Wikipedia:Arsip halaman utama/2021/03/12

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Kepala seorang wanita yang dipamerkan di Glyptothek di München, "kemungkinan" adalah salinan dari patung Sapfo karya Silanion dari abad keempat SM.

Sapfo adalah seorang penyair Yunani Arkais dari Pulau Lesbos. Sapfo dikenal akan sajak liranya yang ditulis untuk dinyanyikan sembari diiringi dengan lantunan musik. Pada zaman kuno, Sapfo dianggap sebagai salah satu penyair lira terbesar dan dikenal dengan julukan "Dewi Musa Kesepuluh" dan "Sang Penyair Wanita". Sebagian besar dari puisi Sapfo sudah hilang ditelan zaman, dan yang tersisa saat ini hanyalah penggalan-penggalan, kecuali untuk satu puisi lengkap yang berjudul "Ode untuk Afrodit". Pada tahun 2014, telah ditemukan pula beberapa puisinya yang lain, termasuk Puisi Para Saudara. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Atheis (novel)Persekutuan Franka-MongolMuammar Khadafi

Peristiwa terkini

PenyakitVirusKronologiMenurut lokasiVaksinLangkah pencegahanKematianPortal
Wikipedia tidak memberikan nasihat medis.
Saluran siaga COVID-19 Indonesia adalah 119 ext 9 / 021-5210411 / 081212123119

Tahukah Anda

  • "... bahwa pertentangan antar hak asasi manusia mengacu kepada konflik yang terjadi di antara dua hak asasi, contohnya konflik antara hak atas kehidupan pribadi seorang artis dengan kebebasan berekspresi seorang wartawan yang mengulas kehidupan artis tersebut?"
  • "... bahwa American Gothic (gambar) adalah sebuah lukisan yang dibuat oleh seorang pelukis Amerika Serikat yang bernama Grant Wood pada tahun 1930? Lukisan ini menggambarkan kehidupan pedesaan di Amerika Serikat pada masa itu."
  • "... bahwa La Maddukelleng (sekitar 1700–1765) merupakan seorang petualang Bugis yang menjabat sebagai pemimpin tertinggi Kerajaan Wajo pada perempat kedua abad ke-18?"
  • "... bahwa untuk menyucikan kembali Piramida Agung Tenochtitlan pada tahun 1487, orang-orang Aztek melaporkan bahwa mereka mengorbankan 80.400 tawanan dalam kurun waktu empat hari? Namun, angka ini tidak diterima oleh kebanyakan ahli, dan terdapat kemungkinan bahwa jumlah tumbalnya memang dibesar-besarkan."

Hari ini dalam sejarah

12 Maret: Hari Pohon di Tiongkok dan Taiwan;

{{{title}}}
Zoran Đinđić

Tanggal lain: 11 Maret 12 Maret 13 Maret

Hari ini tanggal 12 Maret 2021 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Rak berisi sejumlah peladen atau perangkat komputer yang menyediakan fungsi dan layanan dalam jaringan
Rak berisi sejumlah peladen atau perangkat komputer yang menyediakan fungsi dan layanan dalam jaringan
(ukuran asli: 1.886 × 2.835 piksel, 1,63 MB)

Oleh: Abigor
Lisensi: CC BY-SA 3.0