Valentinus Saeng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yang Mulia

Valentinus Saeng

Uskup Sanggau
GerejaKatolik Roma
KeuskupanSanggau
Penunjukan18 Juni 2022
(1 tahun, 312 hari)
PendahuluGiulio Mencuccini, C.P.
Jabatan lain
  • Ketua Moderator Sekretariat Gender dan Pemberdayaan Perempuan KWI
  • Anggota KWI
Imamat
Tahbisan imam
26 September 1998
(25 tahun, 212 hari)
oleh Giulio Mencuccini, C.P.
Tahbisan uskup
11 November 2022
(1 tahun, 166 hari)
oleh Piero Pioppo
Informasi pribadi
Nama lahirValentinus Saeng
Lahir28 Oktober 1969 (umur 54)
Keramuk, Sekadau, Kalimantan Barat, Indonesia
KewarganegaraanIndonesia
DenominasiKatolik Roma
KediamanKeuskupan Sanggau
AlmamaterUniversitas Santo Thomas Aquino
SemboyanBonum Depositum Custodi (2 Timotius 1:14)
(Peliharalah Harta yang Indah)
LambangLambang Valentinus Saeng

Mgr. Dr. Valentinus Saeng, C.P. (lahir 28 Oktober 1969) adalah Uskup Sanggau yang ditunjuk pada 18 Juni 2022. Ia merupakan Uskup Sanggau yang kedua, melanjutkan kepemimpinan Mgr. Giulio Mencuccini, C.P. Sebelum menjadi Uskup Sanggau, ia merupakan Direktur Rumah Spiritualitas Passionis di Malang, Jawa Timur sekaligus dosen Filsafat di STFT Widya Sasana Malang, Jawa Timur. Dia lahir di Desa Keramuk, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Dia meraih gelar master filsafat di Universitas Santo Thomas Aquino (Angelicum), Roma pada tahun 2005. Kemudian belajar bahasa Jerman di Universitas Maximilian, München, Jerman. Ia meraih gelar doktor filsafat pada 2008 di Universitas Santo Thomas Aquino (Angelicum), Roma.[2]

Perjalanan imamat[sunting | sunting sumber]

Ia meniti perjalanan studi calon imam di Seminari Menengah Santo Gabriel Passionis, Sekadau, Kalimantan Barat. Ia bergabung masuk Kongregasi Sengsara Yesus Kristus (Passionis) tahun 1989; melanjutkan studi filosofi dan teologis di Seminari Interdiosesan di Malang, Jawa Timur.

Ia mengucapkan kaul kekal di Kongregasi Passionis (CP) tanggal 22 Agustus 1996. Ia menerima Sakramen Imamat dan ditahbiskan menjadi imam hari Sabtu, 26 September 1998 di Gereja Santo Petrus dan Paulus Paroki Sekadau. Di kalangan internal Kongregasi CP, ia menjadi anggota formato Passionis Indonesia (2009-2011); prefek Skolastikat Passionis Malang (2009-2013).

Sejak tahun 2001, ia menjadi anggota komisi formasi Kongregasi Passionis kawasan Asia-Pasifik.[3]

Karya[sunting | sunting sumber]

Ia mengajar di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang, Jawa Timur. Dia terkenal dengan kesukaannya melakukan berbagai riset, terutama terkait filsafat sosial.

Ia aktif menghasilkan karya tulis ilmiah yang tersebar di mana-mana. Ia menjadi pembicara untuk seminar-seminar.

Dari aktivitas menulis, Pastor Valen telah menerbitkan sejumlah buku. Beberapa judul bukunya: “Herbert Marcuse: Perang Melawan Kapitalisme Global, terbit pada 2012).

Buku lainnya, “Mereguk Air Hidup: Beriman dalam Era New Age” terbit pada 2009; “Menyibak Selubung Ideologi Kapitalis dalam Imperium Iklan”, terbit pada 2011. Serta, “Minum dari Sumber Sendiri: Dari Alam menuju Tuhan” terbit pada 2011.[2]

Mgr. Valentinus Saeng pada tahun 2023.

Ia menguasai lima bahasa asing, yakni Inggris, Italia, Jerman, Perancis, dan Latin.[4] Pada tanggal 11 November 2022, Kardinal Suharyo kembali menjadi Uskup Ko Konsekrator bagi Uskup Sanggau Mgr. Valentinus Saeng, C.P. bersama dengan Mgr. Giulio Mencuccini, C.P. Bertindak sebagai Penahbis Utama adalah Uskup Agung Tituler Tarcellio yang juga Nuntius Apostolik untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan Gereja Katolik
Didahului oleh:
Giulio Mencuccini, C.P.
Uskup Sanggau
18 Juni 2022—kini
Petahana