Wikipedia:Artikel pilihan/Daftar artikel pilihan 2017

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Artikel pilihan
2004 2005
2006 2007
2008 2009
2010 2011
2012 2013
2014 2015
2016 2017
2018 2019
2020 2021
2022 2023
2024 2025
Menurut topik
Usulan

Untuk yang terbaru, lihat Wikipedia:Artikel pilihan/Jadwal.

AP 1 (1 Januari 2017 - 8 Januari 2017)
Alfred Russel Wallace

Alfred Russel Wallace adalah seorang naturalis, penjelajah, geografer, ahli antropologi dan ahli biologi dari Britania Raya. Ia paling dikenal karena pemahamannya akan teori evolusi melalui seleksi alam; makalahnya tentang subjek tersebut diterbitkan bersama-sama dengan beberapa tulisan Charles Darwin pada tahun 1858. Hal ini mendorong Darwin untuk mempublikasikan gagasannya sendiri dalam Asal Usul Spesies. Wallace banyak melakukan penelitian lapangan, pertama-tama di basin Sungai Amazon dan kemudian di Kepulauan Melayu (Nusantara), di mana ia mengidentifikasi pembagian fauna yang sekarang dikenal dengan istilah Garis Wallace. Ia dianggap sebagai ahli terkemuka dari abad ke-19 dalam bidang penyebaran geografis spesies hewan dan terkadang disebut "bapak biogeografi". Wallace adalah salah seorang pemikir tentang evolusi dari abad ke-19 dan telah memberi banyak kontribusi lainnya untuk pengembangan teori evolusi di samping menjadi rekan penemu seleksi alam. Hal ini mencakup konsep warna peringatan pada hewan, dan juga efek Wallace, suatu hipotesis tentang bagaimana seleksi alam dapat memberikan kontribusi pada spesiasi dengan mendorong terciptanya penghalang terhadap hibridisasi. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: YesusOperasi Ten-GoSatoru Iwata

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 2 (9 Januari 2017 - 16 Januari 2017)
Siti Nurhaliza pada April 2007.

Siti Nurhaliza adalah seorang penyanyi, penulis lagu, produser rekaman, presenter televisi dan pengusaha Malaysia. Sejak debutnya, ia telah memenangkan sejumlah kompetisi menyanyi internasional. Saat ini, ia mengumpulkan lebih dari 200 penghargaan lokal serta penghargaan internasional. Dalam kariernya, ia telah merekam dan menyanyi dalam berbagai bahasa yang meliputi Bahasa Malaysia, Basa Jawa, Inggris, Mandarin, Arab, Hindi dan Jepang. Ia telah memenangkan jumlah penghargaan musik yang belum pernah dicapai sebelumnya di Malaysia dan daerah sekitarnya. Dibekingi dengan 16 album studio, ia adalah salah satu artis paling populer di Kepulauan Melayu dan kawasan Nusantara dan ia telah terpilih sebagai Artis Regional Paling Populer sebanyak sepuluh kali berturut-turut mengalahkan artis-artis sejawat lainnya dari Malaysia, Indonesia dan Singapura dalam Anugerah Planet Muzik sejak 2001. Pada 2008, ia diangkat menjadi salah satu Asia's Idol oleh Asia News Network. Kesuksesannya di kawasan Asia membuatnya meraih gelar-gelar kehormatan yang meliputi "Suara Asia" dan "Celine Dion dari Asia". (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Alfred Russel WallaceYesusOperasi Ten-Go

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 3 (17 Januari 2017 - 24 Januari 2017)
Pangeran Sadruddin Aga Khan

Sadruddin Aga Khan adalah anak dari Aga Khan III dari India yang lahir dan besar di Eropa. Ayahnya menekankan ia untuk belajar Qur'an tanpa mengikuti aliran tertentu. Ia menjadi tokoh vital di UNHCR saat menjabat sebagai Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi tahun 1966 hingga tahun 1978. Sebagai pemimpin termuda UNHCR pada umur 33 tahun, ia mengubah sumberdaya UNHCR yang sebelumnya hanya diperuntukkan untuk pengungsi di Eropa Timur menjadi non diskriminatif dan melayani semua dengan tidak membedakan perlakuan antara pengungsi di Eropa dan pengungsi di negara dunia ketiga. Kepemimpinannya mempersiapkan UNHCR mengubah tata cara dasar menangani pengungsi internasional antar-negara. Masalah-masalah yang ia tangani termasuk pengungsi Palestina, Vietnam, Angola, dan Aljazair. Seiring bertambah besarnya jumlah pengungsi dan masalah yang semakin rumit sebagai penyebabnya, di bawah kepemimpinannya UNHCR mampu beradaptasi lebih baik dalam penanganannya. Pencapaian lainnya adalah terjadinya kolaborasi yang lebih luas antara organisasi non-pemerintah (LSM) dan badan-badan PBB. Yayasan Bellerive didirikan pada akhir 1970-an sebagai bukti kepeduliannya dalam bidang lingkungan. Sadruddin juga terkenal sebagai kolektor seni Islam. Sadruddin meninggal karena kanker pada usia 70, dan dimakamkan di Swiss. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Siti NurhalizaAlfred Russel WallaceYesus

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 4 (25 Januari 2017 - 1 Februari 2017)
Kiri ke kanan: G-Dragon, T.O.P, Seungri, Taeyang, Daesung.

Big Bang adalah grup vokal pria asal Korea Selatan yang dibentuk oleh YG Entertainment. Grup ini memulai debut secara resmi pada 19 Agustus 2006 dengan lima anggota, yakni G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Daesung dan Seungri. Didominasi dengan aliran hip hop; debut mereka pun cukup sukses dengan album pertama Bigbang Vol.1 yang terjual sebanyak 48.000 salinan. Keterlibatan para anggota dalam penyusunan dan pembuatan musik mereka sendiri, terutama G-Dragon, telah mendapatkan pujian dan penghormatan dari para ahli industri musik. Mereka telah memenangkan banyak penghargaan dan memecahkan beberapa rekor, termasuk penyanyi dengan penjualan terlaris sepanjang masa di Cyworld dan penerima penghargaan 'Artist of the Year' terbanyak di Mnet Asian Music Awards. Atas popularitas global dan kontribusi mereka kepada K-pop, Hollywood Reporter mendeskripsikan mereka sebagai "boy band terbesar di dunia." (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Sadruddin Aga KhanSiti NurhalizaAlfred Russel Wallace

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 5 (2 Februari 2017 - 9 Februari 2017)
Sebuah kereta C751B di Stasiun MRT Eunos

MRT Singapura adalah sebuah sistem angkutan cepat yang membentuk tulang punggung dari sistem kereta api di Singapura dan membentang ke seluruh negara kota ini. Bagian pertama dari MRT ini, antara Stasiun Yio Chu Kang dan Stasiun Toa Payoh, dibuka tahun 1987 dan menjadi sistem angkutan cepat tertua kedua di Asia Tenggara, setelah Sistem LRT Manila. Jaringan ini telah berkembang cepat sebagai hasil dari tujuan Singapura untuk mengembangkan jaringan kereta yang lengkap sebagai tulang punggung utama dari sistem angkutan umum di Singapura. MRT ini dilengkapi oleh sistem Light Rail Transit (LRT) regional yang menghubungkan stasiun MRT dengan perumahan umum HDB. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Big Bang (grup musik)Sadruddin Aga KhanSiti Nurhaliza

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 6 (10 Februari 2017 - 17 Februari 2017)
Mahmoed Joenoes

Mahmoed Joenoes adalah seorang ulama Indonesia. Ia melewatkan waktunya sebagai pendidik dan pengajar. Ia dikenal pula melalui karya-karyanya meliputi sedikitnya 75 judul buku, termasuk menyusun Tafsir Qur'an Karim dan kamus Arab-Indonesia. Melalui jabatannya di Departemen Agama, ia menginisiasi dan memperjuangkan masuknya mata pelajaran pendidikan agama dalam kurikulum nasional. Buku-bukunya masih dipergunakan untuk keperluan pengajaran madrasah dan pesantren Indonesia. Yunus menerima gelar doktor kehormatan di bidang tarbiyah dari IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta dan namanya disematkan untuk jalan menuju kampus IAIN Imam Bonjol, Padang. Pada 1 Juni 1957, Yunus menjabat sebagai rektor pertama Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) di Jakarta yang kini bersambung menjadi UIN Syarif Hidayatullah. Jabatan terakhirnya selama menjadi pegawai Departemen Agama adalah rektor pertama IAIN Imam Bonjol sejak 1967 sampai 1970. Ia meninggal dalam usia 82 tahun pada 16 Januari 1982. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: MRT SingapuraBig Bang (grup musik)Sadruddin Aga Khan

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 7 (18 Februari 2017 - 25 Februari 2017)
Bharat Ratna

Bharat Ratna adalah penghargaan sipil tertinggi di Republik India. Dibentuk pada 1954, penghargaan tersebut diberikan untuk "menghargai penampilan/pelayanan luar biasa dari rangka tertinggi", tanpa memandang ras, pekerjaan, jabatan, atau jenis kelamin. Penghargaan tersebut awalnya terbatas pada prestasi dalam bidang seni rupa, sastra, ilmu pengetahuan, dan pelayanan masyarakat, namun pemerintah mengubah kriterianya menjadi meliputi "berbagai bidang kemanusiaan" pada Desember 2011. Perekomendasian untuk Bharat Ratna dibuat oleh Perdana Menteri kepada Presiden, dengan maksimum tiga nominasi yang akan dianugerahkan per tahun. Para penerimanya meraih sebuah Sanad (sertifikat) yang ditandatangani oleh Presiden dan sebuah medali berbentuk daun peepal; tidak ada pemberian dalam bentuk uang pada penghargaan tersebut, Para penerima Bharat Ratna berpangkat ketujuh dalam ordo preseden India. Para penerima pertama Bharat Ratna adalah politikus C. Rajagopalachari, filsuf Sarvepalli Radhakrishnan, dan ilmuwan C. V. Raman, yang dianugerahkan pada 1954. Sejak itu, penghargaan tersebut telah diberikan kepada 45 orang, termasuk 12 orang yang dianugerahkan secara anumerta. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Mahmoed JoenoesMRT SingapuraBig Bang (grup musik)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 8 (26 Februari 2017 - 5 Maret 2017)
Patung kolosal Konstantinus I

Konstantinus Agung merupakan seorang Kaisar Romawi dari tahun 306 sampai 337 M. Pada tahun 305, Konstantius meraih pangkat Augustus, kaisar barat senior. Dengan pengakuan sebagai kaisar oleh pasukannya di Eboracum, Konstantinus meraih kemenangan dalam serangkaian perang saudara melawan Kaisar Maxentius dan Lisinius hingga ia menjadi penguasa tunggal di barat maupun timur pada tahun 324 M. Sebagai kaisar, Konstantinus melakukan banyak reformasi di bidang administrasi, keuangan, sosial, dan militer untuk memperkuat kekaisaran. Sebagai kaisar Romawi pertama yang mengaku melakukan konversi ke Kekristenan, Konstantinus memainkan suatu peranan penting dalam mendeklarasikan Maklumat Milano pada tahun 313, yang menetapkan toleransi bagi Kekristenan di dalam kekaisaran. Ia membangun kediaman kekaisaran yang baru di Bizantium dan mengganti nama kota itu menjadi Konstantinopel (Kota Konstantinus) menurut namanya sendiri. Gereja abad pertengahan mempertahankannya sebagai salah seorang teladan kebajikan, sementara para penguasa sekuler merujuknya sebagai suatu prototipe, titik acuan, serta simbol identitas dan legitimasi kekaisaran. Mulai dari Masa Renaisans, timbul penilaian-penilaian yang lebih kritis atas pemerintahannya karena ditemukannya kembali sumber-sumber anti-Konstantinian. Para kritikus menggambarkannya sebagai seorang tiran. Konstantinus Agung dihormati sebagai orang kudus (santo) oleh kalangan Ortodoks Timur, Katolik Bizantin, dan Anglikan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Bharat RatnaMahmoed JoenoesMRT Singapura

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 9 (6 Maret 2017 - 13 Maret 2017)
Poster "We Can Do It!" buatan J. Howard Miller dari tahun 1943

"We Can Do It!" (Indonesia: Kita Dapat Melakukannya!) adalah sebuah poster propaganda masa perang Amerika yang diproduksi oleh J. Howard Miller pada 1943 untuk Westinghouse Electric sebagai sebuah gambar inspirasional untuk meningkatkan semangat buruh. Poster tersebut jarang terlihat pada Perang Dunia II. Poster tersebut ditemukan kembali pada awal 1980an dan banyak diproduksi ulang dalam berbagai bentuk, yang tak hanya disebut "We Can Do It!" namun juga disebut "Rosie the Riveter" yang mengambil nama dari figur ikonik dari seorang buruh produksi perang wanita perkasa. Gambar "We Can Do It!" digunakan untuk mempromosikan feminisme dan masalah politik lainnya pada permulaan 1980an. Gambar tersebut dijadikan sampul majalah Smithsonian pada 1994 dan dicantumkan dalam sebuah perangko surat kelas pertama AS pada 1999. Gambar tersebut diikutisertakan dalam bahan-bahan kampanye untuk beberapa politikus Amerika pada 2008, dan dikerjakan ulang oleh seorang artis untuk menyambut wanita pertama yang menjadi Perdana Menteri Australia pada 2010. Poster tersebut merupakan salah satu dari sepuluh gambar yang paling diminta di National Archives and Records Administration. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Konstantinus AgungBharat RatnaMahmoed Joenoes

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 10 (14 Maret 2017 - 21 Maret 2017)
Orang-orang "Gog dan Magog" dikurung dengan sebuah tembok oleh pasukan Aleksander.—Buku Aleksander karya Jean Wauquelin. Bruges, Belgia, abad ke-15.

Gog dan Magog muncul dalam Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama sebagai orang-orang individual, atau sebagai suku bangsa, atau sebagai tanah air. Kitab Yehezkiel menggambarkan mereka sebagai musuh-musuh Allah pada akhir zaman, sebuah pandangan eskatologi yang diambil dalam Kitab Wahyu, namun tidak ada hubungan yang dibuat dalam pasal-pasal kitab lainnya dimana kata tersebut muncul. Dalam sumber-sumber klasik dan abad pertengahan, Gog dan Magog adalah suku bangsa yang bermukim di wilayah yang berada di dalam Gerbang Aleksander, sebuah pembatas legendaris yang yang didirikan oleh Aleksander Agung: Yosefus, yang menulis pada abad ke-1 Masehi, menganggap mereka sebagai bangsa Skithia, dan di seluruh Timur Tengah, mereka diidentifikasikan sebagai suku bangsa nomaden Eurasia yang meliputi suku Hun, suku Khazar, dan bangsa Mongol, yang dikait-kaitkan dengan berbagai legenda mengenai suku Amazon, Yahudi Merah, dan Sepuluh Suku Hilang dari Israel. Nama mereka muncul dalam Al-Qur'an dengan sebutan Yakjuj dan Makjuj, dan dunia Muslim mula-mula mengidentifikasi mereka dengan suku-suku Turkic dari Asia Tengah dan kemudian dengan bangsa Mongol. Pada zaman modern, mereka masih dikaitkan dengan pemikiran apokaliptik, khususnya di Amerika Serikat dan dunia Muslim. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: We Can Do It!Konstantinus AgungBharat Ratna

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 11 (22 Maret 2017 - 29 Maret 2017)
Sinar matahari memerlukan sekitar 8 menit 17 detik untuk melalui jarak rata-rata dari permukaan Matahari ke Bumi.

Laju cahaya adalah sebuah konstanta fisika universal yang penting dalam banyak bidang fisika. Nilai presisinya adalah 299.792.458 [[meter per detik]] (kira-kira 3,00×108 m/s), karena panjang meter didefinisikan berdasarkan konstanta ini dan standar internasional waktu. Kelajuan ini merupakan kelajuan maksimum yang dapat dilajui oleh segala bentuk energi, materi, dan informasi dalam alam semesta. Kelajuan ini merupakan kelajuan segala partikel tak bermassa dan medan fisika, termasuk radiasi elektromagnetik dalam vakum. Kelajuan ini pula menurut teori modern adalah kelajuan gravitasi (kelajuan dari gelombang gravitasi). Partikel-partikel maupun gelombang-gelombang ini bergerak pada kelajuan c tanpa tergantung pada sumber gerak maupun kerangka acuan inersial pengamat. Dalam teori relativitas, c saling berkaitan dengan ruang waktu. Konstanta ini muncul pula pada persamaan fisika kesetaraan massa-energi E = mc2. Kelajuan cahaya yang merambat melalui bahan-bahan transparan seperti gelas ataupun udara lebih lambat dari c. Rasio antara c dengan kelajuan v (kelajuan rambat cahaya dalam suatu materi) disebut sebagai indeks bias n material tersebut (n = c / v). (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Gog dan MagogWe Can Do It!Konstantinus Agung

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 12 (30 Maret 2017 - 6 April 2017)
Potret Boganda pada perangko 1959

Barthélemy Boganda (1910–1959) adalah seorang politikus nasionalis ternama dari daerah yang sekarang merupakan Republik Afrika Tengah. Lahir dalam suatu keluarga petani dengan taraf hidup pas-pasan dan diadopsi oleh para misionaris Gereja Katolik, pada 1938 ia ditahbiskan sebagai imam Katolik Roma pertama dari Oubangui-Chari. Selama Perang Dunia II, Boganda melayani dalam sejumlah karya misi dan setelahnya ia diyakinkan oleh Uskup Bangui agar memasuki dunia politik. Pada tahun 1946, ia menjadi orang Oubangui pertama yang terpilih dalam Majelis Nasional Prancis, tempat ia memperjuangkan suatu platform politik yang menentang rasisme dan rezim kolonial. Ia kemudian kembali ke Oubangui-Chari demi membentuk sebuah gerakan rakyat untuk menentang kolonialisme Prancis. Gerakan tersebut menyebabkan didirikannya Gerakan Evolusi Sosial Afrika Kulit Hitam (MESAN) pada tahun 1949, yang menjadi populer di kalangan masyarakat desa dan kelas pekerja. Pada tahun 1958, setelah Republik Keempat Prancis mulai mempertimbangkan untuk memberikan kemerdekaan kepada sebagian besar koloninya di Afrika, Boganda bertemu dengan Perdana Menteri Charles de Gaulle untuk mendiskusikan syarat-syarat mengenai kemerdekaan Oubangui-Chari. De Gaulle menerima syarat-syarat yang diajukan Boganda, dan pada tanggal 1 Desember, Boganda mendeklarasikan pendirian Republik Afrika Tengah (RAT). Ia menjadi Perdana Menteri pertama wilayah otonom tersebut dan berniat untuk melayani sebagai Presiden RAT independen. Ia meninggal dunia akibat suatu kecelakaan pesawat yang misterius pada tanggal 29 Maret 1959, dalam perjalanannya menuju Bangui. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Laju cahayaGog dan MagogWe Can Do It!

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 13 (7 April 2017 - 14 April 2017)

? adalah film drama Indonesia yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini dibintangi oleh Revalina S. Temat, Reza Rahadian, Agus Kuncoro, Endhita, Rio Dewanto, dan Hengky Solaiman. Tema dari film ini adalah pluralisme agama di Indonesia yang sering terjadi konflik antar keyakinan beragama, yang dituangkan ke dalam sebuah alur cerita yang berkisar pada interaksi dari tiga keluarga, satu Buddha, satu Muslim, dan satu Katolik, setelah menjalani banyak kesulitan dan kematian beberapa anggota keluarga dalam kekerasan agama, mereka mampu untuk hidup berdamai. Ketika dirilis pada tanggal 7 April 2011, film ? selain sukses secara komersial, karena film ini menerima ulasan yang menguntungkan dan telah dilihat oleh lebih dari 550.000 orang, film ini juga tak luput menuai banyak kritik tajam. Film ? yang diputar secara internasional ini mendapatkan nominasi pada sembilan kategori Piala Citra di Festival Film Indonesia 2011 dan telah berhasil memenangkan satu di antaranya. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Barthélemy BogandaLaju cahayaGog dan Magog

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 14 (15 April 2017 - 22 April 2017)
Musa Menerima Kedua Loh Batu karya João Zeferino da Costa

Sepuluh Perintah Allah dalam Katolik Roma dipandang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rohani yang baik, serta berfungsi sebagai dasar keadilan sosial Katolik. Sepuluh Perintah Allah dibahas dalam tulisan-tulisan Gereja yang paling awal; Katekismus menyatakan bahwa Sepuluh Perintah Allah telah "menempati suatu tempat utama" dalam pengajaran iman sejak zaman Agustinus dari Hippo (tahun 354–430 M). Katekismus pertama yang digunakan secara luas dalam Gereja pada tahun 1566 menyediakan "pembahasan yang menyeluruh mengenai masing-masing perintah", tetapi memberikan penekanan yang lebih besar pada ketujuh sakramen. Ajaran Gereja mengenai Sepuluh Perintah Allah utamanya didasarkan pada Perjanjian Baru dan Lama serta tulisan-tulisan para Bapa Gereja awal. Dalam Perjanjian Baru, Yesus membebaskan para pengikutnya dari 613 peraturan, namun tetap mempertahankan Sepuluh Perintah Allah. Sepuluh Perintah Allah menginstruksikan semua orang agar menjalin hubungan dalam kasih kepada Allah dan kasih kepada sesama sesuai rangkuman oleh Yesus dalam dua "Perintah yang Utama". Tiga perintah pertama dari Sepuluh Perintah Allah menuntut penghormatan terhadap nama Allah, peringatan Hari Tuhan, dan melarang pemujaan allah lain. Perintah lainnya berkaitan dengan hubungan antar pribadi manusia, misalnya antara orang tua dan anak; perintah-perintah lain ini termasuk larangan berbohong, mencuri, membunuh, berzina, dan keinginan akan hal-hal yang dilarang. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: ? (film)Barthélemy BogandaLaju cahaya

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 15 (23 April 2017 - 30 April 2017)
Masjidil Haram

Masjidil Haram adalah sebuah masjid di kota Mekkah yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid ini juga merupakan tujuan utama dalam ibadah haji. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka'bah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam mengerjakan ibadah Salat. Masjid ini juga merupakan masjid terbesar di dunia, diikuti oleh Masjid Nabawi di Madinah al-Munawwarah sebagai masjid terbesar kedua di dunia serta merupakan dua masjid suci utama bagi umat Muslim. Luas keseluruhan masjid ini mencapai 356.800 m2 (3.841.000 sq ft) dengan kemampuan menampung jamaah sebanyak 820.000 jamaah ketika musim Haji dan mampu bertambah menjadi dua juta jamaah ketika salat Id. Kepentingan masjid ini sangat diperhitungkan dalam agama Islam, karena selain menjadi kiblat, masjid ini juga menjadi tempat bagi para jamaah Haji melakukan beberapa ritual wajib, yaitu tawaf, dan sa'i. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 16 (1 Mei 2017 - 8 Mei 2017)
Sajian restoran di Yerusalem meliputi falafel, hummus dan salad Israel

Masakan Israel meliputi hidangan lokal dari penduduk Israel dan juga hidangan yang dibawa ke Israel oleh masyarakat diaspora Yahudi. Sebelum pendirian Negara Israel pada 1948, dan sebagian sejak akhir 1970an, masakan campuran Yahudi Israel sudah mulai berkembang. Masakan Israel umumnya mengambil dan menyesuaikan unsur masakannya dari masakan Yahudi, khususnya masakan bergaya Mizrahi, Sefardim, dan Ashkenazi. Masakan tersebut juga memadupadankan unsur makanan yang berasal dari wilayah Levantin, Timur Tengah dan Mediterania. Saat ini, makanan seperti seperti falafel, hummus, msabbha, shakshouka, couscous, dan za'atar sangat terkenal di Israel. Pengaruh lain pada masakan tersebut terdapat pada makanan umum di kawasan Mediterania, khususnya jenis-jenis buah dan sayuran, produk susu dan ikan; makanan tradisional yang khas dihidangkan pada masa hari raya; tradisi menaati hukum kosher; dan tradisi memakan makanan tertentu pada hari Sabat dan hari-hari raya Yahudi yang berbeda, seperti challah, jachnun, malawach, ikan berisi, hamin dan sufganiyot. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 17 (9 Mei 2017 - 16 Mei 2017)
Sultan Agung, raja Mataram selama penaklukan

Penaklukan Surabaya oleh Mataram adalah kampanye militer oleh Kesultanan Mataram pada awal abad ke-17 yang mengakibatkan penaklukan Kadipaten Surabaya dan sekutunya di timur Jawa, sekarang Indonesia. Sebelum penaklukan ini, Mataram dan Surabaya adalah dua kerajaan yang bersaing merebut kekuasaan di Jawa tengah dan timur. Perang ini dimulai pada tahun 1614 ketika Mataram, di bawah kepemimpinan Sultan Agung (gambar), menyerang sekutu-sekutu Surabaya, termasuk Wirasaba. Surabaya dan sekutunya meluncurkan serangan balik tapi dikalahkan dekat Pajang pada tahun 1616. Selama beberapa tahun berikutnya, Mataram secara bertahap menaklukkan anggota- anggota aliansi Surabaya, dan pada tahun 1620, kota Surabaya itu sendiri berada di bawah pengepungan, bertahan sampai menyerah pada tahun 1625. Dengan penaklukan ini, Mataram menyatukan Jawa Tengah dan Jawa Timur di bawah penguasaannya, dan memperkokoh posisinya sebagai kekuatan dominan di Jawa. Surabaya dan daerah-daerah sekitarnya yang ditaklukkan akan tetap berada di tangan Mataram sampai diserahkan ke Perusahaan Hindia Timur Belanda pada 1743. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 18 (17 Mei 2017 - 24 Mei 2017)
"Preste" sebagai Kaisar Ethiopia, menduduki tahta di atas sebuah peta Afrika Timur dalam sebuah atlas yang diberikan Portugis kepada Ratu Maria, 1558. (British Library)

Prester Yohanes adalah seorang raja dan patriark Kristen legendaris dalam tradisi dan kronik-kronik Eropa dari abad ke-12 sampai ke-17. Ia dikatakan memerintah sebuah negara Kristen Nestorian (Gereja dari Timur) yang menghilang di tengah-tengah kaum Muslim dan pagan di Timur. Catatan tersebut merupakan kumpulan kisah fantasi populer abad pertengahan, yang menyebut Prester Yohanes sebagai keturunan dari Tiga Orang Majus, memerintah sebuah kerajaan yang dipenuhi kekayaan, keajaiban, dan makhluk-makhluk aneh. Mula-mula, Prester Yohanes dikisahkan tinggal di India; kisah-kisah keberhasilan penginjilan Kristen Nestorian di sana dan perjalanan Rasul Tomas di anak benua tersebut diyakini menanamkan benih awal legenda tersebut. Setelah kedatangan bangsa Mongol ke dunia Barat, berbagai catatan menyatakan bahwa raja tersebut berada di Asia Tengah, dan kemudian para penjelajah Portugis menyatakan bahwa mereka menemukannya di Ethiopia. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Penaklukan Surabaya oleh MataramMasakan IsraelMasjidil Haram

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 19 (25 Mei 2017 - 1 Juni 2017)
Akses masuk ke Pertapaan Santa Maria Rawaseneng

Pertapaan Santa Maria Rawaseneng adalah suatu kompleks biara para rahib Katolik dari Ordo Trapis (O.C.S.O.) yang terletak di Desa Ngemplak, Kandangan, di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Pertapaan ini didirikan secara resmi pada tanggal 1 April 1953 sebagai biara cabang dari Biara Koningshoeven di Tilburg, Belanda. Selain biara sebagai tempat tinggal para rahib, di dalam kompleks pertapaan juga terdapat gereja, taman doa, wisma retret, perkebunan kopi dan peternakan sapi perah beserta industri-industri pengolahannya. Tidak jauh dari kompleks pertapaan, terletak Gereja Santa Maria dan Yoseph sebagai pusat Paroki Rawaseneng, dan TK-SD Fatima Rawaseneng yang dikelola oleh para suster Dominikan. Sebagaimana para rahib dalam biara Trapis lainnya, rahib-rahib yang menghuni Pertapaan Rawaseneng menjalani hidup dengan misi doa dan kerja tangan. Hasil pekerjaan tangan di perkebunan kopi, peternakan sapi perah, dan industri roti/kue menjadi sumber nafkah utama para rahib di Pertapaan Rawaseneng, sehingga mereka tidak hidup dengan mengandalkan sumbangan umat. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 20 (2 Juni 2017 - 9 Juni 2017)
Sebuah bulan sabit dapat terlihat diatas pohon kurma saat Matahari terbenam di Manama, menandakan kedatangan bulan suci Muslim Ramadan di Bahrain

Ramadan adalah bulan ke sembilan dari kalender Islam, dan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dengan puasa (Saum) dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad menurut keyakinan umat Muslim. Perayaan tahunan ini dihormati sebagai salah satu dari Rukun Islam. Bulan Ramadan akan berlangsung selama 29–30 hari berdasarkan pengamatan hilal, menurut beberapa aturan yang tercantum dalam Hadits. Berpuasa pada bulan Ramadan menjadi keharusan (wājib) saat bulan Sya'ban, pada tahun kedua setelah hijrahnya umat Muslim dari Mekkah ke Madinah. Bulan Ramadan diawali dengan penentuan bulan sabit sebagai pertanda bulan baru. Ketika berpuasa dari pagi hingga petang, Muslim dilarang untuk makan, minum cairan apapun, merokok, dan berhubungan seksual. Muslim juga diperintahkan untuk menghindari perbuatan dosa untuk menyempurnakan pahala puasa, seperti berkata yang jelek (menghina, memfitnah, mengutuk, berbohong, dan lain-lain) dan berkelahi. Makanan dan minuman dapat disediakan setiap hari, yakni ketika sebelum Matahari terbit (Subuh) hingga terbenamnya Matahari (Magrib). Pendekatan spiritual (taubat) ketika bulan Ramadan ramai dilakukan. Berpuasa untuk Muslim saat Ramadan biasanya diikuti dengan memperbanyak salat (sembahyang) dan membaca Al-Qur'an. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 21 (10 Juni 2017 - 17 Juni 2017)
Che Guevara

Che Guevara adalah seorang revolusioner, dokter, pengarang, pemimpin gerilya, diplomat dan pakar teori militer Marxis Argentina. Sebagai pelajar medis muda, Guevara menjelajahi seluruh Amerika Selatan dan menyoroti kemiskinan, kelaparan dan penyakit yang ia saksikan. Kesinisannya terhadap kaum burjois membuatnya ikut turun tangan pada apa yang ia pandang sebagai eksploitasi kapitalis Amerika Latin oleh Amerika Serikat melalui keterlibatannya dalam reformasi sosial Guatemala di bawah kepemimpinan Presiden Jacobo Árbenz, yang kemudian dilengserkan atas bantuan CIA atas perantara United Fruit Company yang memadatkan ideologi politik Guevara. Kemudian, di Mexico City, ia bertemu Raúl dan Fidel Castro, ikut Gerakan 26 Juli mereka, dan berlayar ke Kuba menumpangi yacht Granma, dengan tujuan melengserkan diktator Kuba bekingan AS Fulgencio Batista. Setelah Revolusi Kuba, Guevara menunjukkan sejumlah peran penting dalam pemerintahan baru. Selain itu, ia merupakan seorang penulis dan pembuat buku harian, membuat sebuah buku paduan tentang perang gerilya, bersama dengan sebuah memoir dengan penjualan terbaik perjalanan masa mudanya menggunakan sepeda motor. Guevara meninggalkan Kuba pada 1965 untuk mengadakan revolusi di luar negeri mula-mula gagal di Kongo-Kinshasa dan kemudian di Bolivia, tempat ia ditangkap oleh pasukan Bolivia yang dibantu CIA dan kemudian dieksekusi. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: RamadanPertapaan Santa Maria RawasenengPrester Yohanes

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 22 (18 Juni 2017 - 25 Juni 2017)
Start lomba Daytona 500 tahun 2015 di Daytona International Speedway.

NASCAR merupakan perusahaan keluarga yang menyelenggarakan berbagai macam acara balapan. Perusahaan ini didirikan oleh Bill France, Sr. pada 1948 dan saat ini yang memegang jabatan CEO di perusahaan adalah cucunya, Brian France. NASCAR merupakan penyelenggara balap mobil terbesar di Amerika Serikat. Tiga seri balapan terbesar NASCAR ialah Seri Piala, Seri Xfinity, dan Seri Truk. NASCAR menyetujui lebih dari 1.500 balapan di 100 trek di 38 negara bagian di Amerika Serikat. Selain itu NASCAR juga mengoperasikan seri tersendiri di Eropa, Kanada dan Meksiko. NASCAR juga sempat mengadakan beberapa balapan eksibisi di Suzuka, Jepang. Motegi, Jepang, dan Calder Park Raceway, Australia. NASCAR merupakan salah satu dari olahraga yang paling banyak ditonton berdasarkan rating televisi di Amerika Serikat. Di luar Amerika, NASCAR disiarkan di lebih dari 150 negara di dunia. Pada tahun 2004, direktur keamanan NASCAR menyatakan NASCAR berada di urutan ke-17 dari 20 acara olahraga rutin mingguan yang dihadiri penonton setiap musimnya. Majalah Fortune menyatakan aliran uang sponsorship perusahaan yang mengalir di NASCAR melebihi ajang balapan lainnya seperti Formula Satu atau MotoGP. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Che GuevaraRamadanPertapaan Santa Maria Rawaseneng

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 23 (26 Juni 2017 - 3 Juli 2017)
Marcos pada 1966

Imelda Marcos adalah janda dari diktator Filipina Ferdinand Marcos, presiden ke-10. Ia menjabat sebagai Ibu Negara dari 1965 sampai 1986 pada masa kediktatoran suaminya. Ia masih menjadi salah satu politikus terkaya di Filipina melalui koleksi pakaian, karya seni, dan perhiasan miliknya, bersama uang di akun-akun bank di bawah pseudonim "Jane Ryan". Akibatnya, ia disebut sebagai kleptokrat oleh para pengkritiknya yang menuduhnya penjarah. Pada 1954, ia menikah dengan Ferdinand Marcos, yang menjadi presiden Filipina pada 1965. Sebagai ibu negara, ia membangun pengembangan di dalam dan di sekitaran metropolis Manila sementara menghabiskan sebagian waktunya ke luar negeri untuk kunjungan negara dan berbelanja. Pembunuhan Benigno Aquino Jr. pada 1983 menyebabkan massa berunjuk rasa yang kemudian berujung pada Revolusi Kekuatan Rakyat. Keluarga Marcos terpaksa mengasingkan diri. Setelah kematian suaminya Ferdinand, ia pulang ke Filipina dan kemudian terpilih empat kali dalam Dewan Perwakilan. Marcos dikenal karena sifat borosnya. Hal tersebut meliputi kepemilikan lebih dari seribu pasang sepatu, beberapa diantaranya sekarang disimpan di sebuah museum di Marikina. Ia bekerja sebagai perancang mode dan peragawati. Ia terkadang dijuluki sebagai "Kupu-Kupu Baja". (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: NASCARChe GuevaraRamadan

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 24 (4 Juli 2017 - 11 Juli 2017)

Kerusuhan Ürümqi Juli 2009 adalah serangkaian kerusuhan yang terjadi selama beberapa hari yang pecah pada 5 Juli 2009 di Ürümqi, ibu kota Xinjiang, Tiongkok. Kerusuhan dimulai ketika polisi berkonfrontasi dengan sebuah pawai yang menuntut penyelidikan penuh terhadap insiden Shaoguan, sebuah pertikaian di selatan Tiongkok beberapa hari sebelumnya dimana dua orang Uighur tewas. Kerusuhan hari pertama, dimulai sebagai sebuah unjuk rasa namun meningkat menjadi serangan kekerasan yang utamanya menargetkan orang-orang Han. Kepolisian Bersenjata Rakyat dikerahkan, dan dua hari kemudian, ratusan orang Han bentrok dengan polisi dan Uighur. Para pejabat RRT berkata bahwa sepanyak 197 orang tewas, yang sebagian besar berasal dari suku Han, dengan 1.721 lainnya luka-luka dan beberapa kendaraan dan bangunan hancur; namun, kelompok-kelompok pengasingan Uighur menyatakan bahwa jumlah korban tewasnya lebih tinggi. Human Rights Watch mendokumentasikan 43 kasus dan berkata bahwa jumlah orang hilang nampaknya lebih tinggi. Kerusuhan dimulai ketika polisi berkonfrontasi dengan sebuah pawai, namun para pengamat tidak sepakat dengan pernyataan bahwa unjuk rasa tersebut menyebabkan kekerasan. Pemerintah pusat RRT menuduh bahwa kerusuhan itu sendiri direncanakan dari luar negeri oleh Kongres Uighur Sedunia dan pemimpinnya Rebiya Kadeer, sementara Kadeer menyangkal tuduhan tersebut dan menganggap kekerasan tersebut sebagai "pembelaan diri" Uighur. Kelompok-kelompok pengasingan Uighur mengklaim bahwa puncaknya disebabkan karena polisi menggunakan pasukan khusus. Media Tiongkok sangat menyoroti kerusuhan Ürümqi tersebut (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Imelda MarcosNASCARChe Guevara

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 25 (12 Juli 2017 - 19 Juli 2017)
Siti Nurhaliza pada 13 Januari 2013

Fragmen adalah album studio keenam belas artis rekaman Malaysia Siti Nurhaliza (gambar) dan album berbahasa Melayu kelima belasnya. Album tersebut dirilis secara fisik pada 30 Juni 2014 oleh Universal Music Group (Malaysia) dalam kolaborasi dengan perusahaan rekaman miliknya sendiri, Siti Nurhaliza Productions. Secara lirik, sebagian besar lagu yang masuk dalam album tersebut terinspirasi oleh kehidupan dan pengalamannya. Produksi album tersebut dipandang sebagai kolaborasi antara komposer, pembuat lirik dan produser Malaysia dan Indonesia. Fragmen berisi empat singel untuk pasar Malaysia, Lebih Indah, Jaga Dia Untukku, Terbaik Bagimu dan Seluruh Cinta. Pada 21 Oktober 2014, Fragmen secara resmi diluncurkan di Indonesia. Lagu tambahan yang berisi sebuah duet dengan Cakra Khan, Seluruh Cinta, dirilis sebagai singel pertama Fragmen untuk pasar Indonesia pada hari yang sama. Pada 27 Agustus 2014, album tersebut mendapatkan sertifikasi Platinum setelah terjual lebih dari 10.000 keping. Kurang dari tiga bulan kemudian, Fragmen diperkirakan terjual sekitar 50.000 keping. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kerusuhan Ürümqi Juli 2009Imelda MarcosNASCAR

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 26 (20 Juli 2017 - 27 Juli 2017)

Zubir Said adalah komponis Singapura pencipta lagu kebangsaan Majulah Singapura. Datang dari keluarga Minangkabau, ia belajar bermain musik secara otodidak. Ia menyusun sejumlah lagu untuk film-film Malaysia selama bekerja sebagai komposer musik film pada Cathay-Keris Film Productions. Ia dipercaya telah menulis sedikitnya 1.500 lagu, sepersepuluh dari jumlah itu sekurangnya pernah direkam. Karya Zubir dipandang luas sebagai lagu Melayu yang sebenarnya karena lagu-lagunya berkaitan dengan sejarah dan nilai-nilai Melayu dan, bersama orang Minang sezamannnya, membangkitkan semangat kebangsaan pada tahun 1950-an. Selain Majulah Singapura, Zubir menggubah lagu patriotik Semoga Bahagia yang dijadikan lagu tema Hari Anak-Anak Singapura. Ia menerima sejumlah penghargaan sampai akhir hayatnya dan secara anumerta atas kontribusinya dalam bidang musik dan kebudayaan Melayu di Singapura. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Fragmen (album)Kerusuhan Ürümqi Juli 2009Imelda Marcos

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 27 (28 Juli 2017 - 4 Agustus 2017)
Isidor Isaac Rabi

Isidor Isaac Rabi adalah seorang fisikawan dan penerima Nobel Amerika, yang dianugerahi pada 1944 untuk penemuan resonansi magnetik nuklir, yang digunakan dalam pencitraan resonansi magnetik. Ia juga merupakan salah satu ilmuwan pertama di AS yang mengerjakan magnetron, yang digunakan dalam radar gelombang mikro dan oven gelombang mikro. Ia masuk Cornell University sebagai siswa teknik kelistrikan pada 1916, namun kemudian beralih ke kimia. Kemudian, ia meminati fisika. Ia melanjutkan studinya di Columbia University. Pada 1929, Columbia menawarkannya jabatan dosen. Pada masa Perang Dunia II, ia bekerja pada radar di Laboratorium Radiasi (RadLab) Massachusetts Institute of Technology dan pada Proyek Manhattan. Setelah perang, ia bertugas pada Komite Penasehat Umum Komisi Energi Atom, dan menjadi ketuanya dari 1952 sampai 1956. Ia juga bertugas pada Science Advisory Committees (SACs) dari Office of Defense Mobilization dan Ballistic Research Laboratory dari Angkatan Darat, dan menjadi Penasehat Sains untuk Presiden Dwight D. Eisenhower. Ia pensiun dari mengajar pada 1967 namun masih aktif dalam departemen dan menyandang gelar Profesor Emeritus Universitas dan Dosen Istimewa sampai kematiannya. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Zubir SaidFragmen (album)Kerusuhan Ürümqi Juli 2009

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 28 (5 Agustus 2017 - 12 Agustus 2017)
Mohammad Hatta

Mohammad Hatta adalah pejuang, negarawan, ekonom, dan juga Wakil Presiden pertama Republik Indonesia. Ia bersama Soekarno memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda sekaligus memproklamirkannya pada 17 Agustus 1945. Ia juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta I, Hatta II, dan RIS. Ia mundur dari jabatan wakil presiden pada tahun 1956, karena berselisih dengan Presiden Soekarno. Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Bandar udara internasional Tangerang Banten, Bandar Udara Soekarno-Hatta, menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasa-jasanya. Selain diabadikan di Indonesia, nama Mohammad Hatta juga diabadikan di Belanda yaitu sebagai nama jalan di kawasan perumahan Zuiderpolder, Haarlem dengan nama Mohammed Hattastraat. Pada tahun 1980, ia meninggal dan dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta. Bung Hatta ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 23 Oktober 1986 melalui Keppres nomor 081/TK/1986. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Isidor Isaac RabiZubir SaidFragmen (album)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 29 (13 Agustus 2017 - 20 Agustus 2017)
Fidel Castro

Fidel Castro adalah Presiden Kuba sejak 1976 hingga 2008. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Perdana Menteri atas penunjukannya pada 16 Februari 1959. Castro tampil sebagai sekretaris pertama Partai Komunis Kuba pada tahun 1965 dan mentransformasikan Kuba ke dalam republik sosialis satu-partai. Setelah tampil sebagai presiden, ia tampil sebagai komandan Militer Kuba. Pada 2008, Castro digantikan oleh adiknya, Raul Castro. Castro adalah seorang figur dunia terpolarisasi. Para pendukungnya memandangnya sebagai pemenang sosialisme dan anti-imperialisme yang resmi revolusionernya memajukan ekonomi dan keadilan sosial sesambil mempertahankan kemerdekaan Kuba dari imperialisme Amerika. Para kritikus memandangnya sebagai seorang diktator yang menyebabkan pelecehan hak asasi manusia, eksodus sejumlah besar orang Kuba, dan kemiskinan ekonomi negara tersebut. Ia dianugerahi dengan berbagai penghargaan internasional dan secara signifikan mempengaruhi berbagai individual dan kelompok di seluruh dunia. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Mohammad HattaIsidor Isaac RabiZubir Said

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 30 (21 Agustus 2017 - 28 Agustus 2017)
Logo Kimi no Na wa.

Kimi no Na wa. adalah sebuah film animasi Jepang produksi tahun 2016 bertema fantasi untuk remaja yang ditulis dan disutradarai oleh Makoto Shinkai, dan diproduksi oleh CoMix Wave Films. Film ini mengisahkan tentang seorang siswi di pedesaan Jepang dan seorang siswa di Tokyo yang saling bertukar tubuh. Film ini menyertakan musik yang dibuat oleh Radwimps, serta dibintangi oleh Ryunosuke Kamiki, Mone Kamishiraishi, Masami Nagasawa dan Etsuko Ichihara. Film ini ditayangkan perdana di konvensi Anime Expo 2016 di Los Angeles, California pada 3 Juli 2016, dan kemudian ditayangkan di Jepang pada 26 Agustus 2016. Film ini diputar di Jepang selama satu tahun penuh, tepatnya hingga 25 Agustus 2017. Di Indonesia, film ini ditayangkan mulai 7 Desember 2016. Film ini mendapat penerimaan yang baik, serta sukses secara komersial dengan menjadi film dengan pendapatan kotor keempat terbesar sepanjang waktu di Jepang, film animasi tradisional dengan pendapatan kotor ketujuh terbesar, dan film anime dengan pendapatan kotor terbesar sepanjang waktu di seluruh dunia, dengan total pendapatan mencapai US$355 juta. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Fidel CastroMohammad HattaIsidor Isaac Rabi

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 31 (29 Agustus 2017 - 5 September 2017)
Sampul sebuah al-Qur'an

Al-Qur'an adalah sebuah kitab suci utama dalam agama Islam, yang umat Muslim percaya bahwa kitab ini diturunkan oleh Tuhan, kepada Nabi Muhammad. Kitab ini dikenal luas dan dihormati sebagai sebuah karya seni sastra bahasa Arab terbaik di dunia. Umat Muslim percaya bahwa Al-Qur'an di firmankan langsung oleh Allah kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril dan merupakan puncak dari seluruh pesan suci (wahyu) yang diturunkan oleh Allah sejak Nabi Adam dan diakhiri dengan Nabi Muhammad. Al-Qur’an menjelaskan sendiri bahwa isi dari Al-Qur’an adalah sebuah petunjuk. Terkadang juga dapat berisi cerita mengenai kisah bersejarah, dan menekankan pentingnya moral. Al-Qur’an digunakan bersama dengan hadits untuk menentukan hukum syari'ah. Saat melaksanakan Salat, Al-Qur’an dibaca hanya dalam bahasa Arab. Seseorang yang menghapal isi Al-Qur'an disebut Hafiz. Beberapa umat Muslim membacakan Al-Qur’an dengan bernada, dan peraturan, yang disebut tajwid. Saat bulan suci Ramadan, biasanya umat Muslim melengkapi hapalan Al-Qur’an mereka saat melakasanakan salat tarawih. Untuk memperkirakan kemungkinan arti lain dalam Al-Qur’an, umat Muslim menggunakan rujukan yang disebut tafsir.(Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kimi no Na wa.Fidel CastroMohammad Hatta

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 32 (6 September 2017 - 13 September 2017)
Shriya Saran di Save Mumbai Foundation, Juli 2012

Shriya Saran adalah seorang seorang aktris film dan peragawati India. Dia telah berperan dalam film Telugu, Tamil, dan bahasa Hindi, serta beberapa film dalam Bahasa Inggris, Malayalam dan Kannada. Saran membuat debut filmnya pada tahun 2001 dengan Film Telugu yaitu Ishtam, dan meraih kesuksesan komersial pertama-nya dengan Santhosham (2002). Dia kemudian tampil dalam beberapa film Telugu lainnya, saat perjalanan masuk ke industri film Hindi dan Tamil. Pada tahun 2007, Saran membintangi Sivaji, film Tamil paling sukses pada saat itu. Dia juga mendapat pujian kritis untuk perannya dalam industri film Bollywood yaitu Awarapan. Pada tahun 2008, Saran memainkan peran utama dalam film bahasa Inggris pertamanya, kerjasama produksi Amerika-India, The Other End of the Line. proyek berikut nya termasuk film-film populer seperti Kanthaswamy (2009) dalam bahasa Tamil, dan Pokkiri Raja (2010) dalam bahasa Malayalam, perannya dalam film-film tersebut membuatnya menjadi salah satu aktris terkemuka dalam industri film India Selatan. Di samping pekerjaannya di dunia perfilman, Saran telah menjadi duta merek untuk beberapa merek di seluruh India, mendukung produk kecantikan dan kesehatan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Al-Qur'anKimi no Na wa.Fidel Castro

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 33 (14 September 2017 - 21 September 2017)
Bendera Sarawak

Sarawak adalah salah satu negara bagian Malaysia. Teritorial tersebut memiliki tingkat otonomi dalam pemerintahan, imigrasi, dan yudisier yang berbeda dari negara-negara bagian di semenanjung Malaysia. Sarawak terletak di barat laut Borneo, berbatasan dengan Sabah di timur laut, Kalimantan, bagian Indonesia dari Borneo, di bagian selatan, dan berpapasan dengan Brunei. Ibu kotanya, Kuching, adalah pusat ekonomi negara bagian tersebut dan kursi dari pemerintahan negara bagian Sarawak. Kota lainnya di Sarawak meliputi Miri, Sibu, dan Bintulu. Sarawak memiliki iklim khatulistiwa dengan hutan hujan tropis dan spesies hewan dan tumbuhan yang beragam. Negara bagian tersebut dikenal karena keragaman suku bangsa, budaya, dan bahasa. Kepala negara bagiannya adalah Gubernur, yang sekarang dikenal sebagai Yang di-Pertua Negeri, sementara kepala pemerintahannya adalah Ketua Menteri. Sistem pemerintahannya mengikuti sistem parlementer Westminster dan memiliki sistem legislatur terawal di Malaysia. Negara bagian tersebut terbagi dalam distrik dan divisi administratif. Inggris dan Melayu adalah dua bahasa resmi di negara bagian tersebut; tidak ada agama resmi disana. Sarawak memiliki keragaman sumber daya alam, dan ekonominya sangat berorientasi ekspor, terutama minyak dan gas, kayu, dan minyak sawit. Industri lainnya meliputi pabrik, energi dan pariwisata. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Shriya SaranAl-Qur'anKimi no Na wa.

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 34 (22 September 2017 - 29 September 2017)
Abdul Karim

Mohammed Abdul Karim adalah seorang Muslim India pengiring Ratu Victoria selama lima belas tahun terakhir masa pemerintahannya. Karim lahir di Lalatpur, dekat kota Jhansi, India Britania, sebagai putra seorang asisten rumah sakit. Pada 1887, tahun Yubileum Emas Ratu Victoria, Karim menjadi salah satu dari dua orang India yang terpilih menjadi pelayan Sri Ratu. Ratu Victoria sangat berkenan dengan pelayanannya dan menganugerahinya gelar "Munsyi", sebuah kata dari bahasa Urdu yang kerap diterjemahkan menjadi "juru tulis" atau "guru". Ratu Victoria mengangkat Karim menjadi sekretaris pribadi, melimpahinya dengan kehormatan, dan mengaruniakan sebidang tanah di India kepadanya. Hubungan platonis yang akrab antara Karim dan Ratu Victoria menimbulkan keretakan dalam Rumah Tangga Istana, karena sebagian warga Rumah Tangga Istana menganggap derajat mereka lebih mulia daripada Karim. Ratu Victoria bersikeras mengikutsertakan Karim dalam perjalanan-perjalanannya, sehingga menimbulkan perdebatan antara Sri Ratu dan para pengiringnya yang lain. Setelah Ratu Victoria mangkat pada 1901, penggantinya, Raja Edward VII, memulangkan Karim ke India dan menitahkan agar surat-menyurat antara Karim dan Ratu Victoria disita serta dihancurkan. Karim kelak hidup tenang di dekat Agra, di lahan pribadi karunia Ratu Victoria, sampai akhir hayatnya pada usia 46 tahun. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: SarawakShriya SaranAl-Qur'an

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 35 (30 September 2017 - 7 Oktober 2017)
Place de l'enfant martyr de Palestine, Bamako, Mali

Insiden Muhammad ad-Durrah terjadi di Jalur Gaza pada 30 September 2000, pada hari kedua Intifadhah al-Aqsha, saat merebaknya kerusuhan di seluruh teritorial Palestina. Jamal ad-Durrah dan putranya yang berusia 12 tahun, Muhammad, direkam oleh Talal Abu Rahmah, seorang juru kamera lepas Palestina untuk France 2, saat mereka berada di tengah-tengah baku tembak antara pasukan keamanan Israel dan Palestina. Rekaman tersebut menampilkan keduanya sedang meringkuk di balik sebuah benda silinder, sang bocah menangis dan ayahnya meleraikannya, kemudian muncul tembakan dan debu, setelah itu sang bocah terlihat terkapar di lutut ayahnya. Rekaman lima puluh sembilan detik tersebut disiarkan di Prancis dengan panduan dari Charles Enderlin, ketua biro stasiun di Israel, yang tak hadir saat adu tembak tersebut. Berbulan-bulan dan bertahun-tahun kemudian, para komentator mempertanyakan keakuratan dari laporan France 2. Pasukan Pertahanan Israel mula-mula menyatakan tanggung jawab atas penembakan tersebut namun kemudian menariknya. Rekaman ayah dan putra tersebut disebut sebagai kekuatan bendera tempur oleh seorang penulis. Prangko-prangko di Timur Tengah mencantumkan gambar tersebut; salah satu gambar diperlihatkan di bagian latar belakang saat Daniel Pearl, seorang jurnalis Yahudi-Amerika, dipenggal al-Qaeda pada 2002.(Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Abdul Karim (Sang Munsyi)SarawakShriya Saran

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 36 (8 Oktober 2017 - 15 Oktober 2017)

Kukang kayan adalah primata strepsirrhini dan spesies kukang yang hidup di dataran tinggi Kalimantan bagian utara dan tengah. Spesies ini awalnya dianggap sebagai bagian dari populasi kukang borneo (N. menagensis) hingga tahun 2013, namun riset yang dilakukan terhadap spesimen museum menunjukkan bahwa wajah kedua spesies ini berbeda, yang membantu megidentifikasi kedua spesies kukang tersebut. Perbedaan ini antara lain tampak pada tingginya kontras warna gelap dan terang pada wajah serta bentuk dan lebar pola garis wajah. Spesies ini dinamai berdasarkan Sungai Kayan, yang mengalir melintasi habitat aslinya di Kalimantan. Seperti halnya kukang lain, spesies arboreal dan nokturnal ini umumnya memakan serangga, getah pohon, nektar, dan buah-buahan, serta memiliki gigitan beracun, kemampuan unik yang membedakannya dari primata lainnya. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Insiden Muhammad ad-DurrahAbdul Karim (Sang Munsyi)Sarawak

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 37 (16 Oktober 2017 - 23 Oktober 2017)
Ngô Đình Diệm

Referendum Negara Vietnam yang diadakan pada 23 Oktober 1955 menentukan masa depan bentuk pemerintahan dari Negara Vietnam, negara yang akhirnya akan menjadi Republik Vietnam (secara luas dikenal sebagai Vietnam Selatan). Referendum ini diperebutkan oleh Perdana Menteri Ngô Đình Diệm (gambar), yang mengajukan bentuk republik, dan bekas kaisar Bảo Đại. Di ibu kota, Saigon, Diệm mendapatkan lebih dari 600,000 suara, meskipun hanya ada 450,000 orang yang menjadi daftar pemilih. Dia mengumpulkan perhitungan melampaui 90% dari pemilih yang terdaftar, bahkan di kawasan pedalaman yang kelompok oposisi mencegah pemungutan suara. Referendum ini merupakan fase terakhir dalam perebutan kekuasaan antara Bảo Đại dan perdana menterinya. Pada masa menjelang pemungutan suara, kampanye untuk Bảo Đại dilarang, sementara kampanye Diệm berfokus pada serangan personal terhadap Bảo Đại. Ini termasuk kartun pornografi dari kepala negara itu dan rumor yang menyebutkan bahwa kekuasaan dia tidak sah dan penghubungan dia terhadap beberapa gundik. Media yang dikuasai pemerintah melancarkan serangan polemik kepada Bảo Đại, dan polisi dari pintu ke pintu mengingatkan masyarakat akan konsekuensi jika tidak mau memilih. Setelah saudaranya Ngô Đình Nhu dengan sukses mencurangi pemungutan suara, Diệm mengumumkan dia sebagai presiden dari negara yang baru dibuat Republik Vietnam. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 38 (24 Oktober 2017 - 31 Oktober 2017)
Norodom Sihanouk

Norodom Sihanouk adalah Raja Kamboja dari 1941 sampai 1955 dan kembali dari 1993 sampai 2004. Sihanouk menjadi raja pada 1941. Setelah Perang Dunia Kedua, ia berkampanye untuk kemerdekaan Kamboja dari penjajahan Prancis , yang dilakukan pada 1953. Pada 1955, Sihanouk turun tahta dan menyerahkan jabatan tersebut kepada ayahnya Norodom Suramarit, dan membentuk organisasi politik Sangkum. Setelah ayahnya meninggal pada 1960, Sihanouk memperkenalkan sebuah amandemen konstitusi yang membuatnya menjadi Kepala Negara Kamboja, sebuah jabatan yang ia pegang sampai 1970. Pada Maret 1970, Sihanouk dilengserkan oleh Lon Nol dan Sisowath Sirik Matak, dalam rangka pembentukan Republik Khmer. Setelah Khmer Merah menang, sebuah pemerintahan baru, Kamboja Demokratik, dibentuk. Kemudian, Sihanouk kembali ke Kamboja dan menjadi kepala negaranya. Pada 1976, Sihanouk turun dari jabatannya, yang berujung pada penahanan rumahnya. Pada Juni 1993, Sihanouk kembali diangkat menjadi Kepala Negara Kamboja, dan pada September 1993 dilantik menjadi raja. Pada 2004, Sihanouk turun tahta lagi dan menyerahkan jabatan tersebut kepada putranya, Norodom Sihamoni, yang menggantikannya sebagai raja. Ia dikenal sebagai ayah raja sampai kematiannya pada 2012. Sihanouk menjalani karier artistik sepanjang masa hidupnya, dan menulis sejumlah komposisi musikal. Ia memproduksi 50 film antara 1966 dan 2006, yang juga ia bintangi dan sutradarai. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 39 (1 November 2017 - 8 November 2017)

Vladimir Lenin adalah revolusioner komunis, politikus, dan penggagas teori politik berkebangsaan Rusia. Ia menjabat sebagai pemimpin RSFS Rusia sejak tahun 1917, lalu Perdana Menteri Uni Soviet sejak tahun 1922 hingga kematiannya. Lenin berhaluan politik Marxis dan telah ikut menyumbangkan gagasan politiknya dalam pemikiran Marxis yang disebut sebagai Leninisme. Gagasannya itu bila digabung dengan teori ekonomi Marx dikenal dengan sebutan Marxisme–Leninisme. Ketertarikannya pada politik revolusioner sayap kiri diawali dari hukuman mati yang dijatuhkan kepada seorang kakak laki-lakinya pada tahun 1887. Sebagai pemimpin faksi Bolshevik dari Partai Buruh Sosial Demokrat Rusia, ia memegang peran utama dalam melancarkan Revolusi Oktober 1917 yang berhasil menggulingkan Pemerintahan Sementara Rusia dan mendirikan Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia, negara sosialis pertama di dunia secara konstitusional. Lenin hingga saat ini masih menjadi tokoh dunia yang kontroversial. Para pencelanya memberi label diktator kepadanya karena ia dianggap telah melanggar banyak hak asasi manusia selama berkuasa, sedangkan para pendukungnya melawan pendapat itu dengan beranggapan bahwa kekuasaan Lenin saat itu terbatas dan memberinya gelar sebagai pembela kaum buruh. Lenin memiliki peranan besar dalam gerakan komunis internasional dan menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia pada abad ke-20. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Norodom SihanoukReferendum Negara Vietnam 1955Kukang kayan

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 40 (9 November 2017 - 16 November 2017)
Gambar Luther sedang memasangkan 95 Tesis di pintu Gereja Wittenburg pada 1517, karya Ferdinand Pauwels.

95 dalil Luther atau 95 Tesis adalah sebuah daftar proposisi untuk perdebatan akademik yang ditulis pada 1517 oleh Martin Luther, profesor teologi moral di Universitas Wittenberg, Jerman. 95 Tesis mengangkat tuntutan-tuntutan Luther terhadap apa yang ia anggap sebagai praktik penyalahgunaan oleh kaum rohaniwan yang menjual indulgensi penuh, dalam bentuk sertifikat yang dipercaya mengurangi hukuman atau siksa dosa temporal atas dosa-dosa. Luther mengirim 95 Tesis beserta sebuah surat kepada Albertus dari Brandenburg, Uskup Agung Mainz, pada 31 Oktober 1517, tanggal yang sekarang dianggap sebagai awal mula Reformasi Protestan dan dirayakan setiap tahun sebagai Hari Reformasi. Luther mungkin juga memasang 95 Tesis di pintu Gereja Semua Orang Kudus, dan gereja-gereja lainnya di Wittenberg sesuai dengan kebiasaan Universitas pada 31 Oktober atau pertengahan November. 95 Tesis dengan cepat dicetak ulang, diterjemahkan, dan disebarkan di seluruh Jerman dan Eropa. Para superior (atasan) gerejawi Luther membuatnya diadili dengan tuduhan bidah, yang berpuncak pada ekskomunikasinya pada 1521. Meskipun 95 Tesis merupakan awal dari Reformasi Protestan, Luther tidak menganggap indulgensi sepenting hal-hal teologis lainnya yang kelak memisahkan Gereja dan ia tidak memandang penulisan 95 Tesis sebagai titik awal keyakinan-keyakinannya menyimpang dari posisi Roma.(Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Vladimir LeninNorodom SihanoukReferendum Negara Vietnam 1955

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 41 (17 November 2017 - 24 November 2017)
Set lengkap ketujuh novel Harry Potter

Harry Potter adalah seri tujuh novel fantasi yang dikarang oleh penulis Inggris J. K. Rowling. Novel ini mengisahkan tentang petualangan seorang penyihir remaja bernama Harry Potter dan sahabatnya, Ronald Weasley dan Hermione Granger, yang merupakan pelajar di Sekolah Sihir Hogwarts. Inti cerita dalam novel-novel ini berpusat pada upaya Harry untuk mengalahkan penyihir hitam jahat bernama Lord Voldemort, yang berambisi untuk menjadi makhluk abadi, menaklukkan dunia sihir, menguasai orang-orang nonpenyihir, dan membinasakan siapapun yang menghalangi jalannya, terutama Harry Potter. Sejak dirilisnya novel pertama, Harry Potter and the Philosopher's Stone (di Indonesia diterbitkan dengan judul Harry Potter dan Batu Bertuah) pada tanggal 30 Juni 1997, seri ini telah mendapatkan popularitas besar, berbagai pujian kritis, dan kesuksesan komersial di seluruh dunia. Beberapa kritikus juga melontarkan kritikan negatif, terutama karena temanya yang gelap. Hingga Juli 2013, seri ini telah terjual sekitar 450 juta kopi di seluruh dunia, menjadikannya sebagai novel seri paling laris sepanjang masa, dan telah diterjemahkan ke dalam 73 bahasa. Empat novel terakhir secara berturut-turut mencetak rekor sebagai buku dengan penjualan tercepat dalam sejarah. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: 95 dalil LutherVladimir LeninNorodom Sihanouk

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 42 (25 November 2017 - 2 Desember 2017)
Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah sebuah masjid yang didirikan secara langsung oleh Nabi Muhammad, berlokasi di pusat kota Madinah di Arab Saudi. Masjid Nabawi merupakan masjid yang dibangun ketiga dalam sejarah Islam dan kini menjadi salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid ini menjadi tempat paling suci kedua dalam agama Islam, setelah Masjidil Haram di Mekkah. Masjid ini di buka setiap hari. Masjid ini sebenarnya merupakan bekas rumah Nabi Muhammad yang dia tinggali setelah Hijrah (pindah) ke Madinah pada 622 M. Bangunan masjid sebenarnya di bangun tanpa atap. Masjid pada saat itu dijadikan tempat berkumpulnya masyarakat, majlis, dan sekolah agama. Masjid ini juga merupakan salah satu tempat yang disebutkan namanya dalam Alquran. Kemajuan masjid ini tidak lepas dari pengaruh kemajuan penguasa-penguasa Islam. Pada 1909, tempat ini menjadi tempat pertama di Jazirah Arab yang diterangi pencahayaan listrik. Masjid ini berada di bawah perlindungan dan pengawasan Penjaga Dua Tanah Suci. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Harry Potter95 dalil LutherVladimir Lenin

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 43 (3 Desember 2017 - 10 Desember 2017)
Abdul Harris Nasution

Abdul Haris Nasution adalah seorang pahlawan nasional Indonesia yang merupakan salah satu tokoh yang menjadi sasaran dalam peristiwa Gerakan 30 September, namun yang menjadi korban adalah putrinya Ade Irma Suryani Nasution dan ajudannya, Lettu Pierre Tendean. Nasution merupakan konseptor Dwifungsi ABRI yang disampaikan pada tahun 1958 yang kemudian diadopsi selama pemerintahan Soeharto. Konsep dasar yang ditawarkan tersebut merupakan jalan agar ABRI tidak harus berada di bawah kendali sipil, namun pada saat yang sama, tidak boleh mendominasi sehingga menjadi sebuah kediktatoran militer. Bersama Soeharto dan Soedirman, Nasution menerima pangkat kehormatan Jenderal Besar yang dianugerahkan pada tanggal 5 Oktober 1997, saat ulang tahun ABRI. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Masjid NabawiHarry Potter95 dalil Luther

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 44 (11 Desember 2017 - 18 Desember 2017)
Iris Mittenaere

Miss Prancis adalah kontes kecantikan nasional yang diselenggarakan oleh negara Prancis. Kontes ini diselenggarakan setiap tahun, pada bulan Desember, dan pemenangnya diumumkan pada bulan Januari tahun berikutnya. Hak penyelenggaraan dan merk dagang perhelatan ini dimiliki oleh Miss France SAS, yang direktur utamanya adalah Sylvie Tellier, Miss Prancis 2002. Kontes lokal dan regional bagi peserta yang akan mengikuti Miss Prancis diselenggarakan oleh Komite Miss Prancis, yang secara simbolis dipimpin oleh Geneviève de Fontenay selama 20 tahun. Hadiahnya antara lain 100.000 euro, menempati apartemen di Paris selama satu tahun, dan setiap bulan menerima gaji sebesar 3.000 euro. Miss Prancis 2016, Iris Mittenaere (gambar), memenangi kontes Miss Universe 2016 di Manila, Filipina, pada tanggal 30 Januari 2017. Dia merupakan Miss Universe kedua dari Prancis setelah 63 tahun. Miss Universe pertama dari Prancis adalah Christiane Martel dari Grand Est. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Abdul Haris NasutionMasjid NabawiHarry Potter

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 45 (19 Desember 2017 - 26 Desember 2017)
Muhammad Ali Jinnah

Muhammad Ali Jinnah adalah seorang pengacara, politikus dan pendiri Pakistan. Jinnah merupakan pemimpin Liga Muslim India dari 1913 sampai 1947, dan Gubernur Jenderal Pakistan pertama. Pada tahun-tahun awal karier politiknya, Jinnah mengadvokasi persatuan Hindu–Muslim, membantu pembentukan Pakta Lucknow 1916 antara partai Kongres dan Liga Muslim Seluruh India, dimana Jinnah juga menjadi tokoh penting. Jinnah menjadi pemimpin utama dalam Liga Pemerintahan Dalam Negeri Seluruh India, dan memproporsalkan empat belas poin rencana reformasi konstitusional untuk mengamankan hak politik Muslim. Namun, pada 1920, Jinnah mengundurkan diri dari partai Kongres. Pada 1940, Liga Muslim, yang dipimpin oleh Jinnah, mengeluarkan Resolusi Lahore, yang menuntut sebuah negara terpisah. Pada Perang Dunia Kedua, Liga tersebut meraih kekuatan. Selain itu, partai Kongres dan Liga Muslim tidak meraih kesepakatan rumusan pembagian kekuasaan untuk menyatukan India, membuat seluruh partai sepakat untuk pemisahan India. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Miss PrancisAbdul Haris NasutionMasjid Nabawi

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 46 (27 Desember 2017 - 3 Januari 2017)

Rahmah El Yunusiyah adalah seorang reformator pendidikan Islam dan pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan pendiri Diniyah Putri, sekolah agama Islam perempuan pertama di Indonesia. Sewaktu pendudukan Jepang, Rahmah memimpin Hahanokai di Padangpanjang untuk membantu perwira Giyugun. Pada masa perang kemerdekaan, ia memelopori pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) di Padangpanjang. Ia ditangkap oleh Belanda pada 7 Januari 1949 dan ditahan. Dalam pemilu 1955, Rahmah terpilih sebagai anggota DPR mewakili Masyumi, tetapi tidak pernah lagi menghadiri sidang setelah ikut bergerilya mendukung Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI). Keberadaan Diniyah Putri kelak menginspirasi Universitas Al-Azhar membuka Kulliyatul Lil Banat, fakultas yang dikhususkan untuk perempuan. Dari Universitas Al-Azhar, Rahmah mendapat gelar kehormatan "Syekhah"—yang belum pernah diberikan sebelumnya—sewaktu ia berkunjung ke Mesir pada 1957, setelah dua tahun sebelumnya Imam Besar Al-Azhar Abdurrahman Taj berkunjung ke Diniyah Putri. Di Indonesia, pemerintah menganugerahkannya tanda kehormatan Bintang Mahaputra Adipradana secara anumerta pada 13 Agustus 2013. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Muhammad Ali JinnahMiss PrancisAbdul Haris Nasution

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu