Vanguard TV3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
TV3 satellite on display at the National Air and Space Museum

Vanguard TV3 adalah upaya pertama dari Amerika Serikat untuk meluncurkan satelit ke orbit sekitar Bumi. Itu adalah satelit kecil yang dirancang untuk menguji kemampuan peluncuran tiga tahap Vanguard dan mempelajari efek lingkungan pada satelit dan sistem dalam orbit Bumi. Itu juga digunakan untuk memperoleh pengukuran geodetik melalui analisis orbit.

Pada upaya peluncuran pada tanggal 6 Desember 1957 di Cape Canaveral, booster dinyalakan dan mulai naik; tapi sekitar dua detik setelah lepas landas, setelah naik sekitar empat kaki (1,2 m), roket kehilangan dorong dan mulai jatuh kembali ke landasan peluncuran. Tangki bahan bakar pecah dan meledak, menghancurkan roket dan sangat merusak landasan peluncuran. Satelit Vanguard terlempar jelas dan mendarat di tanah jarak jauh dengan pemancar masih mengirimkan sinyal suar. Satelit rusak, dan tidak bisa digunakan kembali. Sekarang dipajang di National Air and Space Museum Smithsonian Institution.

Penyebab pasti kecelakaan itu tidak pernah ditentukan dengan pasti, tapi penjelasan umum diterima adalah bahwa tekanan tangki bahan bakar rendah selama prosedur start membiarkan beberapa pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar bocor ke sistem bahan bakar melalui kepala injector sebelum tekanan propelan penuh diperoleh dari turbopump tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]