Wikipedia:Artikel pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari WP:AP)
Lompat ke: navigasi, cari
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi Pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Artikel bagus · Artikel pilihan · Gambar pilihan · Daftar pilihan
Bintang ini melambangkan artikel pilihan di Wikipedia.
Artikel pilihan adalah artikel-artikel terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, artikel-artikel tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria artikel pilihan.

Saat ini terdapat 326 artikel pilihan dari 383.351 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu artikel pilihan untuk setiap 1.176 artikel di Wikipedia.

Artikel yang berhasil mendapatkan status artikel pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu artikel merupakan artikel pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah artikel.

Hapus tembolok

Presiden Cristina Fernández de Kirchner di tempat ledakan tersebut

Sebuah ledakan gas di wilayah pemukiman Rosario, kota terbesar ketiga di Argentina, terjadi pada 6 Agustus 2013. Peristiwa tersebut disebabkan oleh sebuah kebocoran gas yang besar; sebuah bangunan yang ada didekatnya runtuh, dan bangunan yang lainnya mengalami kerusakan struktur yang tinggi. Dua puluh dua orang tewas, dan enam puluh orang luka-luka. Beberapa organisasi membantu mengamankan wilayah tersebut serta mencari korban selamat dan membantu orang-orang yang kehilangan tempat tinggal mereka. Terdakwa utamanya adalah Litoral Gas (penyedia gas alam untuk Rosario) dan seorang karyawan yang melalaikan kerja utamanya di bangunan tersebut pada hari itu. Presiden Cristina Fernández de Kirchner, yang pada saat itu kembali dari sebuah kunjungan diplomatik dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa, mengunjungi tempat ledakan tersebut, dan kebanyakan kandidat untuk pemilihan primer 2013 menunda kampanye politik mereka. Paus Fransiskus mengirim sebuah surat bela sungkawa kepada Uskup Agung José Luis Mollaghan dari Rosario, dan surat tersebut dibacakan pada saat sebuah misa dan prosesi untuk Santo Cajetan di Plaza 25 de Mayo. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Nelson MandelaTabel periodikOriental Film

ArsipArtikel pilihan lainnya...


Mandela pada tashun 2008

Nelson Mandela adalah seorang revolusioner anti-apartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999. Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras. Pemerintahannya berfokus pada penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial. Selaku nasionalis Afrika dan sosialis demokratik, ia menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1991 sampai 1997. Selain itu, Mandela pernah menjadi Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok pada 1998 sampai 1999. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Tabel periodikOriental FilmDinasti Tang

ArsipArtikel pilihan lainnya...

Awan jamur bom atom di langit Hiroshima (kiri) dan Nagasaki (kanan)

Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, pada bulan Agustus 1945, tahap akhir Perang Dunia Kedua. Dua operasi pengeboman yang menewaskan sedikitnya 129.000 jiwa ini merupakan penggunaan senjata nuklir masa perang untuk pertama dan terakhir kalinya dalam sejarah. Tanggal 6 Agustus, A.S. menjatuhkan bom atom uranium jenis bedil (Little Boy) di Hiroshima. Tiga hari kemudian, pada tanggal 9 Agustus, A.S. menjatuhkan bom plutonium jenis implosi (Fat Man) di Nagasaki. Dalam kurun dua sampai empat bulan pertama setelah pengeboman terjadi, dampaknya menewaskan 90.000–146.000 orang di Hiroshima dan 39.000–80.000 di Nagasaki; kurang lebih separuh korban di setiap kota tewas pada hari pertama. Pada bulan-bulan seterusnya, banyak orang yang tewas karena efek luka bakar, penyakit radiasi, dan cedera lain disertai sakit dan kekurangan gizi. Di dua kota tersebut, sebagian besar korban tewas merupakan warga sipil meskipun terdapat garnisun militer besar di Hiroshima. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Ledakan gas Rosario 2013Nelson MandelaTabel periodik

ArsipArtikel pilihan lainnya...

Pengusulan artikel pilihan

Artikel pilihan sebelumnya

Lihat pula