UTC)
@Danu Widjajanto dan HaEr48: Maaf baru sempat nge-wiki lagi. Akan saya baca ulang keseluruhan dalam waktu dekat.RianHS (bicara) 22 Oktober 2020 07.40 (UTC)

@HaEr48. Tinjauan akhir:

  • Apa di setiap takarir gambar perlu diberikan titik atau malah dilarang? Di en:Wikipedia:Featured_article_candidates/Leech/archive1 ditulis bahwa "Captions that aren't complete sentences shouldn't end in periods" → saya baru tahu ada ketentuan seperti ini. Kelihatannya di artikel leech, semua takarir tidak diakhiri titik, kecuali yang punya referensi. Di sini dibuat konsisten saja apakah semua takarir pakai titik atau tidak pakai.
    Sudah disesuaikan dengan aturan itu (yang bukan kalimat utuh tidak diakhiri titik). HaEr48 (bicara) 25 Oktober 2020 00.06 (UTC)
  • "Sebuah tali saraf membujur dari bagian depan ini ..." → "Ini" merujuk pada apa? Apakah saraf utama? Sebaiknya diperjelas.
    Benar, bagian yang disebut "otak" itu. Aku perjelas, HaEr48 (bicara) 25 Oktober 2020 00.06 (UTC)
  • Di Berkas:Leech anatomy in cross-section, Indonesian.svg, masih ada bahasa Inggrisnya: Longitudinal muscles.
    Oh ya, kelewatan. Sudah diperbaiki. HaEr48 (bicara) 25 Oktober 2020 00.06 (UTC)

Kalau tiga poin di atas sudah diselesaikan, saya Setuju Setuju artikel ini dijadikan AP — RianHS (bicara) 22 Oktober 2020 23.21 (UTC)

Terima kasih banyak atas tinjauannya bung RianHS. HaEr48 (bicara) 25 Oktober 2020 00.06 (UTC)

Komentar Danu Widjajanto[sunting sumber]

  • "dapat memendek serta memanjang, memiliki klitelum" --> jelaskan secara singkat apa itu klitelum?
    RianHS Hmm bagaimana ya, ada saran bagaimana cara menjelaskan dengan singkat tapi lumayan akurat? HaEr48 (bicara) 12 Oktober 2020 00.45 (UTC)
  • "Lintah dapat ditemukan di seluruh bagian dunia, kecuali Antarktika" --> termasuk di Greenland dan Pulau Baffin? Mungkin bisa diganti jadi "di semua benua kecuali Antarktika" supaya lebih generik
    Diganti jadi benua. HaEr48 (bicara) 12 Oktober 2020 00.45 (UTC)
  • Kelompok Acanthobdella kok dipisah ya di kladnya? Ada penjelasannya?
    Karena pohonnya adalah hasil analisis molekul DNA, penjelasannya adalah karena data molekulnya menunjukkan begitu. Tidak ada penjelasan lebih spesifik di paper yang dikutip. HaEr48 (bicara) 16 Oktober 2020 03.31 (UTC)
  • "gonopori jantan salah satu lintah menyentuh gonopori betina lintah lainnya. Sebuah spermatofora berisi sperma dikeluarkan dari penis menuju gonopori betina, dan sperma yang dikandungnya kemudian dipindahkan ke vagina dan kemungkinan disimpan di sana" --> tapi lintah kan hermafrodit ya? gimana menentukan lintah mana yang jantan atau betina?
    Ditambahkan penjelasan untuk hermafrodit protandri, kalau lintahnya hermafrodit tetapi tidak jantan dan betina dengan bersamaan. HaEr48 (bicara) 12 Oktober 2020 00.45 (UTC)
  • Pranalakan Aeromonas veronii
    Sudah. HaEr48 (bicara) 16 Oktober 2020 03.31 (UTC)

Segini dulu, nanti lanjut lagi. Danu Widjajanto (bicara) 9 Oktober 2020 08.49 (UTC)

  • "Pusat saraf utama terdiri dari ganglion otak di atas perut dan di bawahnya" --> mungkin lebih jelas kalau diganti jadi "ganglion otak di atas dan di bawah perut"?
    Dirombak sedikit penjelasan di sini agar cocok dengan yang di sumber. HaEr48 (bicara) 12 Oktober 2020 00.45 (UTC)
  • Bagian sistem saraf akan lebih mudah dipahami kalau ada gambarnya, tapi ini saran opsional saja
    Sudah. HaEr48 (bicara) 16 Oktober 2020 03.31 (UTC)
  • " Lintah air tawar dapat merangkak " --> gimana caranya lintah bisa merangkak?
    Diganti dengan merayap. HaEr48 (bicara) 12 Oktober 2020 00.45 (UTC)
  • "kelompok Glossiphoniidae merupakan perenang yang buruk dan akan menggulung dan jatuh ke permukaan jika diganggu" --> "permukaan" malah jadi rancu, aku lihat di versi Inggrisnya tertulis "the sediment below", mungkin sebaiknya jadi "tenggelam ke sedimen di dasar" atau "tenggelam ke dasar"?
    Diganti. HaEr48 (bicara) 12 Oktober 2020 00.45 (UTC)
  • "Seekor lintah yang melekat di kulit luar akan melepaskan diri setelah kenyang, yang dapat membutuhkan waktu antara 20 menit hingga 2 jam" --> butuh 20 menit hingga 2 jam untuk apa? mungkin kalimatnya perlu diubah sedikit biar jelas
    Maksudnya untuk kenyang, sudah diganti. HaEr48 (bicara) 12 Oktober 2020 00.45 (UTC)
  • "Penulis ini juga melaporkan bahwa lintah kuda dapat membuat gajah gila saat masuk ke dalam belalainya dan mengisap darah.[41] Dalam bahasa Inggris kuno, kata untuk lintah adalah lǣce juga digunakan untuk menyebut seorang tabib, dan ilmu pengobatan disebut juga lǣcecraft (bahasa Inggris modern: leechcraft) atau "ilmu/ketrampilan lintah".[41][42]" --> judul subbagiannya adalah "dalam pengobatan", tapi kedua kalimat ini tidak nyambung sama subjudulnya. Saran agar subjudulnya diganti jadi seperti di Wikipedia Inggris, "Dalam peradaban manusia"
    Yang gajah itu dihapus saja karena tidak ada hubungannya dengan pengobatan ataupun peradaban manusia. Yang terkait tabib itu masih terkait juga dengan pengobatan. HaEr48 (bicara) 12 Oktober 2020 00.45 (UTC)
  • "Dalam Kitab Amsal di Perjanjian Lama, lintah digambarkan sebagai simbol keserakahan.[52] Dalam bahasa Indonesia, "lintah darat" adalah ungkapan untuk tengkulak atau orang yang memberi pinjaman uang dengan bunga sangat tinggi.[53] Dalam bahasa Inggris, leech (lintah) dapat berarti seseorang yang mengakrabi atau mengikuti orang lain demi mencari keuntungan bagi dirinya.[54]" --> karena terlalu pendek, saran untuk digabung dengan subbagian "dalam peradaban manusia" seperti yang sudah diusulkan di atas
    Tidak apa, menurutku agak janggal kalau bagian sebelumnya dijadikan "peradaban manusia" karena ada penjelasan teknis juga. HaEr48 (bicara) 12 Oktober 2020 00.45 (UTC)
  • "seperti misalnya 10.000 ekor lintah per m2 yang tercatat di lingkungan air penuh polutan organik di Illinois," --> keterangan ini menarik untuk dirincikan lagi di bagian "polusi air", mungkin bisa dicari sumbernya dan diperjelas kenapa lintah banyak ditemui di lingkungan air yang penuh polutan organik.
    Sayangnya tidak dijelaskan lebih lanjut lagi di sana selain disebut kalau itu "favorable environment". HaEr48 (bicara) 12 Oktober 2020 00.45 (UTC)

Sekian tinjauanku, terima kasih. Danu Widjajanto (bicara) 10 Oktober 2020 20.31 (UTC)


Diskusi di atas adalah arsip. Terima kasih atas partisipasi Anda. Mohon untuk tidak menyunting lagi halaman ini. Komentar selanjutnya dapat diberikan di halaman pembicaraan artikel.