Vandaria Wars

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Vandaria Wars
Exar, Judgement
Exar, Judgement. Salah satu Champion Card dalam Vandaria Wars
Pemain Minimal 2
Usia 13 ke atas
Waktu persiapan < 3 menit
Lama permainan ~ 60 menit
Kerumitan aturan Tinggi
Kedalaman strategi Tinggi
Faktor nasib Sedang
Kecakapan yang dibutuhkan Permainan Kartu
Aritmetika

Vandaria Wars atau biasa disebut VW, adalah sebuah permainan kartu yang pertama kali muncul dalam majalah ZIGMA sebagai bonus pada ZIGMA Birthday Edition tahun 2006. Sejak saat itu, permainan kartu ini sudah tumbuh lebih lanjut dan berkembang hingga beberapa ekspansi. Vandaria Wars memiliki komunitas pemain yang cukup besar di Indonesia, terutama di Jakarta, Bandung dan Surabaya. VW membutuhkan taktik, strategi, kemampuan mengambil keputusan dan juga sedikit keberuntungan.

Dalam permainan kartu ini, pemain berperan sebagai seorang penguasa di dunia Vandaria. Dalam permainan, pemain berkompetisi untuk menjadi penguasa tunggal Vandaria dengan pemain-pemain lainnya. Pemain dapat membangun benteng dan kota(Territory), menyewa pasukan(Follower), menggunakan berbagai peralatan teknologi mutakhir(Relic), atau memanfaatkan kekuatan magis dan kekayaan alam(Rune).

Vandaria Wars mengambil setting dari konsep dunia Vandaria Saga. Pemain dapat beraliansi dengan Human, yang memiliki empat Faction(Order, Chaos, Prosper, dan Noble). Atau beraliansi dengan Frameless, yang memiliki satu Faction utama(Mystic) dan dua Faction pendukung(Eden dan Reigner). Baik Human maupun Frameless memiliki karakteristik permainan yang berbeda, tentunya dengan keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Tipe Kartu[sunting | sunting sumber]

Territory[sunting | sunting sumber]

Contoh Kartu Territory

Territory adalah salah satu element dasar dan terpenting di Vandaria Wars. Permainan Vandaria Wars bermulai dari Territory. Di territory kita bisa mendeploy Follower, Relic, dan Rune Equipment.

Terdapat tiga jenis territory di Vandaria Wars:

  • Ground Teritory
  • Naval Territory
  • Aerial Territory

Dari tiga jenis territory di atas territory di Vandaria Wars masih dibagi lagi menjadi dua, yaitu:

  • Non-Vehicle Territory

Seperti namanya Non-Vehicle Territory adalah territory bukan Vehicle. Kebanyakan dari territory Non-Vehicle adalah Ground territory, tetapi tidak menutup kemungkinan territory Non-Vehicle bisa merupakan Aerial atau Naval Territory.

  • Vehicle Territory

Vehicle territory merupakan territory yang berupa Vehicle atau kendaraan. Kebalikan dari Non-Vehicle Territory kebanyakan terdiri dari Aerial atau Naval Territory.

  • Defense, jumlah dari defense sebuah territory, jika defense dari sebuah territory mencapai 0(nol) maka territory tersebut hancur. Defense dari sebuah territory bisa mencapai 0(nol) jika di serang follower, dikurangi, atau didamage oleh skill.
  • Gold Produce, Gold yang dihasilkan oleh sebuah territory tiap awal turn.
  • Capacity, Kapasistas dari sebuah territory, contoh: capacity 4 berarti 4 follower size 1 bisa menjaga territory ini.
  • Honor, honor dari territory ini.
  • Keterangan Kartu, Keterangan kartu berisi informasi tentang territory tesebut berupa skill, syarat summon, syarat kartu, dan Flavor text. Contoh: kartu stockade ini mempunyai syarat devotion Mystic, eden, reigner dan skill mencari 1 kartu elemental rune dari fate deck anda, ke tangan anda.

Ada tujuh faction dalam Vandaria Wars:

Order[sunting | sunting sumber]

Order adalah suatu faction dengan gambar perisai dan memiliki ciri khas kuat dalam pertahanan territory serta memiliki follower dengan vit dan def besar. Territory-territorynya memiliki gold cost yang murah namun berdefense cukup besar. Action-action yang dimiliki Order mempunyai peran untuk mem-buff follower / territory. Faction yang solid dan seimbang dalam menyerang dan bertahan.

Chaos[sunting | sunting sumber]

Chaos, faction dengan lambang tengkorak ini mampu bergerak dengan cepat, dan membunuh follower dengan menggunakan action. Follower Chaos biasanya memiliki def dan vit kecil, namun murah dan memiliki kemampuan rush, territory dengan defense kecil namun kapasitas besar, serta action murah dan melimpah yang dapat melukai follower lawan adalah ciri khas faction Chaos.

Noble[sunting | sunting sumber]

Noble adalah faction yang memiliki kemampuan disabler yang paling menonjol di antara faction human lainnya. Follower faction bergambar buku ini biasanya tidak terlalu kuat, namun tidak terlalu lemah pula tetapi didukung oleh skill-skill yang unik. Territory Noble rata-rata seimbang antara gold cost,capacity, dan defense. Kekuatan sebenarnya Noble ada pada relicnya yang memiliki kemampuan melihat kartu ataupun melakukan disable pada follower lawan.

Prosper[sunting | sunting sumber]

Prosper merupakan faction yang mengandalkan gold produce. Faction berlambang G yang merupakan lambang gold pada Vandaria Wars ini memiliki kekuatan yang cukup mengerikan pada mid-game. Follower dengan atk dan def cukup tinggi namun membutuhkan biaya yang tidak murah dapat ditemukan pada faction ini. Territory faction Prosper memiliki defense yang kecil, namun memiliki gold produce yang besar.Prosper memiliki banyak Follower yang unik seperti Raccuroh dan Gorken. Oleh karena itu,kadang-kadang Prosper sering dianggap sebagai Deck monster.

Mystic[sunting | sunting sumber]

Mystic merupakan faction yang melambangkan kekuatan mistis. Faction ini merupakan faction milik para frameless. Territory Mystic + yang identik dengan frameless penyihir dan Sacred Bloodline memiliki kecendrungan memiliki honor yang tinggi. Sedangkan territory mystic - identik dengan dragon dan Cursed Bloodline cenderung memiliki honor yang rendah juga. Territory mystic ground memiliki status yang seimbang antara gold cost, defend, dan capacity nya.

Eden[sunting | sunting sumber]

Eden merupakan alam mystic yang menuju kesempurnaan. Territory Eden melambangkan kuasa Vanadis, karenanya faction ini bersimbolkan sayap malaikat. Territory Eden memiliki ciri khas yaitu honor yang sangat tinggi. Selain itu ciri khas eden lainnya adalah kemampuannya untuk tidak dapat menjadi target skill. Territory Eden biasanya bervariasi antara territory Ground dan Aerial. Territory Eden juga biasanya memiliki mekanisme pertahanan yang sangat baik.

Reigner[sunting | sunting sumber]

Reigner merupakan manifestasi kejahatan deimos. Territory ini memiliki simbol setan bertanduk. Territory Reigner memiliki ciri khas yaitu honornya yang tidak terbatas (Antara -99 sampai +99). Ciri khas territory Reigner adalah memiliki defense yang besar, dan mekanisme unik yang biasanya tidak dimiliki oleh territory faction manapun. Territory Reigner merupakan satu-satunya support bagi follower Deimos.

Gaia[sunting | sunting sumber]

Gaia adalah perwujudan dari planet Vandaria. Gaia memiliki simbol kepala naga. Territory Gaia memiliki ciri khas yaitu defense nya 10 dan kapasitas territory yang tidak terbatas. Selain ini ciri khas lain territory Gaia adalah memiliki efek aura yang luas, baik bagi follower di territory tersebut, memberikan efek aura pada semua follower, ataupun mempengaruhi semua pemain. Faction ini identik dengan bangsa naga.

Honor System[sunting | sunting sumber]

Vandaria Wars menggunakan Honor system sebagai salah satu syarat summon suatu follower. Setiap territory mempunyai Honor, tertulis di sudut kiri bawah di dalam lingkaran berwarna hijau. Angka di lingkaran itu menunjukkan Honor dari Territory itu. Jika ada territory lainnya, maka honor anda adalah jumlah honor dari kedua territory tersebut. Contoh: Stokade – Honor +20  sekarang Honor anda adalah 20 Jika anda mensummon Stokade yang lain, maka honor anda sekarang adalah Stokade – Honor +20 ditambah Stokade – Honor +20  Totalnya adalah +40 Jadi sekarang honor anda adalah +40. Sebuah territory tidaklah harus berhonor, ataupun berhonor positif (+), ada territory yang juga berhonor Negatif (-), ataupun Honorless Territory, territory tidak berhonor, dilambangkan strip (-) Di system yang paling baru diperkenalkan Unlimited Honor system, dilambangkan (∞) yang berarti Honor territory ini adalah -99 sampai +99. Seperti yang anda ketahui kalau di dalam syarat kemenangan dengan absolute victory anda harus mendapatkan honor minimal +100, jika anda mengontrol territory berhonor ∞ maka anda tidak bisa memenangkan permainan dengan cara absolute Victory.

Follower[sunting | sunting sumber]

Contoh Kartu Follower

Follower adalah kartu utama dan yang paling aktif dalam permainan Vandaria Wars. Follower berfungsi untuk menjaga Territory pemain maupun menyerang Territory lawan. Follower hanya dapat menyerang Territory.

Beberapa Follower memiliki persyaratan Honor untuk di-summon. Perlu diingat bahwa persyaratan tersebut wajib dipenuhi hanya ketika men-summon. Setelah berada dalam permainan, Follower tidak akan meninggalkan permainan apabila Honor pengontrolnya sudah tidak sesuai lagi dengan Honor Requirement Follower tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah size. Tiap Territory memiliki kapasitas, yang berarti hanya dapat menampung property dengan size maksimum sebesar kapasitasnya. Pemain tidak dapat mengeluarkan Follower(menjadikan Stray) dengan sengaja. Hal ini juga berkaitan dengan perubahan size Follower di tengah-tengah permainan. Jika kapasitas Territory sudah penuh, maka Follower yang berada di dalam territory itu tidak dapat berubah menjadi Follower dengan size lebih besar.

Vandaria Wars sudah mengenalkan tujuh tipe Follower yaitu:

  • Human Follower (diperkenalkan sejak ekspansi pertama Vandaria Wars yaitu Union of Destiny)
  • Frameless Follower (diperkenalkan sejak ekspansi ketiga Vandaria Wars yaitu Rise of Majestic)
  • Half-Frameless Follower (diperkenalkan sejak ekspansi ketiga Vandaria Wars yaitu Rise of Majestic)
  • Monster Follower (diperkenalkan sejak tambahan ekspansi pertama Vandaria Wars yaitu Beyond the Destiny)
  • Deimos Follower (diperkenalkan sejak ekspansi ketiga Vandaria Wars yaitu Rise of Majestic)
  • Vanadis Follower (diperkenalkan sejak ekspansi ketiga Vandaria Wars yaitu Rise of Majestic)
  • Heirarch Follower (diperkenalkan sejak ekspansi ketiga belas Vandaria Wars yaitu Creatio)

Setiap Kartu Follower mempunyai:

  • Gold cost di sisi atas kanan kartu, menjelaskan berapa banyak Gold yang diperlukan untuk men-summon follower tersebut.
  • Honor cost di bawah gold cost, merupakan syarat honor minimal untuk mensummon follower tersebut. Contoh: Warlock mempunyai honor cost +15, berarti syarat honor minimal yang harus dimiliki player adalah +15 atau lebih.
  • Status Follower, Status Follower terdiri dari tiga, yaitu: Attack, Defense, dan Vitality
  • Keterangan Kartu, Keterangan kartu berisikan keterangan kartu, seperti skill, syarat faction, dan flavor text.

Action[sunting | sunting sumber]

Contoh Kartu Action

Tidak seperti kartu lainnya, Action adalah kartu sekali pakai. Ketika di-summon, kartu ini tidak masuk ke dalam zona permainan, melainkan langsung aktif skillnya. Karena efek kejutan yang dihasilkan oleh Action, tipe kartu ini sangat berguna untuk memutar balik keadaan. Action pada umumnya dapat di-summon kapan saja, baik di turn musuh, maupun di turn sendiri, sehingga dapat digunakan untuk merespon. Sama seperti Follower, action juga memiliki syarat dalam pemakaiannya, baik itu syarat kepemilikan Teritori tertentu, syarat Honor, hingga syarat waktu pemakaiannya. Hal ini ditujukan untuk menyeimbangkan kekuatan kartu - kartu Action yang ada.

Efek yang diberikan oleh kartu Action sangat bervariasi, antara lain;

  • Menambah atau mengurangi status Follower
  • Memanipulasi Follower, seperti mengembalikannya ke tangan, men-slidenya, dan lain-lain.
  • Memberi damage kepada Follower atau Territory (Merupakan spesialisasi faksi Chaos)
  • Mengambil Property dari Fate Deck maupun Graveyard ke tangan, atau ke permainan

Setiap Kartu Action mempunyai:

  • Gold cost di sisi atas kanan kartu, menjelaskan berapa banyak Gold yang diperlukan untuk mensummon Action tersebut.
  • Honor cost di sisi kiri atas kartu, merupakan syarat honor minimal untuk mensummon Action tersebut.
  • Keterangan Kartu, Keterangan kartu berisikan keterangan kartu, seperti skill, syarat summon, dan flavor text.

Relic[sunting | sunting sumber]

Contoh Kartu Relic

Relic adalah kartu pendukung yang bersifat kebendaan. Bisa berupa perlengkapan maupun persenjataan, yang memberikan fasilitas tertentu. Perlu diingat bahwa Relic tidak terpengaruh Fatigue dan hancur apabila Stray. Relic terbagi menjadi tiga jenis:

  • General Relic

Relic yang paling dasar. Kartu ini di-summon layaknya Follower dan di-deploy ke Territory. Relic ini memiliki size dan memakan kapasitas Territory, tidak dapat menyerang dan memblok, juga tidak dapat diserang. Umumnya General Relic memiliki skill-skill unik yang tidak dimiliki Follower.

  • Equipment Relic

Ini adalah Relic yang berfungsi untuk mengupgrade Follower. Equipment memiliki skill Equip, yaitu cost pemasangan dapat dibayar ulang untuk dilepas atau untuk dipasang ke Follower lain. Skill Equip tidak dapat merespon dan hanya dapat dilakukan pada Main Phase pengontrolnya. Equipment juga memiliki Personal, yaitu ketentuan Follower yang dapat dipasangkan Equipment tersebut. Requirement Personal hanya dicek ketika Equipment akan dipasangkan. Follower yang berubah tidak membuat Equipment lepas, meski sudah berbeda Personal. Perlu diingat bahwa tiap Follower hanya dapat dipasangi satu Equipment, kecuali dinyatakan lain oleh skill Follower tersebut. Banyak Equipment yang memiliki fungsi-fungsi lain, seperti dikorbankan untuk memperoleh efek tertentu. Fungsi-fungsi ini hanya dapat aktif ketika dalam kondisi tidak terpasang. Seperti Relic lainnya, Equipment hancur ketika Stray. Jika Follower yang terpasang Equipment hancur, Equipment tersebut juga hancur, kecuali:

    • Follower tersebut berada di dalam Territory
    • Follower tersebut berada dalam battle atau sedang Return Home, Equipment yang terlepas dapat dibawa Return Home selama ada Follower Lain yang selamat ketika menyerang atau sedang Return Home bersama Follower yang terpasang Equipment.
  • Faculty Relic

Jika Equipment berfungsi untuk mengupgrade Follower, Faculty berfungsi untuk mengupgrade Territory. Yang membedakan Faculty dengan General Relic adalah bahwa Faculty tidak memiliki size dan tidak dapat di-deploy. Satu Territory hanya dapat dipasangkan satu Faculty. Faculty hanya dapat di-summon di Non-Vehicle Territory

Rune[sunting | sunting sumber]

Contoh Kartu Rune

Pada dasarnya Rune tidak terlalu berbeda dengan Relic. Jika Relic bersifat kebendaan, maka Rune bersifat magis dan berhubungan dengan kekayaan alam. Rune juga tidak terpengaruh Fatigue dan hancur apabila Stray. Rune terbagi atas:

  • General Rune

Rune yang paling dasar. Seperti halnya General Relic, kartu ini di-summon layaknya Follower dan di-deploy ke Territory. General Rune umumnya memiliki size yang sangat besar.

  • Equipment Rune

Memiliki karakteristik dan rule yang sama dengan Equipment Relic. Perlu diingat bahwa Equipment Rune masuk ke dalam ketegori Equipment, jadi skill-skill Follower yang berhubungan dengan Equipment juga dapat mempengaruhi Equipment Rune.

  • Elemental Rune

Elemental Rune umumnya berfungsi sebagai property penghasil element. Karena memiliki skill Wander(Tidak harus di-deploy. Ketika Stray dapat digunakan seakan di dalam Territory), Elemental Rune dapat masuk ke permainan tanpa ada Territory dan tidak hancur ketika Stray.

Frame Spell[sunting | sunting sumber]

Contoh Kartu Frame Spell

Berbeda dari Human, skill yang dipunyai mystic berupa frame spell. Bisa dikatakan frame spell adalah inti permainan mystic. Frame spell dikelompokkan berdasarkan dari element yg digunakan Fusion element frame spell, Pure element frame spell, True element frame spell, dan Non-Elemental frame spell Setiap frame spell dikelompokkan ke dalam element-element yang juga merupakan syarat pemakaian frame spell. Setiap element frame spell mempunyai level, biasanya makin tinggi level dari frame spell itu semakin sulit untuk di-cast, semakin banyak syarat casting, tetapi semakin kuat pula efek dari frame spell tersebut.

Beberapa yang harus diperhatikan di dalam permainan frame spell termasuk “sub deck” bukan termasuk fate deck anda. Pada saat anda mengcast framespell ambil frame spell anda dan tunjukkan ke lawan anda. Anda hanya boleh mengcast frame spell yang anda bawa di dalam sub deck. Mengingat anda hanya dapat membawa 25 sub deck dalam permainan pemilihan frame spell yang anda bawa sangatlah penting.

Setiap Frame spell mempunyai:

  • Syarat Element, syarat element adalah element yang harus dibayarkan untuk meng-cast suatu framespell.
  • Skill Utama, skill utama adalah skill atau efek yang didapat jika syarat element terbayarkan. Contoh: di dalam thunder shock skill utamanya adalah ”Slide target follower.
  • Skill tambahan, suatu frame spell mempunyai efek tambahan yang bisa digunakan jika anda dapat membayat syarat element tambahan. Contoh: efek kedua thunder shock adalah “Faint”, maka jika anda membayar element tambahan “light” maka efek kedua ini dapat anda gunakan.

Ekspansi[sunting | sunting sumber]

Vandaria Wars dimulai dengan set pertama Union of Destiny dan hingga saat ini, VW sudah mengeluarkan banyak ekspansi.

  • Union of Destiny

Awalnya dibagikan sebagai bonus di majalah ZIGMA sebagai sebuah promo pack yang terdiri dari 50 kartu. Union of Destiny baru dirilis secara resmi sekitar awal September, ditandai dengan rilisnya booster box. Union of Destiny hanya mengenalkan sistem yang sangat mendasar saja. Walaupun begitu antusiasme pemain Trading Card Game ini luar biasa bahkan booster box set pertama Union of Destiny yang hanya dirilis sebanyak 300 boks saja habis terjual dan tidak akan dicetak ulang lagi. Union of Destiny mengenalkan kartu-kartu dasar seperti Follower, Territory, serta Relic dan Action.

Sebagai ekspansi perdana, Union of Destiny memiliki total 150 kartu, dengan 5 buah kartu Ultra Rare. Dua puluh kartu di dalamnya termasuk dalam Beyond the Destiny, yang merupakan sub-ekspansi pelengkap yang tergabung dalam Union of Destiny.

Selanjutnya menyusul ekspansi-ekspansi berikutnya adalah :

  • Dark Ages

Merupakan ekspansi pertama Vandaria Wars yang dirilis setelah Union of Destiny. Dark Ages dirilis pada awal Desember 2006, dan merupakan ekspansi sebelum Majestic Trilogy. Dark Ages untuk pertama kalinya membawa VW menuju arah permainan yang lebih kompleks, yaitu dengan diperkenalkannya sistem Multishift Warfare, yakni jenis Territory vehicle yang dikenal dengan Naval dan Aerial Territory, serta sistem Subdeck sebagai pendukung deck utama. Dark Ages sendiri berkisar pada masa kegelapan di Vandaria, dengan mengambil masa sebelum Union of Destiny. Ekspansi ini memiliki 150 kartu yang dilengkapi dengan 6 kartu Ultra Rare.

  • Rise of Majestic

Ekspansi kedua dari Vandaria Wars ini sekaligus adalah set pertama dari Majestic Trilogy, yaitu berkisar pada masa jauh sebelum Union of Destiny dan Dark Ages. Pada ekspansi inilah untuk pertama kalinya Frameless, ras khas dunia Vandaria mulai diperkenalkan. Berbeda dengan ekspansi sebelumnya, Rise of Majestic dirancang khusus untuk dapat berdiri sendiri atau stand-alone, dan dibuat agar dapat menandingi kekuatan Human yang berjaya pada ekspansi sebelumnya.

Pada ekspansi inilah Rune dan FrameSpell diperkenalkan untuk pertama kalinya. Pada ekspansi ini juga, human diperkenalkan pada Region System. Tiga region yang diperkenalkan adalah Pandora, Blackmoon, dan Stormhaven. Selain itu, ekspansi ini juga memunculkan Follower Vanadis dan Deimos untuk pertama kalinya. Tidak ketinggalan juga 2 jenis Territory baru, yaitu Eden yang berfokus pada Vanadis, serta Reigner yang berfokus pada Deimos. Yang lebih mengejutkan, Rise of Majestic juga mengenalkan 3 kartu rahasia yang dicetak amat terbatas. Yakni Nephilim, The Majestic Trifecta sebagai Follower Vanadis pertama; Edessa, Arch Valkyrie dalam teks bahasa Frameless; serta Isterion, Flaming Sword dengan ilustrasi tanpa mengenakan helmet.

Rise of Majestic memiliki total 195 kartu dengan 7 kartu Ultra Rare. Ekspansi ini juga dilengkapi dengan kartu Add-On yang memiliki fungsi melengkapi Frameless. Add-On terbagi dalam 2 jenis, yaitu versi Eden untuk melengkapi deck Eden dan FrameSpell Light, serta versi Reigner untuk melengkapi deck Reigner dan FrameSpell Shadow.

  • Judgment Day

Dirilis pada bulan Juli 2007. Judgment Day (JD) merupakan ekspansi ketiga dan set kedua dari Majestic Trilogy. Ekspansi ini berada tepat setelah masa Rise of Majestic. Bercerita tentang keadaan Vandaria setelah Grand Ark, ekspansi ini mengenalkan Vampire sebagai dampak dari peristiwa Grand Ark. Frameless, yang sebelumnya mendominasi dan amat ditakuti dalam Rise of Majestic, kini harus berhadapan dengan Vampire serta beberapa kartu anti-Frameless.

Selain dikenal kuat dalam melawan Frameless, Vampire menghadirkan mekanisme baru yang cukup unik. Yaitu Nosferatu dan Bloodsuck. Nosferatu merupakan mekanisme khusus Vampire untuk dapat mengubah wujudnya menjadi beberapa wujud vampire yang memiliki efek berbeda, seperti Mist yang ahli dalam menghindar, Wolf yang sangat kuat dalam menyerang, Bat yang murah dan fleksibel, serta Trueform yang merupakan bentuk terkuat vampire. Bloodsuck merupakan mekanisme khusus Vampire untuk mengurangi DEF Follower lawan dan menambah DEF sendiri.

Sama seperti sebelumnya, JD juga menghadirkan beberapa kartu rahasia yang umumnya tidak diketahui banyak orang. Kartu-kartu tersebut adalah Chastea, Grand Ark Originator sebagai anti-Action; Trance Edessa dengan teks bahasa Frameless dan ilustrasi baru; serta Birthday Cake yang dibagikan pada Vandaria Wars 1st Anniversary. Ekspansi ini memiliki total 206 kartu (termasuk promo) dan 7 kartu Ultra Rare.

Disamping ekspansi yang sudah ada dan yang akan dirilis masih ada juga beberapa promo set dan sub ekspansi yaitu :

  • Zigma Promo Set 1

Antusiasme pemain Vandaria Wars dipahami betul oleh Gamequarters selaku pemegang resmi franchise Vandaria Wars sehingga diadakan kerjasama dengan media partner majalah ZIGMA lagi untuk mengeluarkan Zigma Promo Set di mana dibagikan 5 buah kartu secara random setiap edisi dari Zigma dan Omega selama 5 edisi. Jumlah kartu total adalah 50 buah kartu yang sama sekali baru. Hal ini disambut meriah oleh pemain VW, namun di lain pihak tidak sedikit juga pembaca majalah ZIGMA yang kurang menyukainya karena mereka tidak bermain VW itu sendiri.

  • Zigma Promo Set II

Tidak lama berselang kembali diluncurkan Zigma Promo Set II dengan 50 kartu-kartu baru. Tujuan dari Zigma Promo Set ini sendiri adalah sabagai balancer atau penyeimbang bagi beberapa tipe dek yang saat itu dianggap kurang tangguh dibanding dek tipe lainnya. Hingga saat ini Zigma Promo Set hanya mencapai yang ke-dua saja. Tapi tidak menutup kemungkinan akan ada konsep baru yang lebih matang mengenai pembagian bonus kartu di majalah ZIGMA dan OMEGA di masa yang akan datang.

  • Rise of Majestics Add On

Tersedia dalam 2 pilihan : Eden Version dan Reigner Version. Masing-masing versi terdiri atas 20 kartu additional. Kemunculan Add-Ons ini ditujukan untuk pemain dengan tipe deck Mystic baik Eden dan Reigner.

  • Starter Set 1st Legacy

Sebelum ekspansi Judgment Day dirilis, Gamequarters merilis Starter Set yang dibuat untuk dapat dimainkan oleh pemain baru. Starter set ini memiliki 4 set, yaitu Protective Invention yang terdiri dari gabungan Order(+) dan Noble(+); Oblige Frenzy yang terdiri dari gabungan Chaos(+) dan Noble(+); Affluent Militia yang terdiri dari gabungan Order(-) dan Prosper(-); serta Oblige Frenzy yang terdiri dari gabungan Chaos(-) dan Prosper(-).

Starter Set ini juga dirilis dalam satu set khusus dengan nama Heroic Edition, yang terdiri dari 4 set Starter sekaligus, 1 Champion Pack berisi kartu Champion dan kartu Ultra Rare random, 1 buah DVD liputan VW National Championship, 1 buah Rulebook, dan 1 buah poster.


Box Cover Ekspansi Demi God
Box Cover Ekspansi Semi Devil

Pada bulan Desember 2007, ekspansi ke-5 yang berjudul Demi God, Semi Devil akan dirilis. Ekspansi Demi God, Semi Devil dirilis dalam 2 versi yaitu Demi God untuk pemain deck Frameless dan Semi Devil bagi pemain deck Human. Tema utama ekspansi ini adalah pertarungan terakhir antara Frameless melawan Human. Mengambil setting waktu pada 999 In Vanadis, ketika pertarungan terakhir antara pasukan Sword Master melawan The Unlimited, penguasa Tower of Unlimited, yang dipuja laksana dewa dan ditakuti bagai iblis. Tidak seperti sebelumnya, ekspansi bernama Demi God, Semi Devil ini akan terbagi dalam dua versi: Demi God, yang lebih condong ke arah Frameless; dan Semi Devil, yang bersahabat dengan sisi Human. Pembagian ini dilakukan untuk mempertegas nuansa kemegahan pertarungan antara Deus dan para penerusnya dalam menghadapi Saint Lordrake Faction yang dipimpin oleh Adelva. Demi God akan mengingatkan pemain akan Rise of Majestic, sedangkan Semi Devil benar-benar mewarisi citarasa Judgment Day.

Demi God, Semi Devil akan berisi 246 kartu. Terdapat sepuluh Ultra Rare (terbagi rata untuk kedua versi). Tiap versi juga akan memiliki kartu ekslusif untuk raritas Rare, Uncommon, dan Promo. Versi Demi God juga akan diperkuat dengan hadirnya Uthe Region, sementara Barzha Region akan bercokol di Semi Devil.

  • Vhranas Yuga

Dirilis pada bulan April 2008, Vhranas Yuga adalah ekspansi keenam dari Vandaria Wars. Ekspansi ini menceritakan tentang kejadian di dunia Vandaria yang tidak tercatat dalam sejarah. Ekspansi ini mengenalkan mekanisme Mount dan Manifest, serta membuat sedikit perubahan pada gaya permainan faction Mystic, yang sekarang mampu digabungkan dengan faction-faction Human. Ekspansi ini berisi 216 kartu, dengan delapan Ultra Rare yang disediakan.

  • Gamezine Starter Promo

Dirilis pada bulan Juli 2008, Gamezine Starter Promo (atau yang lebih dikenal sebagai G.S.P.)memberikan sebuah gaya permainan yang simpel, dan sangat newbie-friendly. Set ini dirilis sebagai bonus dari majalah Gamezine edisi 4, dan berisi 25 kartu baru.

GSP juga sudah memiliki versi add-onnya. Dirilis bersamaan dengan majalah Gamezine edisi 6, GSP add-on menghadirkan 50 kartu baru, yang dibagikan secara bertahap tiap edisi, selama 5 edisi. GSP add-on sendiri digunakan untuk mengajarkan sistem-sistem utama VW (seperti subdeck, frameless, framespell, loot, recipe, dan multishift warfare) kepada newbie, agar newbie lebih mengerti mengenai sistem-sistem yang ada di VW.

  • GoldArk Dynasty

Exspansi yang dirilis pada bulan Agustus 2008 bersamaan dengan event National Championship Vandaria Wars. Exspansi ini menceritakan tetang kelanjutan dari kisah Archaic War(Vhranas Yuga) dalam mitologi Vandaria. Melanjutkan mekanisme Dusk and Dawn menjadi Dawn Racer serta Faction Human-Mystic Spellbind ditambah marak lagi dengan penambahan Status seperti Agressive, Anger, Evade, Sleep, dll. Ekspansi ini juga mendatangkan 8 UR baru, yang terdiri dari 4 Heavenly Kings, dan Narasoma serta murid-muridnya.