Vicente Masip

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kemartiran St. Ines. Museo del Prado, Madrid.

Vicente Masip (juga Vicente Macip) (Andilla, 1475 - Valencia, 1545) adalah seorang pelukis Spanyol dari masa Renaisans. Anaknya adalah Juan Vicente Masip, dan cucunya bernama Vicente Masip Comes, juga dikenal sebagai Vicent de Joanes.

Lahir di Andilla, ia dipengaruhi oleh Paolo de San Leocadio dan Rodrigo de Osona pada gaya Quattrocento. Dia dianggap sebagai pelukis Quattrocento. Salah satu karya awal adalah altar dari Porta-Coeli di Museu de Belles Arts de Valencia. Dia juga bertanggung jawab untuk altar lama Katedral Segorbe antara 1529 dan 1532, mungkin sudah mengandalkan bantuan dari anaknya Juan, yang akan menjelaskan perubahan orientasi lukisannya. Dia juga disebabkan altar Perawan dari Remedy Gereja San Bartolomé de Benicarlo. Ini adalah lukisan Perawan dan Anak Bertahta dikelilingi oleh berbagai orang-orang kudus.

Museo del Prado memiliki, antara lain, dua lukisannya mewakili Visitasi dan Kesyahidan St. Agnes, dieksekusi karena kapel St Thomas dari Villanova di biara San Julián de Valencia, kemungkinan ditugaskan oleh John Bautista Agnesio yang terhormat. Gaya panggung Renaisans yang ditunjukkan memperlihatkan pengaruh dewan Kisah Para Rasul Raphael, yang dikenal melalui ukiran. Agak dibayangi oleh ketenaran anaknya yang memiliki lebih gaya emosional dan manis, tapi pasti lebih siap, para ahli meragukan atribusi dari beberapa karya antara orang tua dan anak, terutama mereka yang telah mengaitkan Bapa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]