Very-long-baseline interferometry

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Image of the source IRC+10420. The lower resolution image on the left image was taken with the UK's MERLIN array and shows the shell of maser emission produced by an expanding shell of gas with a diameter about 200 times that of our own Solar System. The shell of gas was ejected from a supergiant star (10 times the mass of our sun) at the centre of the emission about 900 years ago. The corresponding EVN e-VLBI image (right) shows the much finer structure of the masers because of the higher resolution of the VLBI array.

Very-long-baseline interferometry (VLBI) adalah jenis interferometri astronomi yang digunakan dalam astronomi radio. Dalam VLBI sinyal dari sumber radio astronomi, seperti Quasar, dikumpulkan di beberapa teleskop radio di Bumi. Jarak antara teleskop radio kemudian dihitung menggunakan perbedaan waktu antara kedatangan sinyal radio pada teleskop yang berbeda. Hal ini memungkinkan pengamatan objek yang dibuat secara bersamaan oleh banyak teleskop radio untuk digabungkan, meniru sebuah teleskop dengan ukuran sama dengan pemisahan maksimum antara teleskop.

Data yang diterima pada setiap antena dalam array termasuk kedatangan kali dari jam atom lokal, seperti maser hidrogen. Pada lain waktu, data yang berkorelasi dengan data dari antena lain yang mencatat sinyal radio yang sama, untuk menghasilkan gambar yang dihasilkan. Resolusi dicapai menggunakan interferometri sebanding dengan frekuensi mengamati. Teknik VLBI memungkinkan jarak antara teleskop untuk menjadi jauh lebih besar daripada yang mungkin dengan interferometri konvensional, yang membutuhkan antena secara fisik dihubungkan dengan kabel koaksial, pandu, serat optik, atau jenis lain dari saluran transmisi. Pemisahan teleskop yang lebih besar yang mungkin dalam VLBI karena perkembangan teknik pencitraan fase penutupan oleh Roger Jennison pada 1950-an, yang memungkinkan VLBI untuk menghasilkan gambar dengan resolusi superior.

VLBI paling terkenal untuk pencitraan jauh sumber radio kosmik, pelacakan pesawat ruang angkasa, dan untuk aplikasi di astrometri. Namun, karena teknik VLBI mengukur perbedaan waktu antara kedatangan gelombang radio pada antena yang terpisah, juga dapat digunakan "secara terbalik" untuk melakukan studi rotasi bumi, gerakan peta lempeng tektonik sangat tepat (dalam milimeter), dan melakukan lainnya jenis geodesi. Menggunakan VLBI dengan cara ini membutuhkan sejumlah besar waktu pengukuran perbedaan dari sumber yang jauh (seperti quasar) diamati dengan jaringan global antena selama periode waktu.

Referensi[sunting | sunting sumber]