Web (peramban web)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Web (piranti lunak))
Web
GNOME Web 3.32
Tipeperamban web
Nama kodeEpiphany
Versi pertama11 September 2003 (2003-09-11)
Versi stabil
45.1 (6 November 2023)
45.beta (28 Juli 2023)
GenrePeramban web
LisensiGPLv2+
Bahasa
Daftar bahasa

Lebih dari 60

Bagian dariGNOME Core Applications (en)
Karakteristik teknis
Sistem operasiLinux, BSD
MesinWebKitGTK+ (sebelumnya Gecko)
Bahasa pemrogramanC
Antarmuka BibliotecaGTK
Informasi pengembang
PembuatMarco Pesenti Gritti
PengembangPengembang Peramban Web GNOME
Informasi tambahan
Situs webprojects.gnome.org/epiphany/
Stack ExchangeEtiqueta
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Web (mulanya bernama Epiphany sejak tahun 2003 sampai 2012) merupakan sebuah peramban web yang bebas untuk lingkungan meja GNOME. Peramban ini diturunkan dari Galeon setelah para pengembangnya tidak setuju akan semakin kompleksnya Galeon.[1] Sejak itulah Web dikembangkan sebagai bagian dari projek GNOME serta menggunakan sebagian besar teknologi dan pengaturan GNOME apabila bersesuaian. Seperti yang telah dipersyaratkan oleh Panduan Atarmuka Manusia GNOME, Web mempertahankan antarmuka pengguna grafis yang jelas dan ringkas, dengan hanya sedikit fitur yang diperlukan oleh pengguna pada setelan awalnya; meskipun demikian fungsionalitas dan potensi rekonfigurasi dapat diperluas dengan ekstensi-ekstensi resmi maupun dari pihak ketiga.[2]

Dengan tidak mengembangkan Mesin peramban web sendiri, Epiphany mulanya menggunakan mesin tampilan Gecko hingga versi 2.28 dan WebKitGTK+ sejak versi 2.20. Pendekatan ini membolehkan komunitas pengembang yang relatif sedikit untuk memelihara ketercukupan dukungan standar web mutakhir. Fitur-fitur Web meliputi penggunaan kembali pengaturan konfigurasi GNOME, smart bookmark, dan integrasi aplikasi web ke dalam desktop pengguna. Dukungan tambahan ekstensi-ekstensi web untuk Pemblokiran iklan, dukungan skrip pengguna Greasemonkey dan opsi-opsi lain yang lebih kecil, tetapi masih berguna.

Kode sumber Web tersedia di bawah payung Lisensi Publik Umum GNU dari projek GNOME. Kemasan biner peramban ini tersedia di gudang perangkat lunak sebagian besar distribusi Linux dan BSD.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ DeRosia, Chris (29 Juli 2003). "Galeon, A History or, why Galeon is the way it is" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-13. Diakses tanggal 16 Oktober 2011. 
  2. ^ Min, Andrew (7 November 2008). ""Epiphany, the ultimate Gnome browser"". The Ubuntu Applications book (under construction) (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-10-31. Diakses tanggal 16 Oktober 2011. 
  3. ^ Paul, Ryan (28 Maret 2006). "A look at GNOME 2.14". Ars Technica. Diakses tanggal 16 Oktober 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]