Wangsa Severa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tondo Severus yang menggambarkan Kaisar Septimius Severus bersama dengan keluarganya. Gambar salah satu anak Severus sudah dihapus dari karya ini; kemungkinan anak tersebut adalah Geta akibat damnatio memoriae yang diperintahkan oleh Caracalla setelah kematian Geta.

Wangsa Severa adalah sebuah dinasti di Kekaisaran Romawi yang berkuasa dari tahun 193 hingga 235. Wangsa ini didirikan oleh Kaisar Septimius Severus (m. 193–211) dan istrinya, Julia Domna. Septimius Severus mulai berkuasa pada Tahun Lima Kaisar, yaitu tahun 193 ketika terdapat lima kaisar berturut-turut yang mengklaim takhta, dengan Septimius Severus sebagai kaisar yang akhirnya berhasil memenangkan perang saudara.

Kekuasaan dinasti ini sempat terputus oleh pemerintahan Macrinus (m. 217–218) bersama dengan putranya Diadumenian (m. 218). Walaupun Septimius Severus berhasil memulihkan perdamaian di Romawi, Wangsa Severus berakhir setelah Kaisar Severus Alexander tewas dibunuh pada tahun 235, yang kemudian memicu Krisis Abad Ketiga di Kekaisaran Romawi.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Anthony Birley., Septimius Severus: The African Emperor, Routledge, London, 1999. ISBN 0415165911ISBN 0415165911
  • Markus Handy, Die Severer und das Heer, Berlin, Verlag Antike, 2009 (Studien zur Alten Geschichte, 10).
  • Harold Mattingly, Edward A. Sydenham, The Roman Imperial Coinage, vol. IV, part I, Pertinax to Geta, London, Spink & Son, 1936.
  • Harold Mattingly, Edward A. Sydenham, C. H. V. Sutherland, The Roman Imperial Coinage, vol. IV, part II, Marcinus to Pupienus, London, Spink & Son, 1938.
  • Simon Swain, Stephen Harrison and Jas Elsner (editors), Severan culture, Cambridge University Press, 2007.