Vratislav I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Vratislav I
Adipati Bohemia
Gambaran di dalam liber depictus, Český Krumlov, skt. tahun 1360
Masa kekuasaan 915–921
Pasangan Drahomíra
Anak
Václav I
Boleslav I dari Bohemia
Střezislava (?)
Keluarga bangsawan Wangsa Přemyslid
Bapak Borivoj I
Ibu Ludmila
Lahir skt. 888
Meninggal 13 Februari 921
Pemakaman Basilika Santo George, Praha

Vratislav (tahun 888 – 13 Februari, 921), merupakan Adipati Bohemia dari tahun 915 sampai kematiannya, ia berasal dari Wangsa Přemyslid.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Vratislav adalah putra Adipati Borivoj I dari Bohemia dan istrinya Santa Ludmila, dan adik Adipati Spytihnev I. Ia menikahi Drahomíra, putri Heveller untuk menjalin hubungan dekat dengan Slav Polabia. Vratislav memiliki sedikitnya dua orang putra, Václav I dan Boleslav I Ukrutný (juga dipanggil Boleslav I), yang keduanya menggantikannya sebagai adipati Bohemia. Střezislava, istri bangsawan Bohemia Slavnik, pendiri Wangsa Slavníkovci, juga merupakan putri Vratislav.

Setelah kematian kakandanya Spytihnev pada tahun 915, Vratislav menjadi adipati Bohemia pada saat rakyat Bohemia di sekitar Kastil Praha telah menjauhkan diri dari lingkungan politik dan budaya Moravia Raya dan jatuh di bawah pengaruh Francia Timur, terutama selama pemerintahan Adipati Arnulf I dari Bayern. Annales Fuldenses yang kontemporer menyatakan bahwa setelah tahun 900 pasukan Bayern menyerang Pangeran Mojmír II dari Moravia dalam persekutuannya dengan Bohemia. Di sisi lain, Vratislav menawarkan penjajah Hongaria dan mendukung kampanye mereka pada tahun 915 melawan Kadipaten Sachsen di bawah peimpinan Heinrich I dari Sachsen.

Vratislav berjasa dengan pendirian Basilika Santo George di Praha dan juga dengan dasar kota Silesia Wrocław (Vratislavia). Ia meninggal dalam pertempuran melawan Hongaria (mungkin pada tahun 919, meskipun tahun 921 lebih sering dianggap akurat).

Didahului oleh:
Spytihnev I
Adipati Bohemia
tahun 915 – 921
Diteruskan oleh:
Václav I

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Ancestral Roots of Certain American Colonists Who Came to America Before 1700 by Frederick Lewis Weis; Line 244-7
  • The Plantagenet Ancestry by William Henry Turton, Page 85
  • Royal Highness, Ancestry of the Royal Child by Sir Iain Moncreiffe, Pages 64–65