Wanita dan Rahasia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sebuah ilustrasi karya Auguste Delierre dari Fabel La Fontaine, 1883

Wanita dan rahasia adalah sebuah fabel karya La Fontaine (VIII.6),[1] berdasarkan pada sebuah potongan humor Abad Pertengahan Akhir karya Laurentius Abstemius.

Fabel[sunting | sunting sumber]

Judul yang diberikan oleh Abstemius kepada cerita buatannya adalah “Pria yang berkata kepada istrinya bahwa ia mengeluarkan sebuah telur” (De viro qui uxori se ovum peperisse dixerat), dengan pesan moral bahwa seseorang seharusnya tak berkata kepada seorang wanita soal hal apapun yang ia harap dapat menjaga rahasia.[2] Roger L'Estrange menerjemahkannya dua abad kemudian dengan judul “Seorang wanita yang dipercayakan dengan sebuah rahasia”.[3]

Berharap dapat menguji istrinya, yang bersumpah bahwa ia dapat dipercaya untuk tetap diam, seorang suami berkata kepadanya pada suatu makam ia mengeluarkan sebuah telur. Saat senja, janji tersebut kandas saat wanita tersebut meninggalkan kasurnya untuk berkata kepada seorang tetangga, yang tanpa ragu meneruskan cerita tersebut dan melebih-lebihkannya. Pada tengah malam setelah satu hari perebakan gosip tersebut, pria tersebut dikabarkan mengeluarkan empat puluh telur.

Referensi[sunting | sunting sumber]