Wikipedia:Arsip halaman utama/2021/04/22

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Komodor Udara Cobby (kiri) dan Kapten Grup Caldwell (kanan) di Morotai pada Januari 1945

Pemberontakan Morotai adalah sebuah insiden bulan April 1945 yang melibatkan anggota Australian First Tactical Air Force yang berpangkalan di Pulau Morotai, Hindia Belanda. Delapan pilot senior, termasuk penerbang ulung Australia, Kapten Grup Clive Caldwell, menyatakan pengunduran diri mereka untuk memprotes suatu hal yang mereka anggap sebagai penurunan pangkat terhadap skadron tempur Royal Australian Air Force (RAAF) yang dipindahtugaskan ke misi-misi serangan darat tak penting dari segi strategi melawan pasukan Jepang yang sudah dilewati oleh kampanye "lompat pulau" Sekutu. Penyelidikan pemerintah menyatakan bahwa para "pemberontak", dan tiga perwira berpangkat tinggi di First Tactical Air Force Headquarters, termasuk sang komandan, Komodor Udara Harry Cobby, penerbang ulung Australian Flying Corps semasa Perang Dunia I, dipecat dari jabatannya. (Selengkapnya...)

Tahukah Anda

  • "... bahwa hari ini adalah Hari Bumi?"
  • "... bahwa kehidupan di Bumi pertama kali muncul 4,28 miliar tahun yang lalu, setelah samudera terbentuk 4,41 miliar tahun yang lalu, dan tidak lama setelah Bumi terbentuk 4,54 miliar tahun yang lalu?"
  • "... bahwa leluhur universal terakhir adalah moyang dari segala organisme yang diperkirakan hidup sekitar 3,6 hingga 4,1 miliar tahun silam yang menjadi cikal bakal semua bentuk kehidupan yang ada saat ini? Leluhur ini bukanlah organisme pertama yang hidup di bumi, tetapi merupakan satu-satunya organisme pada masanya dengan keturunan yang masih bertahan hingga kini!"
  • "... bahwa interaksi gravitasi antara Bulan dengan Bumi memicu terjadinya pasang laut dan secara bertahap memperlambat rotasi Bumi?"
  • "... bahwa aktivitas manusia di Bumi telah mengakibatkan perubahan iklim melalui pemanasan global?"

Tantangan kolaborasi

Hari ini dalam sejarah

22 April: Hari Bumi

Tanggal lain: 21 April 22 April 23 April

Hari ini tanggal 22 April 2021 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Wanita yang mengenakan haik, pakaian tradisional dari negeri Maghribi
Wanita yang mengenakan haik, pakaian tradisional dari negeri Maghribi
(ukuran asli: 3.696 × 2.448 piksel, 2,91 MB)

Oleh: Mus52
Lisensi: CC BY-SA 4.0