Bobotoh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Viking Persib Club)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bobotoh
Bobotoh saat di Stadion Si Jalak Harupat.
Didirikan12 Januari 1977
JenisKelompok suporter
Klub kebanggaanPersib Bandung
SloganSadaroha
MarkasJl. Sulanjana, Bandung, Jawa Barat
StadionStadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung
TribunAll tribun
Tokoh pentingTobias Ginanjar
Sub Kelompok
  • Viking Persib Club
  • The Bomber
  • Ultras Persib
  • Flower City Casuals
Warna KebesaranBiru
AfiliasiBonek
Websitebobotoh.id

Bobotoh adalah sebutan untuk pendukung klub sepak bola Persib Bandung. Nama ini berasal dari bahasa Sunda yang berarti orang-orang yang mendorong atau membangun semangat bagi orang lain. Dalam bobotoh ada beberapa kelompok pendukung seperti Viking dan Bomber dan jenis lainnya seperti Bobotoh Oriental, Hooliganisme, Ultras, Casuals. Tetapi nama kesatuan mereka tetap Bobotoh sebagai nama suporter Persib Bandung.

Keanggotaan[sunting | sunting sumber]

Meskipun Persib memiliki kepanjangan Persatuan Sepak bola Indonesia Bandung, pendukungnya tidak sebatas dari Kota Bandung. Bobotoh tersebar di seluruh Jabar, mulai dari Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, Bogor, Sukabumi,Cirebon, Kuningan, Karawang, Bekasi juga yang berada di luar Provinsi Jabar, seperti Jakarta, Tangerang, dan Serang. Bahkan, dari pesan singkat (SMS) yang masuk ke rubrik Apa Kata Bobotoh pada sebuah harian, banyak pengirim SMS yang (mengaku) berasal dari luar negeri seperti Malaysia, Inggris, Amerika Serikat, dll. Tiap Persib menjadi tuan rumah, bahkan hanya untuk laga uji coba, stadion selalu membludak.

Tidak hanya jumlahnya yang sangat banyak, bobotoh juga memiliki fanatisme yang luar biasa. Kalau dikelola dengan baik, bobotoh akan menjadi kekuatan fantastis tidak hanya berupa dukungan di lapangan, tapi juga bisa menjadi pilar untuk keberlangsungan hidup Persib selepas era-APBD.

Kelompok dari Bobotoh[sunting | sunting sumber]

Viking Persib Fans Club[sunting | sunting sumber]

Viking Persib Fans Club sudah ada sebelum organisasi dan kelompok suporter klub lain di Indonesia mulai menjamur pada akhir 1990-an, kelompok suporter Persib dengan jumlah anggota resmi terbesar ini sudah mendeklarasikan diri pada 17 Juli 1993.

The Bomber (Bobotoh Maung Bandung Bersatu)[sunting | sunting sumber]

The Bomber atau Bobotoh Maung Bandung Bersatu mulai dirintis sejak 1997 tak kurang dari dua lusin perkumpulan Bobotoh telah menyatakan sikap untuk berafiliasi dan akhirnya mendeklarasikan Bomber di Hotel SANTIKA Bandung pada tanggal 3 Agustus 2001. Pada tahun 2006 Bomber sempat meleburkan diri bersama Viking Persib Club dan menjadi distrik Viking terbesar dengan nama Viking The Bomberman namun hanya jelang satu tahun pada tahun 2007 Bomber kembali mencoba mandiri dan menjadi organisasi yang independent dengan nama The Bomber.

Ultras Persib[sunting | sunting sumber]

Kelompok ini tidak pernah berhenti menyanyi mendengungkan yel-yel untuk mendukung maung bandung selama pertandingan berlangsung. Mereka juga rela berdiri sepanjang pertandingan berlangsung, Selain itu pun para mereka paling semangat menyanyikan lagu - lagu di dalam maupun di luar stadion karena hal itu didorong untuk mencari perhatian, bahwa mereka hadir di dalam kerumunan manusia di dalam stadion. Ultras Persib-pun mempunyai beberapa kelompok di dalamnya, dan sekarang digabungkan dengan sebuah nama 'Tifosi Persib'.

Flower City Casuals[sunting | sunting sumber]

Flower City Casual (FCC) yang mengandung arti Casual dari Kota Bandung, merupakan satu dari sekian banyak kelompok suporter Persib yang selalu hadir saat Maung Bandung bertanding di kandang sendiri. Hadir dengan gaya casualnya dan tentu saja didasari kecintaannya terhadap Persib, FCC resmi berdiri pada tahun 2005 yang dipelopori oleh 3 orang pecinta Persib. Karena mempunyai kesamaan hobi dan kecintaan terhadap berbagai hal berbau Inggris atau British, FCC hadir di antara banyak kelompok suporter Persib dan memberikan dukungan positif kepada tim pangeran biru ini. Namun sayangnya kelompol FCC dikabarkan sudah bubar.

Bobotoh Oriental[sunting | sunting sumber]

Bobotoh Oriental merupakan kumpulan bobotoh keturunan etnis Cina. Bobotoh Oriental dengan setia mendukung Persib baik saat Persib sedang di atas maupun sedang terpuruk. Sebagai warga Bandung yang menyukai sepak bola sangatlah wajar jika mengeskpresikannya kepada tim lokal Bandung yakni Persib. Bobotoh Oriental berawal dari sekumpulan anak-anak SMA di salah satu SMA swasta di Bandung yang sangat menyukai Persib. Mengadakan nonton bareng Persib jika Persib bertanding merupakan salah bentuk dukungan Bobotoh Oriental kepada Persib, karena pada saat itu belum berani untuk menonton langsung ke stadion.

Bobotoh Singaparna[sunting | sunting sumber]

Bobotoh Singaparna merupakan suatu kumpulan bobotoh yang berbasis di Tasikmalaya. Berdiri pada 17 Januari 2006. Berawal dari sekumpulan warga Tasik penggemar Persib yang tinggal di Singaparna.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]