Vietnam News Agency

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Vietnam News Agency
Berkas:Vietnam News Agency logo.svg
Informasi lembaga
Kantor pusatHanoi
Pejabat eksekutif
  • Direktur Jenderal
Lembaga indukPemerintahan Vietnam
Situs webnews.vnanet.vn

Vietnam News Agency (VNA) merupakan badan pemerintah yang menyediakan berita resmi dari negara Vietnam

Sebagai satu-satunya kantor berita untuk seluruh negeri, VNA bertanggung jawab untuk mempublikasikan informasi dan dokumen resmi dari partai dan negara, menyediakan informasi untuk melayani kepemimpinan partai dan manajemen negara, mengumpulkan dan menyediakan berita dalam beragam format kepada berbagai media massa, kepada publik dan beragam pembaca, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Kantor pusat VNA terletak di 5 Lý Thường Kiệt Street, Hanoi,pada Pusat Berita Nasional. Kantor perwakilan pusat dan selatan organisasi terletak di 120 Nguyễn Thị Minh Khai Street, Hồ Chí Minh City, dan 28 Lê Thánh Tông Street, Đà Nẵng.

Sejarah VNA[sunting | sunting sumber]

VNA merupakan kompleks media yang terdiri dari 32 afiliasi, termasuk unit pemberitaan (lima departemen editorial dan dua pusat sumber berita), beragam badan penerbitan dan lembaga pers (satu rumah penerbit dan sembilan surat kabar), unit multimedia (kanal televisi dan e-portal), bersama dengan lima pusat bantuan berita dan dua perusahaan percetakan, perdagangan, dan jasa.

Memiliki 63 biro jaringan di seluruh kota dan provinsi secara nasional, dan 30 biro di lima benua, VNA memiliki kontingen wartawan dan editor yang kuat yang bekerja di seluruh negeri dan lokasi-lokasi penting di seluruh dunia, ha ini merupakan keunggulan yang unik.

Dengan lebih dari 60 produk media dan lebih dari 1.000 wartawan dan editor dari total 2.400 karyawannya, VNA saat ini merupakan kantor berita yang memiliki jumlah produk terbesar di Vietnam: buletin, foto, program televisi, koran harian, koran mingguan, koran bulanan, majalah, majalah bergambar, buku, kanal televisi, surat kabar elektronik, dan program informasi melalui telepon genggam.

Agensi berita ini juga mengirimkan berita dalam beragam bahasa dengan jumlah terbesar. Sebagai tambahan penyedian berita resmi berbahasa Vietnam untuk media massa lokal dan luar negeri, berita juga ditulis dalam bahasa Inggris, Tiongkok, Prancis, dan Spanyol, ditambah dengan surat kabar cetak dan elektronik berbahasa asing yaitu bahasa Lao, Korea, Jepang, dan Rusia. Hal tersebut menjadikan VNA sebagai pusat pemberitaan eksternal terpenting mili Vietnam.

VNA saat ini juga menjaga hubungan bilateral dan multilateral dengan lebih dari 40 organisasi media internasional yaitu AFP, Reuters, AP, Itar-Tass, Xinhua, Yonhap, Kyodo News dan Prensa Latina. VNA juga merupakan anggota dari Non-Aligned News Agencies Pool (NANAP), Organization of Asia-Pacific News Agencies (OANA) dan ASEAN News Exchange (ANEX). Pada Juni 2014, VNA memulai kolaborasi dengan kantor berita asal Italia yaitu Agenzia Giornalistica Italia

VNA juga ditugaskan untuk mempublikasikan delapan material cetak dalam delapan bahasa daerah/etnis yang diakui oleh pemerintah Vietnam.

Menjalankan tugasnya sebagai kantor berita negara, VNA menyuplai berita resmi lokal dan internasional kepada rekan utama sekaligus memenuhi permintaan informasi dalam beragam bentuk termasuk untuk surat kabar, koran elektronik, berita daring, dan kanal televisi VNews. VNA mempertahankan posisinya sebagai sumber informasi utama yang membentuk opini publik, pusat informasi strategis dan terpercaya untuk partai dan engara, berkontribusi pada pembangunan, pengembangan, dan pertahanan nasional.

• VNA merupakan juru bicara resmi pemerintahan mengenai isu lokal dan inernasional. VNA diberi tugas untuk mengumumkan posisi resmi negara dalam sebuah peristiwa dan mengoreksi informasi yang tidak sesuai dengan kepentingan nasional atau misinformasi. Ketika dibutuhkan, VNA diizinkan untuk menerbitkan pernyataan yang menyangkal distorsi (Surat Keputusan 88/2013/ND-CP tertanggal 1 Agustus 2013 oleh Pemerintah mengenai tugas dan fungsi dari Vietnam News Agency).

• Pers lokal dan media harus menggunakan informasi resmi yang dikeluarkan oleh VNA sesuai dengan peraturan yang berlaku.

• Kementerian, badan, daerah dan unit-unit terkait bertanggung jawab secara aktif untuk mendahulukan dan menyediakan VNA dengan informasi dan material terbaru dan terakurat untuk memastikan pelayanan terbaik kepada kepemimpinan partai dan manajemen pemerintah sehingga membawa peraturan dan kebijakan partai dan negara kepada publik secara cepat dan akurat (Kutipan dari Surat Keputusan No. 1441 oleh Perdana Meteri dalam meningkatkan peran Vietnam News Agency yang diterbitkan pada 14 September 2009).

Pada 15 September 1945, kurang dari dua minggu setelah Presiden Ho Chi Minh mengumumkan Deklarasi Kemerdekaan di Lapangan Ba Dinh, Hanoi, salinan lengkap dari dokumen dan daftar anggota sementara Pemerintahan Demokratik Republik Vietnam dipublikasikan dalam bahasa Vietnam, Inggris, dan Prancis dan beredar ke seluruh dunia dari stasiun transmisi nirkabel Bach Mai, dibawah inisial VNTTX (merepresentasikan nama Vietnam ‘Viet Nam Thong Tan Xa’), VNA dan Agence Vietnammien D’Information (AVI) menginformasikan dunia mengenai kelahiran negara Vietnam baru.

Konten tersebut merupakan transmisi perta dari VNTTX, nama pertama dari Vietnam News Agency. 15 September diakui sebagai hari tradisi untuk VNA. Sebelum 1945, kantor berita tidak tersedia di Vietnam, menyebabkan berita resmi negara berada ditangan kantor berita asing. Oleh karena itu, VNA merupakan kantor bertia pertama yang didirikan di Vietnam.

Liberation News Agency, organisasi berita resmi yang dioperasikan oleh Front Southern National Liberation untuk Vietnam Selatan dan Pemerintahan Revolusioner Sementara untuk Republik Vietnam Selatan didirikan pada 12 Oktober 1960.

Mengikuti penyatuan kedua negara, Liberation News Agency digabung dengan VNTTX. Pada 12 Mei 1977, sebuah resolusi diterbitkan oleh Komite Tetap Majelis Nasional Republik Sosial Vietnam yang secara resmi mengganti nama kantor berita menjadi berbahasa Vietnam yaitu TTXVN. TTXVN memiliki peran menjadi satu-satunya kantor berita di Vietnam sampai saat ini.

Sejak pendiriannya, sejarah VNA terhubung erat dengan perjuangan revolusi, pembebasan nasional, dan pembangunan kembali Vietnam. Tidak ada kantor berita lain yang memiliki martir sebanyak VNA. Selama perang untuk kemerdekaan dan pembangunan nasional, sebanyak 450 jurnalis Vietnam tewas, lebih dari 260 wartawan tersebut bekerja untuk VNA. Mereka termasuk Tran Kim Xuyen, pemimpin pertama VNA dan maritr jurnalis pertama dari jurnalisme revolusionar Vietnam, yang tewas pada 1947 di Chuong My, (sebelumnya distrik Ha Tay) dan Bui Dinh Tuy Wakil Direktur Liberation News Agency yang tewas pada 1967 di tenggara Trang Dau, namanya kemudian diabadikan sebagai nama jalan di kota Ho Chi Minh, pertama kalinya nama jurnalis dijadikan nama jalan di Vietnam.

Selama hampir tujuh dekade bertarung, pembangunan dan pengembangan VNA sangat dekat dengan sejarah Vietnam, VNA merupakan kantor berita pertama yang diberi penghargaan "Labour Hero in the Renewal Period” dan “Hero of the People’s Armed Forces”. Sebagai tambahan, VNA juga diberikan penghargaan Gold Star Order dan Ho Chi Minh Order serta penghargaan lain baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Tentang VNA[sunting | sunting sumber]

Publikasi pers dan berita dari VNA

Menjunjung tinggi tradisi bersejarahnya, VNA secara konsisten bekerja untuk menjadi salah satu kantor berita bergengsi di regional. Dibawah model sindikasi kantor berita modern, VNA menawarkan cakupan yang luas dari beragam informasi yang dibagi menjadi tiga bagian profesonal, yaitu:

1. Bagian informasi pers (sumber berita) :

VNA memiliki peran sebagai "bank berita negara", VNA menjalankan fungsi sebagai kantor berita negara dan menyediakan berita resmi dan arus utama untuk mitranya di dalam negeri dan luar negeri melalui tujuh unit dan hampir 30 jenis produksi berita, yaitu:

Departemen Berita Dalam Negeri: dengan jaringan 63 biro di kota dan provinsi seluruh negeri, departemen ini memperbaharui berita harian seperti politik, diplomasi, sosial-budaya, ilmu pengetahuan-teknologi, dan lingkungan, terutama kebijakan dan arahan dari Partai dan Negara. Departemen ini juga bertanggung jawab mengkoreksi informasi yang salah di masyarakat

  • Berita Dalam Negeri (terus diperbaharui di portal news.vnanet.vn)
  • Laporan Referensi Internal (menyampaikan peristiwa domestik dan isu yang menjadi perhatian)

Departemen Berita Dunia: memiliki 30 biro berita pada lima benua di seluruh dunia, menguggah berita dunia dan regional setiap hari yang sejalan dengan posisi resmi Partai dan Negara yang dipublikasikan pada situs news.vnanet.vn, departemen ini juga mempublikasikan majalah dan beberapa program televisi

• Berita Dunia (setiap hari)

• Dokumen Referensi Khusus (setiap hari)

• Berita kilat (dipublikasikan setiap hari pada pagi dan sore)

• Berita Referensi Dunia (setiap hari, kecuali Minggu)

• Opini Dunia mengenai Vietnam (mingguan)

• Dokumen Referensi Khusus (bulanan)

• Isu dunia (bulanan)

• Laporan Referensi Internal (berita dunia diterbitkan setiap hari, kecuali akhir minggu)

• Berita Televisi Dunia

• Kolom televisi The World 360 (mingguan)

Departemen Berita Ekonomi: kolaborasi antara biro lokal dan biro interansional, menyediakan berita spesial tebaru mengenai ekonomi, finansial, dan pasar saham di Vietnam dan dunia yang dipublikasikan di situs news.vnanet.vn. Di saat yang sama juga memproduksi dua majalah dan program televisi

• Mingguan Ekonomi Vietnam dan Dunia (setiap Kamis)

• Berita Referensi Ekonomi (setiap hari)

• Program Televisi Fokus Ekonomi (mingguan)

Departemen Berita untuk Layanan Luar Negeri: menyebarkan berita resmi mengenai Vietnam setiap harinya (artikel dan berita televisi) ke seluruh dunia dalam beragam bahasa di situs news.vnanet.vn

• Berita dalam bahasa Inggris http://en.vietnamplus.vn

• Berita dalam bahasa Mandarin http://cn.vietnamplus.vn Diarsipkan 2014-02-08 di Wayback Machine.

• Berita dalam bahasa Perancis http://fr.vietnamplus.vn

• Berita dalam bahasa Spanyol http://es.vietnamplus.vn

• Program berita televisi (harian dalam bahasa Inggris dan Mandarin, mingguan dalam Prancis dan Spanyol) http://vnews.vnanet.vn Diarsipkan 2020-06-18 di Wayback Machine.

Departemen Fotographi Pers: terdiri dari jurnalis foto profesional dan koresponden di Vietnam dan luar negeri, menyuplai foto pers terkini mengenai peristiwa dalam negeri dan luar negeri untuk media atau mempublikasikannya di situs news.vnanet.vn. Sebagai arsip foto nasional, departemen ini menyimpan gambar dalam jumlah besar termasuk jutaan foto yang diambil setengah abad terakhir.

• Foto pers

• Arsip foto

• Acara televisi, 24h Current Event photo (setiap hari)

Vietnam News Agency Television Center (Vnews): bekerja dengan unit VNA, biro dalam negeri dan luar negeri, VNews menyediakan berita dalam beragam bahasa untuk mitra di dalam negeri dan luar negeri. Vnews adalah salah satu dari unit wo (bersama dengan Vietnam Television) yang ditugaskan oleh negera untuk memodifikasi konten dari lembaga penyiaran internasional untuk ditayangkan di Vietnam.

Pusat Data-Pusat Dokumentasi: menerbitkan beragam material mengenai peristiwa terkini yang terjadi di dalam negeri dan luar negeri melalui situs news.vnanet.vn, menerbitkan majalah dan memproduksi beberapa program televisi.

  • Material Arsip (setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu
  • Program Televisi mengenai peristiwa dan acara, pesan sejarah, dan material lainnya

Selain itu, VNA juga mempublikasikan beberapa buletin esklusif yang ditunjukan untuk pemimpin Partai dan Negara, termasuk review berita lokal dan dunia (dokumen referensi harian, kecuali akhir pekan dan libur nasional) dikelola oleh Sekretariat VNA.

2. Pers-Bagian Publikasi

Tidak hanya menjadi kantor berita negara, VNA juga memiliki bagian pers dan publikasi yang melayani pembaca di dalam dan luar negeri dengan 10 unit dan lebih dari 30 produk berita dalam beragam bahasa, yaitu:

Vietnam News Agency Publishing House: meluncurkan publikasi kebijakan dan pedoman dari Partai atau Negara, jurnal, buku foto, buku ilmu pengetahuan-teknologi, material dokumentasi untuk melayani urusan eksternal dan kerja sama internasional

Surat kabar: sebagai kanal informasi pemerintahan, publikasi surata kabar ditugaskan untuk meliput secara mendalam aktivitas politbiro dan komite penggarah untuk Regional Barat Laut, Dataran Tinggi Tengah, dan Barat Daya

  • The News edisi akhir pekan-Tin tuc Cuoi tuan (setiap Kamis)
  • Electronic News-Tin Tuc (pada situs www.baotintuc.vn)

Koran Olahraga dan Budaya: Koran pertama dan terpopuler mengenai olahraga dan budaya di Vietnam, dicintai pembaca selurh negeri karena memiliki beragam acara seperti Penghargaan Dedikasi Musik dan Love of Hanoi Awards

  • Sports & Culture Daily (hari kerja)
  • Sports & Culture Weekend (setiap jumat)
  • Sports, Culture & Men (setiap bulan)
  • Sports and Culture Online (edisi daring, bisa diakses di thethaovanhoa.vn)
  • Program televisi Culture Panorama, Planet of Sport (harian) dan Culture Radar (mingguan)

Majalah Bulanan Teknologi dan Sains: Menawarkan informasi mendalam mengenai sains dari dalam negeri dan luar negari dan pencapaian serta event teknologi.

  • Sains dan Teknologi (majalah bulanan)

Gambar Entis Minoritas dan Wilayah Pegunungan: Satu-satunya publikasi dalam dua bahasa di Vietnam yang didesain spesifik untuk grup etnis-etnis minoritas.

  • Delapan edisi dua bahasa dari Dan toc & Mien nui diterbitkan setiap bulan (Vietnamese-Khmer, Vietnamese-Bhanar, Vietnamese-Jrai, Vietnamese-Ede, Vietnamese-Cham, Vietnamese-Mong, Vietnamese-K’ho dan Vietnamese-M’nong).

Bahasa untuk kelompok etnis lainnya akan ditambahkan kemudian hari

Vietnam Pictorial merupakan publikasi pertama yang diterbitkan Vietnam untuk jasa eksteral. Diluncurkan pada 1954, publikasi ini diluncurkan dalam beragam bahasa asing dan satu-satunya publikasi asal Vietnam yang terbit di negara-negara Amerika Latin (saat ini ada di Kuba dan Meksiko).

  • Vietnam Pictoria terbit dalam lima bahasa berbeda secara berkala yaitu bahasa Vietnam (bulanan), bahasa Inggris (bulanan), bahasa Tiongkok (bulanan), bahasa Spanyol (dua bulanan), dan bahasa Lao (dua bulanan)
  • Vietnam Pictoria versi daring (bahasa Vietnam, Tiongkok, Rusia, Inggris, Prancis, Spanyol, Jeang dan Lao) bisa diakses di vietnam.vnanet.vn
  • Majalah Dep (kecantikan) sisipan konten yang terbit setiap bulan.

Viet Nam News merupakan satu-satunya koran harian berbahasa Inggris di Vietnam dan jasa publikasi terbaik untuk luar negeri yang dimiliki Vietnam. Bersama dengan Vietnam Pictorial, tambahan publikasi dari Viet Nam News outlook terbit setiap bulannya di kantor pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat.

  • Viet Nam News (terbit harian kecuali Minggu)
  • Viet Nam News Sunday
  • Outlook (terbit setiap bulan)
  • Viet Nam News Online (edisi daring bisa diakses di Vietnamnews.vn)

Le Courrier du Vietnam adalah satu-satunya koran berbahasa Prancis di Vietnam. Terpisah dari edisi daring yang diperbaharui setiap harinya, koran ini terbit setiap minggu dalam bentuk majalah

  • Mingguan Le Courrier du Vietnam (terbit setiap Kamis)
  • Le Courrier du Vietnam daring (bisa diakses di lecourrier.vn)
  • Program televisi “Francophone Space” (mingguan)

Vietnam Law & Legal Forum adalah satu-satunya publikasi berkaitan dengan hukum di VIetnam yang diterbitkan dalam bahasa asing di Vietnam. Publikasi ini merupakan satu-satunya surat kabar resmi yang diterbitkan kantor berita, satu-satunya terjemahan bahasa Inggris untuk buletin hukum Cong Bao.

  • Bulanan Vietnam Law & Legal Forum (versi bahasa Inggris bisa diakses di vietnamlaw.vnanet.vn)
  • Terjemahan bahasa Inggris untuk Cong Bao (terbit setiap tiga mingguan)

Mingguan Vietnam-Korea Times merupakan satu-satunya koran berbahasa Korea yang dipublikasikan di Vietnam (diterbitkan oleh Vietnam Pictorial)

  • Vietnam-Korea Times dipublikasikan setiap Rabu (edisi daring bisa diakses di viethantime.vn).

III. Bagian Informasi Televisi dan Daring

Beberapa tahun belakang ini, VNA bekerja keras untuk memperbanyak jenis media untuk memenuhi permintaan informasi dari Partai da Negara dalam bentuk yang baru. Usaha tersebyt mendapatkan respon positif, terutama informasi televisi dan daring

VNA TV Channel (VNews) satu-satunya saluran televisi berita di Vietnam

Diproduksi oleh VNA Television Center yang melibatkan hampir seluruh unit informasi di VNA dan juga 93 biro di seluruh Vietnam dan seluruh dunia, Vnews memperbaharui berita secara berkelanjutan, tepat waktu, dan akurat mengenai peristiwa yang terjadi dalam negeri, regional, dan dunia. Vnews menjadi saluran favorit masyarakat Vietnam dan tercatat oleh Kementerian Informasi dan Komunikasi sebagai salau satu saluran televisi kunci untuk menjalankan tugas komunikasi dan politik di Vietnam

VietnamPlus e-newspaper (bisa di akses di vietnamplus) ditayangkan di vietnamplus.vn, merupakan sebuah situs web yang menawarkan informasi nasional resmi yang dikunjungi oleh banyak pembaca dari seluruh bagian negeri. VietnamPlus e-newspaper merupakan koran daring multi bahasa terbesar di Vietnam, dengan berita disajikan dalam bahasa Vietnam, Inggris, Tiongkok, Prancis, dan Spanyol. Vietnamplus juga menjadi situs berita yang banyak menjadi rujukan bagi situs-situs web lain di Vietnam.

Portal Daring VNA di news.vnanate.vn merupakan portal daring resmi dari Vietnam News Agency, yang secara terus menerus memperbaharui berita dan foto dalam beragam bahasa. Situs web juga menjadi gerbang dari kantor berita dan pembaca untuk mendaftar dan berlangganan VNA service dan akses ke publikasi yang berlimpah

Begitu juga dengan surat kabar daring VietnamPlus dan portal berita VNA yaitu news.vnanet.vn, hampir seluruh kantor berita dibawah VNA, terutama surat kabar, telah memperkenalkan edisi daring. Mereka bukan hanya versi digital dari publikasi cetak tetapi koran digital yang dapt mempublikasikan informasi dan berita sepanjang waktu

Jaringan situs web VNA menjadi kanal terpenting dalam mendistribusikan informasi secara cepat dari VNA kepada pembaca di seluruh negeri dan dunia

Melalu situs web xembao.vn yang dioperasikan oleh VNA Techincal Center, pembaca dapat mengakses publikasi cetak VNA dalam format koran digital dengan komputer ataupun telepon genggam, mereka juga dapat menikmati lembaran PDF dari publikasi dimanapun.

Sebagai pusat informasi nasional, VNA menyediakan informasi penting yang terpercaya untuk mitra VNA yang menyediakan jasa spesial penyediaan berita melalui perangkat telepon genggam di jaringan telekomunikasi.

Efisiennya operasional VNA dikarenakan pekerjaan yang aktif dan proaktif dari unit-unit pendukung, yaitu:

  • VNA Technical Center
  • VNA Profession Training Center
  • VNA Media Development Center
  • VNA Information Center
  • VNA International Cooperation Center

Kontribusi yang dilakukan oleh unit-unit dibawah ini berperan besar dalam kesuksesan NA sebagai kantor berita nasional, unit-unit tersebut adalah:

  • Departemen Sekretariat dan Editorial
  • Departemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi
  • Kantor Urusan Administrasi
  • Departemen Perencanan dan Finansial
  • Departemen Inspeksi

Semua unit di atas dan juga Kantor Representatif VNA di Regional Utara dan Regional Pusat-Pusat Pengununggan, merupakan bagian inti yang memastikan kelancaraan arus informasi, sekaligus memudahkan operasional media dalam skala besar dapat berjalan lancar. Hal ini menolong VNA mengembangkan infrastruktur teknologi yang maju dengan fasilitas peralatan yang memadai. Kantor berita juga mengembangkan tim jurnalis tekad politik yang kuat, profesionalisme yang tinggi, tanggung jawab sosial dan etika kerja profesional.

VNA printing Section dengan sistem mesin percetakan modern dan staff yang terampil, dua perusahaan percetakaan milik VNA yaitu ITAXA Printing Company terletak di Ho Chi Minh City dan Printing and Trade Company di Hanoi merupakan perusahaan terpercaya dan bonafit di Vietnam. VNA juga memiliki fasilitas percetakan off-set di pusat kota Da Nang.

VNA printing Section dioperasikan dengan tujuan utama untuk memproduksi buletin, majalah, surat kabar, dan publikasi VNA lainnya agar tetap waktu. Selain itu, juga menyediakan jasa untuk konsumen lain yang mencari komitmen dalam hal kualitas dan profesionalitas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]