Wang Fuchen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Wang Fuchen (Hanzi: 王辅臣) (meninggal 1681) adalah anggota pemberontak dalam Pemberontakan Tiga Vasal selama Dinasti Qing melawan Kaisar Kangxi. Wang lahir di Datong, provinsi Shanxi, ia lahir dari keluarga miskin dan tumbuh menjadi seorang bandit. Nama keluarga aslinya adalah Li, dia dijuluki "Kuda Elang-alap" (馬鷂子, mǎ yàozi) oleh tentara Manchu. Awalnya ia menolak penaklukan Manchu atas Dinasti Ming, sejarawan kuno mencatat bahwa Wang Fuchen merupakan seorang pria yang tampan, tinggi dan kuat dengan wajah pucat, memiliki alis tebal bak ulat sutra yang sedang berbaring.

Dia terkenal karena keberaniannya dalam pertempuran dan oleh orang Manchu dianggap sebagai musuh yang tangguh, kehadirannya terkadang cukup membuat gentar para prajurit Manchu. Dia sangat dihormati oleh Kaisar Shunzhi dan bersahabat baik dengan wali penguasa Dorgon. Dia membantu Hong Chengchou dan Wu Sangui, para mantan jenderal Dinasti Ming, dalam menumpas sisa-sisa Ming dari Dinasti Ming Selatan. Wang bersama dengan Wu pergi ke Burma untuk menangkap dan mengeksekusi Zhu Youlang, Pangeran Gui, penerus takhta Ming Selatan terakhir di Tiongkok Daratan. Dia diangkat menjadi komandan militer provinsi Shaanxi yang saat itu termasuk ke dalam provinsi Gansu. Dari kediamannya di Pingliang, dia mengorganisir pemberontakan bersama dengan Wu dan mereka dengan cepat dapat menguasai Lanzhou.

Pada 1665, ia dikalahkan oleh pasukan Delapan Panji Manchu di Pingliang.[1] Bersama dengan Geng Jingzhong dari Fujian, dia akhirnya menyerah pada Juni 1676. Wang Fuchen bunuh diri dengan meminum racun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Military History of the Qing.  Dynasty