Wikipedia:Arsip halaman utama/2021/02/02

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Selamat datang di Wikipedia,
Sebuah ensiklopedia bebas yang dibangun oleh sukarelawan.

Artikel pilihan

Sebuah pesan anti-FGM yang disampaikan oleh Asosiasi Keluarga Berencana Uganda di dekat Kapchorwa, Uganda, 2004. Di plakat tersebut tertulis "Hentikan sunat perempuan. Bahaya untuk kesehatan wanita."

Pemotongan kelamin perempuan adalah pemotongan atau penghilangan sebagian atau seluruh bagian luar kelamin wanita. Praktik ini umum ditemukan di berbagai negara di Afrika, Asia, dan Timur Tengah. Pemotongan kelamin biasanya dilakukan oleh penyunat tradisional menggunakan pisau dan dilakukan mulai dari beberapa hari setelah kelahiran hingga masa pubertas dan seterusnya. Cara pemotongan berbeda-beda menurut negara atau kelompok etnik, contohnya adalah penghilangan tudung klitoris dan glans klitoris; penghilangan labia bagian dalam; serta penghilangan labia bagian dalam dan bagian luar ditambah dengan penutupan vulva (infibulasi). Menurut pengkritik pemotongan kelamin perempuan, praktik ini berakar pada ketidaksetaraan gender, upaya untuk mengendalikan seksualitas perempuan, dan gagasan tentang kesucian, kesopanan, dan keindahan. Pemotongan ini biasanya diprakarsai dan dilakukan oleh wanita yang menganggapnya perlu demi kehormatan dan juga atas dasar ketakutan bahwa anak perempuan yang tidak menjalani FGM akan dikucilkan secara sosial. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Douglas MacArthurSoedirmanPerang Jawa (1741–1743)

Tahukah Anda

  • "... bahwa antimakassar adalah istilah untuk menyebut sehelai kain yang diletakkan pada sandaran kursi bagian kepala?"
  • "... bahwa Hitler (gambar) menjadi kader Partai Demokrat dan pada tahun 2014 terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Karawang?"
  • "... bahwa albatros meminum air laut? Burung ini mempunyai organ khusus di dalam tubuhnya yang dapat memisahkan garam dari air dan kemudian mengeluarkannya dari tubuh."
  • "... bahwa skema piramida adalah sebuah model bisnis yang merekrut anggotanya dengan menjanjikan pembayaran atau jasa apabila mereka berhasil merekrut orang lain untuk bergabung dengan skema ini? Seiring bertambahnya jumlah orang yang direkrut, perekrutan tidak lagi dapat dilakukan dan sebagian besar anggotanya tidak dapat memperoleh keuntungan; maka dari itu, skema piramida tidak dapat dilanjutkan terus menerus dan dianggap ilegal di beberapa negara!"

Hari ini dalam sejarah

2 Februari: Hari Marmot Tanah (Groundhog Day) di Kanada dan Amerika Serikat; Hari Ulang Tahun Fatimah / Hari Ibu di Iran (2021)

Tanggal lain: 1 Februari 2 Februari 3 Februari

Hari ini tanggal 2 Februari 2021 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Sepasang bebek mandarin yang menunjukkan dimorfisme seksual (perbedaan mencolok) antara jantan (kiri) dan betina (kanan)
Sepasang bebek mandarin yang menunjukkan dimorfisme seksual (perbedaan mencolok) antara jantan (kiri) dan betina (kanan)
(ukuran asli: 2.207 × 1.656 piksel, 1,75 MB)

Oleh: Francis C. Franklin
Lisensi: CC BY-SA 3.0