Władysław Podkowiński

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Władysław Podkowiński
Potret diri, 1887 (age 21), dari Silesian Museum (Katowice)
LahirFebruary 4, 1866
Warsaw
MeninggalJanuary 5, 1895 (usia 28)
Warsawa
KebangsaanPolandia
Karya terkenalFrenzy of Exultations (Szał uniesień)

Władysław Podkowiński (bahasa Polandia: [vwaˈdɨswaf pɔdkɔˈvɪɲskʲi]; 4 Februari 1866 – 5 Januari 1895) adalah seorang pelukis ulung dan ilustrator asal Polandia yang terkait dengan gerakan Polandia Muda selama periode Partition.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Podkowiński lahir di Warsawa dan memulai pelatihan artistiknya di sekolah menggambar Wojciech Gerson, Ia kemudian dipindahkan ke Akademi Seni Rupa Warsawa di mana ia belajar antara 1880 hingga 1884. Setelah lulus, Podkowinski mulai berkontribusi pada banyak jurnal seni terkemuka di Warsawa pada saat itu. Pada tahun 1885, ia melakukan perjalanan, bersama dengan Józef Pankiewicz, ke Akademi Seni Kekaisaran di mana ia belajar dari tahun 1885 hingga 1886. Sekembalinya dari St. Petersburg pada tahun 1886, Podkowiński memperoleh posisi sebagai ilustrator untuk Majalah Tygodnik Ilustrowany di mana ia menjadi salah satu seniman paling terkenal.

cat air dan lukisan cat minyak pertamanya diproduksi selama waktu ini, tetapi Podkowiński masih menganggapnya pribadi, bukan upaya publik. Lukisan-lukisan awal itu terutama dipengaruhi oleh Aleksander Gierymski. Dia mengadopsi lukisan sebagai profesi setelah perjalanan ke Paris pada tahun 1889, di mana dia sangat dipengaruhi oleh pelukis Impresionis Prancis termasuk Claude Monet. Podkowiński kemudian dipuji karena membawa gerakan Impresionis ke Polandia, tetapi menjelang akhir hayatnya, kesehatannya yang menurun mendorongnya ke arah Simbolisme. Dia meninggal di Warsawa pada usia 28 tahun karena tuberkulosis.

Lukisannya yang paling terkenal, Frenzy of Exultations (Szał uniesień), dipamerkan pertama kali di Zachęta, dikelilingi oleh atmosfer pergantian abad skandal dan kemarahan publik. Pada tahun 1894, itu ditampilkan dalam pameran seni Warsawa dan dikritik keras. Pameran hanya berlangsung 36 hari karena Podkowinski membawa pisau pada hari ke-37, dan menyayat karyanya yang dipamerkan. Lukisan itu direstorasi setelah kematiannya.[1] Hari ini, lukisan itu dipamerkan secara mencolok di Sukiennice Museum di Kraków.

Lukisan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Jerzy Madeyski (2004). "Władysław Podkowiński – wszędobylski reporter czy rozszalały impresjonista?" (dalam bahasa Polski). Gazeta Antykwaryczna. Rynek Sztuki, nr 7/8 (88/89), 7/8 2003, reprint in Zwoje 3(40). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-31. Diakses tanggal December 24, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Władysław Podkowiński di Wikimedia Commons
Media terkait Szał uniesień di Wikimedia Commons