Viaduk Diggswell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Viaduk Welwyn dilihat dari tanah

Viaduk Digswell atau Viaduk Welwyn adalah sebuah viaduk kereta api yang menyeberangkan jalur kereta api East Coast Main Line melintasi Sungai Mimram di Hertfordshire, Inggris. Viaduk ini secara lokal merupakan sebuah markah tanah penting. Tempatnya berada di antara desa Welwyn dan Diggswel, tidak jauh dari stasiun kerata api Welwyn North.

Bangunan ini di Inggris merupakan cagar budaya dan didaftar pada senarai Derajat II* (Grade II*).[1]

Viaduk ini panjangnya sekitar 475 m dan terdiri atas empat puluh lengkungan dengan lebar 9 m, dan tingginya 30 m dari tanah ke landasan rel. Viaduk dibangun dari bata bakar yang dibuat dari tanah liat yang diambil dari lokasi sekitar ketika dibangun. Lama pembangunan memakan waktu dua tahun, termasuk pembangunan tanggul di dua sisi yang mengharuskan pemindahan sekitar satu juta ton tanah oleh tenaga manusia dan kuda. Viaduk ini didesain oleh William Cubitt, dan dirancang berdasarkan gaya akuaduk Romawi.

Viaduk Diggswell diresmikan oleh Ratu Victoria pada tanggal 6 Agustus 1850, namun konon sang ratu sungguh takut terhadap ketinggiannya sehingga menolak menyeberanginya. Kereta api yang membawanya harus berhenti, di mana kemudian Ratu Victoria turun dan naik kereta kuda untuk meneruskan perjalanan di tanah. Kemudian dia masuk lagi di ujung viaduk dan melanjutkan perjalanannya dengan kereta api.

Viaduk ini menyangga jalur East Coast Main Line, yang harus menciut dari empat ke dua jalur rel untuk menyeberangi viaduk, sehingga viaduk ini menjadi leher botol dan membatasi kapasitas pada jalur strategis ini.[2] Masalah ini diperburuk lagi dengan adanya stasiun Welwyn North di sisi utara viaduk, yang memblokir jalur jika ada kereta yang berhenti. Selain itu di sebelah utara masih ada dua terowongan lagi. Beberapa gagasan untuk mengatasi keterbatasan fasilitas viaduk dan stasiun ini tanpa mengusik karakter bersejarah dan rancangan berirama ini secara berkala sering didiskusikan. Jalur ini dielektrifikasi pada dasawarsa 1970-an.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Welwyn Hatfield District Plan 2005 Appendix 2: Listed Buildings". Welwyn Hatfield. 2005. Diakses tanggal 27 Februari 2016. 
  2. ^ "APPENDIX 2: Issues in defining and measuring railway capacity" (PDF). Office of Rail Regulation. 13 Februari 2006. hlm. 2. Diakses tanggal 27 Februari 2016. 
  3. ^ British Railways Board. "Your New Electric Railway: The Great Northern Suburban Electrification" (PDF). Diakses tanggal 15 April 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]