Hey, I'm Popular

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hey, I'm Popular
Kiss Him, Not Me.jpg
Gambar sampul manga volume pertama
私がモテてどうすんだ
(Watashi ga Motete Dōsunda)
GenreKomedi romantis, Harem terbalik[1]
Manga
PengarangJunko
PenerbitKodansha
Penerbit
Inggris
Penerbit
Indonesia
DemografiShōjo
MajalahBessatsu Friend
Terbit11 Oktober 201313 Februari 2018
Volume14
Drama audio
Rilis13 Januari 2015
Seri anime televisi
SutradaraHiroshi Ishiodori
SkenarioMichiko Yokote
MusikRuka Kawada
StudioBrain's Base
Lisensor
Saluran
asli
TBS, BS-TBS
Tayang October 6, 2016 December 22, 2016
Episode12 (Daftar episode)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Watashi ga Motete Dōsunda (bahasa Jepang: 私がモテてどうすんだ, Hepburn: terj. har. Apa Gunanya [Aku] Jadi Populer?), yang dirilis dalam bahasa Inggris dengan judul Kiss Him, Not Me, dan telah diterbitkan di Indonesia dengan judul Hey, I'm Popular, adalah sebuah seri manga shōjo Jepang bergenre komedi romantis yang ditulis dan diilustrasikan oleh Junko.[3] Manga ini diterbitkan oleh Kodansha sejak tahun 2013 dalam majalah Bessatsu Friend.[4] Sejauh ini, bab-babnya telah dibundel menjadi empat belas volume tankōbon.[3] Manga ini dirilis secara daring dalam bahasa Inggris oleh Crunchyroll sedangkan volume cetaknya diterbitkan oleh Kodansha USA.[4] Sebuah adaptasi drama audio dari bab pertama dirilis pada tanggal 13 Januari 2015.[5] Sebuah adaptasi anime yang diproduksi oleh Brain's Base ditayangkan di Jepang sejak bulan Oktober hingga Desember 2016.[1][6] Manga ini memenangkan penghargaan Manga Shōjo Terbaik pada ajang Penghargaan Manga Kodansha yang ke-40.

Alur[sunting | sunting sumber]

Serinuma Kae adalah seorang cewek gemuk dan fujoshi, otaku yang senang dengan yaoi dan mengimajinasikan pria dalam hubungan yang romantis, baik fiksi maupun nyata. Setelah salah satu karakter favoritnya terbunuh, Kae yang terkejut lalu mengurung diri di kamarnya selama seminggu. Ketika Kae akhirnya keluar, dia menyadari bahwa dia tiba-tiba kehilangan banyak berat badan, menjadi langsing dan cantik. Setelah hal ini, empat orang siswa di sekolah yang sama dengan Serinuma: Igarashi Yūsuke, Nanashima Nozomu, Shinomiya Hayato, dan Mutsumi Asuma; beserta seorang siswi fujoshi bernama Nishina Shima, saling bersaing satu sama lain untuk menarik hati Serinuma agar mau dijadikan pacar. Meski saling bersaing satu sama lain, mereka justru menjadi teman yang saling membantu dan menjalani berbagai kegiatan bersama yang penuh kekonyolan.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Tokoh utama[sunting | sunting sumber]

Serinuma Kae[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara: Hanazawa Kana (drama CD)[5], Kobayashi Yū.

Serinuma Kae (芹沼 花依) adalah siswi kelas dua SMA yang menjadi anggota klub sejarah dan komite kesehatan. Dia adalah seorang fujoshi yang sangat senang melihat segala hal yang berkaitan dengan yaoi dan suka membayangkan untuk memasangkan dua laki-laki dalam hubungan romantis, meski dalam kenyataannya tidak demikian. Ditampilkan sebagai gadis berperawakan gemuk di awal cerita, Serinuma berubah menjadi langsing dan cantik setelah mengurung diri di kamar selama sepekan karena tokoh anime favoritnya, Shion, mati. Setelah perubahan penampilan ini, Serinuma lebih sering dekat dengan beberapa laki-laki yang berusaha mengencaninya. Meski begitu, Serinuma sendiri tetap memberatkan hobinya sebagai otaku dan tetap tidak paham dengan masalah percintaan selama beberapa waktu ke depan.

Igarashi Yūsuke[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara: Hosoya Yoshimasa[5] (drama CD), Ono Yūki.

Igarashi Yūsuke (五十嵐 祐輔) adalah teman sekelas Serinuma dan merupakan salah satu dari empat laki-laki yang berusaha menjadi pacar Serinuma. Secara penampilan, Igarashi memiliki rambut pendek gelap dan alis tebal, dengan tubuh yang atletis lantaran latihan yang dijalaninya sebagai anggota klub sepak bola.

Di antara mereka yang berusaha merebut perhatian Serinuma, Igarashi adalah orang yang paling agresif dan terbuka dan sering berusaha mencari kesempatan untuk berduaan dengan Serinuma. Dia selalu bersikap sopan dengan Serinuma sejak dia masih gemuk dan mulai tertarik dengan Serinuma setelah penampilannya berubah, membuat Nishina merendahkannya karena Igarashi dipandang hanya menyukai Serinuma karena penampilan. Namun saat Serinuma kembali menjadi gemuk selama beberapa saat, Igarashi mulai memahami Serinuma secara pribadi dan justru lebih menyukainya lagi, terlepas dari penampilan Serinuma.

Igarashi memiliki teman baik bernama Nanashima yang merupakan temannya sejak SMP, dan mereka kerap dipandang sebagai pasangan oleh Serinuma yang seorang fujoshi. Di antara saingannya yang lain, Nishina merupakan orang yang paling kerap bersitegang dan berdebat dengannya.

Nanashima Nozomu[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara: Suzuki Tatsuhisa[5] (drama CD), Kōmoto Keisuke.

Nanashima Nozomu (七島 希) adalah teman sekelas Serinuma sekaligus teman SMP Igarashi. Secara penampilan, dia adalah laki-laki dengan rambut pirang kusut dan tubuh yang cukup berotot. Penampilannya sangat menyerupai Shion, tokoh anime dalam serial "Mirage Saga" yang merupakan tokoh kesayangan Serinuma.

Bersama Igarashi, Nanashima merupakan anggota klub sepak bola di SMP, tetapi kemudian mengundurkan diri karena kurang percaya diri karena merasa telah dilampaui kemampuannya oleh Igarashi. Nanashima memiliki sifat bad boy tsundere. Dia memiliki sifat main-main dan terkadang cenderung kasar, juga sering berkata blak-blakan. Namun di sisi lain, Nanashima juga ditampilkan memiliki sifat peduli dan penyayang, khususnya kepada adik perempuannya. Nanashima juga cakap dalam urusan rumah tangga, seperti membersihkan rumah dan memasak.

Di antara pesaingnya yang lain, Igarashi adalah orang yang memiliki hubungan paling dekat dengannya dan mereka kerap dipandang sebagai pasangan oleh Serinuma. Sikapnya yang agresif membuatnya kerap bertengkar dengan Shinomiya. Meski begitu, Shinomiya justru kerap menjadi orang yang diajak bekerja sama oleh Nanashima dalam beberapa hal, seperti saat mereka berupaya menurunkan berat badan Serinuma yang gemuk kembali. Nanashima juga tak segan membantu Shinomiya dalam mengurus rumah dan memberi tumpangan.

Shinomiya Hayato[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara: Hiroshi Kamiya[5] (drama CD), Yoshitsugu Matsuoka.

Shinomiya Hayato (四ノ宮 隼人) adalah siswa kelas satu yang merupakan anggota komite kesehatan. Secara penampilan, dia memiliki rambut coklat terang, tubuh kurus, dan cenderung pendek bila dibandingkan tokoh utama laki-laki yang lain. Dia adalah ras campuran. Keluarga dari pihak ibunya berasal dari Norwegia.

Shinomiya adalah tipe laki-laki tsundere dan mulai tertarik dengan Serinuma setelah perubahan penampilannya. Serinuma sendiri memandangnya sebagai seorang bishōnen dan adik laki-laki. Dibandingkan dengan saingannya yang lain, Shinomiya cenderung lemah, baik terkait hal yang mengerikan maupun masalah fisik. Kekurangan yang dimilikinya ini membuat Shinomiya kerap berusaha bersikap jantan di hadapan Serinuma, meski kebanyakan usahanya cenderung tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkannya, seperti saat kejadian di rumah hantu saat festival sekolah dan liburan di pantai.

Meski Shinomiya terlihat tegas dan terorganisir, dia adalah tipe orang yang malas dalam menjaga kebersihan rumah. Di antara para pesaingnya yang lain, Shinomiya paling kerap berselisih paham dan beradu mulut dengan Nanashima. Meski begitu, mereka berdua bisa bekerja sama saat situasi mendesak, seperti saat upaya untuk membuat langsing Serinuma yang sempat gemuk kembali. Shinomiya juga terang-terangan memuji Nanashima yang membantunya mengurus rumah, meski di lain kesempatan dia juga tak segan membodoh-bodohkannya, terutama bila terkait pelajaran. Shinomiya memiliki peliharaan iguana betina yang dinamai Thor, yang sudah dianggap sebagai temannya sendiri. Thor sangat berharga bagi Shinomiya, bahkan sampai dalam taraf dia siap untuk meninggalkan Serinuma jika Serinuma tidak bisa menerima Thor.

Mutsumi Asuma[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara: Takahiro Sakurai[5] (drama CD), Nobunaga Shimazaki.

Mutsumi Asuma (六見 遊馬) adalah siswa kelas tiga dan presiden dari klub sejarah, klub yang juga diikuti Serinuma. Dia adalah tokoh utama laki-laki yang paling tinggi. Rambutnya gelap belah tengah dan cukup panjang untuk menutupi telinganya.

Dibandingkan yang lain, Mutsumi adalah orang yang memiliki kepribadian dan pembawaan paling tenang, pengalah, dan cenderung dewasa. Meski begitu, dia bisa menjadi sangat tegas saat ada sesuatu yang dianggap tidak pantas atau saat Serinuma dalam bahaya. Terlepas dari kelembutan maupun ketegasannya, Mutsumi memiliki ketakutan akan tempat yang gelap gulita lantaran trauma yang didapat semasa kecil. Berbeda dengan yang lain, Mutsumi cenderung lambat menyadari bahwa perasaannya kepada Serinuma adalah ketertarikan secara romantis. Berkebalikan dengan Igarashi, Mutsumi sangat lembut dalam melakukan pendekatan kepada Serinuma. Dia bahkan tak segan mempersilakan para pesaingnya yang lain untuk ikut menyatakan perasaannya kepada Serinuma saat mereka semua bekerja sama menghalangi Mutsumi untuk mendekati Serinuma.

Sikap dan pembawaannya yang lembut dan tenang membuat Mutsumi dapat cenderung berhubungan baik dengan semua pesaingnya. Dia bahkan adalah pihak yang paling sering mendinginkan suasana saat yang lain saling beradu pendapat atau berada dalam masalah. Mutsumi juga adalah orang pertama yang mengenali Serinuma saat penampilannya telah berubah.

Nishina Shima[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara: Akasaki Chinatsu[5] (drama CD), Sawashiro Miyuki.

Nishina Shima (二科 志麻) adalah siswi kelas satu yang juga berusaha menarik perhatian Serinuma. Dia memiliki penampilan rambut gelap pendek dan menyerupai laki-laki. Dia berasal dari keluarga Nishina yang kaya dan berpengaruh.

Sebagaimana Serinuma, Nishina adalah gadis otaku dan fujoshi. Dia juga seorang mangaka dan memiliki nama pena Yokoshima, serta memiliki lingkaran dōjin-nya sendiri. Di samping itu, dia baik dalam masalah seni dan olahraga. Kecintaannya pada dunia anime dan manga sangat dalam sebagaimana Serinuma, membuat dia menjadi orang paling dekat dengan Serinuma bila dibanding para pesaing laki-lakinya. Meski begitu, hal itu pula yang membuatnya bertengkar hebat dengan Serinuma lantaran perbedaan pendapat di antara mereka yang cukup sepele bila dilihat dari kacamata orang luar. Di antara pesaingnya, Nishina paling sering bertengkar dengan Igarashi, seringnya bila menyangkut masalah Serinuma.

Tokoh sampingan[sunting | sunting sumber]

Nakano Amane (中野あまね). Siswi kelas dua dan merupakan teman sekelas dan teman baik Serinuma. Serinuma memanggilnya "A-chan" dan kerap menjadikannya teman bicara, baik tentang masalah anime dan manga ataupun masalah kencan dan percintaan. Sebagaimana Serinuma, dia adalah seorang otaku dan fujoshi, dan senang memasangkan Igarashi dan Nanashima.

Serinuma Takurō (芹沼 拓郎). Kakak laki-laki Serinuma Kae yang memiliki rambut merah terang. Berkebalikan dengan Serinuma, dia menganggap bahwa otaku adalah orang yang menjijikkan.

Serinuma Mitsuko (芹沼 みつこ). Ibu Serinuma Kae. Di masa mudanya, dia sangat cantik dan juga kerap dikelilingi para lelaki tampan sebagaimana keadaan Serinuma Kae saat ini.

Serinuma Hideo (芹沼 英男). Ayah Serinuma Kae. Dia jarang berada di rumah lantaran memiliki pekerjaan yang berkaitan dengan rahasia negara. Dia termasuk tipe ayah yang protektif, terlebih saat mengetahui bahwa beberapa laki-laki berusaha mendekati putrinya.

Mutsumi Kazuma (六見 一馬). Guru pendamping yang menjadi pengajar sejarah kelas dua untuk sementara, sekaligus kakak laki-laki Mutsumi Asuma. Dia memiliki kepribadian genit dan senang menggoda, bahkan kepada laki-laki sekalipun.

Mitsuboshi Takeru (三星 建). Anak laki-laki yang merupakan teman masa kecil Serinuma Kae. Mitsuboshi adalah pengisi suara dari Akane, tokoh anime favorit Serinuma dalam serial "Kanchu Ranbu".

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Kiss Him, Not Me Shōjo Romantic Comedy Manga Gets TV Anime". Anime News Network. 9 Maret 2016. Diakses tanggal 9 Maret 2016. 
  2. ^ "Crunchyroll Announces Winter 2017 Anime Lineup". Crunchyroll. January 20, 2017. Diakses tanggal April 17, 2017. 
  3. ^ a b "Watashi ga motete dôsunda vo". Manga-News (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 22 Januari 2015. 
  4. ^ a b "Kodansha USA Licenses Maria the Virgin Witch Exhibition, Appleseed α, Fairy Tail Spinoff Manga". Anime News Network. 14 Januari 2015. Diakses tanggal 22 Januari 2015. 
  5. ^ a b c d e f g "Junko's Watashi ga Motete Dousunda Manga Gets Drama CD". Anime News Network. 8 September 2014. Diakses tanggal 22 Januari 2015.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "ann2" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  6. ^ "Kiss Him, Not Me tv anime premieres this Fall". Anime News Network. 11 Juni 2016. Diakses tanggal 11 Juni 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]