Wetaskiwin, Alberta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Wetaskiwin adalah sebuah kota kecil di provinsi Alberta, Kanada. Kota ini, memiliki populasi sebanyak 11,154 jiwa (2005) yang terletak kira-kira 70 km selatan dari ibu kota Alberta yaitu Edmonton. Nama kota ini berasal dari bahasa Cree wītaskīwin-ispatinaw (ᐑᑕᐢᑮᐏᐣ ᐃᐢᐸᑎᓇᐤ), yang berarti "bukit dimana perdamaian berada". (beberapa penduduk Kanada Asli yang tinggal di area tersebut mengklaim bahwa wītaskīwin-ispatinaw berarti "Sharing Mother Earth")

Wetaskiwin adalah rumah bagi Museum Reynolds-Alberta, sebuah museum besar yang dibangun untuk merayakan "the spirit of the machine". Hall of Fame Penerbangan Kanada juga terletak berdekatan dengan museum tersebut.

Auto Mile[sunting | sunting sumber]

Wetaskiwin memiliki martabat untuk memiliki tingkat tertinggi dari penjualan mobil per capita di Kanada, berterimakasih kepada bagian kota Wetaskiwin yang menyiarkan papan iklan "Auto Mile". Slogan "Cars Cost Less in Wetaskiwin" cenderung membuat malu banyak penduduk Wetaskiwin, kampanye iklan sudah jelas memiliki pengaruh yang kuat dan sama sekali sukses. Dalam banyak kasus, slogan tersebut membuat penduduk yang tinggal di luar kota mengetahui kota Wetaskiwin.

Politik[sunting | sunting sumber]

Wetaskiwin, seperti pedesaan lainnya di Alberta, cenderung melakukan pilkada dengan cara konservasi. Pada pemilu federal 2004, kandidat Partai Konservasi Kanada mendapat hampir 74% dari pemilihan tersebut, sementara kandidat Partai Liberal Kanada hanya mendapat kurang dari 12%.

Geografi Fisik[sunting | sunting sumber]

Wetaskiwin berdiri di atas tanah yang dulunya merupakan pesisir pantai dari laut besar yang menutupi Alberta jutaan tahun yang lalu. Pinggiran kota Wetaskiwin bagian barat laut ditempati oleh perbukitan dengan tanah berpasir (dulunya bukit pasir), selama pinggiran kota bagian tenggara sangat tipis dengan tanah lumpur.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]