Wahid Rasyid Lasiman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wahid Rasyid Lasiman
LahirWillibrordus Romanus Lasiman
11 Mei 1956 (umur 63)
Sendangarum, Minggir, Sleman, Yogyakarta, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Nama lainWilly Lasiman
AlmamaterUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta
PekerjaanPengajar, ustad

KH. Drs. Wahid Rasyid Lasiman, M.A. (sebelumnya bernama Willibrordus Romanus Lasiman[1], lahir di Sendangarum, Minggir, Sleman, 11 Mei 1956; umur 63 tahun) merupakan seorang ustad dan tokoh Kristologi asal Indonesia.

Willy, demikian biasa ia dipanggil, lahir dari pasangan petani Tondinomo dan Semi yang mana keduanya merupakan penganut ajaran kejawen (Islam Abangan).[2] Sejak kecil sampai lulus SMA Willy dididik secara formal di sekolah Katolik di Sleman, Yogyakarta. Alhasil secara formal ia pun menjadi seorang penganut Katolik. Ia diberi nama baptis Willibrordus. Kemudian diberi nama baptis kader penguatan Romanus. Ia kemudian diangkat menjadi misionaris oleh gereja dan sekolah tempatnya menimba ilmu. Usai mendapatkan pengakuan dari Keuskupan Agung Semarang, Willy memulai kariernya sebagai misionaris dengan tujuan daerah Garut, Jawa Barat.

Di Garut ia bertemu dengan Anwar Musaddad yang tanpa ia ketahui merupakan rektor IAIN Bandung. Keduanya lantas beradu debat dan berdialog tentang kebenaran yang ada. Perdebatan inilah yang kemudian membawa Willy beralih ke agama Islam pada tahun 1980.[3]

Setelah memeluk agama Islam, Willy kemudian mulai mempelajari agama barunya dengan tekun hingga akhirnya ia menjadi seorang ustad atau pengajar agama Islam. Pendalamannya soal agama Islam ia dapatkan saat berkuliah di IAIN Cirebon dilanjutkan dengan studi strata duanya di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Saat ini Willy masih aktif sebagai pendakwah sekaligus ahli Kristologi. Buku-bukunya seputar perbandingan agama disambut secara positif oleh kalangan umat Islam, tetapi menimbulkan beberapa kontroversi bagi kalangan umat Kristen.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]