Wikipedia:Artikel pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari WP:AP)
Lompat ke: navigasi, cari
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi Pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Artikel bagus · Artikel pilihan · Gambar pilihan · Daftar pilihan
Bintang ini melambangkan artikel pilihan di Wikipedia.
Artikel pilihan adalah artikel-artikel terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, artikel-artikel tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria artikel pilihan.

Saat ini terdapat 351 artikel pilihan dari 392.303 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu artikel pilihan untuk setiap 1.118 artikel di Wikipedia.

Artikel yang berhasil mendapatkan status artikel pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu artikel merupakan artikel pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah artikel.

Hapus tembolok

Pangeran Sadruddin Aga Khan

Pangeran Sadruddin Aga Khan adalah anak dari Sri Sultan Muhammed Shah, Aga Khan III dari India yang lahir dan besar di Eropa. Ayahnya menekankan ia untuk belajar Qur'an tanpa mengikuti aliran tertentu. Ia menjadi tokoh vital di UNHCR saat menjabat sebagai Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi tahun 1966 hingga tahun 1978. Sebagai pemimpin termuda UNHCR pada umur 33 tahun, ia mengubah sumberdaya UNHCR yang sebelumnya hanya diperuntukkan untuk pengungsi di Eropa Timur menjadi non diskriminatif dan melayani semua dengan tidak membedakan perlakuan antara pengungsi di Eropa dan pengungsi di negara dunia ketiga. Kepemimpinannya mempersiapkan UNHCR mengubah tata cara dasar menangani pengungsi internasional antar-negara. Masalah-masalah yang ia tangani termasuk pengungsi Palestina, Vietnam, Angola, dan Algeria. Seiring bertambah besarnya jumlah pengungsi dan masalah yang semakin rumit sebagai penyebabnya, dibawah kepemimpinannya UNHCR mampu beradaptasi lebih baik dalam penanganannya. Pencapaian lainnya adalah terjadinya kolaborasi yang lebih luas antara organisasi non-pemerintah (LSM) dan badan-badan PBB. Yayasan Bellerive didirikan pada akhir 1970-an sebagai bukti kepeduliannya dalam bidang lingkungan. Pangeran Sadruddin juga terkenal sebagai kolektor seni Islam. Pangeran Sadruddin meninggal karena kanker pada usia 70, dan dimakamkan di Swiss. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Siti NurhalizaAlfred Russel WallaceYesus

ArsipArtikel pilihan lainnya...


Siti Nurhaliza pada April 2007.

Siti Nurhaliza adalah seorang penyanyi, penulis lagu, produser rekaman, presenter televisi dan pengusaha Malaysia. Sejak debutnya, ia telah memenangkan sejumlah kompetisi menyanyi internasional. Saat ini, ia mengumpulkan lebih dari 200 penghargaan lokal serta penghargaan internasional. Dalam kariernya, ia telah merekam dan menyanyi dalam berbagai bahasa yang meliputi Bahasa Malaysia, Basa Jawa, Inggris, Mandarin, Arab, Hindi dan Jepang. Ia telah memenangkan jumlah penghargaan musik yang belum pernah dicapai sebelumnya di Malaysia dan daerah sekitarnya. Dibekingi dengan 16 album studio, ia adalah salah satu artis paling populer di Kepulauan Melayu dan kawasan Nusantara dan ia telah terpilih sebagai Artis Regional Paling Populer sebanyak sepuluh kali berturut-turut mengalahkan artis-artis sejawat lainnya dari Malaysia, Indonesia dan Singapura dalam Anugerah Planet Muzik sejak 2001. Pada 2008, ia diangkat menjadi salah satu Asia's Idol oleh Asia News Network. Kesuksesannya di kawasan Asia membuatnya meraih gelar-gelar kehormatan yang meliputi "Suara Asia" dan "Celine Dion dari Asia". (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Alfred Russel WallaceYesusOperasi Ten-Go

ArsipArtikel pilihan lainnya...

Kiri ke kanan: G-Dragon, T.O.P, Seungri, Taeyang, Daesung.

Big Bang adalah boy band asal Korea Selatan yang dibentuk oleh YG Entertainment. Grup ini debut secara resmi pada 19 Agustus 2006 dengan lima anggota, yakni G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Daesung dan Seungri. Didominasi dengan aliran hip hop, debut mereka pun cukup sukses dengan album pertama Bigbang Vol.1 yang terjual sebanyak 48.000 kopi. Keterlibatan para anggota dalam penyusunan dan pembuatan musik mereka sendiri, terutama G-Dragon, telah mendapatkan banyak pujian dan respek dari para ahli industri musik. Mereka telah memenangkan banyak penghargaan dan memecahkan beberapa rekor, termasuk penyanyi dengan penjualan terlaris sepanjang masa di Cyworld dan penerima penghargaan 'Artist of the Year' terbanyak di Mnet Asian Music Awards. Atas popularitas global dan kontribusi mereka kepada K-pop, Hollywood Reporter mendeskripsikan mereka sebagai "boy band terbesar di dunia." (Selengkapnya...)

ArsipArtikel pilihan lainnya...

Pengusulan artikel pilihan

Artikel pilihan sebelumnya

Lihat pula