Verifikasi data

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Verifikasi data atau penentusahan data adalah proses ketika berbagai jenis data diperiksa ketepatan dan ketidakkonsistenannya setelah migrasi data dilakukan.[1] Dalam beberapa ranah, ini disebut Verifikasi Data Sumber (SDV), seperti dalam uji klinis.[2]

Verifikasi data membantu menentukan apakah data telah diterjemahkan dengan tepat ketika data dipindahkan dari satu sumber ke sumber yang lain, lengkap, dan mendukung proses dalam sistem baru. Selama verifikasi, mungkin terdapat kebutuhan untuk menjalankan kedua sistem secara sejajar untuk mengenali perbedaan dan mencegah kehilangan data yang salah.

Metode untuk verifikasi data mencakup entri data ganda dan data uji baca. Uji baca data melibatkan seseorang memeriksa data yang dimasukkan terhadap dokumen asli. Ini juga memakan waktu dan biaya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What is Enterprise Content Management". 
  2. ^ Andersen JR, Byrjalsen I, Bihlet A, Kalakou F, Hoeck HC, Hansen G; et al. (2015). "Impact of source data verification on data quality in clinical trials: an empirical post hoc analysis of three phase 3 randomized clinical trials". Br J Clin Pharmacol. 79 (4): 660–8. doi:10.1111/bcp.12531. PMC 4386950alt=Dapat diakses gratis. PMID 25327707. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]