W Hotels

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
W Hotels
IndustriPerhotelan
Didirikan1998
Cabang
55 hotel (31 Desember 2018)[1][2]
Wilayah operasi
Seluruh dunia
IndukMarriott International
Situs webw-hotels.marriott.com

W Hotels adalah sebuah jaringan hotel mewah yang dimiliki oleh Marriott International[3] dan umumnya menyasar para muda-mudi, tidak seperti jaringan hotel mewah lain milik Marriott. Hingga tanggal 31 Desember 2018, W mengoperasikan 55 hotel di 25 negara dengan 15.043 kamar.[1][2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

W Hotels diluncurkan pada tahun 1998 dengan hotel pertamanya adalah W New York,[4] hasil renovasi dari Doral Inn di Manhattan. Hotel-hotel W pertama umumnya merupakan renovasi dari hotel yang telah ada di grup Starwood. Pada tahun 2001, Starwood membuka W New York - Times Square. Selama satu dekade pertama setelah didirikan, W Hotels fokus mengembangkan jumlah hotelnya di Amerika Serikat, dan kini mereka fokus pada pengembangan jumlah hotel di luar Amerika Serikat.

W membuka hotel pertamanya di Eropa, tepatnya di Istanbul pada bulan Mei 2008. Hotel ini merupakan hasil renovasi dari Akaretler Row Houses, sekelompok bangunan bersejarah yang dibangun pada dekade 1870-an sebagai perumahan pegawai Istana Dolmabahçe. Hotel ini pun mengombinasikan desain tradisional Ottoman dengan desain kontemporer khas W. W Barcelona merupakan hotel pertama W di Eropa Barat dan dibuka pada bulan Oktober 2009. Hotel ini dirancang oleh arsitek Ricardo Bofill, dengan bentuk seperti layar setinggi 26 lantai. Properti W yang masih sedang dibangun antara lain W Mumbai setinggi 62 lantai yang dikenal sebagai Menara Namaste.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Lobi W disebut sebagai "Ruang keluarga" untuk memperkuat atmosfer kekeluargaan. W Hotels juga berupaya sebisa mungkin menggunakan huruf W, seperti kolam renang yang disebut "Wet," concierge yang menggunakan slogan "Whatever/Whenever," valet yang disebut "Wheels," dan resepsionis yang disebut "Welcome." W Hotels juga mengijinkan para penginap membawa hewan peliharaan. W Hotels kerap dilengkapi dengan layanan spa "Bliss". W Hotels pun menyediakan peralatan mandi buatan Bliss di semua kamar.

Banyak properti W berlokasi satu kompleks dengan apartemen mewah, yang disebut "Residences at the W" seperti W Boston dan W Austin. Apartemen ini juga menyasar para muda-mudi, tidak seperti kebanyakan properti di sekitarnya.

Semua properti W fokus pada menunjukkan yang terbaik dari daerah sekitarnya. Banyak properti W Hotels juga menawarkan sampanye pada saat penginap datang, dan memiliki klub malam yang diisi disk jockey dan seniman lokal yang cukup terkenal.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Amerika Utara[sunting | sunting sumber]

Karibia[sunting | sunting sumber]

Amerika Selatan[sunting | sunting sumber]

Amerika Tengah[sunting | sunting sumber]

Eropa[sunting | sunting sumber]

Afrika[sunting | sunting sumber]

Timur Tengah[sunting | sunting sumber]

Asia Pasifik[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b https://marriott.gcs-web.com/static-files/5a0ddc51-1246-422d-9743-61c0cb1198a4
  2. ^ a b "Starwood Hotels and Resorts Annual Report" (PDF). Starwood Hotels and Resorts. 2014. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2015-10-06. Diakses tanggal 5 October 2015. 
  3. ^ Reuters. "Starwood Hotels says it's exploring strategic alternatives". Fortune. Diakses tanggal 5 October 2015. 
  4. ^ Karmin, Craig (December 23, 2014). "Starwood's Sternlicht Returns to Hotel Operations". The Wall Street Journal. Diakses tanggal May 15, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]