Wagah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wagah
واہگہ
Dewan Uni
Wahga
Upacara penurunan bendera di sore hari pada perbatasan internasional India–Pakistan dekat Wagah
Upacara penurunan bendera di sore hari pada perbatasan internasional India–Pakistan dekat Wagah
Lokasi Wagah
Lokasi Wagah
Negara Pakistan
ProvinsiPunjab
DistrikLahore
ZonaWahga
Dewan uni181
Zona waktuPST (UTC+5)

Wagah (bahasa Urdu: واہگہ, Shahmukhi Punjabi: واہگہ) atau Wahga adalah sebuah desa dan dewan uni (UC 181) yang berlokasi di dekat Zona Wahga di Lahore, Punjab, Pakistan.[1] Kota ini terkenal dengan upacara perbatasan Wagah serta berfungsi sebagai terminal transit barang dan stasiun kereta api antara Pakistan dan India,[2]. Wagah terletak 600 meter di sebelah barat perbatasan dan terletak di Grand Trunk Road bersejarah antara Lahore dan Amritsar di India. Perbatasan tersebut berada 24 kilometer (15 mi) dari Lahore dan 32 kilometer (20 mi) dari Amritsar. Perbatasan ini juga terletak 3 kilometer (1,9 mi) dari desa Attari yang bertetangga.

Upacara perbatasan Wagah[sunting | sunting sumber]

Perlintasan perbatasan ini mengambil namanya dari desa Wahga, di dekat Garis Radcliffe, batas garis demarkasi yang membagi India dan Pakistan pada pemisahan India Britania, digambarkan.[3] Pada saat kemerdekaan pada tahun 1947, para migran dari India memasuki Pakistan melalui perlintasan perbatasan ini. Stasiun kereta api Wagah terletak 400 meter ke arah selatan dan 100 meter dari perbatasan. Perbatasan ini terutama dikenal karena upacara perbatasan Wagah yang berlangsung di gerbang perbatasan, dua jam sebelum matahari terbenam setiap hari.[3] Upacara bendera ini dilakukan oleh Pakistan Rangers dan Pasukan Pengamanan Perbatasan India (Border Security Force; BSF) mirip dengan upacara retret di lintas batas Ganda Singh Wala/Hussainiwala dan lintas batas Mahavir/Sadqi.

Bendera Wagah[sunting | sunting sumber]

Setelah pendirian tiang bendera setinggi 360ft (110 m) pada sisi masing-masing pada perbatasan di Attari, pada Agustus 2017 sebuah tiang bendera setinggi 400ft (122 m) di pasang di sisi Wagah. Tiang bendera di Wagah dianggap sebagai yang tertinggi di Asia Selatan. Tiang di Attari merupakan yang terbesar di India.[4][5]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://lgcd.punjab.gov.pk/system/files/MCLZones.pdf
  2. ^ "Mixed feelings on India-Pakistan border". BBC News (dalam bahasa Inggris). 14 Agustus 2007. Diakses tanggal 22 Januari 2015. 
  3. ^ a b Frank Jacobs (3 Juli 2012). "Peacocks at Sunset". Opinionator: Borderlines (dalam bahasa Inggris). The New York Times. Diakses tanggal 15 Juli 2012. 
  4. ^ "Tricolour on tallest flag mast installed near Attari border". The Times of India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 Agustus 2017. 
  5. ^ "Army Chief hoists flag on Wagah border". The Nation (dalam bahasa Inggris). 14 Agustus 2017. Diakses tanggal 15 Agustus 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]