Walisongo (tanaman)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Walisongo
Heptapleurum actinophyllum

tanaman Walisongo di Hyderabad, India
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN13507130
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladasterids
Kladcampanulids
OrdoApiales
FamiliAraliaceae
GenusHeptapleurum
SpesiesHeptapleurum actinophyllum
Lowry dan G.M.Plunkett, 2020
Tata nama
BasionimBrassaia actinophylla
Sinonim takson
  • Brassaia actinophylla Endl.
  • Brassaia singaporensis Ridl.
  • Schefflera actinophylla (Endl.) Harms
[1]

Walisongo atau pohon gurita (Heptapleurum actinophyllum, sinonim Schefflera actinophylla; bahasa Inggris: umbrella tree) adalah tumbuhan berkayu (tree) dan termasuk ke dalam keluarga Araliaceae. Sebagian besar batangnya tidak bercabang. Bentuk daunNYA majemuk dengan jumlah 7-12 helai. Daunnya sedikit menjuntai membentuk lingkaran menyerupai payung. Dikenal juga dengan sebutan pohon gurita.[2] Tumbuhan ini berasal dari hutan hujan tropis dan beberapa jenis hutan lain. Persebarannya meliputi Australia (Queensland bagian timur dan Wilayah Utara), Papua, dan Jawa. Salah satu tempat persebarannya adalah Gunung Prau.[3]

S. actinophylla dapat dijadikan sebagai tumbuhan hias dan diperjualbelikan secara bebas. Tumbuhan ini dapat memproduksi bunga sebanyak 1.000 dan menghasilkan nektar dalam jumlah besar.[4] Buahnya dimakan oleh banyak burung dan hewan termasuk musang tikus-kangguru, pademelon berkaki merah, dan rubah terbang berkacamata. Daunnya adalah makanan favorit kangguru pohon bennett di Queensland.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama powo
  2. ^ "Schefflera actinophylla si Pohon Gurita – HIMABA FKT UGM". Diakses tanggal 2021-09-26. 
  3. ^ Lianah, Lianah; Kusumarini, Niken; Rochmah, Fitriana; Orsida, Fadla; Mukhlisi, Mukhlisi; Ahmad, Milya Ulfa; Nadhifah, Ainun (2021-06-01). "Bryophyte Diversity in Mount Prau, Blumah Village, Central Java". Jurnal Biodjati. 6 (1): 23–35. doi:10.15575/biodjati.v6i1.11693. ISSN 2548-1606. 
  4. ^ BALITHI. "SCHEFFLERA-ACTINOPHYLLA". balithi.litbang.pertanian.go.id (dalam bahasa in). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-08-29. Diakses tanggal 2021-09-26.