Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari WP:HELPDESK)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Warung Kopi - diskusi lain-lain   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak tercakup dalam bagian Warung Kopi lainnya. Pastikan Anda telah membaca halaman bantuan kami.
Untuk halaman perkenalan diri, silakan kunjungi halaman perkenalan

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Komunitas
Semua
Kembali ke atas

Pengalihan (tidak) perlu?[sunting sumber]

Saya melihat @Glorious Engine dan @Laura Putri Calma membuat halaman pengalihan yang banyak dari halaman sekolah dan pondok pesantren di Kota Depok, yang mengarah ke halaman Daftar sekolah di Kota Depok. Apakah ini perlu?

Tidak ada kebergunaan, menurut saya, mengalihkan halaman artikel yang belum ada ke halaman daftar. Di sini tidak menunjukkan bahwa tindakan tersebut masuk ke dalam kategori yang ada. ··· 🌸 Rachmat04 · 16 September 2021 23.48 (UTC)[balas]

Saya lakukan hal itu karena saya khawatir kalo pranala-pranala yang masih merah malah diisi dengan uji coba dan tulisan tanpa sumber, kayak yang ini misalnya. --Glorious Engine (bicara) 16 September 2021 23.59 (UTC)[balas]
Saya rasa alasan ini tidak lazim. Uji coba dan tulisan tanpa sumber tetap saja bisa terjadi, entah di artikel, entah di halaman lain. Tidak perlu untuk dicegah secara berlebihan, apalagi sampai tidak memenuhi pedoman di Wikipedia:Pengalihan. Pengalihan sejenis itu justru, mungkin saja, membuat niat untuk merintis artikel (oleh pengguna baru) menjadi menurun, karena menimpa pengalihan adalah sesuatu yang secara teknis, dapat dikatakan, tidak mudah. Salam. Medelam (bicara) 17 September 2021 01.08 (UTC)[balas]
@Glorious Engine, apakah memungkinkan untuk dihapus dahulu? Jika pemahaman saya benar bahwa Anda ingin menghindari pengguna lain menyunting halaman tersebut dengan isi yang tidak sesuai, tindakan seperti ini tidak memberikan dampak apa-apa. Pengguna lain bisa dengan mudah menghapus pengalihan dan menimpanya dengan isi yang lain. Saya rasa, sebagai pengurus Anda memiliki alat untuk meminimalisasi hal-hal seperti itu dibandingkan membuat halaman pengalihan yang tidak perlu.
Jika tidak keberatan, mohon bantu untuk menghapus halaman yang sudah dibuat. Atau saya bisa membantu jika diperlukan. Salam, ··· 🌸 Rachmat04 · 17 September 2021 02.08 (UTC)[balas]
Saya kira tidak apa-apa, artikel SMP Negeri 17 Depok dan SMP Negeri 16 Depok yang juga saya alihkan pada akhirnya bisa dirintis oleh pengguna lain. Glorious Engine (bicara) 17 September 2021 02.28 (UTC)[balas]
@Glorious Engine: Bagaimana dengan sisanya? ··· 🌸 Rachmat04 · 17 September 2021 02.32 (UTC)[balas]
Ya tinggal diisi juga, sama bung Rachmat barangkali. Minimal sih sudah dikasih sumber, data dari kemdikbud misalnya Glorious Engine (bicara) 17 September 2021 02.34 (UTC)[balas]
@Glorious Engine: Saya rasa tidak beralasan jika hal seperti ini didelegasikan kepada pengguna lain. Saya dari awal hanya mempertanyakan alasan pembuatan halaman pengalihan secara massal ini dengan mempertimbangkan pada pedoman yang telah ada. Jika tidak ada dalam pedoman, tidak perlu dilakukan, kecuali ingin membuat halaman daftar yang "berputar-putar".
Jika tidak keberatan, saya akan menghilangkan halaman pengalihan yang sudah dibuat dalam beberapa hari ini dengan alasan pertama saya di paling atas. ··· 🌸 Rachmat04 · 17 September 2021 02.40 (UTC)[balas]
 Selesai ··· 🌸 Rachmat04 · 21 September 2021 15.57 (UTC)[balas]

──────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────── Bung Rachmat04 dan Medelam, sebagai catatan saja, ybs juga melakukan hal yang sama di Divisi Infanteri 1/Kostrad. Entah apa tujuannya. Dengan situasi seperti ini saya menyerahkan hal ini kepada pengurus selain saya dan GE. --Jeromi Mikhael (bicara) 4 Oktober 2021 07.53 (UTC)[balas]

 Selesai Saya hapus sendiri halaman pengalihan yang kata Anda "tidak diperlukan". --Glorious Engine (bicara) 5 Oktober 2021 00.12 (UTC)[balas]

Pemilihan anggota Komite Perumus Piagam Gerakan, 11 - 24 Oktober[sunting sumber]

Salam. Ini adalah kabar terbaru dari proses perumusan Piagam Gerakan. Periode pencalonan anggota Komite Perumus telah berakhir, dan kita telah mendapatkan sekelompok calon dari ragam latar yang berbeda.

Komite ini akan beranggotakan 15 orang yang akan dipilih melalui tiga proses berbeda:

  • Pemilihan oleh komunitas untuk memilih 7 orang anggota.
  • Seleksi oleh organisasi mitra untuk memilih 6 orang anggota.
  • Pengangkatan oleh Yayasan Wikimedia untuk memilih 2 orang anggota.

Pemilihan komunitas akan berlangsung antara 11 Oktober hingga 24 Oktober. Proses lainnya akan berlangsung pada waktu yang sama, sehingga ketiga proses di atas dapat selesai sebelum 1 November.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai peran dan pembentukan Piagam Gerakan, silakan baca halamannya di Meta. Anda juga dapat menghubungi kami kapan saja melalui Telegram atau surel (wikimedia2030@wikimedia.org).

Teriring salam, RamzyM (WMF) 21 September 2021 08.52 (UTC)[balas]

Apakah Anda ingin mendapatkan Pembaruan Desktop?[sunting sumber]

Tahukah Anda?

Menurut data terkini kami, 88% editor aktif dari 13 wiki memutuskan untuk menggunakan pembaruan yang kami terapkan.

Halo,

Apakah Anda ingin Wikipedia bahasa Indonesia mendapatkan tampilan yang sesuai dengan kebutuhan pembaca dan kontributornya?

Annotated Wikipedia Vector interface (logged-out).png

Kami mengubah Wikipedia menjadi situs web yang lebih ramah. Saat ini selesai, antarmuka desktop akan lebih mudah digunakan, lebih ramah dan intuitif. Hal ini akan terus menjadi uji coba bagi kontributor. Kami mengirim perubahan ini secara bertahap pada wiki-wiki lainnya. Kami ingin Wikipedia bahasa Indonesia juga mendapatkan pembaruan ini.

Kami melakukan perubahan satu fitur dalam satu waktu. Setiap perubahan akan didiskusikan, dikembangkan, dan dikirim secara terpisah. Setelah memperbarui semua fitur, kami akan memperbarui tampilan secara keseluruhan. Kami belum mendapat gambaran dari tampilan akhir.

Bagaimana perubahan ini terlihat?

Post-its on Vector poster from Wikimania brainstorm about desktop improvements.jpg
  • Jika disetujui, fitur perubahan ini akan terlihat oleh pengguna yang masuk log dan yang tidak masuk log.
  • Perubahan ini hanya diterapkan bagi Vector saja (kulit baku). Semua pengguna yang menggunakan kulit Monobook atau lainnya tidak akan melihat perubahan ini.
  • Pengguna yang masuk log akan dapat memilih untuk menyimpan perubahan ini secara mandiri.
  • Kami tidak akan mengubah isi artikel (seperti yang ditandai dalam gambar di sebelah kanan). Kami tidak menghilangkan fitur apa pun.
  • Kami mencoba perubahan ini setiap saat. Ini kami lakukan untuk mengetahui bahwa itu benar-benar sebuah perubahan.
  • Penentuan kami adalah berdasarkan penelitian (contoh) dan umpan balik komunitas (contoh).

Perubahan apa yang hendak kami buat?

Sejauh ini, kami mengubah:

  • Pemindahan letak logo yang memungkinkan kami untuk meletakkan bagian kepala menjadi lengket (melekat pada bagian atas layar). Bagian kepala ini terdiri atas pencarian, tab artikel, dan menu pengguna.
  • Bilah samping yang dapat diciutkan yang memungkinkan pembaca berfokus pada isi artikel. Di beberapa wiki, fitur-fitur ini sudah tersedia dalam bentuk gawai.
  • Pembatasan ukuran lebar konten dalam beberapa artikel dan halaman sejenisnya (tidak termasuk halaman spesial atau halaman lain yang mengandung log) yang membuat membaca dan belajar menjadi semakin mudah. Untuk perincian mengenai perubahan ini, misalnya apa yang terjadi pada bagian kosong atau bagaimana pengaruhnya pada tabel yang besar, lihat pertanyaan umum ini.
  • Pemindahan dan peningkatan pencarian yang memungkinkan pencarian lebih cepat dan efektif (hasil pencarian menampilkan gambar dan deskripsi dari istilah yang ingin dicari).
  • Tombol bahasa yang terbuka yang membantu pengguna melihat pranala antarbahasa dan memungkinkan pengguna untuk lebih sering mengganti bahasa. Mengganti bahasa menjadi empat kali lebih cepat!
  • Menu pengguna tergabungkan yang membuatnya lebih mudah untuk memahami konteks pranala-pranala. Dan ini akan memungkinkan kita untuk membuat bagian kepala menjadi lengket (sticky) nantinya.

Kami akan mengirimkan fitur lebih banyak dalam bulan depan.

Bagaimana Anda dapat berpartisipasi?

  • [Komunitas] Apakah Anda setuju untuk mendapatkan perubahan ini?
  • Bagaimana kesan Anda? Apa yang Anda sukai? Perubahan apa yang Anda ingin lihat? Tanyakan hal ini di bawah, atau hubungi saya. Ada banyak hal yang bisa diperbaiki.
  • Langganan nawala.
  • Baca halaman proyek ini dan lihat pertanyaan yang sering ditanyakan.
  • [Teknis] Ikuti pesan-pesan kami mengenai gawai dan skrip. Kami memberikan dukungan untuk menjaga kompatibilitasnya.

Proyek yang saya kenalkan bernama Desktop Improvement, dikembangkan oleh tim WMF Web, dan nama saya adalah Szymon.

Terima kasih! (Translation by Rachmat04) SGrabarczuk (WMF) (bicara) 21 September 2021 12.10 (UTC)[balas]

Setuju Setuju. Tampilan terlihat lebih menarik dan fresh. Semoga dapat segera terlaksana. WillsonEP09💬 29 September 2021 12.01 (UTC)[balas]
Setuju Setuju. Saya mencoba fitur pembaruan ini dan langsung jatuh cinta karenanya. — Nohirara (hubungi saya) 30 September 2021 13.46 (UTC)[balas]
Seems a catchy look. 42.0.30.212 7 Oktober 2021 16.14 (UTC)[balas]
I have seen this change by myself beforehand, and it would be helpful if users are trying the same look to gather more opinion from them. ··· 🌸 Rachmat04 · 7 Oktober 2021 22.56 (UTC)[balas]
Demonya bisa dilihat dimana ya? Rtnf (bicara) 8 Oktober 2021 02.30 (UTC)[balas]
Wikipedia bahasa Prancis, Turki, Portugis, Persia, Ibrani... here's the full list. SGrabarczuk (WMF) (bicara) 8 Oktober 2021 12.57 (UTC)[balas]

Gambar dari Wikipedia Inggris[sunting sumber]

Sebelumnya Izin bertanya kepada teman-teman yang sudah paham terkait mekanisme penggunggahan gambar terutama yang dari Wikipedia English ke Wikipedia Indonesia. Apakah semua gambar dari Wikipedia English dapat langsung diupload ke Wikipedia Indonesia secara manual apabila gambar tersebut tidak terindeks di Wikipedia Indonesia?

Sebagai Contoh sebagai berikutː Gambar (Paulie a short film released on 2012 (Paulie file.png)) dari Wikipedia English dalam Artikel Short film (https://en.wikipedia.org/wiki/Short_film) tidak terindeks gambarnya di Wikipedia Indonesia dalam artikel Film pendek (https://id.wikipedia.org/wiki/Film_pendek), apakah saya coba upload manual saja atau bagaimana baiknya menurut pedomannya, terkait problem tersebut, terima kasih̴, salam hangat, serta sehat selalu AldianzaFatria (bicara) 25 September 2021 14.20 (UTC)[balas]

@AldianzaFatria: Sebelumnya saya ingin menginformasikan kalau saya telah memindahkan pertanyaan Anda ke sini. Jawabannya untuk pertanyaan Anda adalah bisa, asalkan tetap memperhatikan sumber, lisensi, dan ukuran gambar sebelum mengunggahnya ke WBI. Naufal Farrasbicara 25 September 2021 14.28 (UTC)[balas]
@NFarras: Oh ya, sekarang untuk diskusi hak cipta sudah dihadirkan di Wikipedia:Pertanyaan hak cipta media. Kalau misalnya berdiskusi tentang pertanyaan seputar hak cipta media di lain waktu, bisa ke sana. Nuwun, RaFaDa (arep ngopi lurr?) 25 September 2021 14.40 (UTC)[balas]
Baik, terima kasih infonya. Naufal Farrasbicara 25 September 2021 14.41 (UTC)[balas]
@NFarras:@RaFaDa20631: Baik, terima kasih banyak mas/mbak atas informasi dan bantuannya AldianzaFatria (bicara) 25 September 2021 15.14 (UTC)[balas]

Pengunduran Diri Sebagai Pengurus[sunting sumber]

Saya, @myifn izin mengundurkan diri sebagai pengurus Wikipedia Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan adanya kesibukan di dunia nyata, sehingga saya sulit sekali aktif di WBI. Mohon maaf kalau selama menjadi pengurus ada tindakan yang kurang baik. Sukses untuk semua pengurus dan pengguna lainnya. Terima kasih. Myifn (bicara) 26 September 2021 02.35 (UTC)[balas]

@Myifn: Terima kasih atas kontribusinya selama ini! ··· 🌸 Rachmat04 · 29 September 2021 03.30 (UTC)[balas]
Terima kasih atas pengepelan Anda selama ini, Bung Myifn! Semoga sehat dan sejahtera selalu. Salam, dwadieff 29 September 2021 08.12 (UTC)[balas]

Spam link artikel gunung[sunting sumber]

Ada pengguna yang suka masukin link ke website pribadi di semua artikel, terutama topik gunung. Mohon ditindaklanjuti. Nama penggunanya Pengguna:69farhan. 182.2.73.65 3 Oktober 2021 01.47 (UTC)[balas]

Terima kasih atas perhatian Anda. Nanti akan saya beri peringatan Azmi1995 (bicara) 3 Oktober 2021 23.30 (UTC)[balas]

Pendapat dan komentar Anda mengenai Rancangan Panduan Penegakan Kode Etik Universal masih diterima[sunting sumber]

Halo. Ini merupakan pengingat bahwa Rancangan Panduan Penegakan Kode Etik Universal masih menerima tinjauan dan komentar Anda. Komite Perumus akan mulai mengerjakan revisi dan pengembangan dari komentar komunitas dalam waktu kurang dari dua minggu (17 Oktober). Partisipasi Anda amat disambut baik!

Sekarang, tim kami sudah menyediakan versi pendek dan sederhana dari Rancangan Panduan Penegakan untuk memudahkan Anda mencerna dan memahaminya. Jika memungkinkan, harap bantu untuk menerjemahkannya ke dalam berbagai bahasa.

Kami juga akan menyelenggarakan sesi perbincangan terbuka terakhir pada tanggal 15 Oktober 2021, pukul 03:00 dan 14:00 UTC.

Mewakili Komite Perumus, kami ucapkan terima kasih bagi semua yang sudah berpartisipasi. Kami menunggu komentar dari Anda yang belum memberikannya; Rancangan Panduan Penegakan ini akan jauh lebih baik dengan pandangan yang Anda berikan.

Salam, RamzyM (WMF) 6 Oktober 2021 07.32 (UTC)[balas]

Ada pengguna yang hobi pasang foto selfie di artikel[sunting sumber]

Ada pengguna yang hobi masang fotonya sendiri di artikel ini, gimana tuh? Padahal fotonya udah bener yang lama.36.73.142.152 7 Oktober 2021 03.43 (UTC)[balas]

Beliau sudah diblokir untuk menyunting artikel tersebut. Gombang (bicara) 7 Oktober 2021 17.47 (UTC)[balas]

A/B test for New Discussion Tool[sunting sumber]

Hello. Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda.

The mw:Editing team is building the New Discussion tool. This new tool was requested during the mw:Talk pages consultation 2019. You can turn on "Perkakas diskusi" now at Special:Preferences#mw-prefsection-betafeatures. It changes the "Bagian baru" button. It makes "Bagian baru" work more like the [balas] button. It has both visual and wikitext source modes. It will add your signature automatically.

The Editing team wants to test the New Discussion tool. Your Wikipedia helped with the study about the balas tool. That study was useful and had clear, positive results. They ask you to help again with a new test. They want to learn whether the New Discussion tool works better, especially for new editors. In the test, they will turn on the New Discussion tool for half of editors. They will not change preferences for the other editors. You will still be able to turn it on or off yourself in Special:Preferences.

The test will run for several weeks. It will probably start in November 2021. The results will be posted at mw:Talk pages project/New discussion. The test results will help Wikipedia editors and the Editing team decide whether the tool should be turned on for everyone.

If your Wikipedia does not want to participate in this test, please contact me as soon as possible. Thank you. Whatamidoing (WMF) (bicara) 7 Oktober 2021 23.00 (UTC)[balas]

This is the same idea as Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)/Arsip/2020/12#A/B test for the Reply tool
This tool makes new ==Sections== instead of individual comments. Whatamidoing (WMF) (bicara) 7 Oktober 2021 23.01 (UTC)[balas]
No objection from me. ··· 🌸 Rachmat04 · 8 Oktober 2021 14.04 (UTC)[balas]

Pemilihan anggota Komite Perumus Piagam Gerakan telah dimulai[sunting sumber]

<languages/> Pemungutan suara untuk pemilihan anggota Komite Perumus Piagam Gerakan telah dimulai. Secara total, 70 Wikimedian dari seluruh dunia mencalonkan diri untuk mengisi 7 kursi dalam pemilihan ini. Pemungutan suara dibuka mulai dari 12 Oktober sampai dengan 24 Oktober 2021.

Komite akan terdiri dari total 15 anggota: komunitas daring mmemilih 7 anggota, 6 anggota akan dipilih oleh organisasi mitra Wikimedia melalui sebuah proses yang bersamaan, dan 2 anggota akan ditunjuk oleh Wikimedia Foundation. Komite rencananya akan sudah terbentuk pada 1 November 2021.

Salam hangat,

Kaarel Vaidla
Tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan, Wikimedia Foundation
12 Oktober 2021 10.43 (UTC)[balas]

Nawala Kode Etik Universal - Edisi 4[sunting sumber]

Nawala Kode Etik Universal
Edisi 4, Oktober 2021Baca nawala selengkapnya


Selamat datang di edisi keempat nawala Kode Etik Universal! Nawala ini mengabarkan para Wikimedian mengenai perkembangan terbaru dalam proses UCoC dan akan memuat berita, hasil penelitian, dan pemberitahuan mengenai kegiatan yang terkait dengan UCoC.

Jika Anda belum berlangganan dan ingin mendapatkan edisi terbaru dari nawala ini, silakan untuk berlangganan di sini. Anda juga dapat meninggalkan nama pengguna Anda di sini jika Anda bersedia untuk membantu menerjemahkan nawala ini di masa depan.

  • Tinjauan mengenai Rancangan Panduan Penegakan - Periode peninjauan Rancangan Panduan Penegakan Kode Etik Universal akan berakhir pada 17 Oktober 2021, menutup periode konsultasi yang telah berlangsung selama 2 bulan. (terus baca)
  • Forum diskusi virtual dan sesi perbincangan terbuka - Forum diskusi virtual mengenai penegakan UCoC telah berlangsung pada 18 September 2021. Sesi perbincangan terbuka terakhir akan diselenggarakan pada 15 Oktober 2021. (terus baca)
  • Pemilihan Komite Perumus Piagam Gerakan - Proses seleksi dan pemilihan anggota Komite Perumus Piagam Gerakan telah dimulai dan akan berlangsung sampai 25 Oktober 2021. Para Wikimedian dapat memberikan suara bagi calon yang menurut mereka patut terpilih ke komite tersebut. (terus baca)
  • Arah baru untuk nawala ini - Seiring berakhirnya proses konsultasi Kode Etik Universal, tim fasilitasi sedang merancang arah baru untuk nawala ini. (terus baca)
  • Blog Diff - Bacalah terbitan terbaru mengenai UCoC pada blog Diff Wikimedia. (terus baca)

RamzyM (WMF) 14 Oktober 2021 18.25 (UTC)[balas]

Hibah Pelaksanaan Strategi Gerakan telah dibuka[sunting sumber]

Periode pengajuan permohonan untuk Hibah Pelaksanaan Strategi Gerakan telah kembali dibuka. Program hibah ini akan dapat mendanai proyek yang akan memajukan prakarsa Strategi Gerakan tertentu, baik itu berukuran besar maupun kecil.

Pelajarilah program hibah ini secara lebih lanjut. Beritahu pula anggota komunitas lain untuk turut memajukan permohonan.

Salam, RamzyM (WMF) 21 Oktober 2021 10.25 (UTC)[balas]