Vladimir Vetrov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kolonel Vladimir Ippolitovich Vetrov (Владимир Ипполитович Ветров) (1928 - 1983?) adalah seorang defektor KGB selama Perang Dingin, yang memberikan NATO informasi berharga mengenai program Soviet untuk memperoleh teknologi dari Barat. Ia dijuluki Farewell oleh badan intelijen Perancis DST, yang merekrutnya, dan dikenal dengan nama ini di seluruh badan intelijen NATO.

Antara musim semi 1981 dan awal 1982 ia telah memberikan DST hampir 4.000 dokumen rahasia, termasuk daftar resmi lengkap 250 petugas Line X yang ditempatkan dengan penyamaran di kedutaan besar di seluruh dunia.

Kariernya berakhir bulan Februari 1982 ketika meminum sampanye di mobilnya dengan istrinya, seseorang (petugas KGB) mengetuk jendela. Mengira penyamarannya diketahui, ia melompat dan menusuknya, menewaskan orang itu. Ia ditahan, diadili, dan dipenjara 12 tahun pada musim gugur 1982. Berita mengenai eksekusinya tiba di Perancis pada Maret 1983.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bacaan[sunting | sunting sumber]

  • Gordon Brook-Shepherd, The Storm Birds: Soviet Post-War Defectors (Weidenfeld and Nicolson, New York, 1989) pp. 311-327