Vilanculos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Vilanculos adalah sebuah kota di provinsi Inhambane, Mozambik. Kota ini adalah sebuah tempat singgah untuk para wisatawan yang menuju ke Kepulauan Bazaruto di Samudera Hindia, serta bagi mereka yang bepergian antara Maputo dan Beira.

Vilanculos telah banyak mengalami perkembangan pada dasawarsa teakhir, dan telah banyak mendapatkan investasi dalam infrastruktur pariwisatanya. Kota ini telah semakin populer bagi para wisatawan Afrika Selatan dan lain-lainnya sebagai tujuan wisata yang 'tidak biasa', yang menawarkan kombinasi antara udara yang baik hampir sepanjang tahun, lautan yang biru kristal, pantai pasir putih yang panjang, dan berbagai olahraga air, tanpa mengalami pembangunan yang berlebihan. Harga-harganya cukup murah bahkan dalam dolar Amerika Serikat, tidak terlalu berlebihan. Beberapa resort telah dikembangkan dalam tahun-tahun belakangan, dan kini ada sejumlah restoran yang baik di tempat ini. Para pengunjung dianjurkan agar membawa uang tunai dalam bentuk dolar AS, karena perbankan elektronik belum berkembang. Vilanculos adalah sebuah cerita keberhasilan tentang rehabilitasi ekonomi Mozambik yang berlanjut.

Di kota ini terdapat sebuah bandar udara "internasional", yang setiap hari melayani penerbangan ke sejumlah tujuan regional, khususnya Johannesburg, Afrika Selatan, tetapi juga ke Maputo, Swaziland, Durban dan tempat-tempat lainnya.

Badai 2007[sunting | sunting sumber]

Pada 22 Februari 2007, Vilanculos dihantam badai siklon Favio yang menimbulkan kerusakan hebat terhadap industri pariwisata yang baru berkembang di sini. Akibat badai ini, puluhan ribu orang kehilangan tempat tinggalnya, namun korban manusia sangat kecil, berkat sistem peringatan dan evakuasi yang dipergunakan oleh pemerintah. Laporan awal menyebutkan 10 orang tewas karena badai ini.

Badai Vaio menyebabkan banyak pohon kelapa yang tumbang, dan jalan raya utama terbelah dua dengan lubang sedalam sekitar satu meter. Aliran air dan listrik terputus. Dua hari kemudian masyarakat telah mulai membersihkan sisa-sisa kerusakan akibat badai ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]