Wikipedia:Artikel pilihan/Jadwal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bintang ini melambangkan artikel pilihan di Wikipedia.
Halaman utama Wikipedia memiliki bagian untuk menampilkan artikel pilihan (disingkat "AP"). Urutan artikel yang ditampilkan di sana diatur di halaman ini, yang berisi jadwal dan antrian artikel pilihan untuk ditampilkan. Penjadwalan dilakukan berdasarkan konsensus komunitas.

Anda dapat mengusulkan penjadwalan artikel pilihan di Wikipedia:Artikel pilihan/Jadwal/Usulan.

Untuk ditampilkan di halaman utama Wikipedia, artikel harus sudah mendapatkan status artikel pilihan dan memiliki paragraf dan gambar pembuka yang baik. Pengusulan untuk mendapatkan status artikel pilihan dilakukan di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan.

Setiap artikel pilihan akan ditampilkan selama 10 hari (1 dasahari). Dalam sebulan ada 3 AP dan dalam setahun ada 37 AP. (Penomoran AP dimulai dari 0)

Hapus singgahan

Gunakan templat JadwalAP untuk menambahkan slot penjadwalan.

AP 0 (1 Januari 2016—9 Januari 2016)
Blasius D'Souza, Genelia D'Souza, George Fernandes, dan Freida Pinto

Umat Katolik Mangalore adalah sebuah komunitas etno-religius Katolik Roma yang mengikuti Ritus Latin dari Keuskupan Mangalore (terletak di distrik Kanara Selatan) di pesisir barat daya Karnataka, India. Mereka adalah orang Konkani dan berbicara dalam bahasa Konkani. Meskipun berbagai pernyataan awal mengenai suatu identitas Katolik Mangalore yang berbeda bermula dari periode migrasi, namun perkembangan identitas budaya Katolik Mangalore baru timbul setelah masa pembuangan. Budaya umat Katolik Mangalore merupakan perpaduan antara budaya Mangalore dan Goa. Setelah migrasi, mereka mengadopsi beberapa aspek budaya Mangalore setempat, tetapi mempertahankan banyak tradisi dan kebiasaan mereka dari Goa; dan layaknya leluhur mereka dari Goa, budaya Katolik Mangalore modern dapat digambarkan secara tepat sebagai suatu budaya Indo-Latin yang disesuaikan dengan norma-norma Inggris. Diaspora Katolik Mangalore sebagian besar terkonsentrasi di negara-negara Arab di Teluk Persia dan Anglosfer. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Twinkle KhannaIrwan PrayitnoNjanji Soenji

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 1 (10 Januari 2016—19 Januari 2016)
Bachtiar Effendi, salah satu pemeran dari film Si Ronda

Si Ronda adalah film silat Hindia Belanda tahun 1930 yang disutradarai Lie Tek Swie dan dibintangi Bachtiar Effendi. Film ini mengisahkan seorang ahli bela diri bernama Si Ronda. Film ini tergolong film bisu dan sudah dianggap hilang dari peredaran. Alurnya diadaptasi dari drama panggung ternama di Batavia (sekarang Jakarta). Film ini kurang diliput media massa pada waktu itu. Film kedua yang diadaptasi dari cerita yang sama, Si Ronda Macan Betawi, dirilis tahun 1978. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Umat Katolik MangaloreTwinkle KhannaIrwan Prayitno

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 2 (20 Januari 2016—29 Januari 2016)
Boenga Roos Dari Tjikembang

Boenga Roos dari Tjikembang adalah novel berbahasa Melayu rendah tahun 1927 yang ditulis oleh Kwee Tek Hoay. Buku tujuh belas bab ini menceritakan seorang manajer perkebunan bernama Oh Aij Tjeng (EYD:Oh Aiy Ceng) yang harus meninggalkan nyai (pasangan tanpa hubungan pernikahan) tercintanya, Marsiti, sehingga ia bisa menikah. Delapan belas tahun kemudian setelah putri Aij Teng, Lily meninggal, calon anak-mertua Aij Tjeng, Bian Koen menemukan bahwa Marsiti memiliki seorang putri, Roosminah, yang sangat mirip dengan Lily. Bian Koen dan Roosminah lalu menikah. Terinspirasi oleh lirik lagu berbahasa Inggris "If Those Lips Could Only Speak" (bahasa Indonesia: "Jika Bibir Itu Dapat Berbicara") dan sandiwara "Impian di Tengah Musim" karya William Shakespeare, Boenga Roos Bahasa Dari Tjikembang awalnya ditulis sebagai cerita garis besar untuk grup drama panggung Union Dalia. Kwee mencampurkan beberapa bahasa lainnya, khususnya Belanda, Sunda, dan Inggris; ia memasukkan dua kutipan dari puisi bahasa Inggris dan satu lagi dari lagu bahasa Inggris. Novel ini telah ditafsirkan berbagai sebagai suatu promosi teosofi, sebuah risalah pada konsep reinkarnasi Buddhisme, panggilan untuk pendidikan, sebuah ode penghormatan untuk para nyai, dan kecaman terhadap bagaimana mereka diperlakukan kala itu. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Si RondaUmat Katolik MangaloreTwinkle Khanna

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 3 (30 Januari 2016—8 Februari 2016)
Harun Yahya

Harun Yahya adalah seorang penulis dan kreasionis Islam. Ia merupakan penentang teori evolusi, Darwinisme dianggapnya sebagai sumber terorisme. Ia menjalankan dua organisasi yang di dalamnya dia juga merupakan Presiden Kehormatan, yaitu Bilim Araştırma Vakfı atau BAV ("Yayasan Penelitian Sains", didirikan pada tahun 1990), yang bertujuan mempromosikan kreasionisme, serta Milli Değerleri Koruma Vakfı ("Yayasan Perlindungan Nilai Nasional", didirikan pada tahun 1995) yang bertujuan mempromosikan nasionalisme Turki. Dalam dua dekade terakhir, Adnan Oktar banyak terlibat dalam sejumlah kasus hukum, baik sebagai terdakwa maupun penggugat. Ia menganut kreasionisme Bumi lama. Ia adalah seorang anti-Zionis dan anti-Mason, yang dianggapnya sebagai dua gerakan yang saling terkait. Meskipun ia menolak tuduhan anti-Semit, dan mengklaim bahwa paham tersebut berakar pada kekafiran dan Darwinisme. Ia juga dianggap sebagai seorang penyangkal Holocaust, berdasarkan bukunya Soykırım Yalanı (Kebohongan Holocaust). Namun belakangan, dalam wawancara dengan The Guardian (2007) ia menyangkal telah menulis buku ini. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Boenga Roos dari TjikembangSi RondaUmat Katolik Mangalore

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 4 (9 Februari 2016—18 Februari 2016)
Pah Wongso pada 1938

Pah Wongso adalah seorang pekerja sosial terkenal pada masyarakat etnis Tionghoa di Hindia Belanda dan kemudian Indonesia. Menempuh pendidikan di Semarang dan Surabaya, Wongso memulai pekerjaan sosialnya pada awal 1930-an, menggunakan seni tradisional seperti wayang golek untuk mempromosikan monogami dan abstinensi. Pada 1938, ia mendirikan sebuah sekolah untuk orang miskin, dan mengumpulkan uang untuk Palang Merah untuk dikirimkan ke China. Pada akhir 1938, Wongso menggunakan sebuah yayasan pertahanan hukum, yang mengumpulkan uang untuk dirinya ketika ia dituduh dengan tuduhan pemerasan, dalam rangka untuk mendirikan sekolah lainnya; pendirian sekolah tersebut disusul dengan pendirian sebuah pusat pelatihan pekerja pada 1939. Pada 1941, Star Film merilis dua film yang dibintangi olehnya dan menampilkan namanya pada judul kedua film tersebut. Pada masa pendudukan Jepang di Hindia Belanda, Wongso dibawa ke serangkaian kamp konsentrasi di Asia Tenggara. Ia kembali ke Nusantara yang telah merdeka pada 1948, dan mengumpulkan sumbangan untuk Palang Merah dan menjalankan sebuah tempat pelatihan pekerja sampai kematiannya, pada 1974. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Harun YahyaBoenga Roos dari TjikembangSi Ronda

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 5 (19 Februari 2016—28 Februari 2016)
Pluto

Pluto adalah planet katai di sabuk Kuiper dan objek trans-Neptunus pertama yang ditemukan. Pluto merupakan planet katai terbesar dan bermassa terbesar kedua di Tata Surya dan benda terbesar kesembilan dan bermassa terbesar kesepuluh yang mengorbit Matahari secara langsung. Pluto merupakan objek trans-Neptunus dengan volume terbesar dan massa yang sedikit lebih kecil daripada Eris, planet katai di piringan tersebar. Layaknya objek lain di sabuk Kuiper, Pluto terdiri dari batu dan es dan relatif kecil—kurang lebih seperenam massa Bulan dan sepertiga volume Bulan. Pluto memiliki orbit eksentris dan miring dengan jarak 30 sampai 49 satuan astronomi (4,4–7,3 miliar km) dari Matahari. Ini berarti ada saatnya Pluto lebih dekat ke Matahari daripada Neptunus; resonansi orbit yang stabil dengan Neptunus membuat kedua planet ini tidak bertabrakan. Pada tahun 2014, Pluto berjarak 32,6 SA dari Matahari. Cahaya Matahari butuh waktu 5,5 jam untuk mencapai Pluto pada jarak rata-ratanya (39,4 SA). (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pah WongsoHarun YahyaBoenga Roos dari Tjikembang

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 6 (29 Februari 2016—9 Maret 2016)
Kerusakan yang diakibatkan oleh pengeboman Sekutu

Pengeboman Singapura (1944–45) adalah kampanye militer yang dilakukan oleh angkatan udara Sekutu selama Perang Dunia II. Unit pembom jarak jauh Pasukan Udara Angkatan Darat Amerika Serikat melakukan 11 serangan udara kepada Singapura yang diduduki Jepang antara November 1944 dan Maret 1945. Sebagian besar serangan ini menargetkan pangkalan angkatan laut dan fasilitas galangan di pulau tersebut. Misi peletakan ranjau juga dilakukan di perairan sekitar. Setelah pengebom Amerika dipindahkan, Angkatan Udara Britania Raya mengambil tanggung jawab atas operasi peletakan ranjau di sekitar Singapura. Hal ini berlanjut hingga 24 Mei 1945. Sementara kerusakan signifikan dihasilkan kepada pangkalan angkatan laut dan pelabuhan komersial penting Singapura, beberapa serangan pada target ini tidak sukses dan serangan lain pada fasilitas penyimpanan minyak di kepulauan sekitar Singapura tidak efektif. Kampanye peletakan ranjau mengganggu pelayaran Jepang di area Singapura tersebut dan menyebabkan mereka kehilangan tiga kapal dan kerusakan terhadap sepuluh lainnya, tetapi tidak decisive. Jumlah keseluruhan korban sipil dari pengeboman sedikit, meskipun beberapa pekerja sipil tewas selama serangan pada fasilitas militer; satu serangan menyebabkan ratusan orang tidak memiliki tempat tinggal. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: PlutoPah WongsoHarun Yahya

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 7 (10 Maret 2016—19 Maret 2016)
Penaklukan Maria Riggersbergen, 18 Oktober 1806, Thomas Whitcombe, 1817

Kampanye Jawa 1806–07 adalah sebuah kampanye kecil pada Peperangan era Napoleon oleh pasukan Angkatan Laut Inggris melawan pasukan angkatan laut Kerajaan Belanda, sebuah negara klien dari Kekaisaran Perancis, yang berbasis di pulau Jawa, Hindia Belanda. Bertujuan menghilangkan segala macam ancaman terhadap konvoi dagang Inggris yang berlayar melalui Selat Malaka, Laksamana Muda Sir Edward Pellew yakin bahwa pada awal 1806 bahwa angkatan laut Belanda yang berbasis di Jawa, yang meliputi beberapa ship of the line dan tiga fregat, harus dikalahkan demi meyakinkan kekuasaan Inggris pada daerah tersebut. Kurangnya angkatan bersenjata demi membuat dampak penyerangan ke koloni Belanda, Pellew malah bertujuan untuk mengisolasi dan memblokade pasukan Belanda yang berbasis di Batavia dalam persiapan penyerbuan secara khusus yang menyasar ke kapal Belanda dengan angkatan bersenjata utamanya. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pengeboman Singapura (1944–45)PlutoPah Wongso

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 8 (20 Maret 2016—29 Maret 2016)
Taman Makam Xu Guangqi

Taman Makam Xu Guangqi adalah sebuah makam milik Xu Guangqi, pejabat di dinasti Ming akhir di Tiongkok, peneliti, serta pemimpin penganut agama Katolik, beserta keluarga. Makam ini terletak di Taman Guangqi, daerah Xujiahui, Shanghai, Tiongkok; luasnya 3,000 meter persegi, tinggi 2,2 meter, berbentuk oval. Di sekelilingnya dibangun dinding granit, dan di atasnya ditumbuhi rumput hijau. Di bagian depan makam ditanami pohon-pohon cendana, cedar, serta oleander. Di depan makam terdapat nisan yang bertuliskan lima karakter Han (徐光启之暮), yang berarti "Makam Xu Guangqi", ditulis pribadi oleh Su Buqing. Di kiri-kanan makam terdapat bangku batu, di depannya terdapat dua ekor patung kuda batu dari dinasti Qing serta domba, gajah, dan anjing batu masing-masing sepasang dan sebuah salib besar. Di bagian timur makam terdapat sebuah teras untuk beristirahat, di dalamnya terdapat prasasti berbentuk buku 12 buah, yang berisi gambar-gambar Xu Guangqi, koleksi catatan sejarah dari Dinasti Ming akhir dan Qing awal, "Catatan Xu Guangqi", manuskrip yang ditulis sendiri oleh Xu, "Menelisik Elements karya Euclid", serta tulisan pribadi dan surat-surat, serta puisi dinasti Tang oleh Li Qi. Di depan makam terdapat sebuah prasasti, 3 pasang di depan 4 pilar, yang berbaca: "Makam Ilmuwan Besar Dinasti Ming, Pengajar Kepada Pangeran, Menteri Ritus serta Ilmuwan Sekolah Wenyuan'ge". (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kampanye Jawa 1806–07Pengeboman Singapura (1944–45)Pluto

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 9 (30 Maret 2016—8 April 2016)
Patung perunggu Lê Văn Duyệt di makamnya.

Lê Văn Duyệt adalah seorang jenderal Vietnam yang membantu Nguyễn Ánh —kelak Kaisar Gia Long— meredakan pemberontakan Tây Sơn, menyatukan Vietnam dan mendirikan dinasti Nguyễn. Setelah Nguyễn berkuasa pada tahun 1802, Duyệt menjadi seorang mandarin berpangkat tinggi yang menjabat dalam pemerintahan dua kaisar Nguyễn yang pertama, yakni Gia Long dan Minh Mạng. Terlahir dalam suatu keluarga petani di dekat Tiền Giang, Duyệt kemudian bergabung dengan Pangeran Nguyễn Ánh dalam memerangi pemberontakan Tây Sơn. Pemerintahannya sangat stabil dan membantu perkembangan wilayah Vietnam selatan, mengubahnya menjadi sebuah daerah yang damai dan makmur. Selain itu, Duyệt menentang naik takhtanya Kaisar Minh Mạng serta membela misionaris dan umat Kristen dari kebijakan-kebijakan Konfusian dan isolasionis sang kaisar. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 10 (9 April 2016—18 April 2016)

Joehana adalah sastrawan Hindia Belanda (sekarang Indonesia) berdarah Sunda yang menulis karya-karyanya dalam Bahasa Sunda. Ia bekerja di perusahaan kereta api sebelum menjadi seorang pengarang pada 1923, dan semasa hidup memiliki pemahaman dalam bidang kesejahteraan sosial; pemahaman ini mempengaruhi novel-novelnya. Ia juga merupakan seorang penerjemah, pembuat drama, dan wartawan yang produktif, dan mengoperasikan sebuah perusahaan yang ditujukan untuk pelayanan penulisan. Pada tujuh tahun masa aktifnya, Joehana menulis sejumlah cerita dan artikel, serta beberapa novel. Secara khusus, Joehana diklasifikasikan sebagai seorang realis yang menggunakan nama-nama tempat dan produk yang sebenarnya dalam karyanya, serta umumnya menggunakan penulisan Sunda dalam novel-novelnya. Meskipun karya-karya Joehana diterbitkan secara independen, karya-karya tersebut terkenal di wilayah Bandung dimana karya-karya tersebut diterbitkan. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 11 (19 April 2016—28 April 2016)
Hitler pada tahun 1933

Adolf Hitler adalah seorang politisi Jerman dan ketua Partai Nazi (bahasa Jerman: Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP); Partai Pekerja Jerman Sosialis Nasional) kelahiran Austria. Ia menjabat sebagai Kanselir Jerman sejak 1933 sampai 1945 dan diktator Jerman Nazi (bergelar Führer und Reichskanzler) mulai tahun 1934 sampai 1945. Hitler menjadi tokoh utama Jerman Nazi, Perang Dunia II di Eropa, dan Holocaust. Tujuan Hitler adalah mendirikan Orde Baru hegemoni Jerman Nazi yang absolut di daratan Eropa. Sampai saat itu, kebijakan luar dan dalam negerinya bertujuan mencapai Lebensraum ("ruang hidup") bagi kaum Jermanik. Ia memerintahkan Jerman dipersenjatai kembali dan Wehrmacht menginvasi Polandia pada bulan September 1939, menyebabkan pecahnya Perang Dunia II di Eropa. Di bawah pemerintahan Hitler, pada tahun 1941 pasukan Jerman dan sekutu Eropanya menduduki sebagian besar Eropa dan Afrika Utara. Tahun 1943, Jerman terpaksa bertahan diri dan mengalami serangkaian kekalahan dalam pertempuran. Pada hari-hari terakhir perang, saat Pertempuran Berlin berlangsung tahun 1945, Hitler menikahi kekasih lamanya, Eva Braun. Tanggal 30 April 1945, kurang dari dua hari kemudian, keduanya bunuh diri agar tidak ditangkap Angkatan Darat Merah, lalu mayat mereka dibakar. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: JoehanaLê Văn DuyệtTaman Makam Xu Guangqi

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 12 (29 April 2016—8 Mei 2016)
Ba Cụt

Ba Cụt adalah komandan militer sekte keagamaan Hòa Hảo, yang beroperasi dari Delta Mekong dan menguasai beberapa daerah Vietnam bagian selatan dari 1940-an hingga awal 1950-an. Ba Cụt dan pasukannya melawan Angkatan Darat Nasional Vietnam (bahasa Inggris: Vietnamese National Army, disingkat VNA), Việt Minh, dan gerakan keagamaan Cao Đài dari 1943 hingga penangkapannya pada 1956. Dikenal atas idiosyncrasies-nya, dia dianggap sebagai pemimpin yang mudah berubah pikiran dan kejam yang bertarung dengan tujuan ideologis yang sedikit. Julukannya diambil dari jari telunjuk kirinya yang dia potong sendiri (meskipun ada laporan yang keliru bahwa itu jari tengah atau "third cut finger"). Dia kemudian bersumpah untuk tidak mencukur rambutnya hingga komunis Việt Minh dapat dikalahkan. Ba Cụt sesekali beraliansi dengan berbagai macam faksi Vietnam dan Perancis. Dia selalu menerima dukungan materi yang ditawarkan sebagai imbalan untuk kerja samanya, meskipun kemudian membatalkannya, Perancis berurusan dengannya pada lima kesempatan. Pada pertengahan 1955, kesukaran menghampiri berbagai sekte, ketika Perdana Menteri Ngô Đình Diệm dari Negara Vietnam dan VNA dia mulai mengkonsolidasikan cengkeraman mereka di selatan. Ba Cụt dan sekutunya terdesak ke hutan belantara, dan posisi mereka terancam oleh serangan pemerintah. Setelah hampir setahun bertempur, Ba Cụt tertangkap. Dia dihukum mati dan dipenggal di depan umum di Cần Thơ. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Adolf HitlerJoehanaLê Văn Duyệt

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 13 (9 Mei 2016—18 Mei 2016)
Dua Badak Sumatera

Badak sumatera adalah badak terkecil dari lima spesies badak yang masih ada. Spesies ini pernah menghuni hutan hujan, rawa, dan hutan pegunungan di India, Bhutan, Bangladesh, Myanmar, Laos, Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Tiongkok. Mereka sekarang terancam punah, dengan hanya enam populasi yang cukup besar di alam liar: empat di Sumatera, satu di Kalimantan, dan satu di Semenanjung Malaysia. Jumlah badak sumatera sulit ditentukan karena mereka adalah hewan penyendiri yang tersebar secara luas, tetapi dapat diperkirakan kalau jumlahnya kurang dari 100 ekor. Cula badak pernah diyakini penggunaannya secara luas sebagai afrodisiak; walaupun pada kenyataannya pengobatan tradisional Tionghoa tidak pernah menggunakannya untuk tujuan ini. Layaknya spesies Afrika, badak ini memiliki dua cula. Yang ukurannya lebih besar adalah cula hidung, biasanya hanya sepanjang 15–25 cm, namun ada spesimen yang tercatat berukuran 81 cm. Rambutnya dapat saja lebat ataupun jarang, dan biasanya berwarna coklat kemerahan. Mereka merupakan spesies badak yang paling vokal dan juga berkomunikasi dengan cara menandai tanah dengan kakinya, memelintir pohon kecil hingga membentuk pola, dan meninggalkan kotorannya. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Ba CụtAdolf HitlerJoehana

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 14 (19 Mei 2016—28 Mei 2016)
Bonshō

Bonshō adalah lonceng besar yang ditemukan di kuil-kuil Buddha di seluruh Jepang, yang digunakan untuk memanggil para biksu untuk berdoa dan menandai batas periode waktu. Bonshō (contoh gambar di Ryōan-ji) dibunyikan dengan cara dipukul di bagian luar menggunakan pemukul yang digenggam atau digantung pada tali. Lonceng tersebut biasanya terbuat dari perunggu, menggunakan salah satu metode pengecoran dengan cetakan sekali pakai. Lonceng ditambahkan dan dihiasi dengan berbagai bentuk tonjolan, pita, dan inskripsi. Bonshō tertua di Jepang diperkirakan berasal dari tahun 600 M. Desainnya yang umum mirip dengan lonceng Tiongkok dan menampilkan fitur-fitur seperti yang terlihat pada lonceng-lonceng Tiongkok kuno. Bunyi bonshō dapat terdengar hingga jarak yang cukup jauh, sehingga digunakan sebagai penanda, penunjuk waktu, dan alarm. Selain itu, suara lonceng tersebut memiliki karakter supranatural, antara lain suara tersebut dipercaya dapat didengar di dunia bawah tanah. Bonshō berperan penting dalam upacara-upacara Buddhis, khususnya festival tahun baru dan Obon. Sepanjang sejarah Jepang, lonceng tersebut dikaitkan dengan cerita-cerita dan legenda-legenda, baik fiksi, seperti lonceng Benkei dari Mii-dera, maupun sejarah, seperti lonceng Hōkō-ji. Pada masa modern, bonshō menjadi lambang perdamaian dunia. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Badak sumateraBa CụtAdolf Hitler

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 15 (29 Mei 2016—7 Juni 2016)
Istanbul

Istanbul, yang dalam sejarah juga dikenal sebagai Konstantinopel dan Bizantium, adalah kota terpadat di Turki yang menjadi pusat perekonomian, budaya, dan sejarah negara tersebut. Istanbul merupakan kota lintas benua di Eurasia yang membentang melintasi Selat Bosporus di antara Laut Marmara dan Laut Hitam. Pusat perdagangan dan sejarahnya terletak di sisi Eropa, sementara sekitar sepertiga penduduknya tinggal di sisi Asia. Kota ini merupakan pusat pemerintahan dari Munisipalitas Metropolitan Istanbul (berbatasan dengan Provinsi Istanbul); keduanya memiliki keseluruhan populasi sekitar 14 juta penduduk. Istanbul merupakan salah satu kota yang paling padat penduduknya di dunia, menempati peringkat 6 terbesar di dunia menurut populasi dalam batas kota, dan merupakan kota terbesar di Eropa. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: BonshōBadak sumateraBa Cụt

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 16 (8 Juni 2016—17 Juni 2016)
Searah jarum jam dari kiri atas: Pasukan Tiongkok pada Pertempuran Wanjialing, Meriam 25-pounder Australia pada Pertempuran El Alamein Pertama, pesawat pengebom Stuka Jerman di Front Timur musim dingin 1943–1944, pasukan AL Amerika Serikat di Teluk Lingayen, Wilhelm Keitel menandatangani Instrumen Penyerahan Diri Jerman, tentara Soviet pada Pertempuran Stalingrad

Perang Dunia II adalah sebuah perang global yang berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945. Perang ini melibatkan banyak sekali negara di dunia —termasuk semua kekuatan besar—yang pada akhirnya membentuk dua aliansi militer yang saling bertentangan: Sekutu dan Poros. Perang ini merupakan perang terluas dalam sejarah yang melibatkan lebih dari 100 juta orang di berbagai pasukan militer. Dalam keadaan "perang total", negara-negara besar memaksimalkan seluruh kemampuan ekonomi, industri, dan ilmiahnya untuk keperluan perang, sehingga menghapus perbedaan antara sumber daya sipil dan militer. Ditandai oleh sejumlah peristiwa penting yang melibatkan kematian massal warga sipil, termasuk Holocaust dan pemakaian senjata nuklir dalam peperangan, perang ini memakan korban jiwa sebanyak 50 juta sampai 70 juta jiwa. Jumlah kematian ini menjadikan Perang Dunia II konflik paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: IstanbulBonshōBadak sumatera

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 17 (18 Juni 2016—27 Juni 2016)
Kaisar Xuanzong dari Tang

Dinasti Tang adalah salah satu dinasti Tiongkok yang menggantikan Dinasti Sui dan mendahului periode Lima Dinasti dan Sepuluh Kerajaan. Dinasti ini didirikan oleh keluarga Li (李), yang mengambil alih kekuasaan pada masa kemunduran dan keruntuhan Sui. Keberlangsungan dinasti ini sempat terganggu saat Maharani Wu Zetian mengambil alih tahta dan memproklamirkan berdirinya dinasti Zhou Kedua (690–705), dan menjadi satu-satunya kaisar perempuan dalam sejarah Tiongkok. Dinasti Tang, dengan ibukota di Chang'an (kini Xi'an) yang saat itu merupakan kota terpadat di dunia, dianggap sebagai salah satu titik tertinggi dalam sejarah Tiongkok: sebuah zaman keemasan budaya kosmopolitan. Luas wilayahnya, yang diperoleh melalui kampanye militer penguasa-penguasa awalnya, menyaingi luas dinasti Han. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Perang Dunia IIIstanbulBonshō

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 18 (28 Juni 2016—7 Juli 2016)
Oriental Film

Oriental Film adalah rumah produksi film yang terletak di Batavia, Hindia Belanda (sekarang Jakarta, Indonesia). Didirikan oleh pebisnis Tionghoa Tjo Seng Han tahun 1940, rumah produksi ini menyelesaikan empat film hitam putih sebelum ditutup tahun 1941; semuanya ditayangkan sampai pertengahan 1940-an namun salinannya sekarang diduga hilang. Film-film buatan Oriental disutradarai oleh dua orang, Njoo Cheong Seng dan Sutan Usman Karim, dan mengangkat nama-nama aktor seperti Dhalia dan Soerip. Oriental Film didirikan saat kebangkitan industri perfilman Hindia Belanda. Film pertamanya, Kris Mataram, dirilis bulan Juli 1940. Film yang dibintangi Fifi Young (istri Njoo) ini sangat bergantung pada ketenaran Young sebagai aktris panggung agar bisa menarik penonton. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Dinasti TangPerang Dunia IIIstanbul

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 19 (8 Juli 2016—17 Juli 2016)
Tabel unsur-unsur periodik

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron, dan keberulangan sifat kimia. Tabel juga terbagi menjadi empat blok: blok -s, -p, -d, dan -f. Secara umum, dalam satu periode (baris), di sebelah kiri bersifat logam, dan di sebelah kanan bersifat non-logam. Baris pada tabel disebut periode, sedangkan kolom disebut golongan. Enam golongan (kolom) mempunyai nama selain nomor: contoh, unsur golongan 17 adalah halogen, dan golongan 18 adalah gas mulia. Tabel periodik dapat digunakan untuk menurunkan hubungan antara sifat-sifat unsur, dan memperkirakan sifat unsur baru yang belum ditemukan atau disintesis. Tabel periodik memberikan kerangka kerja untuk melakukan analisis perilaku kimia, dan banyak digunakan dalam bidang kimia dan ilmu lainnya. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Oriental FilmDinasti TangPerang Dunia II

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 20 (18 Juli 2016—27 Juli 2016)
Mandela pada tashun 2008

Nelson Mandela adalah seorang revolusioner anti-apartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999. Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras. Pemerintahannya berfokus pada penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial. Selaku nasionalis Afrika dan sosialis demokratik, ia menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1991 sampai 1997. Selain itu, Mandela pernah menjadi Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok pada 1998 sampai 1999. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Tabel periodikOriental FilmDinasti Tang

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 21 (28 Juli 2016—6 Agustus 2016)
Presiden Cristina Fernández de Kirchner di tempat ledakan tersebut

Sebuah ledakan gas di wilayah pemukiman Rosario, kota terbesar ketiga di Argentina, terjadi pada 6 Agustus 2013. Peristiwa tersebut disebabkan oleh sebuah kebocoran gas yang besar; sebuah bangunan yang ada didekatnya runtuh, dan bangunan yang lainnya mengalami kerusakan struktur yang tinggi. Dua puluh dua orang tewas, dan enam puluh orang luka-luka. Beberapa organisasi membantu mengamankan wilayah tersebut serta mencari korban selamat dan membantu orang-orang yang kehilangan tempat tinggal mereka. Terdakwa utamanya adalah Litoral Gas (penyedia gas alam untuk Rosario) dan seorang karyawan yang melalaikan kerja utamanya di bangunan tersebut pada hari itu. Presiden Cristina Fernández de Kirchner, yang pada saat itu kembali dari sebuah kunjungan diplomatik dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa, mengunjungi tempat ledakan tersebut, dan kebanyakan kandidat untuk pemilihan primer 2013 menunda kampanye politik mereka. Paus Fransiskus mengirim sebuah surat bela sungkawa kepada Uskup Agung José Luis Mollaghan dari Rosario, dan surat tersebut dibacakan pada saat sebuah misa dan prosesi untuk Santo Cajetan di Plaza 25 de Mayo. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Nelson MandelaTabel periodikOriental Film

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 22 (7 Agustus 2016—16 Agustus 2016)
Awan jamur bom atom di langit Hiroshima (kiri) dan Nagasaki (kanan)

Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, pada bulan Agustus 1945, tahap akhir Perang Dunia Kedua. Dua operasi pengeboman yang menewaskan sedikitnya 129.000 jiwa ini merupakan penggunaan senjata nuklir masa perang untuk pertama dan terakhir kalinya dalam sejarah. Tanggal 6 Agustus, A.S. menjatuhkan bom atom uranium jenis bedil (Little Boy) di Hiroshima. Tiga hari kemudian, pada tanggal 9 Agustus, A.S. menjatuhkan bom plutonium jenis implosi (Fat Man) di Nagasaki. Dalam kurun dua sampai empat bulan pertama setelah pengeboman terjadi, dampaknya menewaskan 90.000–146.000 orang di Hiroshima dan 39.000–80.000 di Nagasaki; kurang lebih separuh korban di setiap kota tewas pada hari pertama. Pada bulan-bulan seterusnya, banyak orang yang tewas karena efek luka bakar, penyakit radiasi, dan cedera lain disertai sakit dan kekurangan gizi. Di dua kota tersebut, sebagian besar korban tewas merupakan warga sipil meskipun terdapat garnisun militer besar di Hiroshima. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Ledakan gas Rosario 2013Nelson MandelaTabel periodik

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 23 (17 Agustus 2016—26 Agustus 2016)
Yasser Arafat berpidato di World Economic Forum pada 2001

Yasser Arafat adalah seorang negarawan Palestina. Ia merupakan Ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Presiden Otoritas Nasional Palestina (PNA), pemimpin partai politik dan mantan pasukan milisi Fatah, yang ia dirikan pada tahun 1959. Arafat menghabiskan sebagian besar hidupnya menentang Israel atas nama hak penentuan nasib rakyat Palestina. Awalnya bersikap menentang keberadaan Israel, dia mengubah sikapnya pada tahun 1988 ketika menerima Resolusi 242 Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Arafat dan gerakannya beroperasi dari beberapa negara Arab. Pada akhir 1960an hingga awal 1970an, Fatah berhadapan dengan Yordania dalam sebuah perang sipil. Diusir keluar dari Yordania dan terpaksa mengungsi ke Lebanon, Arafat dan Fatah merupakan target utama invasi militer Israel atas negara tersebut pada tahun 1978 dan 1982. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 24 (27 Agustus 2016—5 September 2016)
Halobacteria sp. strain NRC-1

Arkea merupakan satu domain atau kerajaan mikroorganisme bersel satu. Mikroba-mikroba ini adalah prokariota, berarti mereka tidak memiliki inti sel atau organel dibatasi-membran lainnya di dalam selnya. Sel arkea memiliki sifat unik yang memisahkan mereka dari dua domain lain dari kehidupan, Bacteria dan Eukaryota. Arkea dibagi lagi menjadi beberapa filum yang diakui. Klasifikasi sulit karena mayoritas belum diteliti di laboratorium dan hanya terdeteksi oleh analisis asam nukleat mereka dalam sampel dari lingkungan mereka. Arkea awalnya dipandang sebagai ekstremofil yang tinggal di lingkungan yang keras, seperti mata air panas dan danau garam, tetapi mereka telah ditemukan di berbagai habitat, termasuk tanah, lautan, rawa dan usus besar manusia, rongga mulut, dan kulit. Arkea sangat banyak di lautan, dan arkea di plankton mungkin salah satu kelompok organisme yang paling banyak di planet ini. Arkea adalah bagian utama dari kehidupan bumi dan mungkin memainkan peran dalam siklus karbon dan siklus nitrogen. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 25 (6 September 2016—15 September 2016)
Prasads IMAX

Sinema Telugu adalah sebuah bagian dari sinema India yang memproduksi film-film dalam bahasa Telugu, dan berpusat di negara bagian India Andhra Pradesh dan Telangana, sebagian besar di wilayah Hyderabad Film Nagar. Sejak 1909, pembuat film Raghupathi Venkaiah Naidu terlibat dalam beberapa aspek dari sejarah sinema India, seperti memproduksi film-film pendek dan berkunjung ke wilayah-wilayah yang berbeda di Asia untuk mempromosikan karya film. Pada 1921, ia memproduksi film bisu Telugu pertama, Bhishma Pratigna. Ia dijuluki sebagai bapak sinema Telugu. Pada 1933, Perusahaan Film India Timur memproduksi film India pertamanya, Savitri, dalam bahasa Telugu. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: ArkeaYasser ArafatPengeboman atom Hiroshima dan Nagasaki

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 26 (16 September 2016—25 September 2016)
Bendera Kekaisaran Brasil Kedua

Kekaisaran Brasil adalah sebuah negara yang berdiri pada abad ke-19 dan meliputi wilayah yang kini merupakan bagian dari Brasil dan Uruguay. Negara ini merupakan monarki konstitusional parlementer representatif yang dipimpin oleh Kaisar Dom Pedro I dan putranya, Dom Pedro II. Pada 7 September 1822, Pedro menyatakan kemerdekaan Brasil dan ia diangkat menjadi Kaisar Brasil pertama pada tanggal 12 Oktober setelah berhasil memenangkan perang melawan Portugal. Negara baru ini sangat besar, tetapi berpenduduk jarang dan memiliki keanekaragaman etnis. Walaupun berperan penting dalam memerdekakan Brasil, Pedro menjadi Raja Portugal pada tahun 1826. Karena merasa tidak mampu mengurus masalah Brasil dan Portugal secara bersamaan, Pedro I mengundurkan diri dari jabatan Kaisar Brasil pada tanggal 7 April 1831 dan kemudian langsung berangkat ke Eropa untuk mengembalikan putrinya ke tahta. Penerus Pedro I adalah putranya yang masih berumur lima tahun, Pedro II. Walaupun mewarisi negara yang berada di ambang kehancuran, setelah dewasa Pedro II berhasil membawa perdamaian dan kestabilan, serta membuat Brasil menjadi kekuatan internasional baru. Seiring bertambahnya umur Pedro, ia tidak mencoba mempertahankan institusi monarki. Karena ia tidak memiliki keturunan yang layak menjadi penerus. Meskipun sebagian besar orang Brasil tidak antusias dalam menerima bentuk pemerintahan republikan, pada tanggal 15 November 1889, setelah berkuasa selama 58 tahun, Pedro II dijatuhkan oleh kudeta yang hanya didukung oleh pemimpin-pemimpin militer yang bermaksud untuk mendirikan sebuah republik yang dikepalai oleh seorang diktator. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Sinema TeluguArkeaYasser Arafat

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 27 (26 September 2016—5 Oktober 2016)

Saint Young Men merupakan serial manga Jepang yang ditulis dan digambar oleh Hikaru Nakamura. Alurnya mengisahkan tentang Yesus Kristus dan Buddha Gautama, yang tinggal sebagai teman sekamar dalam sebuah apartemen di Tokyo. Manga tersebut diserialisasikan oleh Kodansha dalam majalah manga seinen bulanan Morning 2 sejak September 2006, dengan bab-bab yang dikumpulkan dalam dua belas tankōbon. A-1 Pictures mengadaptasi serial manga tersebut ke dalam dua DVD animasi asli dan sebuah film anime yang dirilis pada 10 Mei 2013. Di Jepang, manga Saint Young Men terjual lebih dari 10 juta salinan. Manga ini memperoleh Penghargaan Kebudayaan Osamu Tezuka dan masuk sebagai nominasi pada Festival Komik Internasional Angoulême. Adaptasi filmnya memperoleh sambutan baik dari publik Jepang. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kekaisaran BrasilSinema TeluguArkea

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 28 (6 Oktober 2016—15 Oktober 2016)
Lambertia Formosa

Lambertia formosa, biasanya dikenal sebagai iblis gunung, adalah jenis semak dari keluarga Proteaceae, tanaman endemik New South Wales, Australia. Pertama kali dideskripsikan pada tahun 1798 oleh ahli botani Inggris James Edward Smith, sebagai spesies jenis dari genus Lambertia. Umumnya ditemukan di pedalaman atau hutan terbuka, tumbuh di tanah batu berpasir. Tanaman ini tumbuh sebagai semak bertangkai banyak hingga setinggi 2 m (7 kaki) dengan bagian dasar disebut lignotuber, bagian tempat ia akan tumbuh kembali setelah mengalami kebakaran. Tanaman ini memiliki daun kecil yang kaku dan berwarna merah muda hingga merah pada bagian kepala bunga, terdiri atas tujuh bunga individu berbentuk tabung, dan umumnya tumbuh di musim semi dan musim panas. Ia memperoleh nama umum dari tanaman kayu berduri folikel yang umum digunakan untuk membuat boneka iblis mainan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Saint Young MenKekaisaran BrasilSinema Telugu

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 29 (16 Oktober 2016—25 Oktober 2016)
Suara Berbisa

Soeara Berbisa adalah film Hindia Belanda tahun 1941. Film ini diproduseri Ang Hock Liem untuk Union Films dan disutradarai R Hu. Film hitam putih ini dibintangi Raden Soekarno, Ratna Djoewita, Oedjang, dan Soehaena. Alur kisahnya, yang ditulis Djojopranoto, mengisahkan dua pemuda yang memperebutkan hati seorang wanita sebelum mengetahui bahwa mereka berdua adalah saudara yang terpisah lama. Selesai diproduksi antara September dan Oktober 1942, Soeara Berbisa menampilkan musik keroncong dan sebagian adegannya direkam di Jawa Barat. Film ini dirilis bertepatan dengan Idul Fitri dan ditujukan kepada semua kalangan. Iklannya menekankan bahwa film ini dapat ditonton oleh kaum pribumi dan Belanda. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Lambertia formosaSaint Young MenKekaisaran Brasil

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 30 (26 Oktober 2016—4 November 2016)
Harta Berdarah

Harta Berdarah adalah film aksi Hindia Belanda (sekarang Indonesia) tahun 1940. Film ini disutradarai Rd Ariffien dan R Hu untuk Union Films, dan ditulis oleh Saeroen. Film ini dibuat untuk menarik perhatian penonton pribumi yang berpendidikan. Film yang dibintangi Zonder dan Soelastri ini bercerita tentang seorang pemuda yang meyakinkan seorang haji yang kikir agar lebih dermawan, dan seiring waktu ia jatuh cinta dengan putri sang haji. Harta Berdarah dirilis saat Idul Fitri dan diiklankan sebagai "film aksi Indonesia yang menakjubkan". Untuk membuat takjub penonton, film in iemmanfaatkan kemampuan silat Zonder dan ketenaran Soelastri sebagai penyanyi keroncong. Ulasan filmnya positif; banyak yang memuji pemeranan dan alur ceritanya. Meski Harta Berdarah ditayangkan pada 1944, film ini kemungkinan hilang sebagaimana film-film kontemporer waktu itu. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Soeara BerbisaLambertia formosaSaint Young Men

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 31 (5 November 2016—14 November 2016)

Pong Tiku adalah pemimpin dan gerilyawan Toraja yang beroperasi di Sulawesi selatan, sekarang bagian dari Indonesia. Tiku adalah putra penguasa Pangala'. Setelah Tiku menduduki kerajaan Baruppu', ia menjadi raja, lalu menguasai Pangala' setelah ayahnya meninggal dunia. Lewat perdagangan kopi dan persekutuan dengan suku Bugis di dataran rendah, Tiku mendapatkan kekayaan, tanah, dan kekuasaan yang besar. Semasa Perang Kopi (1889–1890), kota Tondon diserang oleh penguasa lain, namun direbut kembali pada hari yang sama. Ketika pasukan Belanda menyerbu Sulawesi pada awal 1900-an, Tiku dan pasukannya melancarkan serangan dari benteng. Ia ditangkap pada bulan Oktober 1906. Bulan Januari 1907, ia kabur dan menjadi buronan sampai Juni tahun itu. Ia dieksekusi mati beberapa hari setelah tertangkap. Tiku merupakan pemimpin pemberontakan terlama di Sulawesi. Gubernur Jenderal J. B. van Heutsz menganggap Tiku sebagai ancaman bagi kestabilan pemerintahan Belanda di kawasan itu. Van Heutsz mengutus Gubernur Sulawesi untuk memimpin penangkapannya. Sejak kematiannya, Tiku menjadi simbol pemberontakan Toraja. Ia diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada tahun 2002. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Harta BerdarahSoeara BerbisaLambertia formosa

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 32 (15 November 2016—24 November 2016)

Sang Penari merupakan film drama Indonesia yang dirilis pada 10 November 2011 yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah serta dibintangi oleh Prisia Nasution dan Oka Antara sebagai pemeran utama, serta Slamet Rahardjo, Dewi Irawan dan Hendro Djarot sebagai pemeran pendukung. Film ini diadaptasi dari novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk tahun 1982 karya Ahmad Tohari, penulis asal Banyumas, Jawa Tengah. Film ini menceritakan kisah cinta tragis seorang pemuda desa dengan seorang penari ronggeng baru di desa kecilnya yang dirundung kemiskinan, kelaparan, dan kebodohan di Indonesia tahun 1960-an yang penuh gejolak politik. Setelah rilis pada 10 November 2011, Sang Penari mendulang pujian kritikus. Sang Penari berhasil meraih sepuluh nominasi Festival Film Indonesia 2011, dan berhasil memenangkan empat Piala Citra, semuanya untuk penghargaan utama, di antaranya adalah penghargaan tertinggi Film Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Ifa Isfansyah, Aktris Terbaik untuk Prisia Nasution, dan Aktris Pendukung Terbaik untuk Dewi Irawan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pong TikuHarta BerdarahSoeara Berbisa

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 33 (25 November 2016—4 Desember 2016)

"A Rugrats Chanukah" adalah sebuah episode khusus serial televisi animasi Nickelodeon Rugrats. Episode pertama dari musim keempat acara tersebut dan keenam puluh enam secara keseluruhan, episode tersebut mengisahkan cerita hari raya Yahudi Chanukah di mata Rugrats, yang membayangkan diri mereka sendiri sebagai karakter utama. Raymie Muzquiz menyutradarai "A Rugrats Chanukah" dari sebuah naskah buatan J. David Stem dan David N. Weiss. Pada 1992, Nickelodeon memberikan gagasan untuk membuat episode khusus Chanukah kepada tim produksi, namun konsep tersebut direvisi dan menjadi episode khusus 1995, "A Rugrats Passover". Setelah produksi episode Paskah Yahudi tersebut ditayangkan, para kru kembali pada gagasan Chanukah. Nickelodeon menyiarkan "A Rugrats Chanukah" pada 4 Desember 1996; episode tersebut meraih rating Nielsen sejumlah 7.9 dan ulasan positif dari para kritikus televisi. Bersama dengan episode Rugrats lainnya yang menampilkan Boris dan istrinya, episode khusus tersebut menuai kontroversi ketika Liga Anti-Fitnah membandingkan rancangan karakter tersebut dengan penggambaran anti-Semitik dari sebuah surat kabar Nazisme 1930an. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Sang PenariPong TikuHarta Berdarah

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 34 (5 Desember 2016—14 Desember 2016)
Satoru Iwata

Satoru Iwata adalah seorang pemrogram permainan Jepang dan pengusaha yang menjabat sebagai presiden keempat serta pejabat tertinggi eksekutif (CEO) dari Nintendo. Lahir di Sapporo, Jepang, ia menyatakan minatnya pada permainan video, dan kemudian mengambil jurusan ilmu komputer di Institut Teknologi Tokyo. Iwata bergabung dengan pengembang permainan HAL Laboratory pada tahun 1980 dan menjadi presidennya pada 1993. Bergabung dengan Nintendo sebagai kepala divisi perencanaan-perusahaan pada tahun 2000, ia membawa perkembangan pada perusahaan tersebut. Mendeklarasikan dirinya sebagai pemain, ia berfokus pada perluasan terapan permainan video si seluruh demografi dan meningkatkan lingkup pasar. Ia juga membangun hubungan kuat dengan para penggemar Nintendo melalui media sosial dan giat tampil dalam Iwata Asks dan Nintendo Direct, yang menjadikannya citra publik dari perusahaan tersebut. Dirilisnya Nintendo 3DS dan Wii U menurunkan dua pertiga keuntungan bersih dari 2009 sampai 2012, membuat perusahaan mengalami penurunan operasi pertama dalam 30 tahun. Iwata secara sukarela mengurangi separuh gajinya sebagai permintaan maaf pada 2011 dan 2014. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: A Rugrats ChanukahSang PenariPong Tiku

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 35 (15 Desember 2016—24 Desember 2016)
Yamato diledakkan

Operasi Ten-Go adalah operasi militer besar yang terakhir dilakukan angkatan laut Jepang dalam Perang Pasifik, Perang Dunia II. Pada April 1945, kapal tempur Jepang Yamato yang merupakan kapal tempur terbesar di dunia berangkat untuk melakukan misi bunuh diri melawan kekuatan Sekutu di Pertempuran Okinawa. Sebelum sampai di Okinawa, armada Jepang diserang hingga tidak melanjutkan pelayaran, dan hampir seluruhnya dihancurkan oleh pesawat-pesawat Amerika Serikat yang berpangkalan di kapal-kapal induk. Yamato dan lima kapal perang Jepang lainnya tenggelam. Pertempuran ini mempertunjukkan supremasi udara Amerika Serikat dalam tahap terakhir Perang Pasifik, dan betapa mudahnya kapal-kapal dijadikan sasaran serangan udara bila tidak dilindungi pesawat-pesawat tempur. Meskipun harus mengorbankan sejumlah besar nyawa dalam usaha yang sia-sia, pertempuran ini menunjukkan usaha terakhir Jepang dalam memperlambat gerak maju Sekutu menuju kepulauan Jepang. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Satoru IwataA Rugrats ChanukahSang Penari

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 36 (25 Desember 2016—3 Januari 2016)
Yesus dari Nazareth

Yesus (7–2 SM sampai 30–33 M) adalah tokoh sentral Kekristenan, yang menurut sebagian besar denominasi Kristen dipandang sebagai Putra Allah dan Mesias yang dinantikan dari Perjanjian Lama. Hampir semua akademisi antikuitas modern setuju bahwa Yesus ada secara historis, dan para sejarawan menganggap bahwa Injil Sinoptik (Matius, Markus, dan Lukas) adalah sumber-sumber terbaik untuk meneliti historisitas Yesus. Kebanyakan akademisi sepakat bahwa Yesus adalah seorang rabi Yahudi dari Galilea, dibaptis oleh Yohanes Pembaptis, dan disalibkan sesuai perintah Prefek Romawi Pontius Pilatus. Para penganut Kristen umumnya percaya bahwa Yesus dikandung oleh Roh Kudus, dilahirkan dari seorang perawan bernama Maria, melakukan berbagai mukjizat, mendirikan Gereja, mati karena penyaliban sebagai kurban untuk penebusan, bangkit dari kematian dan naik ke Surga, serta akan datang kembali ke bumi. Sebagian besar penganut Kristen menyembah Yesus sebagai inkarnasi Putra Allah, pribadi kedua dalam satu Trinitas Ilahi. Beberapa kelompok Kristen menolak Trinitarianisme, baik sebagian ataupun seluruhnya, karena mereka menganggapnya tidak selaras dengan kitab suci. Dalam Islam, Yesus dipandang sebagai Al-Masih (Mesias) dan salah satu nabi Allah yang penting. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Operasi Ten-GoSatoru IwataA Rugrats Chanukah

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu



> Arsip