Wikipedia:Arsip halaman utama/2021/09/22

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Izaac Hindom

Izaac Hindom adalah seorang birokrat dan politikus Indonesia yang menjabat sebagai Gubernur Irian Jaya (sekarang Papua) dari tahun 1982 sampai 1988. Lahir di Fakfak, Hindom memulai pendidikannya di sekolah Belanda untuk orang asli Papua dan menempuh pendidikan kejuruan dalam bidang kepamongprajaan. Hindom bekerja dalam berbagai jabatan pegawai negeri di tingkat distrik pada masa Nugini Belanda. Ia juga mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Nugini tetapi tidak terpilih. Setelah Nugini Belanda menjadi bagian dari Indonesia, Hindom diangkat menjadi anggota Badan Pemerintahan Harian pada tahun 1965 dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat selama dua periode pada tahun 1971 dan 1977. Dia mengakhiri masa jabatan keduanya sebagai anggota Dewan setelah diangkat sebagai wakil gubernur pada tahun 1980 dan menjadi gubernur dua tahun kemudian setelah pendahulunya meninggal. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: ChrisyePetrus Martir VermigliPaul Nobuo Tatsuguchi

Tahukah Anda

  • "... bahwa meningkatnya pengaruh Gowa-Tallo menyebabkan lima kerajaan kecil di Ajatappareng, Sulawesi Selatan membentuk persekutuan tandingan (gambar)?"
  • "... bahwa pada masa kecilnya, Miyavi, musisi Jepang, pernah bercita-cita sebagai pemain sepak bola tetapi berhenti karena cedera?"
  • "... bahwa ular gadung (Ahaetulla prasina) menyerupai pucuk tanaman gadung (Dioscroea hispida) yang berwarna hijau lampai?"
  • "... bahwa Hari Bir Internasional berkembang dari sebuah acara lokal kecil di barat Amerika Serikat menjadi perayaan seluruh dunia yang mencakup 207 kota, 50 negara dan 6 benua?"

Tantangan kolaborasi

Hari ini dalam sejarah

22 September: Hari Kemerdekaan di Bulgaria (1908) dan Mali (1960); Hari Persatuan Baltik di Latvia dan Lithuania

{{{title}}}
Bendera Uni Soviet

Tanggal lain: 21 September 22 September 23 September

Hari ini tanggal 22 September 2021 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Letusan Gunung Etna tahun 2002 dipotret dari Stasiun Luar Angkasa Internasional
Letusan Gunung Etna tahun 2002 dipotret dari Stasiun Luar Angkasa Internasional
(ukuran asli: 2.720 × 2.000 piksel, 1,02 MB)

Oleh: NASA, diunggah oleh Los688 dan Bricktop
Lisensi: Domain umum