Warda Al-Jazairia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Warda Al-Jazairia
وردة الجزائرية
Nama lahirWarda Fatouki[1]
Lahir(1939-07-22)22 Juli 1939
Puteaux, Prancis
AsalPrancis, Aljazair, Libanon
Meninggal17 Mei 2012
GenreMusik pop Arab
PekerjaanPenyanyi
Tahun aktif1951–1962; 1972–2012
LabelEMI Arabia
Virgin/EMI Records

Warda Al-Jazairia (bahasa Arab: وردة الجزائرية‎, lahir 22 Juli 1939 – meninggal 17 Mei 2012 pada umur 72 tahun) adalah seorang penyanyi asal Aljazair yang dikenal menyanyikan lagu dan musik bertema Arab. Secara harfiah, namanya berarti "Warda dari Aljazair", namun ia dikenal dengan nama "Warda" (bahasa Arab Mesir: [ˈwæɾdæ]) saja atau "Bunga mawar Aljazair" di media-media barat.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Warda lahir pada 22 Juli 1939 di Puteaux, Prancis dari ibu berkebangsaan Libanon dan ayah berkebangsaan Aljazair. Dia mulai menyanyi pada usia sebelas tahun. Saat itu, ia langsung dikenal sebagai penyanyi lagu-lagu Aljazair. Saat ia menikah pada tahun 1962, ia tidak dibolehkan oleh suaminya untuk menyanyi. Presiden Aljazair, Houari Boumediène, meminta Warda untuk menyanyi dalam peringatan kemerdekaan Aljazair pada tahun 1972, bersanding dengan orkestra Mesir. Oleh sebab itu, pernikahannya hancur, dan mengabdikan hidupnya untuk menyanyi.

Ia kemudian pindah ke Mesir dan menikah dengan seorang komposer, Baligh Hamdi. Ia banyak menyanyikan lagu-lagu Baligh Hamdi dan komposer Arab lainnya, sehingga ia semakin dikenal luas dan beberapa kali meluncurkan album. Ia juga pernah berperan dalam beberapa film.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Warda meninggal pada tanggal 17 Mei 2012 (usia 72 tahun) di Kairo, Mesir karena menderita serangan jantung.[2] Pada 19 Mei, jasadnya dibawa kembali ke negara asalnya, Aljazair, untuk dimakamkan di Pemakaman El Alia, di mana di sana adalah pemakaman para pahlawan.[3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]