Vulgrin I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Wulgrin (atau Vulgrin, Woulgrin) I (skt. 830 – 3 Mei 886) merupakan seorang Comte Angoulême, Périgueux, dan mungkin Saintonge dari tahun 866 hingga kematiannya. Orang tuanya adalah Vulfard (Wulfard), Comte Flavigny, dan Suzanne, yang merupakan putri Bégon I, Comte Paris. Saudaranya Hilduin Muda adalah kepala biara Saint-Denis. Saudaranya yang lain adalah Adalhard dari Paris. Ademar dari Chabannes adalah sumber utama pada pemerintahan aktifnya dalam melestarikan dan mencetak Angoulême.

Meskipun orang asing, Karl yang Botak menempatkannya di kepala daerah Angoumois dan Périgord. Ia dipasang pada tahun 866 untuk mengakhiri kekacauan setempat dan menghentikan serangan Viking. Dia adalah contoh terakhir di kerajaan Francia Barat akan memaksakan administrator yang lebih disukai di suatu daerah, menunjukkan penurunan kekuatan administrasi pusat di divisi mantan kekaisaran mengikuti Perjanjian Verdun.

Antara tahun 869 dan 878, ia membangun banyak puri, untuk bertahan melawan Viking, dan mengalami beberapa keberhasilan membatasi pergerakan mereka di Aquitaine. Dia menunjuk seorang vicomte bernama Ranulf di atas benteng yang disebut Matas dan seorang lagi bernama Giselbert di atas Maurillac.

Vulgrin menikahi Regelindis (Roselinde), seorang putri Bernat dari Septimania. Keturunan mereka adalah:

  • Alduin (†916), Comte Angoulême
  • Guillaume I (†920), Comte Périgord dan Agen
  • Sancha (?), m. Adémar, Comte Angoulême

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Emenon
Comte Angoulême
866–886
Diteruskan oleh:
Hilduin I
Comte Périgord
866–886
Diteruskan oleh:
Guillaume dari Périgord