Valeria Ayos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Valeria Ayos
LahirValeria Maria Ayos Bossa
20 Maret 1994 (umur 28)
Cartagena, Kolombia
PendidikanUniversitas Jorge Tadeo Lozano
Tinggi180 m (590 ft 6+12 in)
Pemenang kontes kecantikan
GelarMiss Earth Kolombia 2018
Miss Universe Kolombia 2021
Warna rambutCokelat
Warna mataCokelat gelap
Kompetisi
utama
Miss Earth Kolombia 2018
(Pemenang)
Miss Earth 2018
(Miss Earth - Water 2018)
Miss Universe Kolombia 2021
(Pemenang)
Miss Universe 2021
(5 Besar)

Valeria Maria Ayos Bossa (lahir 20 Maret 1994) adalah seorang model dan ratu kecantikan Kolombia yang dinobatkan sebagai Miss Universe Kolombia 2021. Dia mewakili Kolombia di Miss Universe 2021, di mana ia meraih posisi 5 Besar.[1] Sebelumnya, ia pernah dinobatkan sebagai Miss Earth Colombia dan Miss Earth - Water pada tahun 2018.[2][3]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir di kota Cartagena, ia dibesarkan di Kepulauan San Andrés, Providencia dan Santa Catalina, Ayahnya adalah keturunan Spanyol dan Italia dan ibunya adalah keturunan Trinidadian.

Karier[sunting | sunting sumber]

Studi Profesional[sunting | sunting sumber]

Valeria adalah seorang profesional dalam hubungan internasional dari Universitas Jorge Tadeo Lozano, yang kantor pusat utamanya terletak di kota Bogotá.

Miss Earth Kolombia 2018[sunting | sunting sumber]

Setelah mencoba menjadi Miss San Andrés, Providencia dan Santa Catalina pada tahun 2016 kalah dalam perselisihan, Valeria muncul sebagai kandidat resmi untuk kontes Miss Earth Kolombia, yang untuk tahun 2018 akan merayakan edisi keempatnya.

Mewakili Taman Alam Nasional Old Providence McBean Lagoon, Ratu Sanandresana dengan cepat memposisikan dirinya dalam kelompok favorit tertinggi, menguduskan dirinya pada malam 23 Agustus sebagai penerus Juliana Franco, yang baru saja meraih pengakuan Miss Earth - Water 2017.

Dengan kemenangan ini, Valeria mendapat tanggung jawab untuk melakukan perjalanan ke Filipina pada bulan Oktober untuk memperebutkan mahkota Miss Earth 2018 yang mendapatkan gelar "Miss Water", mengingat dua pendahulunya telah ditempatkan di final teratas. kontes berturut-turut merupakan tonggak sejarah bagi Kolombia dalam kontes kecantikan internasional ini.

Sebagai bagian dari komitmen sosialnya, Valeria, di perusahaan istana kerajaannya, mendedikasikan dirinya untuk memimpin berbagai pekerjaan dan kampanye untuk memberi manfaat bagi pemeliharaan lingkungan, pelestarian sumber daya alam, dan perlindungan planet ini, yang untuknya dia digariskan sebagai salah satu kandidat yang paling mungkin untuk memenangkan kontes internasional.[4]

Miss Earth 2018[sunting | sunting sumber]

Dengan favoritisme yang meningkat, Valeria tiba di negara Asia dengan tujuan membawa negaranya kembali ke semifinal. Dalam konsentrasi, ia meraih medali perak dalam kategori "Pakaian Turis" dan unggul dalam beberapa kegiatan pendahuluan. Karena penampilannya yang bagus, dia menaklukkan pers dan media lokal, yang memberinya kemungkinan sebagai kreditur dari gelar yang dipegang oleh Karen Ibasco dari Filipina.

Akhirnya, pada tanggal 3 November, ia memasuki babak final kompetisi dan memenangkan mahkota Miss Earth - Water 2018, memperoleh gelar dasar yang sama dengan pendahulunya dan mencapai Kolombia untuk tahun ketiga berturut-turut berada di 4 besar. Nguyễn Phương Khánh dari Vietnam, menjadi pemenang acara tersebut, sedangkan dua finalis lainnya adalah Melanie Mader, dari Austria, dan Melissa Flores, dari Meksiko.

Miss Universe Kolombia 2020[sunting | sunting sumber]

Setelah tersiar kabar bahwa waralaba resmi Miss Universe untuk Kolombia berada di bawah arahan organisasi baru, Valeria mencalonkan diri sebagai kandidat sebelumnya untuk departemen San Andrés, Providencia, dan Santa Catalina. Berkat penampilannya di setiap filter, ia mendapatkan band yang mengakreditasinya sebagai ratu nusantara dalam kontes Miss Universe Kolombia versi pertama, di mana, pada bulan November, ia akan bersaing memperebutkan gelar nasional. Namun, karena alasan yang berkaitan dengan kondisi kesehatannya, ia harus mengundurkan diri dari kontes setelah menderita kelumpuhan sebagian pada wajah; kembali pada tahun berikutnya pada tahun 2021 sebagai "Miss Cartagena".

Miss Universe Kolombia 2021[sunting | sunting sumber]

Ayos mendapatkan tiket langsung untuk berkompetisi di edisi kedua kontes Miss Universe Kolombia, setelah mengundurkan diri pada tahun sebelumnya karena alasan kesehatan. Ia memperoleh band Miss Universe Cartagena, dan berkompetisi di final yang diadakan pada Senin, 18 Oktober 2021, di kota Bogotá. Setelah mengatasi terpotongnya 13 semifinalis, 7 pra-finalis dan 3 finalis, Ayos mengangkatnya dengan gelar Miss Universe Kolombia 2021 mengalahkan dua finalis lainnya, María Alejandra López dari Risaralda dan Franselys Santoya dari Bolívar.[5][6][7]

Miss Universe 2021[sunting | sunting sumber]

Ayos mewakili Kolombia di kontes Miss Universe 2021 yang diadakan di Eilat, Israel. Di akhir acara, ia berakhir menjadi salah satu dari 5 finalis teratas.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Miss Universo 2021: Harnaaz Kaur Sandhu, Miss India se queda con la corona". MARCA Claro Colombia (dalam bahasa Spanyol). 2021-12-12. Diakses tanggal 2021-12-13. 
  2. ^ "Professional in International Relations Valeria Ayos is Miss Universe Colombia 2021" (dalam bahasa Inggris). world360news.com. Diakses tanggal 2021-10-19. 
  3. ^ "Valeria Ayos, from Cartagena, new Miss Universe Colombia" (dalam bahasa Inggris). Today in 24. Diakses tanggal 2021-10-19. 
  4. ^ "Miss Earth Colombia 2018 is Valeria Ayos Bossa" (dalam bahasa Inggris). Missosology. Diakses tanggal 29 Agustus 2018. 
  5. ^ "Valeria María Ayos, de Cartagena, es la nueva Miss Universe Colombia" (dalam bahasa Spanyol). El País.com.co. Diakses tanggal 2021-10-18. 
  6. ^ Rodriguez Barrios, Andrea. "En fotos: ella es Valeria Ayos, nueva Miss Universe Colombia" (dalam bahasa Spanyol). El Universal. Diakses tanggal 18 Oktober 2021. 
  7. ^ Salazar, Sebastián. "Valeria Ayos, ganadora de Miss Universe Colombia 2021". La Nación. Diakses tanggal 2021-10-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Venezuela Juliana Franco
Miss Earth Colombia
2018
Diteruskan oleh:
Yenny Carrillo
Didahului oleh:
Kolombia Juliana Franco
Miss Earth Water
2018
Diteruskan oleh:
Ceko Klára Vavrušková
Didahului oleh:
Laura Olascuaga
Miss Universe Colombia
2021
Diteruskan oleh:
María Fernanda Aristizábal