Vladimir Shukhov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Vladimir Grigoryevich Shukhov
Владимир Григорьевич Шухов
Vladimir Grigoryevich Shukhov 1891.jpg
Shukhov, 1891
Lahir28 Agustus [K.J.: 16 Agustus] 1853
Grayvoron, Kegubernuran Kursk, Kekaisaran Rusia
Meninggal2 Februari 1939(1939-02-02) (umur 85)
Moskow, Uni Soviet
KebangsaanRusia
PendidikanInstitut Teknis Kekaisaran Moskow
Suami/istriAnna Nikolayevna Shukhova
AnakSergey, Flaviy, Vladimir
Orang tuaGrigory Shukhov
Vera Shukhova
Hasil kerja
Disiplin ilmuTeknik sipil
Teknik struktur
Hasil kerja utamaMenara Polibino
Mercusuar Adziogol
Menara Shukhov
Menara sungai Oka
Hasil desain utamaRotunda Shukov
Museum Pushkin
GUM
Kiyevsky railway station
Terminal Bus Novo-Ryazanskaya
Terminal Bus Bakhmetevsky
Penghargaan utamaLenin Prize (1929)

Vladimir Grigoryevich Shukhov (bahasa Rusia: Влади́мир Григо́рьевич Шу́хов; 28 Agustus [K.J.: 16 Agustus] 1853 – 2 Februari 1939) adalah insinyur-polymath, ilmuwan dan arsitek Rusia yang terkenal karena karya rintisannya mengenai metode analisis baru untuk teknik struktur yang menghasilkan terobosan dalam bidang desain industri yaitu struktur hiperboloid yang pertama di dunia,[1] diagrid struktur cangkang-tipis,[2] waduk minyak, jalur pipa, boiler, kapal dan tongkang. Dia juga penemu metode cracking pertama.

Selain inovasi yang dihasilkannya dalam bidang industri minyak dan pembangunan banyak jembatan serta bangunan, Shukhov adalah penemu keluarga baru untuk bentuk struktural berlipat ganda. Bentuk-bentuk ini yang didasarkan pada geometri hiperbolik non-Euclidean, sekarang dikenal sebagai revolusi hiperboloid. Shukhov tidak hanya mengembangkan banyak varietas sistem hiperboloid ringan untuk menara dan atap, tetapi juga matematika untuk analisisnya. Shukhov sangat terkenal karena menara hiperboloid yang merupakan karya desain aslinya seperti Menara Shukhov.

Shukov meninggal pada 2 Februari 1939 di Moskow dan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy. Banyak penghargaan yang telah diterimanya termasuk Penghargaan Lenin (1929) dan gelar Pahlawan Buruh (1932).

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hyperboloid water tower". International Database and Gallery of Structures. Nicolas Janburg, ICS. 2007. Diakses tanggal 2007-11-28. 
  2. ^ "Rotunda of the Panrussian Exposition". International Database and Gallery of Structures. Nicolas Janburg, ICS. 2007. Diakses tanggal 2007-11-28.