Wang Jianlin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Wang Jianlin (lahir di Sihuan, Tiongkok, 24 Oktober 1954; umur 65 tahun) adalah seorang pebisnis dari Tiongkok. Berdasarkan daftar orang terkaya yang dirilis oleh Forbes 2015, ia adalah orang no. 1 di Tiongkok dan orang terkaya no. 29 di dunia[1]. Wang Jianlin menjadi terkaya di Tiongkok melalui grup usahanya, Dalian Wanda Group. Perusahaan ini merupakan perusahaan real estate komersial yang menguasai lebih dari 200 toko serba ada, pusat perbelanjaan, hiburan dan hotel mewah[2].

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Wang Jianlin dilahirkan pada tahun 1954 di provinsi Sihuan dari orang tua yang sederhana dengan latar belakang militer. Ia juga sempat masuk ke sekolah militer dan aktif berdinas di militer antara tahun 1970 hingga 1986. Setelah itu, ia menjadi pegawai pemerintah di Dalian, provinsi Liaoning. Perjalanan kariernya sebagai pengusaha diawali dengan mengakuisisi perusahaan real estate yang hampir bangkrut, bernama Dalian Wanda pada 1990-an. Bisnis inilah yang menghantarkannya masuk dalam daftar orang terkaya di Tiongkok dan di dunia. Selain menjalankan bisnis di Tiongkok, ia juga berekpansi ke Inggris dan Amerika Serikat[3]. Secara global, ia berada di peringkat 64 orang terkaya di dunia. Ekpansi bisnisnya berkembang mulai dari properti, ritel hingga hiburan[4].

Pada 2012, ia membeli perusahaan operator bioskop asal Amerika Serikat, AMC Entertainment Holdings (AMC)[5], dengan nilai sekitar US$ 2,6 miliar. Dengan mengakuisisi AMC maka Dalian Wanda menjadi operator bioskop terbesar di dunia, dengan pangsa pasar 10%. Selain itu tahun 2013, ia juga membeli perusahaan pembuat yacht atau kapal pesiar asal Inggris, Sunseeker International, senilai US$ 500 juta. Sunseeker merupakan pembuat kapal untuk film-film James Bond.

Di bidang olahraga sejak 2011, Dalian Wanda juga menjadi sponsor utama liga sepak bola di Tiongkok. Ia juga mempunya tim sepak bola sendiri yang awalnya bernama Dalian Wanda FC dan kemudian berganti menjadi Dalian Shide FC. Ia juga memiliki 20% saham Klub sepak bola asal Spanyol, Atlético Madrid

Politik[sunting | sunting sumber]

Di bidang politik, ia merupakan anggota senior Partai Komunis Tiongkok.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • CCTV’s Chinese Economic Person of the Year, Tahun 2008 dan 2012
  • China Charity Awards dari Kementerian Urusan Sipil Tiongkok pada tahun 2005, 2008 dan 2013.
  • Honorary President of the China Charity Federation (2013)
  • Asia’s richest man oleh Bloomberg (2015)[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]