Vanguard TV3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


TV3 satellite on display at the National Air and Space Museum

Vanguard TV3 adalah upaya pertama dari Amerika Serikat untuk meluncurkan satelit ke orbit sekitar Bumi. Objek ini merupakan satelit kecil yang dirancang untuk menguji kemampuan kendaraan peluncur tiga tahap Vanguard dan mempelajari efek lingkungan pada satelit dan sistem di orbit Bumi. Itu juga digunakan untuk memperoleh pengukuran geodetik melalui analisis orbit.

Pada upaya peluncuran pada tanggal 6 Desember 1957 di Cape Canaveral, pendorong roket dinyalakan dan mulai meluncur; tapi sekitar dua detik setelah lepas landas, setelah naik sekitar empat kaki (1,2 m), roket kehilangan gaya dorong dan mulai jatuh kembali ke landasan peluncuran. Tangki bahan bakar pecah dan meledak, menghancurkan roket dan menyebabkan kerusakan berat pada landasan peluncuran. Satelit Vanguard terlempar jauh dan mendarat di tanah dengan kondisi pemancar yang masih mengirimkan sinyal suar. Satelit rusak dan tidak bisa digunakan kembali. Satelit ini sekarang dipajang di National Air and Space Museum Smithsonian Institution.

Penyebab pasti kecelakaan itu tidak pernah ditemukan dengan pasti, tapi penjelasan umum yang diterima adalah tekanan tangki bahan bakar yang terlalu rendah selama prosedur peluncuran menyebabkan beberapa bahan bakar di dalam ruang bakar bocor ke sistem bahan bakar melalui kepala injector sebelum tekanan propelan penuh diperoleh dari turbopump tersebut.

Proyek pembangunan satelit[sunting | sunting sumber]

Sejarah proyek Vanguard TV-3 dimulai pada Tahun Geofisika Internasional (IGY). Ini adalah upaya internasional yang antusias yang menyatukan para ilmuwan secara global untuk melakukan studi geofisika di seluruh planet. IGY menjamin pertukaran informasi secara bebas yang diperoleh melalui observasi ilmiah yang menghasilkan banyak penemuan penting di masa depan. [2] Mengorbit satelit menjadi salah satu tujuan utama IGY. Pada awal Juli 1955, Presiden Dwight D. Eisenhower mengumumkan, melalui sekretaris persnya, bahwa Amerika Serikat akan meluncurkan "satelit kecil, tak berawak, yang mengelilingi bumi sebagai bagian dari partisipasi AS dalam IGY" Pada 9 September 1955 , Departemen Pertahanan Amerika Serikat menulis surat kepada sekretaris Angkatan Laut yang mengizinkan misi untuk dilanjutkan. Angkatan Laut AS telah ditugaskan untuk meluncurkan satelit Vanguard sebagai bagian dari program tersebut. Project Vanguard secara resmi dimulai.

Desain satelit[sunting | sunting sumber]

Payload dari TV-3 yang sangat mirip dengan kemudian Vanguard 1 . Itu kecil aluminium bola , 16,3 cm (6,4 in) diameter dan dengan massa 1,5 kg (3,3 lb). Pesawat ini membawa dua pemancar: pemancar 10-mW, 108-MHz yang ditenagai oleh baterai merkuri , dan pemancar 5-mW, 108,03-MHz yang didukung oleh enam sel surya yang dipasang di badan pesawat ruang angkasa. Dengan menggunakan enam antena udara kecil yang dipasang di tubuhnya, satelit utamanya mentransmisikan data teknik dan telemetri , tetapi pemancar juga digunakan untuk menentukan total elektron.konten antara satelit dan stasiun bumi. Instrumen lain dalam desain satelit termasuk dua termistor , yang digunakan untuk mengukur suhu internal satelit untuk tujuan melacak efektivitas perlindungan termal . Meskipun satelit rusak sehingga tidak dapat digunakan kembali selama kecelakaan itu, satelit itu masih memancarkan transmisi setelah kejadian tersebut.

Luncurkan desain kendaraan[sunting | sunting sumber]

Vanguard TV-3 menggunakan kendaraan peluncur tiga tahap yang dikenal sebagai Vanguard yang dirancang untuk mengirim satelit ke orbit di sekitar Bumi. Sirip dikeluarkan dari roket sebagai cara untuk mengurangi hambatan dan sebagai gantinya, motor peluncur dipasang di gimbal yang memungkinkannya berputar dan mengarahkan daya dorongnya untuk kemudi. Tahap kedua dan ketiga roket juga dibuat dengan gimball. [5]

Seperti yang dirancang, tahap pertama akan menyebabkan roket naik di bawah dorongan pembakaran oksigen cair, etanol, bensin dan minyak silikon yang akan mendorong kendaraan ke kecepatan 6.400 km / jam (4.000 mph), mengangkat satelit melalui yang lebih padat. lapisan atmosfer dalam 130 detik. Selanjutnya, tahap kedua akan membakar bahan bakarnya, membawanya menjauh dari motor dan tangki tahap satu. Satelit akan naik ke ketinggian 480 kilometer (300 mil) di atas bumi. Jalur penerbangan telah diprogram untuk dimiringkan dari jalur vertikal ke jalur yang lebih horizontal. Kemudian, tahap ketiga akan mengambil alih untuk memberikan putaran dan dorongan terakhir, mendorong tahap ketiga ke orbit dengan kecepatan 29.400 km / jam (18.300 mph). Satelit perlahan akan melepaskan diri dari roket tahap ketiga, di mana dengan kecepatan ini ia akan jatuh ke arah Bumi dengan kecepatan yang sama dengan bumi. permukaan melengkung menjauh darinya. Akibatnya, jarak satelit dari bumi akan tetap sama.

Meluncurkan[sunting | sunting sumber]

Saat diluncurkan pada 6 Desember 1957 pukul 16:44:34 GMT di Atlantic Missile Range di Cape Canaveral, Florida, booster menyala dan mulai naik tetapi sekitar 2 detik setelah lepas landas, setelah naik sekitar satu meter, roket kehilangan daya dorong dan mulai untuk kembali ke landasan peluncuran. Saat mendarat di landasan peluncuran, tangki bahan bakar pecah dan meledak, menghancurkan roket dan sangat merusak landasan peluncuran. Satelit Vanguard terlempar dan mendarat di tanah dalam jarak dekat dengan pemancarnya masih mengirimkan sinyal suar. Satelit rusak, bagaimanapun, dan tidak dapat digunakan kembali. Sekarang dipajang di Smithsonian Air and Space Museum.

Referensi[sunting | sunting sumber]