Waktu katup variabel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Dalam mesin pembakaran internal, waktu katup variabel (Inggris: variable valve timing (VVT)) adalah proses mengubah waktu peristiwa pengangkatan katup, dan sering digunakan untuk meningkatkan kinerja, penghematan bahan bakar, atau emisi. Ini semakin banyak digunakan dalam kombinasi dengan sistem pengangkat katup variabel. Ada banyak cara untuk mencapainya, mulai dari perangkat mekanis hingga sistem elektro-hidraulik dan tanpa cam. Regulasi emisi yang semakin ketat menyebabkan banyak pabrikan otomotif menggunakan sistem VVT.

Mesin dua langkah menggunakan sistem katup daya untuk mendapatkan hasil yang serupa dengan VVT.

Katup di dalam mesin pembakaran internal digunakan untuk mengontrol aliran gas masuk dan keluar dari dan ke ruang bakar. Waktu, durasi, dan pengangkatan dari peristiwa katup ini memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja mesin. Tanpa waktu katup variabel, waktu katup sama untuk semua kecepatan dan kondisi engine, oleh karena itu diperlukan kompromi.[1] Mesin yang dilengkapi dengan sistem penggerak timing katup variabel dibebaskan dari batasan ini, memungkinkan kinerja ditingkatkan selama rentang pengoperasian mesin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wu, B. (2007). A simulation-based approach for developing optimal calibrations for engines with variable valve actuation. Oil and Gas Science and Technology, 62(4), 539–553.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]