Wadas Kemlasah Winduaji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Wadas Kemlasah Winduaji adalah sebuah objek pariwisata di Kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Akses ke lokasi wisata ini masih sulit, ada dua jalur yang mengarah langsung ke lokasi yaitu:

  • Pertigaan Wanatirta

Jalur ini dimulai dari melewati jalan di sepanjang desa Wanatirta (dukuh Wanatirta, kali Suren, Kedawung) kemudian dilanjutkan dengan memasuki sebagian kecil dari desa Winduaji (dukuh Karang Anyar). lokasi yang merupakan askes langsung ke hutan yang mengitari wilayah Wadas Kemlasah ini dimulai sesudah memasuki wilayang dukuh karang anyar, yaitu wilayah perkebunan penduduk yang sebagian masih merupakan wilayah perhutani yang terletak di sebelah timur dukuh tersebut.

  • Pertigaan Pereng, Winduaji

melalui jalur ini, pengunjung bisa mencapai lokasi Wadas Kemlasah lebih cepat, tetapi bagi yang membawa kendaraan, akan sedikit mendapat kendala karena ada sebagian jalan yang lumayan menanjak tepatnya jalan yang melewati dukuh padudutan. tetapi memang arahnya jauh lebih cepat karena lebih menjurus. bisa juga dijadikan siasat dengan cara masuk ke lokasi melalui jalur ini kemudian pulangnya melalui jalur yang satunya (dukuh Karang Anyar).

Keindahan[sunting | sunting sumber]

Di tempat ini, terdapat suatu hal menarik di mana air yang mengalir dan membentuk beberapa air terjun ini mengalir di atas sebuah batu yang memanjang membentuk sungai. Atas dasar tersebut, warga setempat menamainya dengan sebutan "Wadas Kemlasah", yang artinya wadas yang dalam hal ini sama dengan batu, yang tertidur dan memanjang. Airnya juga sangat jernih dan sejuk. Lokasi ini dikelilingi oleh bukit-bukit yang dimulai dengan wilayah hutan Cilengkung, Krinjing, dan lainnya. Wadas Kemlasah sangat eksotis, karena terdapat tujuh air terjun alami, di antaranya terdapat 3 curug, 7 candi, dan 7 mata air utama yang menjadi sumber mata air Kali Pemali.