Wewangian dari rusa kesturi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rusa kesturi Tibet dalam ilustrasi lawas.
Moschus moschiferus, rusa kesturi Siberia.

Wewangian dari rusa kesturi (atau Musk dalam bahasa Inggris) adalah kelas zat aromatik yang biasa digunakan sebagai deskriptor keharuman dalam parfum. Zat ini berasal dari sekresi kelenjar dari hewan seperti rusa kesturi, banyak jenis tanaman yang mengeluarkan wewangian yang sama, dan zat buatan dengan aroma yang serupa.[1][2] Musk adalah nama yang awalnya diberikan untuk suatu zat beraroma kuat yang dikeluarkan dari kelenjar rusa kesturi. Zat ini telah digunakan sebagai parfum fiksatif yang populer sejak zaman kuno dan merupakan salah satu produk hewan termahal di dunia. Kata ini berasal dari bahasa Yunani μόσχος 'moskhos', kemudian dari bahasa Persia 'mushk', dan akhirnya dari bahasa Sansekerta ṣ्क muṣka yang berarti "testis", diminutif (kata pengecil) मूष् mūṣ ("tikus").[3][1][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Merriam-Webster's Online Dictionary: musk". Merriam-Webster. Diakses tanggal 2007-04-07. 
  2. ^ Chantraine, Pierre (1990). Dictionnaire étymologique de la langue grecque. Klincksieck. hlm. 715. ISBN 2-252-03277-4. 
  3. ^ Harper, Douglas. "musk". Online Etymology Dictionary. 
  4. ^ Chantraine, Pierre (1990). Dictionnaire étymologique de la langue grecque. Klincksieck. hlm. 715. ISBN 2-252-03277-4. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]