Van Hool

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Van Hool
Swasta
IndustriManufaktur otomotif
Teknik otomotif
Didirikan1947
Kantor
pusat
Koningshooikt, Belgia
Tokoh
kunci
Bernard Van Hool (pendiri)
Filip Van Hool (CEO)
ProdukBus
Semi-trailer
Anak
usaha
Van Hool USA
Van Hool Macedonia
Situs webvanhool.com
Bus Van Hool Astromega TD927 milik Oxford Tube
Bodi Van Hool Alizée HE-II pada sasis Scania K113CRB milik New Enterprise Coaches
Sebuah bus tingkat Van Hool.
Bus gandeng Van Hool AGG300
Tampak depan AGG300.
Bus buatan Van Hool dengan spesifikasi Amerika Utara di Toronto, Ontario, Kanada.

Van Hool NV (pengucapan Belanda: [vɑn ˈɦoːl]) adalah sebuah perusahaan keluarga asal Belgia yang memproduksi bus, bus listrik, dan trailer.

Sebagian besar bus dibuat sendiri oleh Van Hool, dengan mesin dan gandar dipasok oleh Caterpillar, Cummins, DAF, dan MAN, sementara gearbox dipasok oleh ZF atau Voith. Van Hool juga melayani pembuatan bodi untuk sasis bus dari produsen seperti Volvo dan Scania.

Van Hool mempekerjakan 4.500 orang di seluruh dunia dan memproduksi lebih dari 1.700 bus (hanya bodi ataupun kendaraan lengkap) dan 5.000 trailer per tahun. Van Hool menjual sekitar 600 bus di Amerika Serikat tiap tahunnya.[butuh rujukan]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1947 oleh Bernard van Hool di Koningshooikt, dekat Lier, Belgia. Pada awalnya, perusahaan ini memproduksi sejumlah seri kendaraan dan mengekspornya ke seantero Eropa. Van Hool kemudian mulai menjual produknya di Amerika Utara pada pertengahan dekade 1980-an.

Pada tanggal 15 Februari 1957, Van Hool menandatangani perjanjian dengan Fiat, di mana Van Hool akan memakai mesin dan sejumlah komponen Fiat (gearbox, gandar, dan kemudi) pada kendaraan buatannya. Van Hool pun berkembang dari sekedar karoseri menjadi sebuah produsen bus lengkap, dengan nama Van Hool-Fiat.

Pada bulan Agustus 1958, perusahaan ini berhasil memproduksi unit Van Hool-Fiat ke-100, dan pada bulan Juli 1961, berhasil memproduksi unit ke-500. Kerja sama ini resmi diakhiri pada tahun 1981.

Antara tahun 1974 hingga 1978, Van Hool dan Thomas McArdle menjalin kerja sama dengan nama Van Hool McArdle untuk mengambil alih karoseri milik CIÉ di Dublin, Irlandia. Karoseri ini utamanya memproduksi bus untuk CIÉ dan mengekspor beberapa unit ke Britania Raya. Karoseri ini kemudian ditutup, sehingga tidak ada satupun karoseri di Republik Irlandia selama beberapa tahun.

Pada tahun 1990, Van Hool membeli karoseri milik LAG Manufacturing dan melanjutkan produksi model EOS hingga tahun 2000.

Produk (Eropa)[sunting | sunting sumber]

Di Eropa, Van Hool memproduksi berbagai macam bus, walaupun dasar rancangan tetap sama, yakni TX. Filosofi rancangan ini juga digunakan pada rancangan bus kota, yakni seri A. Akhir-akhir ini, Van Hool fokus pada teknologi propulsi baru, memperkenalkan bus hibrid.

Produk terdahulu[sunting | sunting sumber]

Bus seri T8[sunting | sunting sumber]

Seri T8 diperkenalkan pada tahun 1979. Bodi ini didasarkan pada bodi Alizee yang telah diluncurkan sebelumnya. Selama beberapa tahun, sejumlah bus pun dikembangkan berdasarkan seri ini, masing-masing dibedakan dengan nama dan nomor tertentu. Contohnya, "TD824 Astromega":

  • T = Touringcar (bus)
  • D = Dubbeldek (bus tingkat)
  • 8 = Bagian dari seri T8
  • 24 = jumlah maksimum baris kursi
  • Astromega = Nama

Pada tahun 1991, Van Hool memperkenalkan "T8 New Look", sementara versi Amerika Utaranya diberi nama T9. Produksi bus ini dihentikan pada akhir dekade 1990-an, pasca peluncuran T9 versi Eropa.

Bus kota seri A[sunting | sunting sumber]

Pada dekade 1980-an, negara-negara di Eropa mulai beralih dari desain bus standar ke desain bus kota. Van Hool pun merespon dengan mengembangkan bus kota seri A. Varian pertama, A500, diperkenalkan pada tahun 1985. Varian selanjutnya kemudian diperkenalkan dengan nomor dan nama tertentu, seperti 'AG500':

  • A = Autobus (bus kota)
  • G = Geleed (gandeng)
  • 500 = tinggi lantai, dalam milimeter

Produksi seri ini terus berlangsung hingga awal abad ke-21, saat digantikan oleh seri newA.

Produk saat ini[sunting | sunting sumber]

Bus seri T9[sunting | sunting sumber]

Seri T9 versi Eropa diluncurkan pada tahun 1995. Versi ini membawa desain baru dan sejumlah perubahan lain. Filosofinya tetap sama seperti T8, yakni "satu versi, beberapa varian". Standar penamaan pun masih tetap dipertahankan. Lambat laun, sejumlah varian berhasil diproduksi, antara lain Atlino dan Atlon, yang tinggi lantainya berbeda, kemudian Alicron, Acron, dan Astron, yang memiliki ruang bagasi lebih luas, lalu Altano, yang ruang kemudinya berada di lantai bawah, dan Astronef, yang memiliki lantai miring (seperti bioskop), dan bus tingkat Astromega.

Selain itu, T9 juga dapat dipasang pada sasis buatan Scania, Volvo, dan VDL, walaupun hanya di Swedia dan Inggris. Bodi ini diberi nama Alizee (bus biasa) dan Astrobel (bus tingkat).

Bus seri TX[sunting | sunting sumber]

Sebuah Van Hool TDX27 Astromega milik Megabus di Terminal bus Buchanan

Pada ajang Busworld 2011 di Kortrijk, Belgia, Van Hool memperkenalkan suksesor seri T9, yang diberi nama TX.

Bus kota seri newA[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001, Van Hool memperkenalkan bus kota seri newA, untuk menggantikan seri A. Bodi ini membawa desain baru dan sejumlah perubahan lain.

Solusi BRT ExquiCity[sunting | sunting sumber]

Sebuah bus gandeng ExquiCity 24 milik Mettis di Metz

Pada bulan April 2011, Van Hool meluncurkan ExquiCity, yang ditujukan untuk BRT. Bus ini dirancang agar semirip dan senyaman trem, namun tetap dengan fleksibilitas dan harga seperti bus. ExquiCity diluncurkan dalam dua varian, yakni ExquiCity 18 (bus biasa) dan ExquiCity 24 (bus gandeng). Keduanya tersedia dalam versi bus listrik, bus hibrid, ataupun bus listrik penuh.

Pesanan pertama datang dari Parma (ExquiCity 18) dan Metz (ExquiCity 24 hibrid). Sebuah contoh pun dipamerkan di Kongres UITP di Dubai. Sejumlah ExquiCity 18 juga mulai dioperasikan oleh Glider di Belfast, Irlandia Utara pada tanggal 3 September 2018.

Bus seri EX[sunting | sunting sumber]

Sebuah Van Hool EX16M diproduksi do Makedonia. Dipamerkan di IAA 2014

Pada Internationale Automobil-Ausstellung 2014 di Hanover, Jerman, Van Hool memamerkan bus seri EX untuk pasar Eropa. Bus ini diproduksi di pabrik Van Hool di Skopje, ibukota Republik Makedonia.[1]

Produk (Amerika Utara)[sunting | sunting sumber]

Karena peraturan Amerika Serikat yang ketat, awalnya Van Hool hanya menjual bus di sini mulai tahun 1987. Van Hool baru menjual bus kota di sini pada tahun 2002. Saat ini,[per kapan?] Van Hool memiliki empat jajaran produk, yakni bus mewah seri TX, bus seri CX, TD925, bus tingkat TDX, dan bus kota seri A. Diler resmi Van Hool di Amerika Serikat adalah ABC Companies.

Pada tahun 2018, Van Hool mengumumkan rencana untuk membangun pabrik baru di Morristown, Tennessee untuk memproduksi bus kota. Pabrik ini direncanakan dapat beroperasi mulai tahun 2020, mempekerjakan 600 orang, dan mampu memproduksi 400 bus per tahun.[2]

Produk terdahulu[sunting | sunting sumber]

Bus seri T8[sunting | sunting sumber]

T815 diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1987. Varian berikutnya kemudian dikenal sebagai seri T8. T815 menggunakan mesin diesel Cummins L10, sementara varian selanjutnya menggunakan Cummins M11. Seri Ini tersedia dalam panjang 30,-40-dan-45-kaki (9,1, 12,2 dan 13,7 m).

Bus seri T9[sunting | sunting sumber]

Secara visual dan mekanikal, seri T9 hampir identik dengan seri T8. Model terbaru dari seri T9 memiliki kantong udara yang lebih besar, dan rem cakram, bukannya rem drum. Nomor identifikasi kendaraan untuk T8 dan T9 pun sama. Seri ini tersedia dalam dua versi, yakni T940 dengan panjang 40-kaki (12,2 m) dan T945 dengan panjang 45-kaki (13,7 m).

Produk saat ini[sunting | sunting sumber]

Bus mewah T21[sunting | sunting sumber]

Diperkenalkan pada tahun 1995 berdasar seri T9 versi Eropa, seri T21 membawa pembaruan desain dan lebih banyak pilihan mesin. Jika T8 dan T9 hanya dapat dipasangi mesin diesel Cummins, seri T21 dapat dipasangi mesin Cummins M11 plus, Detroit Diesel Seri 60, atau Caterpillar C13 ACERT. Model terbaru dari T21 juga menyederhanakan kaca depan menjadi hanya dua belah, dan menyederhanakan dasbor. Seri ini tersedia dalam dua versi, yakni T2140 dengan panjang 40-kaki (12,2 m) dan TT2145 dengan panjang 45-kaki (13,7 m).

Bus seri C20[sunting | sunting sumber]

Diperkenalkan pada tahun 2000 sebagai bus murah untuk rute jarah jauh, seri ini didesain mirip seperti seri T21. C20 tersedia dengan pilihan mesin Cummins ISX12 atau Detroit Diesel DD13. Generasi sebelumnya juga dapat dipasangi mesin Cummins M11 plus, Cummins ISM, Detroit Diesel seri 60, dan Caterpillar C13. Tersedia juga pilihan gearbox Allison B500 atau ZF AS Tronic.[3] Seri ini tersedia hanya dalam versi C2045 dengan panjang 45-kaki (14 m). Model saat ini adalah C2045E.

Greyhound mengoperasikan sejumlah C2045 bersama bus MCI di Michigan.

Bus kota seri A3[sunting | sunting sumber]

Sebuah bus Van Hool A300K milik AC Transit sepanjang 30-kaki (9,1 m)

Van Hool dan ABC bermitra dengan AC Transit (Alameda dan Contra Costa, California) untuk mendemonstrasikan seri A3 sebagai alternatif bus kota masa depan pada tahun 2002. AG300 adalah sebuah bus gandeng sepanjang 60-kaki (18,3 m), sementara A330 adalah sebuah bus sepanjang 40-kaki (12,2 m). Bus kota lantai rendah A330 dan AG300 resmi dioperasikan oleh AC Transit pada bulan Juni 2003. Hingga bulan Agustus 2016, AC Transit memiliki lebih dari 290 bus Van Hool, baik yang sudah beroperasi maupun sedang dibuat.

Van Hool pun membuat 16 bus sel bahan bakar hidrogen untuk Amerika Serikat hingga bulan Agustus 2009. Bus ini ditenagai sel bahan bakar buatan UTC Power dan baterai litium buatan EnerDell. Dua belas di diantaranya dibeli oleh AC Transit, dan sisanya dibeli oleh CT Transit asal Hartford, Connecticut. Proyek ini unik, karena bus ini telah dirancang sejak awal akan ditenagai oleh sel bahan bakar, dan dirakit oleh satu perusahaan saja.

Pada tahun 2008, AC Transit menyelesaikan pembuatan sejumlah bus model baru, A300L sepanjang 40-kaki (12,2 m). Bus ini unik, karena mesinnya dipasang di bagian tengah bus, dengan tujuan memperbaiki kualitas pengemudian bus. Bus ini merupakan versi lebih panjang dari A300K yang hanya sepanjang 30-kaki (9,1 m) (K merupakan singkatan dari kort, "pendek" dalam bahasa Belanda dan L untuk lang, "panjang"). Sebuah survei yang dilakukan kepada pengguna bus AC Transit menyimpulkan bahwa para pengguna puas dengan desain dan kualitas dari bus tersebut.

Utah Transit Authority pun membeli sepuluh unit bus A300L 40-kaki (12,2 m) pada tahun 2008, dan kemudian memesan empat unit lagi pada tahun 2009 untuk digunakan pada sistem MAX Bus Rapid Transit. Bus ini berbeda dengan A300L milik AC Transit karena A300L yang ini memiliki tiga pintu dan dilengkapi dengan mode operasi khusus pada cuaca dingin.

York Region Transit juga menggunakan bus A330 dan AG300 pada rute Viva, walaupun bus A330 mulai dipindah ke layanan YRT konvensional, karena makin banyak bus Nova LFX yang digunakan untuk Viva. Reseau de transport de Longueuil juga menggunakan bus AG300, dan merupakan yang pertama untuk menggunakan bus kota Van Hool di Amerika Utara (AG700) pada tahun 1989.

DC Circulator juga menggunakan bus A330. 29 bus ini dibeli dari AC Transit pada tahun 2005. Selain model A330, Circulator kini[per kapan?] juga menggunakan bus A300K mulai bulan April 2009. Circulator akhir-akhir ini[per kapan?] juga mulai mengoperasikan 14 unit bus A300K sepanjang 31-kaki (9,4 m). A300K dipilih karena ketahanannya dalam melakukan pekerjaan bus sepanjang 40-kaki (12,2 m), walaupun hanya menggunakan mesin dari bus sedang.

FirstTransit pun mulai menggunakan 12 unit bus A300L dan 4 unit bus AG300 pada awal tahun 2009, untuk digunakan di Universitas Minnesota Kampus Connector.

Charm City Circulator akhir-akhir ini[per kapan?] juga mulai menggunakan 5 unit bus A300L pada awal tahun 2011. Bus ini ditujukan untuk menggantikan bus Designline.

Bus tingkat TD925 Astromega[sunting | sunting sumber]

TD925 Astromega adalah bus tingkat Van Hool yang telah memenuhi standar Amerika Serikat. Bus ini merupakan varian dari TD925 Astromega yang dijual di Eropa.

Produk[sunting | sunting sumber]

Sebuah bus Van Hool TD925 di New York City
Sebuah bus Van Hool C2045-L di New York City
Van Hool T916 Astronef

Bus kota[sunting | sunting sumber]

Eropa[sunting | sunting sumber]

  • A308 bus sedang, berlantai rendah, dengan mesin dipasang di samping bus. Juga tersedia dalam versi hibrid diesel elektrik
  • A309 bus sedang, berpintu rendah (berlantai rendah hingga pintu kedua). Juga tersedia dalam versi hibrid diesel elektrik
  • A320 bus standar (tidak lagi diproduksi)
  • A300 bus standar, berlantai rendah, dengan mesin dipasang di samping. Juga tersedia dalam versi hibrid diesel elektrik
  • A300 bus standar berbahan bakar gas
  • A360 bus standar, berpintu rendah. Juga tersedia dalam versi hibrid diesel elektrik
  • A330 bus standar, berlantai rendah, dengan mesin diletakkan di belakang secara horizontal. Juga tersedia dalam versi hibrid diesel elektrik
  • A330 bus standar berbahan bakar gas
  • AG300 bus gandeng, juga tersedia dalam versi hibrid diesel elektrik
  • AGG300 bus gandeng
  • A330T bus listrik
  • AG300T bus listrik gandeng
  • AG300 bus gandeng berbahan bakar gas
  • ExquiCity 18 bus kota gandeng (hibrid diesel elektrik, bus listrik, atau bus bersel bahan bakar)
  • ExquiCity 24 bus kota gandeng (hibrid diesel elektrik, bus listrik, atau bus bersel bahan bakar
  • A308E bus listrik

Amerika Utara[sunting | sunting sumber]

  • newA300K sepanjang 30-kaki (9,1 m), disingkat A300L
  • newA300L sepanjang 40-kaki (12,2 m) berlantai rendah, dengan mesin diletakkan di tengah bus
  • newA330 sepanjang 40-kaki (12,2 m) berlantai rendah, dengan mesin diletakkan di belakang bus
  • newAG300, bus gandeng sepanjang 60-kaki (18,3 m) berlantai rendah, dengan mesin diletakkan di tengah bus

Bus antar kota[sunting | sunting sumber]

Eropa[sunting | sunting sumber]

  • T915 Atlon
  • T916 Atlon
  • TX11 Alicron
  • TX15 Alicron
  • TX16 Alicron
  • TX15 Acron
  • TX16 Acron
  • TX17 Acron
  • TX18 Acron
  • TX16 Astron
  • TX17 Astron
  • TX15 Astronef
  • TX16 Astronef
  • TX17 Astronef
  • TX17 Altano
  • TX18 Altano
  • TX19 Altano
Sebuah Van Hool EX15H tahun 2015
  • TDX20 Altano
  • TDX21 Altano
  • TDX25 Astromega
  • TDX27 Astromega
  • EX15H[4]
  • EX16M
  • EX17H

Amerika Utara[sunting | sunting sumber]

  • TX40
  • TX45
  • CX45
  • TD925 Astromega USA

Jepang[sunting | sunting sumber]

  • TDX24 Astromega

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Van Hool presents EX in world premiere at IAA Diarsipkan 2014-10-23 di Wayback Machine. Press release dated July 24, 2014. Retrieved October 5, 2014.
  2. ^ "Van Hool builds bus factory in Morristown, Tennessee, US - News". Van Hool (dalam bahasa Inggris). Van Hool NV. Diakses tanggal 2019-04-03. 
  3. ^ [1][pranala nonaktif permanen], ABC Bus Companies C204X data sheet
  4. ^ Van Hool building new type of standard coach for Europe and new markets in Macedonia starting in 2015 Diarsipkan 2014-10-23 di Wayback Machine. Press release dated May 12, 2014. Retrieved October 12, 2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]