War Plan Red

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Peta Amerika Serikat dan Imperium Britania.

War Plan Red, juga dikenal dengan sebutan Rencana Perang Strategis Atlantik, adalah salah satu rencana perang yang dibuat oleh Departemen Perang Amerika Serikat pada periode antar perang (1919-1939) untuk memperkirakan apa yang diperlukan dalam perang melawan Imperium Britania (pasukan "merah"). Berbagai rencana perang telah dibuat oleh perwira-perwira berpangkat menengah untuk memperhitungkan keperluan logistik dan sumber daya manusia dalam suatu perang,[1] dan War Plan Red menjabarkan langkah-langkah yang diperlukan untuk mempertahankan diri dari upaya serangan Britania Raya. Rencana ini juga membahas kemungkinan perang dua front melawan Kekaisaran Jepang dan Britania Raya sekaligus.

Rencana ini dibuat oleh Departemen Perang seusai Konferensi Angkatan Laut Jenewa pada 1927. Rencana ini kemudian disetujui oleh Menteri Perang dan Menteri Angkatan Laut Amerika Serikat Charles Francis Adams III pada Mei 1930 dan diperbaharui pada tahun 1934-1935. Sebagai perencanaan yang hanya menduga-duga saja, rencana ini tidak memerlukan persetujuan dari presiden ataupun kongres. Hanya kongres yang memiliki wewenang untuk menyatakan perang.[2]

War Plan Red mengasumsikan bahwa jika meletus perang melawan Britania Raya, pada mulanya Britania akan unggul berkat angkatan lautnya yang digdaya. Rencana ini lalu menduga bahwa Britania akan menjadikan Kanada sebagai batu loncatan untuk menyerang Amerika Serikat. Oleh sebab itu, Amerika Serikat pada mulanya akan mempertahankan diri dari serangan Britania, dan sesudah itu Amerika Serikat hendak mengalahkan Britania dengan memblokade pelabuhan-pelabuhan Kanada dan memutus jalur persediaan makanannya. Tidak diketahui secara pasti apakah rencana ini akan berhasil atau malah berujung pada kebuntuan.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Roberts, Ken. Command Decisions. Center of Military History, Department of the Army. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-12-30. Diakses tanggal 19 Juli 2011. 
  2. ^ John Major, "War Plan Red: The American Plan for War with Britain," Historian (1998) 58#1 hlm. 12–15.
  3. ^ Joint Estimate of the Situation – Red and Tentative Plan – Red (PDF). Security Classified Correspondence of the Joint Army-Navy Board, compiled 1918 – 03/1942, documenting the period 1910 – 3/1942. Joint Board, 325. Serial 274. Diakses tanggal December 3, 2011.