Vito Bratta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Vito Bratta (lahir 1 Juli 1961) adalah gitaris dan penulis lagu yang berasal dari Amerika Serikat. Dirinya dikenal terutama ketika bergabung dengan grup hard rock, White Lion. Bersama dengan vokalis Mike Tramp, Bratta mendirikan White Lion pada tahun 1983 hingga bubarnya White Lion pada tahun 1992.[1] Permainan Vito Bratta terutama diinspirasi oleh Jimmy Page dan Eddie Van Halen. Permainan gitarnya sering digambarkan sebagai melodius dengan pencapaian teknis yang sangat baik. Bratta sering menggunakan teknik two-handed tapping, sweep picking, dan pinch harmonics.


Pada tahun 2003, Mike Tramp berusaha melakukan reuni dengan Bratta namun tidak berhasil. Dalam sebuah wawancara tahun 2007, Tramp mengatakan bahwa Bratta adalah orang yang pendiam dan menjaga jarak dengan anggota band yang lain.

Pada 16 Februari 2007, Bratta memberikan wawancara pertamanya dalam 12 tahun terakhir. Dijelaskannya bahwa sakit yang diderita ayahnya selama 5 tahun membuat konsentrasi Vito Bratta secara emosional dan finansial adalah kesembuhan ayahnya tersebut. Selain itu, pada tahun 1997, Bratta mengalami cedera pada pergelangan tangannya dan hal itu membuatnya kesulitan memainkan gitar elektrik sebagaimana sebelumnya. Lebih lanjut, Bratta tidak menutup pintu untuk reuni White Lion namun untuk saat ini hal tersebut tidak mungkin karena berbagai faktor di atas.

Referensi[sunting | sunting sumber]