Wei Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wei Timur

東魏
534–550
Wei Timur dan para tetangganya.
Wei Timur dan para tetangganya.
StatusKekaisaran
Ibu kotaLuoyang (534)
Yecheng (534–550)
PemerintahanKerajaan
Kaisar 
• 534–550
Kaisar Xiaojing Wei Timur
Sejarah 
• Didirikan
8 November[1] 534
• Dibubarkan
7 Juni[2] 550
Luas
550[3]1000000 km2 (390000 sq mi)
Mata uangKoin Tiongkok kuno
Uang tunai Tiongkok kuno
Didahului oleh
Wei Utara
Sekarang bagian dariTiongkok

Wei Timur (/w/;[4] Hanzi sederhana: 东魏; Hanzi tradisional: 東魏; Pinyin: Dōng Wèi) adalah kerajaan yang memerintah di wilayah utara Tiongkok dari 534 menjadi 550, menyusul terjadinya perpecahan kerajaan Wei Utara. Seperti juga Wei Utara, keluarga penguasa Wei Timur merupakan anggota klan Tuoba dari Xianbei.

Pasca-perpecahan Wei Utara pada tahun 534, Gao Huan, jenderal penguasa bagian timur yang notabene separuh dari wilayah Dinasti Wei Utara menjadikan Yuan Shanjian, yang merupakan keturunan Wei Utara, sebagai kaisar penguasa Wei Timur. Yuan Shanjian menjadi penguasa boneka, karena kekuasaan yang sesungguhnya, berada di tangan Gao Huan. Beberapa kampanye militer diluncurkan oleh Gao Huan terhadap kerajaan tetangganya yaitu Wei Barat, dalam upaya menyatukan kembali wilayah yang dulu pernah dikuasai oleh Wei Utara. Akan tetapi kampanye tersebut tidak berhasil, dan pada tahun 547 Gao Huan meninggal. Kedua putranya Gao Cheng dan Gao Yang berhasil mengendalikan kekuasaan politis kaisar Yuan Shanjian, dan pada 550, Gao Yang menggulingkan Yuan Shanjian dan ia kemudian mendirikan dinastinya sendiri bernama Qi Utara, dan Gao Yang sendiri yang menjadi Kaisar pertama Qi Utara.

Seni[sunting | sunting sumber]

Lempengan baja Buddha Wei Timur.

Seni Buddha Wei Timur menampilkan kombinasi seni Buddha-Yunani pengaruh dari Gandhara dengan Asia Tengah (representasi tokoh terbang yang memegang karangan bunga, dengan lipatan gorden gaya Yunani), bersama dengan pengaruh artistik Tiongkok.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zizhi Tongjian, vol. 156.
  2. ^ Zizhi Tongjian, vol. 163.
  3. ^ Rein Taagepera "Size and Duration of Empires: Growth-Decline Curves, 600 B.C. to 600 A.D.", Social Science History Vol. 3, 115-138 (1979)
  4. ^ "Wei". Random House Webster's Unabridged Dictionary.