Voskhod (hidrofoil)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Voskhod 24.jpg

Voskhod (Rusia: Восход, harfiah "Sunrise"), juga dikenal sebagai "Desain 352", "Desain 03521" dan Eurofoil, adalah jenis perahu hydrofoil penumpang yang dibangun di Uni Soviet dan kemudian di Ukraina. Perahu ini dimaksudkan untuk digunakan di sungai dan danau, tapi kelayakan yang baik memungkinkan mereka untuk beroperasi di wilayah pesisir laut juga.

Voskhod dirancang untuk menggantikan kapal hydrofoil penumpang yang lebih tua yaitu Raketas dan Meteor. Kapal pertama dari jenis ini dibangun di pabrik pembuatan kapal Morye di Feodosiya, Uni Soviet (sekarang Ukraina). Pada awal 1990-an, sekitar 150 kapal Voskhod telah dibangun. Namun, produksi hampir berhenti, karena masalah produsen sebagian besar militer mengalami beradaptasi dengan situasi ekonomi baru di negara itu.

Selain Uni Soviet, Voskhods diekspor ke 18 negara-negara lain, termasuk Kanada, Yunani, Vietnam, Cina, Yugoslavia, Belanda, Austria, Hongaria, Bulgaria, Thailand, Turki. Pada tahun 2002 tiga jenis kapal Voskhod (model Voskhod-2M FFF, juga dikenal sebagai Eurofoil), dibangun untuk operator angkutan umum Belanda Connexxion.

Di Vietnam perahu Voskhod beroperasi rute harian antara pulau Cat Ba dan kota Hai Phong.

Di Belanda, perahu Voskhod-Eurofoil dioperasikan sepanjang Canal Laut Utara antara stasiun kereta api Amsterdam Centraal dan IJmuiden dekat pantai Laut Utara. Layanan dijadwalkan memakan waktu setengah jam, dan merupakan bagian dari jaringan transportasi publik nasional yang melayani komuter dan wisatawan. Perahu telah dimodifikasi untuk pasar Belanda untuk aman membawa sepeda penumpang di rak di atas dek.

Referensi[sunting | sunting sumber]